11

Delphi coding tips – Boolean expressions

Dalam penulisan script program, mungkin kita biasa melihat dan selalu mengikuti petunjuk/manual-nya. Hal itu tentu tidak salah, karena dengan begitu program yang kita tulis akan mudah terbaca, baik oleh diri sendiri maupun orang lain. Tetapi ada hal-hal yang mungkin tidak dijelaskan dalam manual atau referensinya, dan biasanya hal ini didapat dengan belajar dari orang yang telah lama berkecimpung dalam pemrograman. Berikut ada beberapa tips yang berhubungan dengan penulisan ekspresi boolean ( dalam pemrograman Delphi/pascal) yang bersumber dari Pascal Newsletter.

 

Tips Pertama

Coba perhatikan contoh penulisan baris program berikut. Jika b adalah variabel bertipe boolean, maka :


if a = x then
b := True
else
b := False;

 

Penulisan kode diatas sudah biasa kita lihat dan bisa dipahami bahwa jika a bernilai x maka b nilanya benar dan jika sebaliknya, maka b bernilai salah. Penulisan kode diatas sebenarnya bisa diringkas menjadi sebuah baris kode yang lebih pendek dan ringkas, yaitu :

b := a = x;

 

Penjelasan :
Karena a=x merupakan ekspresi perbandingan, dan selalu menghasilkan nilai benar atau salah, maka hasilnya dapat kita letakkan di variabel b. Sehingga jika perbandingan a=x menghasilkan nilai benar, maka variabel b otomatis akan bernilai benar dan sebaliknya.

 

Tips Kedua
Berdasarkan tips pertama diatas, maka jika kita ingin menuliskan baris program seperti berikut :


if a = x then
b := False
else
b := True;

 

Maka sebenarnya dengan mudah bisa dituliskan dalam sebuah baris kode berikut :


b := a <> x;

 

Penjelasan :
Kode diatas mirip dengan tips pertama, hanya saja hasilnya merupakan kebalikannya. Sehingga jika a tidak sama dengan x, maka nilai b=True. Sebenarnya bisa juga ditulis sebagai berikut :


b := not (a = x)

 

Tetapi sepertinya ini membuat ekspresi kelihatan lebih kompleks karena menggunakan lebih dari satu operator ( not dan =), dan juga sedikit lebih sulit dibaca.

 

Tips Ketiga

Tips ini mungkin sering kita tulis dalam programming. Misalkan ada baris program sebagai berikut :


if b = True then c = '*';

 

Maka dapat kita tulis lebih singkat dengan kode berikut :


if b then c = '*';

 

Penjelasan :
statemen “if” sudah menunjukkan evaluasi jika kondisi bernilai benar, sehingga kita tidak perlu menuliskan perbandingannya, karena b merupakan variabel bertipe boolean yang hanya bernilai benar atau salah.

 

Tips Keempat
Tips berikut hampir sama dengan tips ketiga, hanya membalik pernyataannya. Misalnya ada baris kode berikut :


if b = False then c = '*';

 

Maka bisa ditulis dengan lebih singkat sebagai berikut :


if not b then c = '*';

 

Bagi yang masih awal belajar pemrograman, mungkin agak sulit membaca dan memahami baris kode diatas, tetapi jika dibiasakan lama-lama akan mudah dan lebih cepat dalam menulisnya.

 

Walaupun penulisan kode program diatas memberikan kelebihan dari segi kecepatan, dan mungkin kebiasaan programmer pemula dan yang sudah ahli, tetapi semua penulisan tersebut dari segi pemrograman tidak ada yang salah dan semua memberikan hasil yang benar. Selain itu, Delphi Compiler juga cukup pintar untuk menghasilkan kode mesin yang identik dari semua kode diatas. Tetapi minimal hal itu semakin memberikan pemahaman tentang ekspresi boolean. Semoga bermanfaat.

11 Comments

  1. Assalammu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

    Saya hanya ingin mengucapkan banyak terima kasih, krn setelah mampir ke website mas ebta, alhamdulillah banyak ilmu yg bs saya ambil. Semoga mas ebta bs terus memberikan ilmu” yg bermanfaat. 🙂

    “Apabila anak cucu Adam (manusia) meninggal, akan terputus segala amal ibadahnya, kecuali pada tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR Bukhari).

    Jazakumullah khairan katsiran,

  2. assww, bos ane minta link antivirus and laen2 dari blog ente boleh g?
    kalo boleh, bales ke email ane y!

  3. Artikelnya bagus …
    Jadi sedikit lebih praktis bikin program ^_^

  4. Assalamu’alaikum
    mas ebta kalau mau buat fasilitas search sperti di terjemahan alquran mas gimana?
    haturnuwun

    assalamu’alaikum

  5. @hanjar
    kalau itu menggunakan komponen seperti TRichEdit dan disana ada fasilitas search-nya. Kalau mencari kata dari daftar surat bisa memasukkan semua text ke stringlist, karena tidak terlalu banyak..

  6. thx iia mas ebta,,,aq jd bsa bladjar delphi,
    oia,,,bsa mntha link untuk download tutorial delphi dari pertama
    ,,,atau dari dasar pengenalannya?

    mhon perhatiannya////

  7. assalamualaikum wr. wb…
    salam kenal mz…
    mz mau tanya, kalau mu belajar program2 dhelphi dan foxpro alamatnya dimana yach?
    bisa bantu aku g?

  8. pagi mas…..
    lam kenal ya mas…..
    ms mau tanya, aku kan rencananya mau bikin program melalui delphi, kira-kira referensi, buku-buku dll yang cocok kira-kira apa ya mas?
    ada ga ya mas, alamat untuk delphi itu sendiri?
    makasih ya mas……

Comments are closed.