129

Mencegah Virus membuat Autorun.inf dengan Super Autorun

Super Autorun

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Proteksi flashdisk dengan file dummy dan Format flashdisk dengan tipe NTFS, kali ini akan dilanjutkan mengenai teknik proteksi flashdisk atau drive dari virus atau program yang akan membuat file Autorun.inf, dengan program sederhana Super Autorun. Sehingga diharapkan bisa mengurangi penyebaran virus.

Sebelumnya saya sempat meragukan efektifitas cara ini, karena berfikir mudah saja bagi virus untuk mengubah, menghapus dan membuat file autorun.inf baru.

Sebagian informasi ini saya dapat setelah membaca salah satu tulisan di blog WinPowerTips. Memang dengan hanya membuat file autorun.inf saja, meski dengan atribut hidden system akan mudah diatasi oleh virus. Tetapi disana dijelaskan dengan tiga tingkat dan hasilnya memang tidak mudah menghapus file tersebut dan virus yang mencoba membuat file Autorun.inf dengan cara biasa akan gagal.

Secara singkatnya berikut penjelasan 3 tingkat (tahapan) mencegah virus membuat/ memodifikasi file Autorun.inf :

  1. Mencegah virus membuat file autorun.inf dengan cara membuat folder Autorun.inf. Karena jika sudah ada folder ini maka file Autorun.inf tidak akan bisa dibuat.
  2. Mencegah virus menghapus folder Autorun.inf (dengan cara biasa) dengan menambahkan file Unicode didalamnya. Cara ini malah bisa membuat virus error atau menutup jika programmernya tidak mengatasi dengan baik.
  3. Mencegah pengguna Menghapus folder Autorun.inf dengan Folder tak terhapuskan. Seperti penjelasan Microsoft sendiri bahwa kadang kita tidak bisa menghapus file/folder jika namanya mengandung nama yang invalid (cacat).

Tentang penjelasan panjang lebar masing-masing tingkatan tersebut, silahkan langsung mengunjungi blognya the IT Guy ini. Karena disana juga banyak tips-tips menarik lainnya.

Meskipun demikian dengan 3 tingkat itupun, jika virusnya (pembuat virus) jeli maka pembuat virus masih bisa mengatasinya dan tetap bisa membuat file Autorun.inf untuk menularkan dirinya.

Super Autorun

Di blog tersebut disediakan file vbs (visual basic script), untuk membuat folder Autorun.inf dan folder yang tidak [mudah] terhapuskan (tahapan 1 dan 3) untuk tahap 2 ( membuat file unicode) kita harus membuat sendiri.

Setelah membaca artikel tersebut, saya mencoba googling informasi lebih jauh (detail) tentang hal ini, dan akhirnya saya mencoba (terinspirasi) untuk membuat file sederhana, kecil dan mudah digunakan siapapun berkaitan dengan hal ini. Hasilnya ? Super Autorun

super-autorun

File ini hanya berukuran sekitar 24 KB, tidak perlu di install. Sesuai dengan namanya, bertujuan membuat folder/file khusus, untuk mencegah virus (dengan mudahnya) membuat, memodifikasi atau menghapus file Autorun.inf. File ini menggunakan tambahan teknik khusus, sehingga tidak mudah dihapus, direname atau dimodifikasi oleh virus. Untuk pembuatan file unicode, tidak disertakan dalam program ini.

Penggunaan Super Autorun

Program ini sangat mudah digunakan, tinggal menjalankan filenya, kemudian pilih drive yang akan dijadikan target atau pilih “Select all drive” untuk memilih semua drive, kemudian klik Create Autorun.inf, Jika sudah ada file/folder Autorun.inf maka program ini akan mencoba langsung menghapus, dan membuat baru. Jika sudah berhasil, silahkan dicoba untuk menghapus, rename, edit, membuka folder ini dengan cara apapun.

Jadi intinya, program ini akan membuat Folder Autorun.inf yang tidak mudah dihapus, rename atau di modifikasi, sehingga virus atau program lainnya tidak bisa membuat File Autorun.inf.

