93

5 Software Gratis "Wajib" untuk Notebook/Laptop

Notebook (laptop) maupun netbook menawarkan berbagai kelebihan dibanding komputer desktop, terutama karena ringan dan portable (mudah digunakan dimana saja). Tetapi diluar itu terdapat beberapa kelemahan seperti daya tahan baterai, keyboard, dan terutama touchpad yang kadang menganggu atau sensitivitas yang tidak pas.

Bagi anda yang mempunyai netbook, notebook/laptop, berikut koleksi software gratis yang ‘wajib’ atau sebaiknya terpasang di laptop, terutama yang menggunakan sistem operasi windows. Software-software gratis (freeware) berikut akan membantu kita bekerja dengan lebih baik ketika menggunakan notebook. Selain untuk laptop/notebook, beberapa aplikasi berikut juga bisa bermanfaat untuk pengguna desktop (PC).

1. TouchFreeze atau TouchpadPal

Touchpad di laptop/notebook memang sangat membantu kita bekerja tanpa mouse. Tetapi kadang terjadi hal yang cukup menganggu jika kita sedang mengetik dan touchpad tidak di non aktifkan. Kadang kursor mouse bergeser secara acak karena touchpad tidak sengaja tertekan, sehingga huruf yang kita ketik pindah kemana-mana.

Sebelum menggunakan software ini, periksa apakah laptop yang kita beli sudah menyertakan aplikasi untuk menon-aktifkan Touchpad. Periksa aplikasi Synaptics TouchPad, Synaptics Pointing Device atau sejenisnya. Jika tersedia, gunakan saja aplikasi tersebut. Dan biasanya bisa kita aktifkan/non-aktifkan melalui tombol khusus di keyboard. Jika tidak disertakan aplikasi pengatur TouchPad ini, alternatifnya gunakan TouchFreeze.

Setelah TouchFreeze dijalankan, maka otomatis toucpad akan di non-aktifkan, sehingga mencegah kursor mouse pindah secara acak. Tetapi aplikasi ini tidak berjalan untuk semua hardware, jika di komputer kita tidak berjalan, kemungkinan belum di dukung.

Download TouchFreeze (251 KB).
Jika TouchFreeze tidak berjalan, coba menggunakan TouchpadPal ( 443 KB)

2. AutoSensitivity

Masalah lain yang berhubungan dengan Touchpad adalah sensitivitas. Kadang respon tekanan untuk klik maupun double klik terlalu cepat atau terlalu lambat, termasuk gerakan mouse. Jika mengalami masalah ini, coba gunakan saja software gratis ini. Aplikasi sederhana ini berfungsi untuk mengatur sensitivitas Touchpad dan Mouse. Klik tombol Get Current untuk mendapatkan setting yang digunakan saat ini.

Tetapi seperti sebelumnya, aplikasi ini mungkin tidak berjalan untuk semua hardware. Program ini dapat berjalan di Windows Xp, Vista dan 7 dan memerlukan .NET Framework 3.5 atau 4.0. Ada satu catatan lagi bahwa download link yang disediakan dalam bentuk .application ( 2 KB), setelah download file “.application” ini, klik dua kali untuk download aplikasi sebenarnya secara online (ukuran sekitar 50 KB saja)

Download AutoSensitivity

3. Aerofoil

Salah satu kendala ketika menggunakan notebook adalah daya tahan baterai yang hanya beberapa jam saja, apalagi jika menggunakan windows vista atau Windows 7 dengan setting Aero Glass diaktifkan, maka penggunaan baterai akan lebih boros. Aerofoil merupakan program gratis dan open source yang cukup bermanfaat dengan masalah tersebut.

Ketika notebook menggunakan baterai, Aerofoil akan otomatis menon-aktifkan beberapa fitur windows yang cukup memakan daya, seperti misalnya Aero Glass. Aplikasi ini tersedia baik untuk 32bit maupun 64bit dan penggunaan memori relatif kecil.

Download Aerofoil

4. Core Temp

Salah satu yang patut diwaspadai ketika menggunakan notebook adalah suhu yang terlalu tinggi yang bisa berefek buruk bagi perangkat didalamnya. Dengan software gratis dan kecil “Core Temp” akan sangat membantu kita memantau suhu dan penggunaan processor. Ketika suhu atau penggunaan senantiasa tinggi, maka perlu di cek ulang (diperiksa) aplikasi yang mungkin memberatkan kinerja cpu.

Setelah di install, aplikasi ini dapat di set agar aktif di system tray dan menampilkan informasi suhu processor, penggunaan cpu baik dalam persen ataupun clock CPU dalam GHz. Dari menu Options, kita bisa mengatur berbagai hal, mulai dari tampilan sampai peringatan jika suhu terlalu tinggi.

Download CoreTemp 32 bit ( 307 KB) atau CoreTemp 64bit ( 344 KB)

5. Battery Care

Jika kita kurang puas dengan informasi battery yang ditampilkan windows dan ingin informasi lebih detail, Battery Care sepertinya pilihan yang tepat ( untuk Windows XP, vista dan 7).

Selain memberikan informasi berapa persen battery yang terisi, perkiraan waktu penggunaan, Bettery Care juga memberikan informasi detail seperti kapasitas, konsumsi daya, manufaktur dan lainnya. Selain itu ditambahkan informasi suhu processor dan hardisk. Beberapa fitur lainnya seperti otomatis berpindah ke power plan yang diinginkan, mengontrol windows aero dan service yang memakan daya baterai dan lainnya.

