10

Google Trends, trend di Internet saat ini

Bagi yang punya blog/web dan ingin mengetahui statistik dari mana pengunjungnya atau apa saja yang dicari kok bisa sampai (nyasar.. ) ke blog kita, bisa digunakan tambahan plugins statistik. Untuk pengguna WordPress misalnya, bisa menggunakan Counterize. Atau lebih detailnya gabung saja di Google Analytics. Kita tinggal menambahkan kode script di blog kita maka kita bisa melihat dan menganalisis pengunjungnya.

 

Bagaimana jika kita ingin mengetahui statistik kata-kata atau keyword yang dicari sebagian besar pengguna internet di dunia atau di Indonesia ? Jawabannya.. bisa digunakan Google trends. Kita tahu Bahwa google merupakan mesin pencari terbesar, dan setiap kata yang dimasukkan pengguna akan tersimpan di database google, termasuk asal negaranya. Google trends akan menampilkan perbandingan kata-kata yang sering dicari di Internet, detail sampai wilayah setingkat Propinsi.


google trends

 

Hasil diatas merupakan statistik di Indonesia ketika saya mengetikkan delphi,vb,c++,java,.NET di pencarian dan klik Search Trends

Selain grafik ada fitur lainnya yang menarik.

 

Fitur lainnya adalah kita bisa mengetahui dari negara, propinsi dan bahkan kota manakah yang paling banyak mencari kata tersebut. Berikut hasil pencarian kata diatas untuk wilayah Indonesia :


google trends 2

Berikut jika diperluas Areanya mencakup semua negara :


google_trends_03_small.gif

 

Dengan google trends kita bisa membandingkan kata yang diinginkan sampai 5 kata dan masing-masing dipisahkan dengan tanda koma. Hasilnya sangat menarik, selain bisa digunakan untuk melihat apa yang sedang trend saat ini, bisa juga digunakan sebagai referensi (alat bantu) untuk menulis artikel tentang sesuatu yang banyak dicari pengguna internet.

 

10 Comments

Comments are closed.