92

Masalah Support Windows XP berakhir, Komputer Hang dengan MSE

Windows XP sudah berumur lebih dari 12 tahun, dan sebagaimana sudah diketahui bahwa dukungan (support) untuk Windows XP sendiri sudah berakhir sejak 8 April 2014 yang lalu. Sehingga pengguna Windows XP Original sudah tidak mendapatkan update lagi dari Microsoft, artinya ketika ada celah keamanan, error sistem dan lainnya, Microsoft sudah tidak menyediakan perbaikan lagi. Meskipun begitu, Windows XP masih tetap bisa digunakan seperti biasanya.

Berakhirnya support ini mungkin tidak menjadi masalah bagi sebagian kita, asalkan komputer masih bisa dipakai dan untuk keamanan bisa menggunakan Antivirus atau program sejenis lainnya. Bagi pengguna Windows XP, tidak sedikit yang menggunakan antivirus buatan Microsoft, yaitu Microsoft Security Essentials (MSE), termasuk komputer saya di rumah. Tetapi bagi (sebagian) pengguna MSE dan Windows XP mungkin masalah besar mulai terjadi.

mse

Sejak tanggal 16 April 2014 kemarin, komputer di rumah mulai sering hang (crash). Pada awalnya saya mengira ada program atau virus yang menyerang komputer, sehingga sempat bersih-bersih program beberapa saat. Tetapi setelah yakin komputer bersih, dan sudah berkali-kali restart, masalah “hang” masih saja terjadi. Akhirnya mulai googling, dan ternyata tidak hanya komputer saya yang mengalami masalah tersebut. Bahkan ada yang di kantornya mempunyai 150 pc dengan windows XP, 70 diataranya mengalami masalah yang sama.

Setelah baca di sana sini, ternyata ada kesalahan program (bugs) di Antivirus Microsoft Security Essentials sejak berakhirnya support Windows XP (mulai pastinya ada yang tanggal 15 atau 16 April). Icon Antivirus MSE awalnya akan berwarna merah dan tidak bisa aktif karena windows XP sudah tidak di dukung. MSE akan meminta untuk dijalankan ulang, tetapi ketika dicoba, MSE tetap tidak akan aktif, dan warna merah dengan tanda silang akan tetap muncul. Awalnya hanya muncul pesan atau peringatan, tetapi lama-kelamaan Windows jadi sering hang dan tidak bisa diapa-apakan selain di tekan tombol restart atau dipencet dan tahan power-nya (dimatikan).

Sumber masalah sudah ditemukan dan saatnya meng-uninstall MSE dari komputer. Tetapi ternyata uninstall seperti biasa tidak berjalan lancar. Ketika mencoba melakukan uninstall melalui “Add and Remove Programs“, awalnya muncul jendela uninstall, tetapi ketika di klik Next, lagi-lagi komputer “hang“, sehingga harus tekan tombol restart kembali. Saya coba lagi, masih tetap “hang”, termasuk dari safe mode juga tidak bisa.

Akhirnya kembali mencari solusi, menemukan paling tidak ada 3 cara yang bisa ditempuh, berikut detailnya :

Cara Pertama

Cara ini intinya kita mematikan service dan aplikasi MSE melalui safe mode, kemudian uninstall melalui mode biasa (normal). Langkahnya sebagai berikut :

  1. Masuk ke Safe Mode, kemudian ketikkan melalui di start menu > Run: msconfig (bagi yang belum tahu, bisa melihat tulisan saya tentang Safe Mode).
  2. Akan muncul “System Configration Utility“, pilih tab Startup dan hilangkan cek pada “msseces“.
    mse-startup
  3. Buka tab Services dan hilangkan cek pada kolom service “Microsoft Antimalware Service“.
    mse-services
  4. Kemudian klik OK dan komputer akan meminta untuk restart, ikuti perintah untuk merestart komputer.
  5. Setelah restart dan komputer masuk ke mode normal (biasa), lakukan uninstallasi MSE melalui control panel > Add and Remove Programs.