Download BatteryCare Installer atau versi portable BatteryCarePortable.zip ( 729 KB)

Penutup

Meskipun saya beri judul Software gratis ‘wajib’, tidak berarti semua harus di install. Gunakan software sesuai kebutuhan dan melihat manfaat masing-masing. Jika ada tambahan aplikasi spesial untuk notebook/laptop silahkan menambahkan melalui komentar dibawah.

93 Comments

  1. Pingback: 5 Software Gratis “Wajib” untuk Notebook/Laptop
  2. Dari kelima aplikasi di atas, saya hanya berminat untuk pakai yang point 4, Temp Core. Yang lainnya sudah ada di Eee PC saya. Sekedar info, Eee PC saya mampu bertahan sekitar 5 jam, dengan keadaan : WiFi ON, Aero Glass ON, browsing, download, musik ON. ^_^

  3. Alhamdulillah dapat info yang bermanfaat sekali.

    Jazakallah khair katsir.

    Selamat bekerja semoga sukses dunia akhirat.

  4. Informasi yg bagus, thanks. Tp sy pakai Laptop Asus, ada prog. Power4Gear Hybrid yang bisa diatur utk hal2 diatas dgn fitur ckp lengkap. Salam.

  5. Wah kok kagak msk ya mycomment?, krm lg ah…; Sy pakai Laptop Asus, ada prog. Power4Gear Hybrid yg ckp lengkap utk pengaturan spt hal2 diatas. Btw, thanks infonya.

  6. Mantap neh terutama yang Touchpad, sering kejadian soalnya.

    Kalau software sejenis hide folder untuk win 7 apa ya..??

  7. thx a lot..ya mazz….absolutely useful.

    smoga mas Ebta diberikan kesehatan – pnjang umur – dan berkah.

  8. Pingback: Beberapa Hal yang Perlu Diketahui oleh Pemilik Laptop atau Notebook | Asep Yudha Wirajaya
  9. makasih sharenya..kalo ada tolong dong mas, buat bersih2 registry yg ga kepake (maksutnya sisa2 install yg udah di uninstall, ngomongnya gimana lah)hehe..

  10. makasih m ebta, tp batteraicare nya g bs dipake. udah diinstal ada tulisan batteray care exe aplication error. gmn solusinya m ebta ?

  11. Mas Ebta, terima kasih atas informasinya, saya periksa dulu software bawaan laptop saya, baru bisa didownload software gratisnya,,,,

  12. Mantab banget mas…

    Pengen ambil tapi takut hard diskqu kagak cukup. maklum komputer masih jadul he he he

  13. touchFreeze dan TouchPal penggunaannya gmn ya? kok g ngefek sm touchpad? tetep bisa digerakin dan ngeklik??

  14. artikel ini sdh menjawab prtanyaan sy pd artikel maz Ebta yg kemaren. Thanks a lot, bro…!!

  15. Mas Ebta,

    Saya sudah download software touchpadpal tapi kok dianggap sebagai sebuah virus ya…?

  16. softwarenya ngga ada yg bervirus koq. scan by vipre all software is clean. mas ebta dpt software kyk gini dr mana ya..
    programnya ringan,working dan clean lg. Sukses deh utk blog-nya mas ebta. tq so much.

  17. g bisa omong byk deh, yg jelas tks yg tak terhingga buat infonya n moga amalnya nyampe akhirat. Maju terus ebsoft

  18. terimakasih banyak…atas segala informasinya….
    semoga Allah memberikan rahmat dan hidayahNya…amin….

  19. Mantap…. Mantap…. bener-bener mantap…. terimakasih Bos…. semoga tambah sukses.

  20. Ass,Mas Ebta sangat Bermanfaat software2-nya..izin download,trim’s Maju Terus Ebsoft.web.id

  21. Assalamualaikum, gan GA-nya kenapa nggak nongol? Apa kena banned seperti ane punya? hik..hik..hik

  22. terimakasih banyak ebsoft selalu memberikan yang terbaik bagi kita semua, amiinn….

  23. mas Ebta salam kenal dan sukses slalu tuk anda,,,sory ada ga aplikasi utk memperbagus suara di laptop,,,mksh sblmnya,

  24. Wah Bagus nih Untuk Laptop Kita. Hehehehehe

    Download ah softwarenya .. heheh

  25. makasih banget sharenya, saya punya masalah dengan kursor yang berpindah tiba-tiba waktu saya mengetik. dulu saya kira gara2 kibod kotor, ee ternyata perlu dinonaktifkan tu touchpad.
    problem solved, mngetik tidak bermasalah lagi.

  26. Pingback: 5 Software Gratis “Wajib” untuk Notebook/Laptop | Warung Kopi Bisnis News
  27. Mas Ebta, Kok ga aktif ya stlh sy intall touchFreeze maupun TouchPadPal. Apa ada cara tambahan? saya pakai windows7. Tmksh.

  28. trims brow, sangat membantu sekali, moga jadi amal baik dan sukses selalu

  29. trimakasih infonya,
    sudah download battery care, bentuknya zip, tapi ga mau dibuka, data corupt, sebabnya apa ya? ato memang ada cara yang lain?

  30. syukron wa jazakallohu khair atas tipsnya.
    izin download.

  31. #78 Sandi Prayoga
    rata-rata ringan, apalagi ukurannya relatif kecil
    tapi dicoba saja, kalau memberatkan di uninstall lagi

  32. semoga jadi kebahagiaan tersendiri yang tak bisa dinilai dengan uang.moga makin sukses

  33. trima kasih mas minta ijin dwonload softwarenya……trim……

  34. Hebat, keren banget. Makasih buat Infonya dan software Gratisnya.. Sukses Selalu..

Comments are closed.