31

KBBI Offline 1.5.1, Perbaikan masalah suara notifikasi di Windows

kbbi-logoJika anda menggunakan salah satu software buatan saya KBBI Offline, mungkin yang cukup jeli pernah mengalami ada suara notifikasi yang hilang dari windows. Misalnya ketika mengetik di MS Word dan mau ditutup tetapi belum tersimpan, muncul pesan, tetapi suaranya hilang. Di versi 1.5.1 ini masalah tersebut sudah diperbaiki.

Jika windows menggunakan atau mengaktifkan suara notifikasi atau “Sound Scheme”, suara beep (ding, atau semisalnya) akan terdengar ketika kita menekan tombol Enter. Atas usulan pengguna, suara tersebut awalnya sengaja di matikan di program KBBI Offline ini. Baru-baru ini, atas laporan pengguna KBBI Offline lainnya, ternyata setelah menggunakan KBBI Offline (meski sudah ditutup) ternyata suara beep di Windows menjadi hilang.

KBBI Offline versi 1.5.1 ini memperbaiki hal tersebut termasuk mengembalikan suara ketika KBBI Offline ditutup. Selain itu ada tambahan opsi (setting) apakah suara notifikasi windows akan dimatikan ketika menggunakan KBBI Offline. Jadi versi 1.5.1 ini murni hanya perbaikan bugs (masalah) tersebut, tidak ada fitur baru. Jika pengguna mengalami hal itu, silahkan download KBBI OFfline 1.5.1 dari link berikut :

KBBI Offline 1.5.1 Portable
KBBI Offline 1.5.1 Installer (setup)

Jika ada masukan, masalah atau saran lainnya berkaitan dengan program KBBI Offline ini, silahkan disampaikan di komentar. Terimakasih..

31 Comments

  1. saya suka program-program yang di publish disini, saya sendiri sudah lama (diantaranya) menggunakan software kamus bahasa Inggris dari ebsoft, kalau mau saran.. bisa nggak dibuat softwara thesaurus bahasa Indonesia? pasti banyak dibutuhkan terutama bagi para penulis..

    terimakasih..

  2. wah baru tahu aku pikir yg masalah komputer, ternyata bugs dari KBBI, maju terus mas ebta

  3. Sudah banyak saya mendapatkan software2 bermanfaat dari web ini. Makasih mas Ebta..

  4. saya punya saran mas, akan lebih lengkap rasanya jika ada package KBBI dan aplikasi lain ebsoft untuk pengguna linux (ubuntu) tanpa menggunakan wine. 🙂

  5. #5 Anas
    Kalau ada referensi data yang bisa digunakan, insyaAllah bisa dibuatkan.. hanya saja saya belum dapat referensi yang bisa digunakan

    #3 ali fauzan
    hehe.. seperti kuliah saja mas
    Kemampuan programming apa saja, terutama desktop..

    #5 eko
    Iya, akan lebih lengkap tentunya
    Karena itu KBBI Offline ini saya opensource-kan, jadi yang sudah familiar dengan membuat package untuk linux sebenarnya bisa mengembangkannya.. kalau saya sama sekali belum familiar dengan linux package..

  6. pak… anda buat software pake bahasa apa ya…? saya masih SMA dn baru menguasai bahasa pascal… saya dah buat pernah buat software kalkulator yang bisa bicara kayak manusia.. pengen lebih mahir dalam bidang programming kayak pak ebta.. walaupun saya nanti g kuliah di jurusan komputer

  7. share ilmu tentang pemrograman dong pak!!!!!!!! tentang bahasa pemrograman, tentang menyusun script yang efisien , tentang apa ja lah….. i need a free tentor.. he he he

    i very interest with that….

  8. Kang Ebta saya juga pengguna OS Linux, dan saya yakin kang Ebta bisa membuatkan aplikasi KKBI Offline yang sangat bermanfaat ini untuk versi Linux (extension .deb). Saya yakin kang Ebta bisa, masa kang Ebta sendiri nggak yakin bisa, hehe, saya tunggu loh kang..

  9. kang Ebta kereen.. software KBBI dan Kamus serta shollu nya adalah aplikasi wajib yg saya gunakan tiap hari di tiap komputer yg saya punya.. Barakallah kang

  10. Pak Ebta, kenapa yang KBBI versi 1.3, 1.4 dan 1.5, baik yang portable ataupun yang diinstal, setelah beberapa waktu tak bisa dibuka di komputer saya? Dari task manager, saya lihat programnya berjalan, tetapi jendelanya tak mau muncul di dekstop. Satu-satunya versi KBBI buatan Pak Ebta yang masih bisa saya pakai hanya yang versi 1.2.
    Terima kasih atas jawaban Pak Ebta.

  11. Pak, saya tidak terlalu mahir komputer, tapi saya ingin sekali bahasa daerah saya (Bahasa Ende) dibuat dalam bentuk kamus yang offline seperti punya Bapak. Gimana ya caranya?
    Mohon dijelaskan. Terima Kasih.

  12. Update ah… udah lama pakai v1.3 eh sekarang udah v1.5.1.
    Thanks ya Mas..

  13. permisi bgmna men-fix error ini:

    File database kbbi “data.dat” tidak ditemukan??

    trimakasih!

  14. Saya senang menemukan web ini, terima kasih banyak ….

  15. Apakah Mas Ebta bisa bikin kamus serupa KBBI ini, tapi isinya direktori obat? Bahan bisa disedot di http://www.pom.go.id/webreg/. Pasti sangat berguna. Sy tidak ngerti pemrograman. Pernah nyoba nyedot pakai HTTrack, eh malah nyedot semua isi web, bukan direktori obatnya saja. Maksud hati buat proyek ebook gratis sy di bukuobat.blogspot.com

  16. terima kasih mudah-mudahan ilmu yang telah diberikan barmanfaat bagi saya, semoga mendapat balasan dari Allah SWT

  17. Terima kasih mas Ebta, saya banyak sekali mengambil manfaat dari softwear yang Anda tayangkan. Semoga dimudahkan dalam beramal baik.

  18. terima kasih mas, web yang sangat bermanfaat. anda layak dapat penghargaan….

Comments are closed.