25

Lihat informasi lebih detail PC (Komputer) dg Sys Information

Sebagai pemilik komputer (PC atau laptop), sebaiknya kita juga lebih tahu informasi (spesifikasi) lebih detail komputer yang kita miliki. Saya dahulu sudah pernah membahas tentang Speccy yang cukup praktis untuk hal ini, tetapi ada alternatif lain yang tidak kalah bagus untuk dicoba, yaitu Sys Information.

Sys Information merupakan program gratis (juga open source) untuk melihat informasi atau spesifikasi lebih detail tentang komputer (windows) yang digunakan, seperti halnya software gratis Speccy. Sys Information memberikan berbagai informasi detail seperti :

  • Sistem Operasi
  • MOtherboard
  • Memory (RAM)
  • Processor (CPU)
  • Graphic Card (Kartu grafis atau VGA)
  • Peripheral (perangkat) lainnya
  • Driver-driver yang terinstall
  • Software yang terinstall + Uninstall
  • Running Process (Aplikasi yang sedang berjalan)
  • Informasi Hardisk dan media penyimpan lain
  • Informasi Battery (jika menggunakan Laptop)

Melihat fitur-fiturnya software ini terlihat cukup lengkap, dari segi jumlah, sedikit lebih lengkap dibanding Speccy (misalnya ada informasi tentang Battery, meski informasi standard saja). Tetapi untuk detail tiap perangkat, sayangnya masih lebih selengkap Speccy. Meskipun begitu bagi sebagian pengguna, informasi yang sangat detail mungkin tidak begitu diperlukan karena informasi umum biasanya sudah mencukupi.

Selain itu, karena Sys Information ini bersifat Open Source, siapa saja yang mempunyai kemampuan programming sesuai dengan bahasa pemrograman bisa ikut mengembangkan sendiri atau bergabung mengembangkan aplikasi ini. Sys Information dapat digunakan untuk Windows XP, Vista atau Windows 7 baik 32 maupun 64bit (diperlukan .net Framework 2.0).

Untuk ukuran file installasi, Sys Information sedikit lebih kecil dibanding Speccy. Jika Speccy berukuran sekitar 4.5 MB, untuk Sys Information berukuran sekitar 3.22 MB (32bit) dan 3.62 MB (64bit). Kesimpulannya, bagi pengguna umum (pemula) informasi dari Sys Information sudah mencukupi, tetapi seorang “power user” (system administrator) yang memerlukan informasi sangat detail, mungkin Speccy masih menjadi pilihan utama.

Download bisa langsung mengunjungi halaman website Sys Information

25 Comments

  1. Keren juga yah….utk awam memang cukup yg simpel aja macam ini, OKe? Nuhunpisan bro EbS. Salam

  2. Setelah membaca ulasan diatas, sepertinya saya lebih memilih sys information, tapi keduanya juga lebih oke 🙂

  3. mas mungkin salah tempat buat komentar yang satu ini :

    mas tolong untuk update selanjutnya bikin postingan tentang bad status (-1) ya soalnya ane cari di internet ga dpt
    thanks b4

  4. Tidak bekerja karena menyangkut masalah Windows 7 Privacy Statement.. Close program.. Apakah ada mengalami hal yang sama?

  5. Ada software baru lagi nih mas Ebta. Kebetulan saya lagi nyari2 karena kegunaannya yang banyak salah satunya untuk mendukung pekerjaan di kantor. Terima kasih mas atas sharingnya.

  6. Mas Ebta, kapan-kapan sharing NEWT Professional v2.5 tools ini juga bagus untuk monitoring system PC, dapat dijalankan di jaringan juga. Terima kasih atas sharingnya

  7. akhirnya bisa cek seri mainboardnya tanpa bongkar pc..makasih pak…

  8. nice software! tak terlalu detail & ribet,cukup user friendly styenya.mksh

  9. Terima kasih atas infonya mas Ebta, untuk menambah referensi

  10. Saya mau tanya, mas Ebta menggunakan email manager apa ya ? Saya mau menautkan email mas Ebta (berlangganan artikel). Tadi malam saya coba daftarkan menggunakan email manager Yahoo! sepertinya nggak bisa mas.

  11. Mas, ada gk ya kira2 software yg sdh bisa deteksi suhu ram ?
    thanks

  12. selama ini saya cek spesifikasi PC dri propertise mycomputer ja, ternyata da software nya jg ya, thanks info gan

  13. Mas EBTA, mau tanya donk di luar topik! Gimana mslh Visual Foxpro 9 (programming)? Apa masih oke untuk dikembangkan buat pemograman? Trimakasih sebelumnya !

Comments are closed.