49

Komputer sering Hang? Test Memori (RAM) dengan Memtest86+

Pernah atau sering mengalami masalah dengan komputer? terutama komputer yang sering hang (crash)? Permasalahan komputer “hang” atau muncul tulisan biru (blue screen) bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, terutama masalah hardware, salah satunya adalah RAM atau Memori yang bermasalah. Dan berkaitan dengan Memori ini, memang tidak mudah untuk mengeceknya. Tetapi kita bisa menggunakan software gratis Memtest86+.

Jika kita pernah mengutak-atik hardware (perangkat keras) komputer, mungkin tidak asing dengan salah satu software untuk mengetest kondisi Memori (RAM) yang dulu pernah populer, Memtest86 (tanpa tanda plus). Tetapi software ini sudah lama tidak di update (perbarui) sejak tahun 2002, sehingga masih ada masalah dengan perangkat baru (terutama CPU) yang muncul sesudahnya.

Memtest86+ merupakan update dan perbaikan dari software Memtest86 sebelumnya, berbagai deteksi CPU baru sudah ditambahkan sehingga masih tetap berjalan dengan hardware baru sampai saat ini. Terakhir update sekitar pertengahan tahun 2010 kemarin, sehingga masih cukup “fresh”.

Tidak seperti software lain yang berjalan dibawah windows, Memtest86+ berjalan melalui bootable media, sehingga tidak tergantung apa sistem operasi yang di gunakan di komputer. Untuk menggunakannya diperlukan media seperti CD Rom, USB Flashdisk atau Floppy disk.

Jika kita memilih menggunakan CR-Rom, download memtest86+ dalam bentuk ISO, selanjutnya gunakan software burning untuk membuat bootable CD. Untuk lebih mudah, kita bisa menggunakan USB Flashdisk, download versi USB Installer, buka zip dan jalankan file Memtest86+ 4.10 USB Installer.exe. Untuk installer USB ini dijalankan melalui windows, tetapi Bootable USB Flashdisk bisa digunakan di sistem operasi apa saja, asal komputer bisa di set untuk booting melalui windows.

Jika ada masalah dengan Memori, hasil scan atau test akan menampilkan informasi error dengan warna merah seperti gambar berikut ( image kredit wikipedia)

Bagaimana jika RAM bermasalah/Error ?

Jika RAM ada yang error, sebaiknya segera diganti, karena meskipun hanya sedikit tetapi hal ini kemungkinan akan sering menyebabkan komputer hang/crash. Biasanya RAM/Memori bergaransi lifetime, sehingga perlu dicoba untuk ditukar ke toko tempat membeli RAM tersebut.

Untuk mendapatkan Memtest86+ ini kita bisa download dengan memilih beberapa media yang disediakan, yaitu :

Informasi selengkapnya bisa mengunjungi website Memtest86+

49 Comments

  1. Asw nice info mas. Syukron sy sering mengalami ini.Smg jadi asbab solusi..amin

  2. ass. trim infonya, tetapi jika restart pada tampilan desktop krn software ilegal gimana Mas? misal corel X4 saat klik-drag teks, komputer langsung error kembali pada tampilan desktop.

  3. Kok link download yg INSTALLER TIDAK DITEMUKAN ALIAS INVALID???

  4. Bad sector/block pada hard disk juga sering bikin crash dan kabel hard disk yg sering di-copot2 (kabel bekas!!).

  5. assalamualaikum mas ebta,
    sugeng warsa enggal, semoga tahun ini penuh barakah dan lebih baik dari tahun kemarin, amin.
    maksih infonya, saya coba untuk download dan menggunakannya.
    makasih.
    wassalamualaikum

  6. nah.. ini dia yang sudah lama aku cari … dan sekarang baru ada jawabnya trims…

  7. Saya belum paham mas perbedaan antara software ini dengan bawaaan OS. biasanya saya test pakai Memory test bawaan OS. dan RAM-nya langsung saya bersihkan kuningannya pakai karet penghapus. Oh iya, kalau cara mengecek serta memerikas VRAM (VGA RAM) bagaimana ya mas.. Terimakasih mas ebta atas postingannya.. Semoga ada manfaatnya bagi saya..

  8. info menarik. Jd ane bisa tes deh. O y kalw dibiarkan memorynya ada kendala sprti itu apakah akan merusak komponen laen.

  9. Kalau install Ubuntu/linux sudah ada pada saat install, tapi dulunya gak tau gunanya untuk apa…. nice info…

  10. MAS ANE NITIP LAPAK YA…..!!” BAGI AGAN-AGAN LAGI CARI AKSESORIS COMPUTER UNIK,LUCU DAN MURAH DI SINI TEMPATNYA http://www.yulnip.co.cc hanya untuk bulan januari diskon 10% buruan gan

  11. Ass.Wr.Wb. Numpang ‘oot’ dikit… Ada RAM yang pake 4 IC, 8 IC dan 16 IC. Trkadang ada Mobo yg hanya cocok dgn RAM yg 16 IC dan tdk cocok dgn yg laen. Knapa bs bgitu ya maz Ebta? Mohon review pencerahannya. Trims. Wass.Wr.Wb.

  12. bagi yang belum mengerti, untuk menjalankan software ini perlu dibuat dengan CD atau flashdisk, kemudian CD/flashdisk ini dipasang di komputer, di restart ( setting BIOS, perlu diatur agar komputer pertama kali membaca CD/flashdisk ini – pengaturan Boot Order )

  13. minta softwere aplikasi Nokia 7610 ultra mp3 yang gratis dan tidak trial bos. trims

  14. sykuron kastiron mas….info yg sngt bermanfaat terutama yg bergelut dgn hardware.

  15. kalao RAMnya terlalu kecil dan suka crash itu karena memang kecil apa memang ramnya yak yg dah rusak (ramnya dah lama…)

  16. wah…. makasih banget mas Ebta saya jadi sedikit lebih pinter

  17. numpang tanya gan,,,!!! saya punya kmptr,, kmaren ne kmptr itu hang, trus setelah instalan komplit kmpter restar, trus gak bisa tampil windowsnya,,,, yg tampil d layar ” loading opesi system erorr ” udah diganti ama XP yg laen msih sperti itu,,, apa solusinya gan,,,<? trima kasih,,,,!!

Comments are closed.