87

Google+ (plus), layanan jejaring sosial baru dari Google

Seperti kita tahu, aplikasi jejaring sosial yang paling populer saat ini adalah Facebook. Tetapi beberapa waktu lalu Google mulai memperkenalkan layanan baru “social network” mereka yang baru, Google+ (Google Plus) yang sepertinya ingin bersaing dengan Facebook. Setelah sebelumnya layanan ini baru bisa digunakan melalui sistem invite (undangan), kini Google+ sudah terbuka dan siapa saja bisa bergabung.

Layanan google yang satu ini mulai diperkenalkan tanggal 28 Juni 2011 yang lalu, ketika itu memang baru dibuka secara terbatas, tetapi kini kita sudah bisa bergabung tanpa harus diundang teman yang sudah terdaftar.

Google+, memang baru saja di rilis, sehingga bagi sebagian pengguna mungkin terasa membingungkan. Tetapi jika sudah terbiasa, hal itu harusnya bukan masalah, apalagi fiturnya masih belum sebanyak facebook. Google+ saat ini mempunyai fitur atau layanan sebagai berikut :

  • Circles – Kita bisa membuat grup kita sendiri berdasarkan kiriteria tertentu, misalnya grup keluarga (family), teman sekolah, teman main, dan sebagainya. Setiap grup terpisah satu sama lain, sehingga kita bisa berinteraksi hanya dengan grupp yang kita inginkan.
  • Sparks – Kita bisa memasukkan sebanyak mungkin kata kunci yang menjadi ketertarikan kita (misal olahraga, politik, programming dan sebagainya) kemudian google+ akan memberikan link update konten yang sesuai dengan ketertarikan kita tersebut.
  • Hangouts – Memungkinkan kita untuk langsung berkomunikasi melalui video (live), dengan 10 orang anggota atau teman. Termasuk kemampuan untuk saling sharing video dan melihat youtube, dan chatting via text/tulisan disampingnya.
  • Huddle – Fitur untuk chatting di handphone (mobile phones)
  • Instant Upload – Layanan untuk upload foto atau video secara langsung dari mobile phone ke Google+ untuk kemudian di share

Bagi yang sudah mempunyai account google atau gmail, untuk bergabung mudah saya, setelah login buka https://plus.google.com, tinggal klik saja tombol Sign In. Bagi yang belum punya, untuk mendaftar juga relatif mudah seperti membuat email baru saja.

Setelah terdaftar, dan sudah masuk ke halaman Google+ kita, maka kita langsung bisa mencari teman, invite, menuliskan status, upload foto/video dan lainnya. Silahkan di explore berbagai fitur Google+ dan bandingkan dengan facebook, apakah kira-kira Google+ akan bisa besaing dengan Facebook. Seiring dengan berjalannya waktu, kemungkinan layanan atau fitur Google plus juga akan bertambah, termasuk tips penggunaannya akan banyak beredar di internet.

87 Comments

  1. Terima kasih sharingnya, itu wajahnya mas Ebta, kah? 🙂 salam kenal mas. Semoga keberkahan senantiasa dilimbahkan Alloh di rumah baru mas Ebta beserta keluarga. terima kasih sharing Google+ nya

  2. Oh sayang sekali. Saya membuka halaman Google+ 12 Agustus 2011, Jam 8 Pagi. Tapi ternyata masih belum dibuka untuk umum. Harus menunggu di invite. Jika tidak merepotkan, tolong saya di invite dong mas Ebta. Hehe..

  3. Thanks infonya. Tapi sepertinya msh dalam tahap uji coba dan hanya menerima beberapa member aja. Saya barusan buka dan ini pesannya : “Google+ is in limited Field Trial
    Right now, we’re testing with a small number of people, but it won’t be long before the Google+ project is ready for everyone. Leave us your email address and we’ll make sure you’re the first to know when we’re ready to invite more people”.

  4. Pernah coba tapi masih dibatasi untuk uji coba…

    dan di tujukan untuk beberapa akun saja, belom untuk semua akun google…

    klo sekarang tdk tau lagi…

  5. Alhamdulillah.. syukran katsir info nya mas ebta. maaf, tolong email2nya dibalas ya mas…

  6. kok td saya buka masih belom bisa ya?

    masih ada tulisan:

    Google+ is in limited Field Trial
    Right now, we’re testing with a small number of people, but it won’t be long before the Google+ project is ready for everyone. Leave us your email address and we’ll make sure you’re the first to know when we’re ready to invite more people.

    padahal sy uda login pake google account,,, itu gmn ya..?

