17

Download AOMEI Partition Assistant Standard Edition (Free)

aomei-pa-standard-boxDalam hal manajemen partisi Hardisk, saya biasanya menggunakan EASEUS Partition Master, selain tersedia versi gratis, fiturnya tergolong lengkap, seperti dulu Partition Magic. Tetapi kali ini ada alternatif yang tidak kalah fitur dan kemampuannya, dan tentu Gratis AOMEI Partition Assistant Standard.

Sebelumnya program ini menggunakan nama Home Edition, tetapi kini berubah menjadi Standard. Selain nama yang berubah, lisensi masih tetap sama, tetap Free (gratis) baik untuk Penggunaan pribadi maupun Komersial (lisensi yang jarang didapat dari software-software lainnya).

Dari segi fitur, sejak rilis versi terbaru belum lama ini (yaitu versi 5), berbagai fitur baru telah ditambahkan, sehingga saya dulu yang mungkin kurang berminat untuk melakukan review, kali ini tertarik untuk mengulasnya karena memang fiturnya bisa dibilang lengkap.

aomei-partition-assistant-standard

Fitur-fitur utamanya antara lain :

  • Berbagai manajemen Partisi Hardisk, seperti Resize/Move, Wipe Partition, Align Partition, Merge (menggabungkan) partisi, Membuat, Delete, Format partisi, Split (membagi partisi), Copy Disk/Partisi, Hide/Unhide partisi, Set partisi aktif dan lainnya
  • Konversi antara NTFS dan FAT32
  • Mendukung penuh UEFI boot
  • Konversi MBR Disk juga GPT Disk
  • Rebuild MBR
  • Partition Recovery Wizard
  • Membuat Bootable CD (disini diperlukan Windows Automated Installation Kit / AIK)
  • Migrasi Sistem Operasi ke SSD/HDD
  • Mendukung Partisi Linux Ext2/Ext3
  • Mendukung berbagai hardware mulai dari HDD biasa (IDE, SCSI, SATA, SAS, SSD, USB 1.0/2.0, IEEE Firewire), RAID (0,1,5,10) dan Virtual disk (VMWare, VirtualBox, Virtual PC)
  • Gratis (Free) baik untuk Personal maupun Komersial

Melihat fitur-fitur diatas, memang AOMEI Partition Assistant Standard bisa menjadi alternatif dari program seperti EASEUS Partition Master, apalagi sama-sama menyediakan versi gratis. Fitur lebih lengkapnya bisa mengunjungi halaman AOMEI PA Features.

Selain kaya fitur, program ini juga menyertakan dokumen manual (help) yang sangat membantu. Atau bisa langsung mengunjungi websitenya untuk membaca berbagai tutorial dan tips trik penggunaan software ini. Khusus untuk pembuatan Bootable CD/DVD/Flashdisk, diperlukan Windows Automated Installation Kit / AIK yang ukurannya sekitar 1.7 GB, informasinya disini http://www.disk-partition.com/help/winaik.html

Program ini bisa dijalankan di Windows 2000 Professional, XP, VIsta, Windows 7 dan windows 8 dengan Minimal RAM 256 MB dan CPU 500 MHz. Jika menggunakan Windows Server, AOMEI juga menyediakan versi gratis, silahkan download versi Lite Edition. Ukuran program installasi AOMEI Partition Assistant Standard Edition tergolong kecil, hanya sekitar 3.7 MB.

Download dan Informasi selengkapnya AOMEI PA Standard

17 Comments

  1. Namanya mengingatkanku pada makanan sejenis SIOMAY ­čÖé
    Makasih infonya.

  2. Memang kecil mas Ebta dibanding MiniPartition Tool saja 8 MB

  3. Manteb mas, ane biasa pake EPM tapi ini bisa jadi alternatif selain epm…

  4. Matursuwun atas penjelasannya….
    ijin sedot….

  5. Jadi punya AOMEI Backupper dan AOMEI Partition Assistant Standard.
    Terima kasih mas EBTA.

  6. Ada fitur recovery partition juga ya? Wah penting itu! Dulu di EPM fitur ini menyelamatkan data saya dari Flashdisk yang minta format. Thx Mas Ebta.

  7. Menambah info bagi saya. Kalau saya lebih cenderung ke Ontrack EasyRecovery, tapi setidaknya AOMEI Partition Assistant Standard (yang dulu home edition) bisa jadi alternatif

Comments are closed.