44

Belajar web/blog mudah dengan Instant WordPress

Belajar wordpress di komputer tanpa jaringan internet (offline atau lokal) mungkin bagi sebagian orang masih terasa sulit, karena memang biasanya harus melalui berbagai langkah (seperti di artikel saya Video Tutorial Installasi WordPress di Komputer Lokal). Tetapi dengan instant wordpress, belajar wordpress akan menjadi mudah.

WordPress merupakan salah satu Content Managemen System (CMS) yang paling banyak digunakan saat ini, selain karena kemudahannya, dukungan komunitas, plugins dan themes yang sangat banyak membuat wordpress begitu populer. Selain itu dengan wordpress bisa dikembangkan tidak hanya untuk blogging saja, tetapi bisa dikembangkan menjadi website resmi, komunitas, iklan sampai web untuk jualan (e-commerce).

Untuk sebagian pengguna komputer di Indonesia, ketika harus belajar wordpress online setiap saat mungkin agak kerepotan, selain koneksi internet yang terbatas, kecepatan internet yang tidak stabil kadang juga bisa menjadi penghambat untuk belajar. Oleh karena itu salah satu solusi adalah belajar di komputer lokal tanpa perlu koneksi internet (offline).

Menjalankan website semisal wordpress di komputer lokal akan memerlukan beberapa software atau aplikasi tambahan lainnya, semisal Apache (web server), mysql (database), PHP dan lainnya. Dengan Instant WordPress kita tidak perlu mengatur (memikirkan) hal tersebut, termasuk membuat database, karena kita bisa langsung menjalankan wordpress, bahkan dari USB flashdisk (Portable).

Installasi dan Penggunaan

Untuk bisa mencoba menggunakan Instant WordPress, silahkan download dari link yang tersedia di bagian bawah artikel ini. Selanjutnya install dan tempatkan hasilnya di sembarang folder yang kita inginkan, baik di komputer atau di Flashdisk. Hasilnya nanti juga bisa kita pindah-pindah dan copy ke tempat lain dan langsung bisa dijalankan.

Selanjutnya buka folder Instant WordPress tersebut dan jalankan file InstantWP.exe, maka akan tampil menu utama instant WordPress yang terdapat beberapa menu, dengan penjelasan sebagai berikut :

  • WordPress Frontpage, akan menampilkan halaman index (home) web atau blog
  • WordPress Admin, menampilkan halaman untuk masuk halaman administrator (login), usernya adalah:admin dan passwordnya:password
  • Plugins Folder, untuk membuka folder plugins, ketika kita ingin menginstall plugin baru
  • Themes Folder, untuk membuka folder themes, ketika kita ingin mencoba menambahkan themes baru
  • MySQL Admin, untuk membuka halaman MySQL dan mengelola database web/blog
  • Documentation untuk membuka halaman dokumentasi online instant wordpress

Selain dijalankan melalui aplikasi bawaannya, kita juga bisa mengetikkan http://127.0.0.1:4001/wordpress/ di web browser untuk melihat tampilan utama website kita. WordPress sudah otomatis jalan (tanpa perlu install dan setting database), blog yang disertakan di instant wordpress juga sudah menyertakan konten contoh (baik post maupun page). Setelah di install, kita juga bisa memindah atau copy folder instant wordpress ke berbagai tempat lain dan langsung dijalankan.

Tips: Instant WordPress secara default (bawaan) akan menggunakan web browser Internet Explorer. Jika kita ingin mengubah web browser yang digunakan, kita bisa menganti setting dengan membuka file pms_config.ini yang ada di folder iwpserver. Cari baris dengan tulisan BrowserPath= ../system/InstantWP_GUI.exe dan ganti dengan BrowserPath= “C:Program FilesMozilla Firefoxfirefox.exe” jika ingin menggunakan Mozilla Firefox.

Ketika pertama kali di install, Instant WordPress tidak akan mengubah file/setting atau registry windows, karena bersifat portable. Ketika artikel ini ditulis, instant wordpress menyertakan aplikasi berikut : WordPress 3.2, Apache 2.2.15, PHP 5.3.2, MySQL 5.1.46 communiti dan konten contoh.

