33

Atasi installasi program/driver bermasalah di Windows Vista/7/8

helpBagi pengguna Windows Vista, 7 atau 8 mungkin pernah mengalami program atau driver (baik untuk modem, VGA, bluetooth, Wifi dan sebagainya) yang di install tidak berjalan dengan baik, atau ketika sebelumnya berjalan setelah install ulang tidak berjalan. Ada salah satu cara sederhana yang terkadang merupakan solusi jitu untuk untuk mengatasi hal ini.

Salah satu kelebihan (yang terkadang malah menjadi sumber masalah) di Windows Vista/7/8 adalah masalah UAC (User Account Control). Dengan adanya fitur ini, memang program berbahaya seperti virus tidak akan dengan mudah menyerang/menginfeksi komputer karena akses berbagai tempat/sistem penting windows akan banyak dibatasi.

Tetapi hal ini juga bisa menyebabkan berbagai aplikasi tidak berjalan dengan baik. Misalnya driver atau program yang menjembatani perangkat keras dengan windows, seperti driver Modem, Wifi, Kartu memori dan sebagainya. Driver seperti ini biasanya memerlukan akses ke sistem/lokasi penting yang ada di windows. Jika kita pernah mengalami hal seperti itu, coba langkah mudah berikut :

run-as-administrator

Jika memang program atau driver tersebut bermasalah dengan UAC seperti diatas, biasanya install ulang dengan cara itu bisa memecahkan masalahnya. Termasuk pengguna program Shollu 3.10 yang saya buat, setelah di install tidak mau menyimpan setting yang diubah. Setelah di install dengan cara diatas, masalah terpecahkan. Beberapa teman/rekan saya kadang bermasalah ketika menginstall program (biasanya driver modem) di windows 7, dan setelah diinstall ulang dengan cara diatas, biasanya selalu berhasil.

Tetapi memang cara installasi diatas sebaiknya digunakan untuk aplikasi yang tidak berjalan dengan baik dan aplikasi/program tersebut memang sudah kita kenal asal atau sumbernya. Karena dengan cara seperti itu berarti kita mengijinkan program untuk mengakses sistem/lokasi penting windows. Jika itu ternyata mengandung virus, maka efeknya virus bisa melakukan “hampir apa saja” terhadap komputer kita.

Semoga tips sederhana diatas bermanfaat.

33 Comments

  1. Info menarik Mas.. Sayang Kompi ane masih pake XP… tapi sekedar tahu aj.. ntar kalo ada masalah biar tahu solusinya..

  2. Dengan cara menggunakan “Troubleshoot Compatibility” juga bisa dicoba.. Klik kanan pada icon shortcut di desktop…

  3. Terima kasih mas, walau saya tidak menggunakan win vista atau win 7 , apalagi win 8.
    ilmu ini insya Allah akan tetap berguna.
    saya baru tadi malam mempublikasikan easyQuizz: Program Pembuat Soal Berbasis TIK Alternatif

  4. good info…saya lagi cari software converter PDF to excel ada yg lagi ngasih gratisan lagi gk ya???

  5. Ass, mas ebta persis seperti yang saya alami nih, ketika menginstal modem “SpeedUp” di windows 8 sampai sekarang tidak bisa dipergunakan. kalau tips mas Ebta ini saya terapkan di windows 8 saya bagaimana efeknya mas? mohon sarannya dan terima kasih sebelumnya!!!

  6. Ternyata berbahaya sekali ya jika salah dipergunakan run as administrator itu.

    tapi terimakasih sekali informasinya.

  7. Maaf, bang, diluar topix. Usul buat kamus lagi, yang Inggris, Arab, Indonesia, kayak kamus, 2.04, yang ringan. Databasenya udah ada. tinggal di search kamus munawir. Disitu ada database arab, inggris, indonesia. Bagi programmer jempolan, tentu, insya Allah mudah. Sukron, Jazaakumullah Khoiron

  8. maaf bang saya lagi punya masalah di windows saya,sering kali muncul taskeng.exe cara ngatasinya bagaimana?,mohon petunjuknya trims.

  9. Mas ebta
    gue setuju dengan mas Ihsan

    tolong dong kamus 2.04
    diperbaiki jadi
    arab-indo
    indo-arab
    eng-indo
    indo-eng

    thanks

  10. Mas ebta
    gue setuju dengan mas Ihsan

    tolong dong kamus 2.04
    diperbaiki jadi
    arab-indo
    indo-arab
    eng-indo
    indo-eng

    thanks!

  11. Cara ini memang terbukti ampuh mas, meskipun ada juga yang tidak aplikasi yang hang padahal sudah di run as administrator.
    thanks infonya mas #_#

  12. Pingback: jurnalmagangzulmi

Comments are closed.