33

Kalkulator Alternatif Kaya Fitur, SpeedCrunch dan RedCrab

Sistem operasi (windows, Linux dll) biasanya sudah menyertakan program Kalkulator (Calculator), dan sepertinya merupakan software wajib. Tetapi jika kita ingin mendapatkan fitur yang lebih kompleks dari kalkulator tersebut biasanya tidak bisa kita dapatkan. Alternatifnya, kita bisa menggunakan RedCrab atau SpeedCrunch Scientific Calculator dengan berbagai fitur dan ekspresi matematika.

Keduanya merupakan freeware sehingga bisa kita gunakan secara gratis. Selain itu, SpeedCrunch merupakan opensource dan bisa kita jalankan baik di windows, Linux, Mac. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

SpeedCrunch Calculator

SpeedCrunch merupakan Opensource sehingga bebas kita gunakan. Selain mudah menggunakan, program ini mempunyai berbagai fitur yang tidak dimiliki program Calculator bawaan sistem operasi. Fitur-fitur utamanya antara lain :

  • Unlimited Variables. Kita bisa menggunakan variabel untuk menyimpan data, misalnya x=0.75 yang nantinya dapat digunakan dalam perhitungan misalnya y =3*x
  • Syntax highlighting. SpeedCrunch menampilkan ekspresi matematika dalam warna yang berbeda, sehingga memudahkan ketika harus menulis ekspresi matematika yang kompleks
  • Fungsi dengan Automatic Completion. Selain operasi standard ( +, -, *, /, ^, ** ) fungsi lainnya bisa didapatkan dengan fitur Auto completion ( tekan Ctrl+ F untuk menampilkan fungsi-fungsi yang tersedia)
  • Akurasi sampai 50 desimal
  • menampilkan ekspresi matematika sebelumnya yang sudah ditulis (history)
  • Smart Correction, otomatis membenarkan beberapa kesalahan penulisan atau ekspresi
  • Keyboard Friendly, kemudahan menjalankan dengan shortcut keyboard

Program ini dapat dijalankan di sistem operasi Windows, Mac OS X, Linux (Kubuntu, Ubuntu, Debian, Gentoo Linux, Fedora, OpenSUSE dan lainnya). Di sistem windows juga menyediakan versi Portable, sehingga kita bisa langsung menjalankan tanpa harus install. Untuk mencobanya, silahkan download sesuai dengan sistem operasi yang digunakan dari halaman Download SpeedCrunch ( Ukuran windows 2.4 MB, Linux 1.6 MB dan Mac OS 6.6 MB)

RedCrab Calculator

Sesuai dengan motonya sebagai Scientific calculator, RedCrab menyediakan formula editor dengan tampilan yang lebar, sehingga kita bisa memasukkan rumus atau ekspresi matematika yang tidak bisa dimasukkan dengan mudah di editor biasa. Hasil perhitungan juga ditampilkan di tampilan yang sama, sehingga lebih memudahkan.

Keunggulan dibanging Calculator biasa atau sejenisnya adalah kemampuan memasukkan simbol berbagai ekspresi matematika, sehingga akan memperjelas dan lebih memudahkan. Pastikan untuk membaca panduannya (disertakan dalam download) untuk bisa menggunakan Calculator ini.

Program hanya untuk sistem operasi Windows, dan minimal Pentium 4 dengan RAM 512MB. Selain itu Font windows Courier New dan Symbol harus ada ( windows sudah menyertakan font ini).

Calculation range: 1.7e 308 to 5e-324
Accuracy: 18 digits
Display : 15 digits

Untuk mencobanya, langsung Download redcrab.zip ( 1.3 MB)

33 Comments

  1. Bagusss…., ­čśÇ

    mirip maxima…, tp lbh sederhana,

    thanks…,

  2. Thank’s sekali lagi ………………….
    infonya tambah keren dan tambah oke aja

  3. mas Ebta ngebikin shollu n kamus pake bahasa pemrograman apa sih? nubie nih mas, pengen belajar… skinnya keliatan bagus… dapetnya dimana mas?

  4. assalamu ‘alaikum mas ebta,
    semoga rumah dan keluarga mas ebta aman dari bencana merapi.
    makasih info dan ulasannya, mohon ijin download. Jazakallah
    wassalamu ‘alaikum.

  5. mantab mas! kayaknya ini bisa jadi lebih berguna dari kalkulator biasa yang ada di rumah deh (saat sedang main komputer, tentunya)

  6. kalo di windows 7 kayaknya juga udah ada aplikasi kalkulator yang mungkin lebih maju dari seri windows terdahulu, bukan hanya bisa untuk menyelesaikan penghitungan standar (+,-,:,x) tapi juga bisa digunakan nuntuk rumus aljabar dan sebagai scientifik kalkulator

  7. heya i want a new calculator for college, my teacher told me that the TI83 is standard but people say it is oldschool… can you recommend a better calc?

  8. Pingback: Monitor Aktivitas Penggunaan Komputer dengan Wamon - Info Komputer RumahTerjemah.com
  9. Pingback: Belajar Matematika lebih mudah dengan Microsoft Mathematics « SETIAJID
  10. Pingback: DeForce

Comments are closed.