Agar bisa berhasil, maka Drive atau flashdisk yang akan dibuat harus bertipe NTFS. Untuk Flashdisk, karena bawaan windows Explorer tidak ada menu untuk memformat NTFS, bisa membaca tulisan saya sebelumnya Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS

Download Super Autorun ( 24 KB)

Catatan : Teknik ini bukan untuk mencegah virus menduplikasi diri ke flashdisk, hanya untuk mencegah virus mambuat file Autorun.inf, sehingga tidak menyebar ke komputer tanpa sepengetahuan kita. Mungkin kedepan bisa dibahas proteksi menyeluruh dengan menggabungkan pembuatan file dummy terproteksi dengan Super Autorun untuk melindungi flashdisk. Jika terpaksa ingin menghapus folder autorun.inf, bisa menggunakan software Unlocker

Jika ada masukan dan saran tentang program ini silahkan email atau menuliskan komentarnya.

129 Comments

  1. wah..me kah yg pertama?makasih mas ebta,sy ijin download n mencobanya

  2. Assalamu’alaikum….mas info yang buagus banget neh…thanks a bunch…nah yang jadi pertanyaan, kalo mau mengetahui file induk yang create autorun.inf ke FD bagaimana caranya?…makasih sebelumnya….

  3. WAAAAAA…. NOMOR DUA NIH….
    Saya mau tanya’ mas…
    Apakah jalan virus untuk menyebarkan dirinya harus melalui Autorun.inf? Apakah tidak ada jalan lain untuk menyebarkan dirinya selain Autorun.inf? Terima kasih atas infonya, GOOD.. GOOD… GOOD…………….

  4. urutan ke-empat
    akhirnya di louncing juga nih super autorunnya.
    saya coba ya mas, terima kasih

  5. maaf mas, dah coba sy buka tp koq ndk bisa terbuka dg sempurna mas?gmn dg yg laen dah nyoba?mksh

  6. @valen
    apakah tidak ada folder yang namanya autorun.inf ?

    @Hard_ian
    wa’alaikumsalaam
    Tidak(belum) bisa. Jika folder autorun.inf masih tetap ada, berarti tidak ada file autorun.inf..

    @fuji
    3

    @romeo
    tidak, ini sumber penyebaran yang paling banyak dan bisa menyebar tanpa interaksi dengan penggunanya

    @dhanie
    iya, reportnya juga.. πŸ™‚

    @Galih
    wa’alaikumsalaam
    Program ini akan membuat folder Autorun.inf, bukan file autorun.inf. Karena jika sudah ada folder ini otomatis tidak akan bisa membuat file Autorun.inf

  7. yei no 12, kapan bsa no 1. jazakallah mas, aku dah donlot duluan sblm mnta izin. afwan

  8. Laptop mini axio prossesor mobil Ulv 9mb, ram 512.cocok di install anti virus apa? Kalo di install avg full apa nanti nya lambat ya?

  9. Assalamu’laikum..

    Thanks Mas Ebta, Semoga ilmu yang bermanfaat dari anda jadi pahala yang selalu mengalir…

    Izin Download Supermennya ya.. Eh Super Autorun nya…
    Thank’s
    Salam dari anak Medan
    Horas…!!!

    wassalamu’alaikum…

  10. lapor mas Ebta: sy sdh coba, tp windows yg muncul blank tanpa huruf.Gimana “valen, Hard_ian” sama ga problemnya?

  11. Ass. Wr. Wb.
    Hebat Mas Ebta….thank ya informasinya, tapi saya kemarin sempat juga dibikin pusing kompi saya sempat dijahilin sama autorun.PPE atau autorun,inf nah itu induk filenya virusnya dimana, dicari nggak ketemu, pusingnya minta ampun si virus bikin folder(shortcut) banyak sekali. solusi singkat gimana Mas, bagi kompi yang sudah kadung kena autorun. tengkiu.

  12. @andre
    iya, dicoba dulu..

    @hendro
    wa’alaikumsalaam
    Iya, kemungkinan virus tidak akan bisa membuat file autorun.inf di flashdisk

    @na’
    waiyyakum.. versi baru ini
    perbaikan 1.0.1.10

    @Sugeng
    Sebaiknya dicoba saja, karena tidak ada salahnya kok..

