81

Mengenal folder RECYCLER, Recycled dan recycle bin

Ketika kita sering-sering membuka windows explorer, dan pengaturan untuk folder tersembunyi ditamplkan, mungkin kita sering melihat ada folder yang namanya RECYCLER atau Recycled. Mungkin sebagian pernah tahu itu Recycle Bin, tetapi apa sebenarnya fungsi folder ini dan apakah berbahaya bagi komputer ?

Berikut ulasan lebih lengkap mengenai folder-folder tersebut, serta hubungannya dengan Recycle Bin.

Apa itu folder RECYCLER atau Recycled ?

Ketika kita menghapus file melalui Windows Explorer dengan tombol Delete, sebenarnya file tersebut tidak benar-benar terhapus, tetapi file ini hanya dipindahkan di empat tertentu, yaitu di Recycle Bin. Tujuannya agar ketika kita tidak sengaja atau salah menghapus, kita masih bisa mengembalikannya lagi (restore).

Ketika Recycle Bin penuh, maka file yang lama akan benar-benar dihapus, sehingga masih tersisa space untuk menempatkan file-file yang baru. Sehingga hampir tidak bisa dikembalikan lagi kecuali dengan software khusus.

Untuk meningkatkan kecepatan, Recycle bin bisa membuat folder di setiap drive. Dan Recycle Bin yang ada di tampilan desktop merupakan kumpulan dari recycle bin disetiap drive. Jika format file sistem drive adalah NTFS, maka folder recycle bin bernama RECYCLER, dan jika drive tersebut dengan format FAT32, maka namanya Recycled, kadang juga dengan nama Recycle bin. ( untuk Windows Vista atau Windows 7 dengan nama $RECYCLE.BIN )

Jadi RECYCLER atau Recycled merupakan folder recycle bin ( untuk menempatkan file-file yang sudah dihapus). Folder RECYCLER atau Recycled ini mempunyai atribut tersembunyi (Hidden). Sehingga jika pengaturan di folder options tidak ditampilkan, maka tidak akan terlihat.

Isi folder RECYCLER

Ketika kita membuka folder RECYCLER, terkadang ada satu atau lebih folder dengan nama yang panjang dan aneh. Misalnya S-1-5-21-220523388-1220945662-725345543-2011. apa sebenarnya folder ini ?

Seperti kita tahu, windows XP mendukung pengguna yang banyak (multi user). Kita bisa membuat lebih dari satu user (acount). Untuk melindungi data akun satu dengan yang lain, maka setiap akun baru juga dibuat recycle bin yang berbeda. Sehingga ketika ketika recycle bin di hapus oleh seorang user, recycle bin user lain tidak akan terpengaruh dan masih bisa di kembalikan (restore).

Jadi, folder aneh di RECYCLER tersebut merupakan nama folder khusus untuk user yang sedang aktif di komputer. Jika pengguna mempunyai hak akses administrator, maka dapat melihat isi recycle bin user lain termasuk menghapusnya.

Menghapus Isi Recycle Bin

Data yang ada di recycle bin akan tetap ada dan memenuhi space hardisk jika tidak dihapus. Jika data-data ini sudah cukup lama, maka ada baiknya isi recycle bin rutin dihapus.

Untuk menghapus Recycle Bin, bisa dilakukan dengan klik kanan icon recycle bin di desktop dan pilih menu Empty Recycle Bin, atau bisa juga langsung membuka folder RECYCLER atau Recycled dan menghapus folder-folder atau file didalamnya.

Jika ingin menghapus folder RECYCLER bisa juga dilakukan dengan mengetikkan perintah DOS (command prompt) sebagai berikut :

rd /s Recycler
Selanjutnya pilih Y jika akan menghapus atau N jika ingin membatalkan.

Perintah itu akan menghapus semua isi Recycle bin, termasuk folder RECYCLER atau Recycled. Windows akan otomatis membuat folder RECYCLER lagi jika kita menghapus file.

