18

Membuat ebooks (chm) dari sebuah website/blog

Pernahkah mengunjungi website yang isinya sangat menarik ? penuh dengan artikel-artikel bagus ? dan ingin seandainya semua (sebagian besar) isinya/artikel bisa kita baca dirumah tanpa perlu konek ke Internet ? Jika ya, ada software yang bisa dicoba, yang mungkin sebagian Netter sudah tidak asing lagi, yaitu HTTrack ( Opensource) dan juga WebCopier (shareware ). Meskipun webcopier berlisensi shareware, tetapi bisa kita gunakan full selama 15 hari, jadi cukup bermanfaat. Jika ingin yang free, gunakan HTTrack. Mungkin juga banyak software sejenis yang lain, tetapi disini saya cukupkan dua saja. Keduanya bisa kita gunakan untuk download isi (Contents) dari sebuah website, kemudian dibuka/baca secara off-line (nb. Tidak semua web/blog bisa didownload menggunakan aplikasi seperti ini).

 

Jika kita sudah download semua file yang ada, maka kita bisa membuka file yang bernama index.html atau default.html, dan jika download berhasil maka kita bisa browsing file-file yang ada secara off-line (link-linknya otomatis akan tetap terjaga). Yang perlu diperhatikan, jika isi sebuah web banyak, maka mungkin perlu kesabaran untuk mendownload semua isinya, apalagi jika akses Internet naik turun. Sebaiknya juga diatur, agar download hanya artikel (Html saja) dan file tambahan yang ukurannya besar diabaikan.

 

Permasalahan yang terkadang muncul adalah banyaknya file yang di download, mungkin bisa mencapai ribuan. Jika seperti ini, tentu cukup merepotkan. Apalagi ukurannya juga relatif besar. Mungkin bisa dikompress, tetapi proses decompressnya memerlukan waktu dan tidak praktis. Salah satu alternatifnya adalah membuat semua file yang ada menjadi sebuah file saja yang simple, menarik, praktis dan langsung bisa dibaca. Bagaimana caranya ?

 

Salah satu caranya adalah menggunakan HTML workshop. Aplikasi ini digunakan untuk membuat Compiled HTML help ( *.chm atau *.hlp ). Sebelumnya silahkan download HTMLHelp.exe disini. Didalamnya sudah disertakan help dan dokumentasinya. Setelah diinstall dibuka HTML Help Workshop atau langsung buka file yang bernama hhw.exe. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Pilih File > New > Project
  2. Klik Next ditampilan yang muncul, abaikan opsi “Convert Winhelp Project”
  3. Dibagian New Project — Destination, Isi dengan nama project.
  4. Dibagian New Project — Existing Files, pilih HTML Files(.htm), kemudian klik Next
  5. Dibagian New Project — HTML Files, Klik Add.. dan cari file yang merupakan index web yang kita download. Biasanya index.html, default.html atau sejenisnya.
  6. Klik Next dan Finish
  7. Untuk menghasilkan file chm, pilih menu File > Compile… Di tampilan yang muncul klik Compile. Maka jika proses berhasil, akan dihasilkan file chm

Cara diatas hanya akan menghasilkan sebuah file chm yang belum tampil fasilitas search. Untuk menambah fasilitas ini dan menu lainnya, bisa di atur di bagian Project Options (Klik Icon kiri paling atas di tab Project). Kemudian, dibagian Tab Compiler beri tanda cek di opsi “compile full text-search information”. Selain itu dapat juga dicoba-coba opsi lainnya. Atau juga mengedit file project yang kita buat dengan notepad dan dibuka melalui Help workshop ini. Selengkapnya bisa dilihat dokumentasi yang telah disertakan. Dengan adanya fasilitas pecarian ini, tentu akan lebih bermanfaat. Apalagi file chm ini juga otomatis dikompress, sehingga ukurannya cukup kecil.

 

Yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua halaman web yang di download bisa di kompilasi menjadi chm, hal ini menyangkut komplektifitas dokumen. Jika banyak terdapat kode Javascript atau script lainnya, maka kemungkinan gagal. Sebaliknya untuk halaman web dengan konten html yang sederhana maka kemungkinan berhasil cukup tinggi.

 

Jika cara diatas terlalu sulit, bisa dicoba menggunakan software htm2chm yang secara otomatis menghasilkan file chm, tinggal melakukan sedikit konfigurasi dan mengatur setting yang tersedia. Bisa download htm2chm disini

 

Jika hanya ingin membuat ebooks dalam format html untuk beberapa file atau kita ingin memasukkan/menulis artikel-artikelnya sendiri, bisa digunakan HelpMaker, yang bisa download disini

18 Comments

  1. wah infonya sangat bermanfaat, saya udah lama mencari cari software yg seperti itu. Tapi saya ada beberapa kendala unt mendownload htm2chm di homepage yarix. selain kendala bahasa, saya sudah mencoba klik untuk download tp kok ndak bisa ya…hehe apa yg salah dari saya ya?makasih

    Ya sepertinya servernya baru bermasalah… kemarin juga tidak berhasil download, tetapi beberapa hari sebelumnya sudah bisa..

  2. assalamuallaikum
    terima kasih atas info yg buat saya sangat bermanfaat sekali
    wassallam

  3. suwun sanget. mulai rumiyen madosi mboten nemu2. eh nongol2 ada di sini.

  4. Makasih infonya. Tolong saya dikirim software-nya. Sudah mencoba download tapi gak bisa-bisa. Trimssss….

    Software yang mana ya? kalau HelpMaker ukurannya terlalu besar dikirim lewat email, lebih dari 20 MB. atau software yang lain.

  5. makasih atas infonya…. tapi saya punya masalah tentang webcopier soalnya setelah download aku ga bisa masuk ke blog
    gimana sih caranya…
    tanks..

    Pastikan alamat blog dimasukkan dengan benar, termasuk dengan www atau langsung http.
    Dan memang tidak semua blog bisa di download dengan web copier

  6. Makasih banyak ya Sohib, banyak yang aku cari dan aku dapatkan disini. Amal saleh mu akan dibalasNYA Sohib

  7. oya,,sy unduh httrack itu, dulu berhasil. Karena pindah kompu, mengunduh yg versi terbaru,malah error soalnya ada acara masukin proxy segala..itu yg sy blm ngerti 😀

  8. Saya mempunyai atau membuat beberapa file dengan basis html dengan dilengkapi gambar-gambar. Bagaimana caranya agar file-file tersebut dapat dikompilasi menjadi satu file chm? Apa software yang diperlukan?

  9. Dibuat saja file utama (index) yang mengindek file-file html yang ada, selanjutnya melalui index file ini nanti bisa di kompilasi menjadi chm.

    Atau bisa juga dengan software HelpMaker (http://www.vizacc.com/)

  10. Waaaah luar biasa, Jazkumullah ya ihkwan fiLLah

    Syukron.. waiyyaka jazakallah khoir..

  11. waaahhh…akhirnya saya menemukannya.makasih yah telah membuat saya dr gaptek menjadi sedikit nggak gaptek hehehehe

  12. kalo saya biasanya pake offline explorer atau teleport atau free download manger

Comments are closed.