    @Bem”s
    wa’alaikumsalaam
    Iya, ini ada sedikit perbaikan bagi yg tidak tampil (blank)

    @asep
    Ada perbaikan, silahkan download lagi
    versinya ( jika di klik kanan, properties adalah 1.0.1.10 )

    @habar
    iya, laporannya juga nanti πŸ™‚

    @Denmas Bedjo
    wa’alaikumaslaam warahmatullah wabarokatuh
    ( salam akan lebh baik jika tidak disingkat.. πŸ™‚ )

    Bisa dibuka dengan notepad, disana akan terlihat dimana sebenarnya virusnya..

  13. Assalamu’alaikum mas ebta!!
    saya minta tolong nich lg da masalah dgn laptop saya
    jd gini,
    1- Pertama saya pake AV kaspersky internet security, dan laptop saya masih oke2 aja tp stelah beberapa lama (kira2 4 bulan) KIS nya rusak entah knp tiba2 gak bisa sukses d update, walaupun sudah mencapai 80 MB tetep saja update nya g sukses alias mash minta di update terus dan menunjuk kan risk, kira2 knp ya dgn KIS saya apa mungkin terinfaksi virus?

    2- karna KIS nya rusak saya ganti pake AVIRA PREMIUM SECURITY SUITE setelah sya scan pake avira ternyata banyak virus yg terdetec yg sebelum nya tidak terdetec oleh KIS, yang saya tanyakan apakah akurat deteksi nya avira? ato cuman salah sasaran? sehingga system volume informasi di dir D banyak yg terinfeksi virus, oleh karna itu saya hapus smua system volume informasi yg terjangkit virus, apa ada dampak negatif nya pada laptop saya menghapus system volum informasi itu?

    3- setelah itu, lalu saya mengalami explore error alias tertutup tiba2, ketika saya buka explore slalu muncul tulisan “Windows Explorer has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience.” apa yg harus saya lakukan dengan kejadian ini?

    maaf ya mas banyak banget pertanyaan nya…
    sebelum nya makasih atas jawaban nya… Jazakumullah khoiron katsiro…

  14. Assalamualaikum..
    mas sya mw tnya knpa drive yg bs dibuat hrus berformat NTFS??
    ktika sys mncoba mmbwt program yang serupa,knpa file autorun.inf msh bs dihapus jk formtany FAT/FAT32.mhon pnjelasannya.

  15. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh, Kang!
    Virus emang kerap bikin aku jadi munyeng! Makasih atas infonya.

  16. Makasih mas dah bisa dbuka superautorunnya,folder autorun.inf ndk bs didelete dg cr biasa,mgkn dg unlocker bisa (seperti yg mas Ebta uraikan di atas)

  17. wahhh cakep neh mas eb super autorunx…oww iya mas,bisa gk super autorun ni detect file autorun yang sengaja d hidden tuk sebar virus..compku ru kena kyk gn…dy buat folder shortcut k semua folder yg da d compku..gmn mas….???tp thankz yachhh..mantap jaya

  18. Assalamu’alaikum mas..
    Mo nanya..
    Mas, tracking cookie.yieldmanager tu apa sich.. bahaya nggak.. coz waktu laptop saya scan pake AVg da file2 yg result’y itu..

  19. Mas..koq waktu sy hapus cookies’y d’folder modzila.. Facebook saya koq nggak bs d’buka dg password yg da,ya..
    Tp klw lwt hp,internet explorer, bsa aza d’buka..
    M’f nanya’y tllu cerewet..

  20. @baim
    1. Kurang Tau
    2. Avira.. Akurat… Akan tetapi akuratnya membabi buta.. πŸ™‚ Ngerti kan maksud saya…
    btw, system volume information kok ikut di delete sih mas… πŸ™‚
    Lanjutannya pasti dah tau kan klo sembarang file system dihapus asal.

    Sedikit tips menggunakan avira, atur configurasi avira anda ( kan ada levelnya tuh ). Sebelum mendelete suatu file, pastikan itu bukan file yang penting (seperti file system, dll ). Jangan buru2 menscan, cobalah anda sedikit coba2 dengan atribut file super hidden, pasti resiko file system hilang akan berkurang. ( ngerti maksud saya ?) πŸ™‚

    maaf klo penjelasannya membingungkan… Lebih jelasnya, silahkan masuk forum ebsoft ini.