Pengaturan Recyle Bin

Recycle Bin dapat diatur dengan cara klik kanan folder REcycle Bin yang ada di desktop atau di folder dalam RECYCLER sendiri.

Recycle Bin bisa diatur apakah masing-masing drive diatur sendiri, recycle bin di aktifkan, menampilkan informasi delete dan berapa space yang disediakan untuk recycle bin.

Virus RECYCLER

Terkadang ada virus, worm dan aplikasi sejenisnya yang menggunakan nama samaran dan icon mirip recycle bin. Misalnya virus dengan nama RECYCLER.exe atau Recycled.exe, yang biasanya ekstensi exe disembunyikan. Maka ketika pengguna menjalankan RECYCLER ini, sebenarnya ia sedang menjalankan virus.

Untuk menghindari kesalahan tersebut, periksa dengan melakukan klik kanan dan pilih Properties. Jika Type menunjukkan Folder, bisa langsung kita buka folder tersebut. Tetapi jika Type = Application atau yang lain, maka harus waspada, karena itu biasanya virus atau aplikasi yang menyerupakan Recycle Bin.

Referensi : ask-leo.com

81 Comments

  1. Info yg cukup menarik, mas 🙂 Tapi saya udah tau… Ya buat nambah2 ajah… 🙂

  2. hmm.. recycling my memories ’bout it. syukron katsir..

  3. Pingback: Mengenal folder RECYCLER, Recycled dan recycle bin | Software
  4. Wah, info yang mnarik. selama ini sy sering tanya2 apa guna folder ini ya… jgn2 rumah virus.
    hatur kang eb..
    n.b. lumayan 7 euy..

  5. Terima kasih, info yang bermanfaat. Semoga tetap semangat dalam membagi ilmunya. Jazakallah khair.

  6. mas ebta waktu itu pernah saya hapus folder recycler gak apa2 kan..???

  7. Tambahan lagi mas Ebta, klo untuk mengecek apakah itu virus apa bukan tinggal klik kanan pilih properties. dari situ sudah terlihat, recycle yang asli tab barnya bertuliskan nama drive dan yg palsu (virus) bertuliskan General, Version, Compatibility.

    Salam.

  8. Super…..
    makasih atas informasinya, sukses selalu buat mas ebta dkk, yg telah banyak memberikan pencerahan khususnya buat saya yg baru belajar..

  9. mantab kang ebta, ane jadi lebih paham lagi tentang recycele itu thank kang

  10. Wah, thanks buat infonya.. Bertambah lagi pengetahuan saya tentang Recycler..

  11. trimakasih jd th. pantesan klo dihapus filenya susah

  12. informasi yang sangat bagus, selama ini yang saya pahami hanya recycle bin di drive C saja yang lainnya tak mengerti kegunaannya

  13. ooo…gitu ya.tak pikir setiap folder recycler pasti virus?! tx infonya…..

  14. Mantaf… terjawab sudah pertanyaanku….
    Thank you atas infonya…..

  15. kalo untuk menghilangkan folder itu utk selamanya bisa gak…? ane gak pernah pake recycle bin sama sekali… 😀

  16. terima kasih atas informasi dan sharing nya …
    ijin belajar ya …
    regard

  17. mas mau tanya soal avira nee

    saya kan menggunakan squid buat cpetin browsing..masalhnya saya mau folder cache di drive D..diacuhin oleh avira..gimana ya caranya agar foldr cache sendiri yg gak ke scan ama avira jadi kaya nonaktifin RTP aviranya gitu mas…???

    oy, saya menggunakan free avira

  18. mas ebta akibat dari postingan anda data di komputer saya hampir semuanya hilang. Mas Ebta sebenarnya udah coba ngak sih “Menghapus Isi Recycle Bin”. Mohon tanggapannya dan solusinya atas data saya yang hilang karena tulisan anda

  19. Info yg sangat bagus dan penting bagi pemula spt aku.
    Usul ni,Mas! Tolong kasih info tentang booting windows dari awal aja, Mas, terutama setelah smua perangkat keras komptr terpasang. Terima kasih.

