26

File & Disk Manager lengkap dalam satu program, DiskBoss

Ketika data atau file yang ada di komputer sudah mulai penuh, ada saatnya kita memeriksa data-data yang menggunakan space komputer terlalu besar dan mulai bersih-bersih data data lama yang tidak terpakai. Ada beberapa software gratis yang bisa kita gunakan, salah satunya yang mempunyai banyak fitur adalah DiskBoss.

Sebelumnya saya sudah pernah mengulas berbagai software gratis untuk memeriksa atau menganalisa penggunakan space di hardisk, selengkapnya bisa dibaca tulisan saya sebelumnya Koleksi Software Gratis Menganalisa Penggunaan Hardisk. Kini ada alternatif lainnya yang tidak hanya memberikan informasi penggunaan space hardisk, tetapi dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya, namanya DiskBoss.

Versi gratis (freeware) DiskBoss dapat kita gunakan gratis untuk penggunaan personal. Selain dapat digunakan sebagai file manager, DiskBoss mempunyai beberapa fitur utama lainnya, diantaranya :

  • Menganalisa penggunaan space hardisk
  • Klasifikasi dan kategori penggunaan space hardisk berdasar kriteria tertentu
  • Duplicate file finder, untuk mencari file-file yang sama (duplikat) yang ada di hardisk serta menghapus salah satunya
  • File Synchronization, untuk melakukan sinkronisasi file antar dua media atau 2 lokasi yang berbeda
  • Pencarian file dengan berbagai kriteria
  • Membuat perintah tertentu berdasar pencarian, analisa space hardisk, kategori file tertentu dan lainnya.
  • Fitur untuk menyimpan hasil analisa ke dalam format HTML

Melihat berbagai fitur diatas, sepertinya DiskBoss dapat digunakan sebagai pengganti beberapa software, karena disana sudah disertakan fitur seperti analisa penggunaan space hardisk, sinkronisasi, duplicate file finder, klasifikasi file dan lainnya. Meskipun fitur untuk membuat perintah (Commands) hanya dibatasi sebanyak 3 di edisi gratis.

Selain itu ada beberapa keterbatasan di edisi gratis ini, salah satunya adalah batasan jumlah file yang di analisa maksimal 500.000. Jadi jika menganalisa hardisk dengan jumlah file yang lebih dari 500ribu, bisa di coba memeriksa per drive, misalnya drive C terlebih dahulu. Dan sepertinya sebagian besar kita jumlah file masih dibawah 500ribu.

Tampilan DiskBoss juga termasuk nyaman digunakan, dengan icon dan label yang cukup jelas, sehingga menggunakannya cukup mudah. Hasil analisa hardisk juga bisa ditampilkan dalam bentuk grafik untuk memusahkan kita menganalisa. Untuk masalah penggunaan fitur pencarian file duplikat sebaiknya hati-hati ketika akan menghapus salah satunya, dan disarankan tidak menghapus file duplikat yang ada di sistem (drive C).

Untuk masalah sinkronisasi file antar media atau lokasi yang berbeda, jika kita memerlukan software yang mempunyai banyak fitur dibanding bawaan DiskBoss ini, bisa menggunakan FreeFileSync.

Bagi anda yang memerlukan software untuk menganalisa penggunaan hardisk dan beberapa fitur diatas dalam satu software, DiskBoss mungkin dapat menjadi alternatif. DiskBoss dapat digunakan untuk Windows 2000, XP, Vista, 7 serta Server 2003/2008 baik 32bit maupun 64bit tersedia.

Halaman Download DiskBoss ( 4.97 MB, pilih yang Freeware )

26 Comments

  1. Pertama…
    Keren mas infonya…
    Tambah terus info yang keren2 mas…
    Semoga mas Ebta dbri keluasan ilmu dan rizki…Amiin

  2. mirip seperti galary utilities ya mas 🙂
    cb dulu ah, enakan mana ya sama GU

    jazakalloh khoir info ny mas..

  3. maaf tanyanya gak nyambung..maaf..mau tanya gan……saya daftar blog Indonesia ke GA…sudah di approved…nah masalahnya sekarang iklan yg muncul masih ad choices…bukan iklan oleh google….gitu..makasih atas perhatiannya

  4. #21 adib
    mungkin perlu di tunggu dulu
    apa sekarang masih muncul ad choices juga?

Comments are closed.