    BTW, untuk @semua
    Ada yang baru dengan avira lho….Kita tunggu bulan maret ini..
    SIAGA>>>

  21. makasih mas jawaban nya….
    oh ya mas ebta nomor tiga belum d jawab…
    saya mengalami explore error alias tertutup tiba2, ketika saya buka explore masuk kedir D slalu muncul tulisan

  22. Assalamu’alaikum mas Ebta..

    Mas saya mau tanya nih.

    Saya mau instal portable application di flashdisk. Kan butuh autorun.inf untuk menjalankan application suite-nya (tul nggak mas?). Nah bagaimana caranya untuk melindungi autorun.inf itu agar tidak ditimpa oleh autorun.inf milik virus (bila suatu saat saya menancapkannya ke komputer bervirus)?

    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum,
    Saiful

  23. kang ebta..
    nih uda pake tweak now tp registy ma task manager masih blm bisa dibuka..
    gimna lg y kang cara nyari virusny..

    mohon kerjasamany..

  24. Mas ebta,knp koq sejak flasdisk sy dioptimize jd NTFS koq mlh susah disafety remove?trus folder volume information jd corrupt (ada pringatan di system tray cannot write to G:/,file corrupt,please run chkdsk).dah sy coba chkdsk dg cd windows jg tjd error di step 2.apa musti sy format ulang?brti flasdisknya diback up lg donk.mksh mas ebta (tp sy dh brhasil bikin folder autorun.inf dan file2 dummy)

  25. ass ww. makasih yaa mas ebta atas kiriman informasinya….
    mas saya mau tanya, manakah antivirus yang terbaik? memang saya akui bahwa tidak ada antivirus yg bener2 sempurna…tapi paling tidak adalah yang paling sempurna diantara yg tidak sempurna itu….tengkyu mas atas jawaban mas nanti…wass ww.

  26. mas…lagi demam outorun.inf neh…..kompt py aku jg lg kena nee….susah banget nyari induk nya…folder nya di copy byk…..ada saran?

  27. Mas Ebta Mau tanya’ lagi nih…
    Gini mas…
    1. Bisa gak kalo FD kita udah terkena autorun.inf, dihapus atau di Delete menggunakan super autorun, kira2 bisa gak mas? Mohon saran.
    2. Kalau format FD-nya tidak menggunakan NTFS, tapi Tetep FAT-32 Bisa gak mas, masalahnya udah aku coba tapi tanpa format NTFS, tapi folder autorun-nya udah tercopy di FD.

    Sebelum dan sesudahnya Terima kasih atas tanggapannya.

  28. Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh
    Terima kasih Kang atas infonya, saya sudah berhasil mencobanya. Bertambah lagi pahala Kang Ebta, semoga kesehatan dan rizqi juga bertambah terus. Amin.

  29. @B 41 M
    wa’alaikumsalaam…
    1. Untuk KIS saya kurang begitu tahu.. coba di scan dengan antispyware juga
    2. Bisa jadi memang virus.. Untuk system volume information, saya pernah [sedikit] membahasnya ..
    Harusnya dihapus isinya tidak masalah..

    3. Kalau seperti itu biasanya ada yang rusak dengan file sistem windows atau konflik aplikasi..
    COba uninstall aplikasi terakhir kira-kira setelah muncul aplikasi itu

    @hendro
    wa’alaikumsalaam
    File autorun.inf dibuka dengan notepad.
    Coba isinya apa

    @zul
    wa’alaikumsalaam
    Karena NTFS mampu menyimpan informasi metadata yang lebih banyak. COba baca tentang format flashdisk dengan NTFS sebelumnya

    @MumunPATI
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    iya..

    @dawiecool
    sama-sama

    @nADIA
    iya, gimana setelah dicoba ?

