46

Gratis, software antivirus portable, Emsisoft Emergency Kit

Ada berbagai cara untuk mengatasi komputer yang sudah terinfeksi virus/malware ketika antivirus yang terinstall sudah tidak manjur lagi. Sebelumnya saya sudah pernah membahas salah satu tekniknya dengan bantuan Bootable CD. Kali ini kita bisa memanfaatkan software gratis dari Emsisoft yang merupakan salah satu vendor pembuat software security, yaitu Emsisoft Emergency Kit.

Emsisoft Emergency Toolkit merupakan koleksi software atau program yang dapat dijalankan langsung dari windows tanpa perlu melakukan installasi (portable). Kita dapat langsung melakukan scan dan membersihkan komputer yang terinfeksi virus. Hal ini tentu sangat membantu, karena biasanya komputer yang terinfeksi virus tidak akan bisa di install antivirus.

Fitur-fitur

Program ini terdiri dari 4 komponen utama, yaitu :

  • Emsisoft Emergency Kit Scanner, merupakan aplikasi scanner malware (virus, trojan, worm, spyware, adware, keylogger dan sebagainya), dengan menyertakan tampilan grafis. Untuk menjalankannya tinggal double klik file a2emergencykit.exe yang ada di folder EmsisoftEmergencyKitRun.
  • Emsisoft Commandline Scanner, mempunyai fitur yang sama dengan Emergency Kit Scanner, tetapi tanpa tampilan grafis dan dijalankan dari command prompt. Bermanfaat untuk pengguna yang sudah mahir, serta otomatisasi pekerjaan.
  • Emsisoft HiJackFree, HiJackFree merupakan tool untuk mendeteksi dan menghapus malware secara manual. Dengan tool ini kita bisa mengatur semua aplikasi yang berjalan, service, driver, autorun, port, host file dan lainnya.
  • Emsisoft BlitzBlank, merupakan tools bagi pengguna ahli dan bagi yang sering berinteraksi dengan pembasmian virus. Virus/malware terkadang tidak mudah dihapus, dengan BlitxBlank penghapusan dapat dilakukan ketika booting sebelum windows dan program lain berjalan.

Emergency Kit ini menyertakan update sesuai dengan software antivirus berbayar Emsisoft terbaru, Emsisoft Anti-Malware. Untuk versi 1.0.0.22 di artikel ini, update terakhir adalah tanggal 17 Oktober 2010, sehingga masih cukup baru. Setelah dijalankan kita juga bisa langsung meng-update terlebih daulu.

Download

Software ini dapat berjalan di Windows XP, 2003/2008 Server, Vista and 7 baik 32bit maupun 64bit. Download Emsisoft Emergency Kit (102 MB), selanjutnya extract file zip ini ke hardisk atau USB Flashdisk untuk segera digunakan. Aplikasi ini juga tersedia dalam paket yang terpisah, Misalnya kita hanya memerlukan HiJackFree saja. Informasi selengkapnya dari Emsisoft

46 Comments

  1. tumben bisa ranking 4 he..he..he makasih mas…nambah lagi satu ilmu…

  2. Siipp…tapi filenya lumayan besar juga..
    Mudah2an cukup ampuh untuk mengahapus virus yg lagi banyak beredar.

  3. koq antivirus portable Emsisoft Emergency Kit, sizenya bisa sampe 100 MB y…padahal cuman portable doang

  4. Mas ebta dan temen2 ada yg tahu software powr point to html, thanks mas

  5. Ukurannya besar karena database malware-nya hampir 90 MB sendiri (database signature virus, trojan, spyware, adware dsb)

  6. Semoga gak kalah ampuhnya dibanding dengan cara Bootable CD. Makasih Mas Ebta…

  7. Tumben deh……. baru kali ini no 20 an.
    Tks mas, Muantap tak salah untuk dicoba
    tks

  8. Mendingan install ulang aja mah klo aku.
    Fitur Hijack-nya kayak di Iobit Internet Security 360. Tapi sayang, gak gitu bagus. Itunes-ku di block klo pke Iobit Internet Security 360.

  9. makasi om untuk imfo dan pengajarannya…………… salam dan jaya terus……

  10. Filenya cukup besar karena database malware nya sangat banyak, ditambah lagi kami menggunakan dual-engine dari Ikarus beserta databasenya, jadi ya size nya memang cukup besar, tapi tentunya bagus untuk pendeteksian 🙂

    Ebta, thanks for the review!

  11. Berarti ni pake database virus Emsisof anti malware?? btw, bagus gak n teruji gk mas untuk Emsisof anti malware sendiri??

  12. mas ebta, untuk updatenya, caranya gmana? nuwun sebelumnya

  13. Makasih Mas ebta,100mb mah kecil meskipun kutunggu dw 1,2jam,kuharap pungsinya,soalnye aku pake evdo SMART yg gratis 15 hari (Bukan Promo),inimah azas manfaat kale….Ditunggu utility lain yang portable

  14. Hello, I have some anti-virus news to send you. Please could you let me know to which email I should sent this to?
    Thanks 🙂
    Talya

  15. abis sedot pake hp 10 menit kelar…duduk bntr d hotspot..msh bihun jg makenya mas ebta?

  16. Thanks Mas Ebta atas software2nya yang bermanfaat.untuk yg portable ini apa flashdisknya gak keburu di serang virus ketika ditancapkan ke komputer?

  17. Slightly off topic but I visit this website often and the thought just popped in my head (being the impulsive gal that I am) so I’m just going to ask you all.

    While I’m sat typing this I’m shivering in a jumper and thick socks with the heating on on account of -8C!! I now reside in a reasonably spacious open plan apartment and it just doesnt heat up. I presume some of you have a similar position which is why I asked.

    Anyway I’ve been investigating oil filled radiators for under my desk so wondering if any of you might have one and are they good, what’s best manufacturer and stuff? Thanks 🙂 xx

Comments are closed.