Cara Kedua

Cara kedua lebih cepat daripada cara pertama, yaitu intinya menggunakan perintah DOS (Batch Scripting). Tetapi kita tidak perlu mengetikkan perintahnya satu persatu, karena cukup panjang. Unduh (download) saja file ini : mse-removal.zip (1 KB saja), kemudian buka dengan winzip/7zip/winrar dan keluarkan (extract) file didalamnya yang bernama mse-removal.bat. Selanjutnya restart komputer untuk masuk ke safe mode dan jalankan file tersebut (klik saja 2 kali/double klik). Setelah selesai restart komputer.

Berkas (file) mse-removal.bat ini berisi perintah (script) untuk mematikan service-service MSE dan melakukan uninstallasi berkas-berkas MSE yang ada di komputer, sehingga tidak perlu lagi mengunintall (jadi irip seperti langkah pertama tetapi dijadikan perintah DOS).

Cara Ketiga

Cara ini saya belum mencoba, dan meskipun ada yang sudah berhasil, tetapi ada juga yang belum berhasil. Sehingga saya sarankan pilih cara pertama atau kedua. Selain itu, di salah satu forum Microsoft, harus mengunduh berkas yang besarnya sampai 170 MB. Caranya adalah mengunduh (download) Definition update 1.171.64.0 melalui Windows Update Catalog, dan buka unduhan terseut untuk mendapatkan file yang bernama X86-all-am_delta_01c5765ad7d884b780031a7c2f72fc4c30b14094.exe, selanjutnya install file ini. Dari laporan yang sudah berhasil, update ini akan memperbaiki error MSE sehingga tidak hang lagi.

Dari ketiga cara tersebut, saya sendiri menggunakan cara pertama dan Alhamdulillah berhasil uninstall MSE. Selanjutnya jangan lupa mengganti antivirus dengan yang lainnya, semisal Avira, AVG, Avast, BitDefender, Kaspersky, NOD32 atau yang lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Referensi :

92 Comments

    • Notebook saya pakai windows 8..dan sampai saat ini belum terpasang antivirus… 😀

      • Saya sendiri tidak punya netbook, sampai detik ini saya bingung mau pasang antivirus apa :p

  1. Alkhamdulillah. Makasih mas ebta infona, makane kemarin pc kantor yg xp pd ngehang. Info yg sangat-sangat mantap..syukron

  2. Mas Ebta,

    Saya penasaran mas, kira2, bisa gak yah kita mundurkan tanggal kita, baru kita uninstall seperti biasa?

    Salam hangat..
    Agatha

    • Saya juga belum tahu pasti, tetapi dicoba saja
      berhasil atau tidaknya mungkin bisa di informasikan kembali disini.. 🙂

  3. kalau saya sudah lama beralih ke Ubuntu. dan ternyata linux lebih menyenangkan

  4. thank infonya,buat masa sekarang pc aku aman-aman aja tuh.kalau ada masalah seperti yang mas ebta informasikan ini.saya akan cobakannya.Info ini sangat bermanfaat.Thank so much..

  5. Alhamdulillah, baru tahu sekarang, PC-ku yang OS-nya XP dan memakai pengaman MSE, sempat error gara-gara ini. Terima kasih atas infonya. Mau ganti OS baru tak punya yang original. He..he..

  6. Thanks infonya, tolong deh mas sekali2 dibahas ttg Cr*ck. Untuk mendapatkan password program tertentu.

  7. hehe ternyata micr*soft pasang “bom waktu” tersembunyi di MSE biar xp user panik, ga betah dan merasa ga aman trus upgrade ke windows terbaru…
    win xp saya ga pake anvir suite, saya pikir toh percuma lah wong virus selalu duluan dari .db anti nya, selain itu makan ram banyak, bikin lambat !
    paling pake shadow defender, panda usb vaccine, sm fd guard aja, browser tak pasangi macem2 blocker. backupan data2 penting dan ghost jg ada di hdd lain, buat jaga2…

  8. Info yang sangat bermanfaat, sehat selalu Mas Ebta 🙂

  9. terimakasih atas infonya, tetapi win-xp saya sudah terlanjur saya uninstall dan install ulang, sekarang sudah lancar.