    @syarif
    apakah itu menggunakan NTFS ? harusnya tidak bisa di rename ( ketika di enter/OK akan error)

    @valen1702
    Iya dengan unlocker bisa

    @Djahe
    sama-sama

    @Chan @neyra07
    Iya sama-sama

    @ardi
    Tidak mengapa silahkan baca, untuk menghapus/memodifikasi/rename folder ini secara programming tidak mudah.. πŸ™‚

    @tyant
    file autorun bisa dibuat oleh virus, jadi meski dihapus, tetapi masih ada virusnya maka dengan mudah dibuat lagi..

    @je
    wa’alaikumsalaam
    tentang cookies silahkan merefer ke
    http://en.wikipedia.org/wiki/HTTP_cookie
    Bisa juga untuk menyimpan sessi user dan password, jadi harus login ulang di facebook

    @cak kill
    wa’alaikumsalaam
    belum pernah,.. sepertinya banyak juga informasi downloadnya

    @supralova
    Iya, sekarang sudah maret tetapi belum juga ya..

    @B 41 M
    Itu sebabnya bisa berbagai macam, coba cek kemungkinan file windows rusak, konflik aplikasi dll

    @Saiful
    wa’alaikumsalaam…
    sebenarnya tidak wajib dengan autorun.inf. Jalankan saja program utamanya, tanpa autorun.inf

    @soul
    apa ketika diaktifkan tetap balik lagi ?
    jika seperti itu, kemungkinan masih terinfeksi virus

    @valen1702
    hmm… flashdisk saya dua-duanya tidak masalah meski dengan NTFS..
    Atau mungkin file dummy-nya

    @yabuelmadu
    wa’alaikumsalaam
    kalau yang free, mungkin avira..

    @yoyok
    hapus virus induknya, agak tidak menyebar.. πŸ™‚

    @romeo
    1. iya, bisa saja. Super autorun ada tombol delete. Itu untuk menghapus autorun.inf baik file atau folder (meski kadang bisa gagal)
    2. Iya tetapi dengan mudah bisa di rename.. coba saja

    @mursali
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    JAzakallah khoir mas

  30. assalaamu’alaikum…
    baik bgt, mas.. masih rada binun. mhn bimbingannya..
    salam kaenal semua..

  31. terima kasih atas jawabannya Mas…
    Sangat… Sangat… bermanfaat sekali…
    Hehehe…
    Berarti kalau direname autorun.inf untuk virus bisa masuk gak?
    Terima kasih mas, mungkin agak bawel sedikit…
    Hehehehehe… πŸ™‚

  32. ada yang tau cara hapus i’m four2one virus??? suka rubah screen server pake namanya sendiri…

  33. Wah akhirnya ad juga yg lbh praktis program dah dibuatin tinggal pake, sblmnya sy dah liat n coba tips dari ITGuy memang penjelasanya panjang klo org awam pasti bilang “Ribet”intinya cuma ad 3 triknya spt yg dsbtkan d artikl ini dah bhasil mencegah Virus masuk via FD,skrg sy coba program yg dah mas Ebta buatin ini, Makasih mas Sya coba dulu yach

  34. @asep
    koreksi:
    To Valen & Hard_ian: sama ga problemnya?….
    Alhamdulillah berfungsi…

  35. Assalamu’alaikum..
    satu lagi mas Ebta, klo masalah recycler gimana, soalnya autorun.inf menjalankan file reg32.exe yang ada di recycler…mohon pencerahannya…soalnya dihapus pun akan kembali lagi…terima kasih sebelumnya…

  36. Mas ebta,sy kira koq ndk krn file dummynya krn ndk bisa di safety removenya setelah diformat NTFS,atau mungkin krn terjadi error ketika mengembalikan file yg semula ada diflashdisk. Klo melepas flashdisk tanpa safety remove efeknya bs merusak flashdisk y mas?adakah program lain untuk safety removenya mas?mksh

  37. kok malah gak tampil filenya mas, properties ada tapi file gk ada. coba di kompi lain gak masalah mas. gmana mas. tlg pencerahannya

  38. @Qroelz
    wa’alakumsalaam
    Belum jelasnya dimana ?

    @romeo
    Iya jika virus bisa me-rename maka virusnya bisa membuat autorun.inf..

    @komang
    – saya blm tahu –

    @najmi
    Iya disana memang teknis, jadi mungkin bagi pengguna kebanyakan agak susah..

