15

[Android] Pantau pengeluaran harian dengan Expense Manager

Pengeluaran harian sebaiknya perlu di catat untuk memudahkan kita mengelola keuangan dengan baik. Tetapi hal itu terkadang terhambat dengan repotnya ketika harus membawa buku kemana-mana atau setiap saat harus membuka komputer dan sebagainya. Kini ketika sebagian kita sudah memegang smartphone (Android), yang lebih sering dibuka dan di bawa kemana saja, ada aplikasi gratis yang cocok untuk menulis pengeluaran harian ini.

Expense Manager, merupakan aplikasi gratis untuk mencatat berbagai pengeluaran harian yang disajikan dengan sederhana dan penggunaan yang sangat mudah. Setelah memasang di smartphone android kita, menggunakannya sangatlah mudah. Sudah disediakan beberapa kategori umum dengan warna khusus (misalnya Food and Drinks, Transportation, Leisure, dan lainnya). Nama dan warna ketegori dan bisa kita ubah atau tambah sendiri. Pengaturan lain juga cukup sederhana, misalnya kita perlu mengubah simbol mata uang dengan rupiah (Rp).

Ketika menuliskan pengeluaran, kita hanya perlu menekan tombol + dan mengisikan jumlah uang, memilih kategori dan menulis keterangannya. Tanggal secara otomatis akan di set hari ini (bisa kita ubah jika diperlukan). Semua tersaji dalam satu halaman yang mudah di isikan/tuliskan. Setelah itu, kita akan bisa melihat statistik pengeluaran dalam bulan ini (bisa diatur agar tampil mingguan atau tahunan) dengan tampilan yang menarik. Untuk melihat detail tiap kategori, cukup ketuk kategori yang diinginkan.

Beberapa fitur dari aplikasi ini antara lain :

  • Desain yang sederhana, tetapi dengan antarmuka yang modern dan elegan
  • Tampilan statistik dengan grafik yang menarik (ada warna setiap kategori)
  • Tanpa iklan
  • Menulis pengeluaran harian
  • Mengatur sendiri kategori dengan warna untuk setiap kategori
  • Mengatur batasan maksimal pengeluran bulanan untuk setiap kategori
  • Detail daftar pengeluaran harian
  • Widget yang bisa dipasang untuk lebih sering mengingatkan
  • Export ke dokumen excel
  • Backup dan restore data
  • Mengatur grup pengeluaran dalam mingguan, bulanan atau tahunan

Expense Manager juga tidak membutuhkan banyak ruang dan ijin akses, ukuran aplikasi hanya sekitar 2.8 MB saja dan minimal menggunakan Android 2.3, sehingga cukup ringan digunakan dan responnya cepat. Selain fitur diatas, disediakan fitur tambahan (berbayar dengan harga sekitar 30ribu), yaitu :

  • Menuliskan penerimaan/pendapatan
  • Statistik lebih detail
  • Distribusi pengeluaran

Bagi sebagian kita, tanpa fitur berbayar pun sudah mencukupi kebutuhan untuk memantau pengeluaran harian. Meskipun banyak aplikasi sejenis, tetapi Expense Manager layak untuk dicoba, terutama yang membutuhkan aplikasi sederhana dengan tampilan yang modern dan tidak perlu banyak pengaturan untuk menggunakannya. Untuk mencoba, langsung saja install dari Google Playstore Expense Manager

15 Comments

  1. Aplikasi yang menarik, saya pernah mencoba Expense Manager beberapa waktu yang lalu sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan aplikasi sejenis lainnya yang bernama Money Lover karena memiliki kemampuan untuk syncronisasi ke web.

  2. Ditunggu aplikasi yang Mas ebta kerjakan untuk desktop, menjadi aplikasi versi android nya.. 🙂

  3. lumayan nih aplikasi bisa buat mejumlahkan pendapat dan pengeluaran serta bisa mengetahui keborosan atau enggaknya

  4. alhamdulillah, ilmu nya yang disharing mas Ebta ga pernah habis-habis. Moga dengan alat bantu ini jadi banyak pedagang online yang dibuat mudah dan efektif dalam mengatur keuangannya. barakallahu mas Ebta dan keluarga

  5. Hi sobat.

    Saya juga ingin mencadangkan kalian menginstall applikasit ‘My Tabung’ dari Bank negara malaysia. Ia memiliki interface yang nyaman dan memudahkan, sama seperti expenses manager. Salam dari Riau.

  6. Aplikasi ini benar-benar mudah digunakan untuk memantau pengeluaran, udah pakai juga versi Premiumnya bener-bener mantap deh 🙂

  7. Thanks banget atas ulasan yang bermanfaat mengenai aplikasi ini 🙂
    perlu dicobain nih terutama untuk siapa saja yang merasa besar pasak daripada tiang 😀

Comments are closed.