3 September 2013 - ebta

AdwCleaner Hapus Toolbar, Adware dan Aplikasi tak diinginkan di Browser

adwcleaner-logoKetika kita sering menginstall (coba-coba) software baru, berselancar internet sana-sini, biasanya lama-kelamaan tanpa kita sadari ada banyak aplikasi yang terpasang tanpa sepengetahuan dan keinginan kita, baik berupa Toolbar yang menempel di Web browser, Adware, Add on/plugins, atau program asing dan lainnya.

Efek dari program-program tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari browsing internet yang semakin lambat, segala aksi dengan web browser bisa terekam/terpantau, akses file-file penting atau rahasia yang ada di komputer, performa komputer yang semakin lambat, berbagai setting Web browser semisal search engine yang diubah atau sekedar menggangu tampilan (memenuhi toolbar) dan lainnya. Oleh karena itu ada baiknya aplikasi tersebut kita hilangkan dari komputer.

toolbar-macam-macam

Sebagian aplikasi seperti toolbar, add ons/plugins adware (software bertujuan menawarkan produk/barang tertentu), kadang menyertakan aplikasi uninstaller sehingga bisa kita hilangkan dengan mudah. Tetapi tidak sedikit yang sengaja tidak menyertakannya atau meskipun sudah di uninstall, aplikasi tersebut masih tetap ada dan mengganggu kenyamanan ketika berselancar di internet.

AdwCleaner merupakan salah satu program gratis dan portable untuk membersihkan berbagai aplikasi yang terpasang tanpa sepengetahuan kita, baik Toolbar, Adware, Potentially Unwanted Programs (PUP), dan browser Hijackers.

adwcleaner

Penggunaan software ini cukup mudah, tinggal jalankan dan klik tombol Scan. Tunggu sampai selesai, dan hasilnya akan ditampilkan di tab-tab dibagian bawahnya terbagi kedalam beberapa kategori, yaitu Services, folder, Files, Shortcut, Registry, Products, IE, Firefox, Chrome. Selanjutnya pastikan memeriksa tab-tab tersebut satu persatu dan beri tanda cek untuk memilih mana yang akan dihapus.

Jika ada dihasil pencarian program atau aplikasi yang tidak ingin dihapus, hilangkan tana cek. Setelah semua di periksa, selanjutnya tekan tombol Clean untuk membersihkan program-program tersebut. Bisa juga kita hapus atau periksa folder tersebut secara manual untuk memastikan apakah software itu penting atau tidak atau jika ingin menghapus manual. Klik tombol Report untuk mendapatkan informasi hasil Scan dalam bentuk Text.

Download, tips dan informasi lainnya berhubungan dengan AdwCleaner (seperti misalnya tips bagi pengguna Antivir WebGuard, opsi untuk mengabaikan scan web browser tertentu dan lainnya) bisa langsung mengunjungi halaman produk AdwCleaner (Ukuran file sekitar 1 MB).

Software adware / adwcleaner / browser / plugins / Toolbar / web browser /

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>