    @hard_ian
    Terimakasih informasinya, jika menggunakan yang versi awal ( 1.0.1.9) mungkin ada beberapa yang blank seperti kemarin

    wa’alaikumsalaam
    kalau recycler di flashdisk harusnya bisa dihapus. Kalau di hardisk, isinya saja yang dihapus, karena folder ini memang dipakai windows..

    @valen
    Iya, coba cek dengan command prompt CHKNTFS
    untuk mengetahui fungsinya ketikkan CHKNTFS /?

    @sid
    Maksudnya file apa yang tidak tampil ya ?

  39. Cb ah, mkasih programnya mas, mau dites dlu..
    Klo diterapkan di HD external bs kan mas?

  40. Mas sebenernya kalo USB di format dengan system NTFS tuh USB bakal rusak ga si?????………….

  41. Mas gimana si caranya supaya ubuntu itu bisa ngenali file mp3??
    dan kalaupun ada app boleh dong aku download.

  42. Bosss…. Numpang tanya nich…. aku ada HDD 80GB seagate 7200 baracuda ATA,,, pas lg di pake tiba-tiba… komputer error dan restart, truz HDD jadi gak bisa ke detect… gimana caranya ya… gar data yang di dalam bisa terselamatkan…. Thank’s

  43. Assalaamu`alaikum..!

    Mas, terimakasih banyak atas semuanya, Insya Alloh berguna!

    Wslmlkm!

  44. semua file yg ada di flash disk nya mas, tpi klo super autorunnya di delete baru bisa tampil lagi, pdhal opsi untuk hidden files udh di tampilin…bhkn cmd pun gk detect keberadaan isi f/disknya. (attrib -s -h -r /s /d)
    jawab yh mas ..soalnya saya memang prlu program ini.

    wassalam

  45. @bny
    iya asal NTFS harusnya bisa

    @Denny
    sua FD saya saya format ntfs dan tidak ada masalah

    @pam
    apakah HDD tidak terdeteksi BIOS ? jika masih bisa terdeteksi, gunakan saja live CD, misal linux, UBCD4Win dll..

    @bed’s
    wa’alaikumsalaam
    iya, insyaAllah

    @my moon
    ini untuk memproteksi virus membuat file autorun.inf, jadi mengamankan jika FD kita dipasang di komputer yg terinfeksi virus

    @sid
    sepertinya itu bukan karena super autorun, program ini hanya untuk membuat folder autorun.inf saja. Tidak ada pengaruh yang lain

    @Sanji
    Iya, tetapi jalannya mungkin bukan dengan virus.. dan itu agak susah, apalagi jika salah menghapus data penting orang lain

  46. ok deh saya coba satu f/d lagi di format NTFS dan di psng super autorun, mdh2 an gk ada masalh, tapi mas .. apa spek kompi juga ada pengaruhnya dengan program ini sehingga tdk bisa tampil file (kompi saya : penti III, SP2, proc 930mhz, RAM 384)
    terimakasih atas jawabannya, dan jangan kapok yh mas klo ada comment yg berserial seperti ini.

  47. @sid
    seharusnya tidak ada pengaruhnya, yang penting menggunakan windows 2000/XP keatas..

  48. Mantap, scriptnya keren πŸ™‚

    Cuman kurang penjelasan kenapa harus NTFS? Apakah scriptnya juga mengubah ACL dari folder tersebut (sorry, blom liat isi scriptnya).

  49. maf mas, mw tnya nie…!! Tp jujur ya…!!!
    Knp sih org buat virus???
    pembuat virus ada hati nya g c…???
    apa pendapat mas, tentang hal tersebut, dan apa yang mas lakukan jika mas menjadi org yang awam/tidak mengetehui tentang komputer dan mas masih duduk disekolah menengah/SLTP.

  50. @Hady_Cs
    hehe iya, saya kalau menjawab insyaAllah selalu jujur kok..
    yang jelas mereka punya hati, kalau tidak punya mungkin tidak akan bisa membuat virus :)..