Tertarik untuk mencoba ? Download Instant WordPress ( 54.1 MB) Alternatif Download dari Mediafire InstantWP_4.1.exe

44 Comments

  1. Alhamdulillah..
    info yang mantab..
    kudu di coba nih mas..

    jazakallahu khair..

  2. wah, akhirnya bisa ter-mediakan ngoprek workpress,
    jazakallahu khair mas.

  3. Pingback: Belajar web/blog mudah dengan Instant WordPress
  4. ini yang aku butuhkan buat ngelatih murid-murid. Terimakasih banyak buat infonya, jazakumullah (bil khoir tentunya). amiin.

  5. Kebetulan sekali mas Ebta, saya lagi pengen belajar bagaimana membuat web/blog (useful info)
    Syukron katsiro mas Ebta.
    Jazakumullaahu khoiro katsiro.

  6. salam kenal mas,
    saat ini sy sdg membuat web portal catur dgn joomla!. Apa bisa mas wordpress menampilkan diagram catur yg interaktif di halaman wordpress sendiri bukan di link ke web catur.
    Trims mas wass

  7. Sudah lama saya mencari informasi seperti ini.
    Alhmdlh Jazakallohu Khoiro Mas Ebta

  8. @Bambang (14)
    kemungkinan filenya rusak (corrupt), bisa jadi proses downloadnya yang bermasalah..

    @kamabarus
    contohnya seperti apa ya?
    kemungkinan bisa, tetapi memerlukan keahlian coding javascript,..

    @Jimmy
    kalau yang dimaksud wordpress.com dan blogger.com, sama-sama punya kelebihan dan kekurangan, tetapi jika nanti blognya ingin di monetisasi, sebaiknya menggunakan blogger atau menggunakan wordpress yang di install sendiri, bukan yg gratisan.

    Untuk detailnya, bisa membaca artikel berikut :
    http://www.e-junkie.info/2011/05/blogger-vs-wordpress.html
    http://hellboundbloggers.com/2011/07/12/blogger-vs-wordpress/

  9. Tiap kali silaturahmi di rumahnya mas Ebta jan gak pernah sepi dari info dan ilmu yang cukup menarik .. makasih wat dua link diatas mas!

  10. Thanx mas ebta atas informasinya. memang saya mesti ikutan blogger dulu krn saya masih Pemula. kyknya kalo ikutan wordpress lebih ribet ya. berarti saya ikutan blogger.com sudah tepat. sekali lg,terima kasih atas info2 terkini-nya.

  11. Oiya mas….Misalnya udah di instal, trus kita udah punya postingan banyak…. Nah kalo pingin di import apakah bisa??

  12. mas kok tiap mau login selalu username salah ya,jika saya log pakai biasa,sangat bisa tapi kalau log pakai instan wp username salah.

    mohon bantuan nya mas

  13. ijin sedot gan,
    pengin belajar offline dulu. Apakah tutorialnya juga tersedia untuk offline?

    mohon dibantu gan

  14. Pingback: Belajar web/blog mudah dengan Instant WordPress | Warung Kopi Bisnis News
  15. Gimana ga mau Login nih…..
    masuk di web aslinya mau tuh ID GW..tp pakai ini kok g mau yah? Mohon penjelasnnya gan?

  16. wah sumpah ,, blog nya ringan banget ,,???
    mau tanya nih ,, gmn sih kok bs ringan banget gitu ,,
    blog aku itu sumpah lemot nya bkan main, padahal javascipt nya itu cuman dikit
    yaitu,, statistik online saja

    tolong dong dijawab pertanyaan ku ini
    di email q: ardicatur7@gmail.com

  17. terus jika mo pake instantwp gimana? cara login nya gimana? saya tidak bisa login ya? ada keterangan phpMyAdmin – Error

    Cannot start session without errors, please check errors given in your PHP and/or webserver log file and configure your PHP installation properly.

Comments are closed.