  10. Terima kasih..saya masih setia menggunakan win-xp semenjak menguasai komputer xp lah yang menurut saya paling stabil…hidup XP

  11. waduh… di kantorku sebagian besar PC masih pake Win XP – apa beberapa yang hang waktu lalu gara-gara masalah yang sama ya?

    makasih mas infonya, harus cek PC-PC yang masih XP ini…

  12. komputer saya juga begitu, sering hang.., sejak berakhirnya update XP.., padahal saya tidak mengunakan MSE.., untung masih punya backupnya tahun lalu.., kayaknya penyebabnya ga cuma yg pake MSE saja mas….

  13. Perngguna windows XP secaar tidak langsung disuruh pndak ker vresi yang lebih tinggi yakni Windows 7 dan 8 akan tetapi pengguna XP masih sayang dengan sistem operasi ini karena terkenal ringan dan masih banyak didukung sofware lawas yang belum support yang terbaru.sangat berterima kasih atas trik di atas bagi pengguna XP dapat menjadi solusi yang terbaik agar ketika menjalan XP dapat tetap berjalan dengn baik sebgai tambahna lagi mungkin berguna jangan aktifkan update otomatis untuk windows XP.

  14. reseh amat sih.. udah, instal aja windows 7 selesai… ;p
    tersedia juga tu windows 7 yang versi lite kalo spec kompie kalian gak mumpuni… gitu aja kok repot…..

    • software mesin2 di t4 saya bekerja beberapa masih pake Win XP jadi bukan masalah spec komputernya bos.., bahkan saya pun masih pake Win 98 Under DOS untuk PLC Modicon yang memakai port serial..

  15. Dengan berakhirnya dukungan microsoft terhadap Windows XP perlu diwaspadai adalah ATM bank, karena kebanyakan masih menggunakan Windows XP sehingga bisa jadi sasaran para hecker.

  16. Saya juga masih pake Windows XP di notebook, agak ganggu sih tiap hari dikasih warning sama MSE udah nyoba edit registry biar dpt update security kaya di Windows embed industry tp MSEnya tetep nggak ngapdate akhirnya saya diemin aja udah masih males mau beralih ke OS lain hahaha… sekarang cuma ngandelin SMADAV aja

  17. Saya udah lama move on dari windows xp ke vista, 7, 8, 8.1 update 1. Pengen instal windows xp di laptop nemu kendala, hardware sound card ga kedetek sama windows xp sedangkan windows vista ke atas malah lancar jaya, mau ga mau pake windows 7. jdi kangen windows xp enak bisa di oprek 😀
    tapi thanks infonya mas, sangat bermanfaat 🙂

  18. Makasih Atas Infonya,Semoga Apa Yang Ditulis Disini Bisa Bermanfaat Untuk Kita Semua

  19. karena sudah tau mau End of Support, saya buru2 ganti avnya ke avast, masalahnya bukan ke AVnya tapi setiap startup explorer.exe tidak mau bekerja (jadi tidak ada apa2 disktop) padahal explorer.exe di process ada, terus saya End Task dan coba run task baru di Task Manager untuk manggil explorer.exe tetap tida bisa jadi solusinya saya pake Free Commander dah, ada solusi gk mas ebta?, karena icon2 didesktop secara hilang, dan explorer yg saya sekarang guanakan UInya sangat tidak User Friendly (berbasis File Manager itu Free Commander)

  20. Sangat bermanfaat buat yg bekerja dg Primavera, karena program itu hanya bisa dijalankan dg windows XP

  21. WEBSITE YG SGT BERMUTU MILIK MAS EBTA, TP SAYANG SEKALI MULAI MENUNJUKKAN GEJALA MAU MATI SURI 🙁

  22. MSE nya versi berapa mas Ebta? Saya pengguna Windows XP SP3 dengan MSE versi 4.4 klo gak salah, sampai sekarang normal saja ya.

    Terima kasih.

Comments are closed.