    Menurut saya itu karena hawa nafsu, meski tahu bahwa itu perbuatan dosa, tetapi karena keasyikan, maka pembuat virus [perusak] akan jalan terus ( ibarat orang pacaran mungkin.. πŸ™‚ ). Membuat virus mungkin termasuk “mempelajari sesuatu” yang baru, menantang dsb… Bisa juga ada rasa kepuasan pembuatnya jika berhasil membuat sesuatu yang terkenal, mampu melumpuhkan berbagai antivirus, lolos dari deteksinya dsb..

    Jika masih awam, insyaAllah akan berusaha belajar lebih dalam mengenai hal itu, sehingga ilmu yang didapatkan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat, dunia dan akherat.. πŸ™‚

  51. Pingback: Mencegah Penyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah « Anray13’s Blog
  52. Pingback: Mencegah Penyebaran Virus Melalui Perangkat USB dengan Mudah « Blog Site Of Novan Prihasa
  53. Pingback: Tekno Noer » Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah
  54. Pingback: Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah « ” Catatan ilmiah Erwin “
  55. ass wr wb. mas eb izin tak pasang di blog ku artikelnya ya ? untuk koleksi gichu….

  56. Pingback: Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah « Johan’s Pratama Wordpress
  57. Help me??? saya pakai os windows xp home edition,tiba-tiba aja terkena virus,gak bisa masuk windows,pengen di instal ulang gak bisa,bagaimana cara penanggulangannya yach?

  58. @dina
    Iya silahkan, asal tetap menyertakan link ke ebsoft / artikel aslinya disini..

    @dhymaz andrean
    coba masuk ke safe mode dan diperiksa dari sana ( ketika booting tekan F8 dan pilih safe mode)

  59. Assalamualaikum,,

    Mantap mas programnya. Blum dicoba sih,,saya mau nanya dulu,,
    Klo ngatasinnya bukan dengan folder autorun.inf tapi lewat file autorun.inf bisa ga mas? Soalnya kan kadang kita butuh file autorun.inf untuk pasang icon fd misalnya :mrgreen:
    Ato bisa file autorun.inf-nya ditaro di dlm folder autorun.inf?!

    Makasi mas,,sukses terus,,

  60. Pingback: Komputer & Internet | Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah | www.tropiz.com
  61. Thanks atas sharing infonya. Berguna sekali bagi saya, karena baru aja kemasukan virus lewat autorun.

  62. @[H]
    wa’alaikumsalaam
    sebenarnya bisa, meski mungkin belum ampuh…
    kalau ditaruh didalamnya maka tidak bisa langsung autoplay

    @rudy
    sama-sama..

  63. Pingback: Media Laptop Reviews | Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah
  64. thanks infonya berguna sekali postingan ini… semoga menjadi amal ibadah…

  65. SUPER AUTORUN.INF APANYA
    KALAU AQ BISA TETAP MENGHAPUSNYA TANPA UNLUCKER (BUKAN SOMBONG)
    TAPI, MEMANG BISA DENGAN SEDIKIT TAMBAHAN DARI CMD…
    JADI, KALAUPUN G BISA DIMASUKIN VIRUS. ITU HANYA KALIAN BERUNTUNG YANG MEMBUAT VIRUS ITU ORANG BODOH.
    :/

  66. @xxx
    Jika memang bisa, coba dituliskan cara-caranya disini, sehingga sebagai masukan dan mungkin perbaikan. Apakah sudah dalam format NTFS?

  67. Pingback: Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah « Melan’Z BeE’s Blog
  68. autorun wat mati’in fungsi autorun virus ketika colok flsh kekmpi.nah,induk virus kn te2p nebeng diflsh namun ga bisa
    buat autorunnya.gimn cr wat mencegah autorun Plus virusnya
    sekaligus biar ga
    nebeng diflsh.thx mas…

  69. mas,kLo penyebaran virus dah terlanjur masuk ke Flashdisk saya bagaimana cara menghiLangkan’a?apakah cara terakhir untuk menghindari virus tersebut harus beLi flasdisk baru ?hehe..

    tLg kirim soLusi’a ke alamat pesan elektronik saya ya.. Makasih mas ^ ^;

  70. @kk
    kalau mencegah virus masuk, tidak bisa (setahu saya). Kecuali ada fitur read only di Flashdisk tersebut

    @anna
    di scan saja di komputer lain yang fitur autorunnya tidak aktif. Sehingga tidak langsung menyebar..