  7. mas ebta, invite saya dong..
    dzyemtri [at] gmail [dot] com

  8. Bang Ebta, Google Plus hrs pakai invite. Mbokyao diriku di invite.
    thx yg buanyak lho Bang.

  9. Wah keren infonya… Lebih2 kalo saya juga di invite mas Ebta…

    Makasih 🙂

  10. Wah, berita lama tuch.
    Katanya pendiri facebook,Mark Zuckerberg . Juga di invite oleh google and mendapatkan jumlah penggemar lebih banyak dari pada pendiri google. Yang menjadi pertanyaan ,antara +1 vs like siapa yg menjadi pemenang..
    Jangan lupa visit blog aku juga ya…

  11. siap2 pindah rumah, heheheeh
    bukannya masi trial ya mas?

  12. Itu pic profil Google+ beneran wajah Mas Ebta? Kalok iya, akhirnya… Keluar juga dari “persembunyian” haha…
    Google+.. Akankah menjadi keruntuhan tahta Facebook.. Lets we see.. 🙂

  13. Pingback: Google+ – Layanan Jejaring Sosial Baru Milik Google | InfoTipsTricks.Com
  14. Mas ebta, ada yg mau q tanyakan. Aku udh punya e-mail gmail, tetapi pas waktu login kok keluar istilah Trial?

  15. Imho, saya reasonably kuatir dengan privacy-nya. krn g**gle services ini bila tidak hati-hati seperti sebilah mata pedang, dari mulai layanan search engine-nya yg bs mengintip data di hard disk di setiap komputer pengguna G**gle, lalu Gm*il yg menyelipkan iklan sesuai profil data pribadi kita, dll.Tanpa filter dari diri sendiri sgt mungkin data2 private kita bs terkuak dg mudah. Mungkin baiknya hindari penggunaan data2 pribadi yg sgt privat, Use it with your own risk. Sy pribadi sedikit2 meninggalkan G**gle & prefer menggunakan situs2 lain yg tdk kalah baik & yg penting mendukung protected private data. Just my 2 cents, terima kasih

  16. hmm. sebenarnya gk tinggal bikin email gmail baru trus langsung bisa terdaftar sbg user google+ mas ebta..
    tetapi (skarang) hanya beberapa orang saja yang di invite oleh google yg bisa mencoba tahap beta ini..
    tp bagi yg ingin akun google+ hubungi saya di facebook.
    http://www.facebook.com/suryaadiwiguna

    tar saya invite..

  17. Weh.. mas koq saya masuk ke google plus.. gak bisa mulu yah suka tulisan error404 mulu itu kenapa ya.. ? apa harus di invite dl ya mas? Klo bleh invite donk email saya diehendrick@gmail.com 😀

  18. trims, powerfull bgt infox…, tapi yg sekarang aja aps jejaring sosial udah banyak masa mau di regist semua,.. lebih baik kuasai salah satux dan jadikan seefektif mungkin….,..

  19. well… yg mau di invite tinggal hubungi saya di facebook.
    saya lupa bilang klo selain google sndiri yg invite, user generasi pertama jg bisa invite,, dan kebetulan saya user generasi pertama.. xixixixixi

    hhtp://facebook.com/suryaadiwiguna

  20. Wah mantaps…dah bosen pake FB terus, mau coba yang baru nich 🙂

  21. Om Ebta, or anyone yang punya acc google+ aku diinvite dong…

  22. Silahkan cek email yang minta di invite..
    bagi yang belum silahkan komentar di sini..

  23. alhamdullilah dah gabung sejak 2 minggu yg lalu mas ebta.
    +Ebta Setiawan, added to my circle.

    +1
    jazzakumullah

  24. invite juga donk..,,uda coba msuk tp eror…
    makasih sblmx…

  25. udh pnya yg ini.G+ kalo ditelusuri lbh dlm,lbh lngkp n beda bngt ma FB walaupun sekilas tmpilan G+ msh sm ma FB.

Comments are closed.