41

File/Folder tidak bisa di akses di Windows Vista/7 ?

Bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Windows XP kemudian berpindah ke Windows 7, mungkin akan mengalami beberapa masalah. Salah satunya ketika kita mendapatkan file dari komputer lain atau dari internet kadang file ini tidak bisa kita buka, copy, hapus dan akses lainnya (Access denied), meskipun kita sudah login dengan hak akses administrator. Mengapa hal ini bisa terjadi dan bagaimana mengatasinya ?

Windows Vista dan Windows 7 menerapkan keamanan (security) yang lebih dibanding windows sebelumnya, salah satunya adanya Access control terhadap file atau object di komputer. Hanya pengguna, group atau komputer yang sudah di berikan ijin ke file tersebut yang bisa mengaksesnya. Tujuannya untuk lebih mengamankan komputer dari pengguna yang tidak berhak mengakses file/objek tertentu, meski terkadang ini merepotkan ( karena meskipun kita login dan mempunyai hak akses administrator, kita tetap tidak bisa mengaksesnya)

Ketika kita mendapatkan file dari luar komputer kita kemudian kita tidak bisa membukanya, menghapus atau bahkan meng-copynya, kemungkinan besar, file ini tidak mempunyai user atau group yang mengijinkan mengaksesnya. Untuk memeriksanya bisa kita klik kanan file ini dan pilih properties, kemudian lihat tab Security.

Dari tampilan diatas terlihat bahwa file ini tidak ada pengguna atau group yang diijinkan untuk mengaksesnya. Sehingga membuka file, menghapus ataupun copy file tidak akan berhasil.

Memberi Hak Akses File

Untuk mengatasi hal diatas, kita harus menambahkan pengguna atau group yang mempunyai akses terhadap file tersebut. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik kanan file dan pilih properties (kita harus mempunyai hak akses admnistrator), selanjutnya buka tab Security
  2. Klik tombol Edit, selanjutnya akan tampil pengaturan Security
  3. Klik tombol Add untuk menambahkan pengguna (user/group)
  4. Jika kita ingin semua orang bisa mengakses, bisa kita tambahkan pengguna everyone, atau kita tambahkan untuk kita saja, sesuai dengan user yang sedang login. Klik Check Names untuk mengecek yang kita masukkan terdaftar atau tidak
  5. Setelah ditambahkan pengguna, maka kita bisa mengatur hak akses yang akan diberikan, seperti : Modify, Read & Execute, Read, Write juga Special Permission.
  6. Setelah itu klik OK, dan seharusnya file ini sudah bisa kita akses sesuai dengan hak akses yang kita berikan

Jika kita tidak mempunyai hak akses administrator atau hak akses file, maka kita tidak akan diijinkan mengubah hak akses file ini.

41 Comments

  1. makasih infonya … pasti bermanfaat ..amin

  2. Pingback: File/Folder tidak bisa di akses di Windows Vista/7 ?
  3. meskipun belum pernah ngalami.. nice info mas… entar kalo sewaktu2 ada masalah seperti ini jadi dah ready! hehehe…

  4. MAs Kalo yang ada tanda kuncinya gimana ya?ko gk bisa dibuka dan gk bisa dihapus juga..

  5. yah… wah sedih dong yang punya vista… (vistanya bajakan kali)
    atau sama tidak pandang bulu…

  6. @Hikmat @Een > Saya pernah ngalamin juga. Habis itu, saya coba menambahkan pengguna (Langkah 3-4) dengan nama “Authenticated Users”… Dan.. Jreng2.. Berhasil ^^ Kuncinya ilang, dan bisa diotak-atik kembali 🙂

  7. iya mas, saya juga ngalami yang spt ini, dan masih bnyk juga kesulitan2 lain yg kualami di win7 ku, masih enjoy dg xp nih

  8. Jazakallahu khair…
    Tips yang sangat bermanfaat…
    Kunjungi http;//ibnumajjah.wordpress.com/, untuk download secara gratis ratusan e-book Islam, InsyaAllah bermanfaat…