  71. Pingback: USB FD bisa buat mencegah virus « LugazZZ
  72. FD gw ada ni file dgn nama 3751.bat
    @echo off
    set auto=%random%
    for %%a in (C D E F G H I J K) do if exist %%a: (
    cacls %%a:autorun.inf /p everyone:f /e
    rd /s /q %%a:autorun.inf
    del /a /f /q %%a:autorun.inf
    echo [autorun]>%%a:autorun.inf
    echo shellexecute=cmd.exe /c %auto%.bat>>%%a:autorun.inf
    copy %0 %%a:%auto%.bat /y)
    Maksudnya utk apa ya?

  73. makasi banget untuk softwarenya..
    mudah2an membantu usb drive hp saya yg kmren ada autorun.inf nya..hehehe

  74. Pingback: Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah « semua dunia
  75. Saya baru download super autorun nnya..
    tp belum coba..
    makasih dulu ya…

  76. Tdk bs boz krn dflashdisk da file autorun.inf jg.flashdiskx ja dformat jg g bs dgn brbagai macam cara.mlai pk software mpe yg underdos.da solusi laen ga?

  77. Pingback: Mencegah Peyebaran Virus Melalui Perangkat USB Dengan Mudah «
  78. Ass.Wr. Wb.
    Laptop saya (Axioo Neon) punya 3 slot USB. Tapi setiap flash disk (bahkan yang baru)tdk bisa dibaca, walaupun flashdisknya terdetect di laptop. Begitu akan dibaca (melalui Window explorer)selalu muncul: Flash disk belum diformat (Yes/No). Saya coba flash disk baru dan saya klik yes utk diformat, tapi tetap gagal formatnya (flash disk tdk bisa diformat). Apa sebabnya dan bagaimana solusinya. Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terimakasih atas bantuannya. Jajang

  79. ass. Wr. Wb.
    Kompi saya tiba2 muncul file “dekstop.ini” pada start all program, drive C: dan startup. apakah kompi saya kena virus ya mas? mohon penjelasan, masih sebelumnya.

  80. kok unlocker nya gak isa di pkae siih>>malah keluar tulisan Eror karena tidak punya hak untuk debug…truuus gak isa di hapuuus trus gimaanaa neeeee….

  81. Apakah jaringan client server dari hub ke hub tidak menggunakan kabel cross tp straight, trims.

  82. ada gak y cara membuat file autorun.inf yg tdk bs dihapus tanpa bantuan software2 ataupun program2 yg disebutkan di atas (alias manual)???
    Soalnya sy pengin memanfaatkan file autorun.inf tsb utk membuat FD sy biar lebih variatif (gak monoton) spt dg memberi icon dan label.
    Klo mungkin ada yg tahu caranya, tlg kabari sy lwt email toy.cahsolo@gmail.com
    Trimakasih sebelumnya… πŸ™‚

  83. mas, ini filenya saya download kok g bisa ya.. cuma muter2 trus di blog nya mas.. mohon pencerahannya.. kalau sudah dihapus tolong di upload ulang, karena saya lagi butuh.. terimakasih..

  84. Bang, izin kopi paste ya buat blog saya. saya bakal tulis sumbernya…

    incuene.blogspot.com

  85. Bang, izin kopi paste ya buat blog saya. saya bakal tulis sumbernya…

    incuene.blogspot.com
    incuene.blogspot.com
    incuene.blogspot.com

    numpang lewat….

  86. Pingback: Software Security « Alimhanas's Blog
  87. Pingback: Cegah penyebaran Virus dengan Panda USB Vaccine « HARS – Zero Seven's
  88. Menghapus file Autorun.inf dapat dilakukan dengan manual dan menggunakan software.Unlocker file yang mudah dijumpai jg bia melakukan tugas ini.

  89. mas ebta, saya sangat tertarik dan ingin tau bagaimana super autorun ini di buat. bolehkah saya tau contoh script’y..?

    ini almt emai saya : sidiqbadai@gmail.com

    mohon pencerahan
    terima kasih

Comments are closed.