21

KBBI online (dalam jaringan) versi 1.2 hadir lebih informatif

kbbi-logoKebutuhan akan referensi suatu arti kata dalam bahasa Indonesia yang mudah dan informatif diharapkan lebih mudah didapatkan dengan hadirnya KBBI Online (Daring = dalam jaringan) versi 1.2 ini. Web apps (application) yang berupa Kamus Besar Bahasa Indonesia ini saat ini akan lebih nyaman diakses dari berbagai perangkat media (gadget), mengusung sedikit konsep Responsive design.

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh banyak kalangan yang membutuhkan referensi atas sebuah arti kata dalam bahasa Indonesia sepertinya adalah link atau pranala yang tetap. Misalnya kita ingin mendapatkan arti kata atau definisi ‘ilmu’ dan segala sublema-nya, maka akan lebih mudah jika link ini bisa dituliskan http://kbbi.web.id/ilmu, inilah yang saat ini sudah mulai di terapkan di kbbi.web.id ini.

kbbi-online-responsive

Secara umum, berikut lebih detail tambahan fitur dan perbaikan KBBI online Versi 1.2 dari versi sebelumnya:

  • Informasi jenis kata yang lebih lengkap (mungkin hampir mendekati 100%), bahkan informasi kata yang lebih dari satu akan ditampilkan. Misalnya ada keterangan sebuah sublema dengan ‘ark kl’, ketika mouse kita arahkan akan ditampilkan informasi apa maksud ark dan kl ini.
  • Pretty Permalink atau Link yang indah dan mudah diingat untuk definisi kata. Misalnya :

    Sehingga diharapkan link tersebut dapat digunakan sebagai referensi di penulisan baik didalam jaringan maupun di luar jaringan. Setiap kata yang di klik akan ditampilkan link/pranala tetapnya.

  • Responsive Design, tampilan website KBBI ini akan otomatis menyesuaikan di berbagai media, mulai dari smartphone, tablet pc, iPad, iPhone, Galaxy Tab termasuk juga laptop, komputer, netbook atau perangkat lainnya. Sehingga akan lebih nyaman digunakan.

Tiga fitur diatas adalah tambahan di versi 1.2 ini, dan berharap website (web apps) ini akan memberikan banyak manfaat tidak hanya di dunia pendidikan, tetapi bagi siapa saja yang membutuhkan informasi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bagi yang memerlukan versi offline, bisa melihat informasi dan download dari link KBBI Offline.

Jika ada masukan, saran atau melihat adanya kesalahan silahkan di informasikan, baik melalui email atau komentar dibawah, terimakasih. Ingin langsung memanfaatkan KBBI Online ini? silahkan langsung mengunjungi kbbi.web.id, Semoga bermanfaat.

21 Comments

  1. mas ebta, sampeyan buat KBBI offline sama kamus untuk windows 8 apps aja

  2. mas, software KBBI yang buat nokia ovi kg g ada??? buatin donk…please…masa’ smw cm nguntungin BB, android, & apple???

  3. kemarin saya coba KBBI versi sebelumnya saya coba jalankan di windows 8, tulisannya jadi kecil2 gitu om…? bisa bantu gak om apanya yang perlu di setting?

  4. Wah fitur untuk menampilkan keterangan dari jenis atau label dari kata dengan mengarahkan kursor, itu sangat keren dan membantu sekali.
    Sayangnya belum tersedia di KBBI versi offline.

  5. Assalaamu’alaikum. Maaf, dimana saya bisa mendapatkan database daftar kata yang ada dalam KBBI ya? Saya butuh banget nih, untuk data penelitian..
    Jazakallah khair..
    Wassalaamu’alaikum

  6. Yang buat software kbbi sangat kreatif banget, dengan adanya software seperti ini sangat membantu dan membuat mudah tidak perlu membuka kamus besar bahasa Indonesia.

Comments are closed.