47

Download Gratis, Portable Virus Scan dari Microsoft

Ketika komputer terinfeksi virus dan antivirus yang terpasang di komputer kita tidak mampu menanganinya, salah satu solusi alternatif adalah menggunakan antivirus portable atau yang mampu scan virus langsung tanpa perlu install dan update, salah satu yang tergolong baru adalah buatan Microsoft, yaitu Microsoft Security Scanner.

Microsoft Security Scanner merupakan aplikasi portable (tidak perlu install) yang berfungsi memeriksa dan melakukan scan komputer akan kemungkinan terinfeksi virus (malware). Program yang disediakan Microsoft ini akan senantiasa update dengan database virus terbaru. Karena bersifat portable ini, maka kita juga bisa langsung menjalankan dari USB Flashdisk.

Penggunaan scanner ini sangatlah mudah, setelah di download kemudian jalankan. Akan tampil tiga pilihan apakah kita akan melakukan Quick Scan, Full Scan atau scan folder tertentu. Setelah itu proses scan akan berlangsung dan jika mendeteksi adanya virus, worm atau malware lainnya akan di karantina atau di hapus. Karena sifatnya hanya melakukan scan langsung (on-demand scan), maka program ini bukan sebagai pengganti Antivirus yang mampu memantau aktivitas komputer setiap saat.

Satu catatan penting, bahwa Microsoft Security Scanner hanya bisa dijalankan selama 10 hari setelah di download. Setelah itu maka kita harus download ulang program ini. Hal ini untuk memastikan kita menggunakan program dengan update virus terbaru, karena virus scanner ini tidak menyertakan fitur update didalamnya.

Scanner virus ini dapat berjalan di Windows 7, Windows Server 2003, Windows Vista dan juga Windows XP. Spesifikasi minimal juga cukup kecil (CPU 500 MHz, RAM 256 MB serta 200 MB hardisk space). Tersedia baik untuk sistem operasi 32bit maupun 64bit. Selain itu untuk download program ini tidak memerlukan adanya pengecekan windows original.

Download Microsoft Security Scanner msert 32 bit (72 MB), msert 64 bit ( 73.9 MB)

47 Comments

  1. Syukron mas Ebta atas infonya… Saya masih pakai AVIRA internet security 2012, dan alhamdulillah laptop saya aman dari virus sampai sekarang. Jazakallah atas ilmunya yang sangat bermanfaat..

  2. Thanks for info mas Ebta….saya termasuk fans banget sama website mas Ebta…saya tunggu informasi penting dan menarik lainnya om….terima kasih atas pencerahannya.

  3. Thanks for info mas Ebta…saya tunggu informasi penting dan menarik lainnya mas….bravo Ebsoft

  4. Thank mas ebta buat ilmu nya, bole request ga ?
    saya ingin tahu bahasa pemrograman apa yg bakal maju di masa mendatang.

  5. Sayang sekali tidak ada fitur auto update di dalamnya ya. Kalo harus donlod ulang lumayan besar tuh 70 an MB. Kalo diset ulang tanggal jadi antivirus ga update.

  6. gan….windows apa gak keblokir karena donlot antivirusnya langsung di microsoft update?thx

  7. ada yang tau ga cara setting batery Netbook, ketika udh terisi 90% batery-nya otomatis tidak mengisi.
    jadi daya setrum-nya langsung ke netbook tanpa melewati batery

    mohon solusinya.

  8. mantap ilmunya kang.. main ke blog saya kang…

    Software Update

  9. mesti di-bookmark dulu nih postingan bagus. suatu hari pasti butuh. manatau komp teman,saudara,kenalan atau bahkan komp kita sendiri mengalami Kerusakan akibat virus bisa segera diatasi. thx mas ebta.

  10. om admin ni gimana seh,pertanyaan teman2 diatas gak pernah dijawab, cuma dilihat aja ya?hik hik……

  11. perasaan mas ebta dah nulis d atas klo ni antivitus g butuh pengecekan keorisinalan windows.. so d pake d kompi windws ba****n jg aman. cuman klo pas qt downloadx dr rumh n buka situsx si windows n otomatic dy detect k orisinilan windws qt ni yg ba**ya.. so downloadx klo aq d warnet aja..biar aman..haha..
    wah agak ribet jg y tiap10hr download ulang, g ad fasilas updatex :/
    klo untuk keampuhanx gmn mas ebta??

  12. #5 Taufik
    Terimakasih atas tambahan link-nya
    baru tahu ada aplikasi seperti itu.. ­čÖé

    #11 Red Cloud’s
    Kita hanya bisa memperkirakan, selain itu juga dilihat lebih spesifik, misalnya pemrograman untuk apa, apakah web, 3D (games), desktop dan lainnya..
    Kalau melihat di TIOBE index ( sebagai referensi saja http://www.tiobe.com/index.php/content/paperinfo/tpci/index.html)

    Bahasa Java, C, C++ cukup lama di papan atas..
    Untuk web masih PHP, Python, Javascript, Perl

    @rambo
    setahu saya kalau hanya download saja, nggak masalah, yg penting tidak update windows..

    @jerry
    nggak masalah

    @Kholil
    Notebook terbaru sudah banyak yg otomatis seperti itu, jika sudah penuh daya akan mengambil dari charger..
    Untuk masing-masing merk, coba cek informasi di websitenya
    Untuk software saya belum tahu apakah ada

    @Obinate
    seperti saya sebutkan diatas, ini tidak bisa di update, jadi jika ingin update harus download terbaru. Tujuannya dibuat ini memang fokus untuk scan langsung, bukan untuk di simpan dan scan di kemudian waktu

    @baja hitam rx
    Ya.. terimakasih atas masukannya
    mohon bersabar nggih… ­čÖé

    @layla
    keampuhannya perkiraan saya seperti kemampuan Microsoft Security Essentials dalam mendeteksi malware..
    Jadi cukup lumayan ampuh untuk digunakan

  13. mau tanya mas, kalo ada virus sortcut dan sudah mengakar, gimana cara bersihkan?

  14. @kholil, itu emang udah di setting sedemikian rupa gan kalo battrenya udah 90% penuh terus dayanya tidak melewati battre melainkan langsung ke netbooknya itu sudah di atur oleh pembuatnya supaya battrenya gak jadi bom, kan kalo batrenya keisi terusss apa gak meledak tuuu

  15. thanks a lot atas infonya mas…
    oya, mw konsul jg..
    dah saya coba programnya, tp tnyata komputer kantor ni dah parah bgt virusny, programnya baru jln bbrp detik langsung end.
    klo kaya gini mesti diinstal ulang ya???
    syukron

  16. #30 saifun
    virus yang memanfaatkan celah shortcut ini setahu saya sudah banyak dan masing-masing mungkin berbeda efek dan penanganannya. Jika sudah sangat berat dan banyak file windows rusak, selain repair mungkin dengan install ulang agar lebih fresh

    @ana
    bisa dicoba melalui bootable media atau windows PE dan dijalankan antivirusnya dari USB

    @36 mesbakh
    gpp

  17. Pingback: Download Gratis, Portable Virus Scan dari Microsoft | Warung Kopi Bisnis News
  18. Makasi atas segala ilmunya, mudah2 ilmu yang diberikan menjadi amal baik

  19. thx info-nya mas, hanya sayang agak ribet 10hr download ulang 75mb lagi. Saya sendiri untuk portable antivirus masih mempercayakan pada Pcmav.

  20. kok kopsaya jadi keluar asap masss pieee iki kaleweeeiti masss masss

Comments are closed.