  9. kalo yang diblokir pake command CACLS bisa gak?
    waktu itu kalo g salah syntax nya cacls “nama file.xyz” /P administrators:n

  10. sip, saya memang mencari ini. sebab kadang-kadang muncul acsess denied di win-7 saya. sip sangat bermanfa’at

  11. hhehehe… sebenernya saya udah tau sih, tapi saya cuman mo ngasih 4 thumbs up!!! buat blog ini…
    gk salah ane subscribe blog mas ebta ini… :3

  12. mas mo minta bantuannya. maaf klo agak menyimpang.
    sy kn instal secure folder d windows7 trs ada salah satu folder yg sy kunci, folder itu isinya 10 GB,trs krn suatu hal sy instal ulang windows & sy lupa unsecure folder yg sy kunci tadi. Stlh instal ulang beres sy instal lg secure folder tp pas coba mw d unsecure trnyta foldernya ga ada d list padahal klo d liat dr propertis pd partisi hardisk, misalnya data(F) size disknya 25 GB, tp klo d buka dulu data(F) nya, trs d liat propertisnya sizenya 15 GB, brrt folder sy yg 10 GB msh ada tp d lock & hide sama secure folder yg dlu sblum instal ulang. Sy minta bantuannya mas gimana caranya balikin folder saya yg yg 10 GB ya ???
    terima kasih sebelumnya

  13. ini cara crack agar folder/file tidak bisa dihapus/diaksess. ane sih dah tw.

    tanks infonya….

  14. asw.mas saya download mufid kamus arab ke pc saya windows 7.namun ga bs di acsess.trus saya udah coba cara di atas gimana caranya?????syukron

  15. saya baru download film Transformers 3 lewat Torrents, seperti biasa hasil download akan otomatis tersimpan di folder yang telah saya tentukan dalam bentuk folder lagi (folder filmnya). Setelah beres download, folder film tersebut ga bisa dibuka, di klik kanan juga gak bisa, malah ‘windows explorer restarting’ mulu. Gitu aja terus-menerus. Kenapa ya? padahal folder film lain masih bisa dibuka. mohon bantuannya, udah mau putus asa nih.

  16. Gan, saya mu tanya… netbook sy kan pke OS windows 7 , Drive C nya kapasitas nya 0 byte trus gk bisa kebuka, tp anehnya netbeans yg saya install di drive C itu ke buka, tolong bantuannya?

  17. Mas,,saya sudah coba,,tapi tetap gak bisa.
    Semua nama file ny berwarna hijau.
    Dan tetap gak bisa dibuka mas.
    Muncul bacaan :”…. can’t open this picture because you don’t have the correct permissions to access this location.”
    Mohon bantuannya mas. trims

  18. iya gan.. sama dng yg dialamin mbak Rara.
    tulisannya hijau dan gak bisa dibuka, tp dihapus bisa gan.
    ini gmn ngatasinnya gan????
    mohon pencerahannya..

  19. nanya donk..
    kenapa Folder “D” di hardisk notebook saya gak bisa ditambah file dan file atau folder yg sudah ada didalamnya juga gak bisa di copy ke tempat lain? klu menggunakan aplikasi yang sudah terinstall di “C”,lemooooot banget, sering tersendat kaya nge-hang gitu.
    OS saya Win.7
    mohon sarannya…

  20. makasi gan berguna banget nih,,,berhasil ane,,, thanks ya,,,good good good and best for you gan,,,

  21. Makasih yaa kak . makasih banyak banyak . berkat ini saya sudah bisa membuka kembali data2 yang slama berbulan bulan tidak bisa dibuka. makasih sekalii . dan makasih banyak kak . makasih 🙂 :”) 🙂 🙂 🙂 🙂

  22. setelah ngutak ngutik komp kantor yang ga bisa ngakses drive di 7..ahirnya nemu juga caraanyaa..terimaa kasihh banyaaak

Comments are closed.