  20. info yang sangat bermanfaat sekali.trimakasih mas eb

  21. @Manshur
    Saya sudah mencoba sendiri langkah diatas, dan itu untuk menghapus isi recycle bin…
    Kalau ada data di luat recycle bin yang hilang, kemungkinan itu salah melakukan penghapusan..
    silahkan email saya selengkapnya, langkah yg sebelumnya dilakukan sehingga hampir semua data bisa hilang…

  22. Trimakasih… info yang sangat berguna..

    Boleh nanya Mas Ebta?
    Kadang ada program yang corupt dan tidak bisa di unistall, berarti kan harus didelate secara manual… gimana caranya ya?

    Biasanya ngga bisa diunistall karena ada bagian dari program tersebut yang terhapus/ didelate, entah secara sengaja atau tidak…

  23. Ass.Wr.Wb. Maz Ebta, boleh tanya ttg hardware? Bgmn caranya menilai kondisi power suply (PSA), baik yg baru maupun yg “second”? Bgmn kalau menggunakan multitester? Trm ksh. Wass.Wr.Wb.

  24. Terima kaish bro atas informasinya….emang banyak banget virus belakangan ini, kompi di ktr juga ada yang kena virus dengan nama recycler ini.

  25. Thankx bwt infonya …
    kadang2x aq sempet bingung ada itu reycler ….

  26. makasih infonya mas baru kali ini tahu informasinya,thanks

  27. makasih infonya mas. tapi ada pertanyaan lanjutan. kalo ternyata virus, ngilanginnya gimana yah?

  28. wah artikelx sangat bagus tuh nanti aq coba .thanks mas ebsoft…

  29. makasih infonya mas..
    mau tanya sekalian. dulu pas saya pake windows xp saya pernah menghapus isi recycle bin, jadi isi recycle bin kosong. nah, ketika saya show hidden file dan saya pake software tune up utilities yang fiturnya bisa meng-explore isi harddisk (saya lupa namanya) ternyata isi di folder recycler masih ada, bahkan kadang sampai ukuran GB. saya lihat isinya ternyata memang file-file saya yang dahulu pernah saya hapus. kok bisa ya mas?
    tolong beri pencerahannya..
    makasih
    🙂

  30. @Al Banjary
    coba menggunakan software uninstaller misalnya revo uninstaller

    @joel
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    wah saya belum tahu kalau menilai kondisinya dengan multitester..

    @ardi
    monggo…

    @zidni
    jika bisa langsung di hapus, delete saja
    jika tidak, bisa membaca artikel tentang virus atau menghapus virus (kalau tidak salah saya pernah mengulasnya.. )

    @la_thief
    iya, menghapus itu sebenarnya file-nya masih ada, hanya di “mark” bahwa lokasi file ini ( lokasi fisik di hardisk) kosong dan boleh digunakan.. ( jadi yang dihapus adalah Master FIle Table-nya, semacam daftar isi-nya saja )

  31. Pingback: Mengenal folder RECYCLER, Recycled dan recycle bin « AmuroAce><Downloader
  32. OOOOUUUuuuuuuuu…….. jadi itu yaaa yg namanya Recycle,,,, mmmmmmmmmmmmmmmmmmmm……… thngkyu mas EBTA…..

  33. Terima kasih untuk infonya Mas, sangat berguna bagi saya 🙂

  34. hmm…
    gitu ya mas. kok bisa kebaca dari software tertentu ya? dan anehnya tidak bisa dibuka dari windows explorer biasa. jika dari explorer biasa, folder yang banyak angkanya itu dibuka langsung menuju recycle bin biasa. jadi harus dari software itu sendiri. tapi jika sudah pernah dibuka untuk selanjutnya bisa diakses lewat explorer biasa. jika file yang dihapus itu sebenarnya MFT-nya mestinya kan juga sudah tidak bisa dilihat lagi kecuali sudah direcovery pake software tertentu.
    oiya.. nama file-file yang di recycle bin tadi juga sudah berubah. namanya jadi huruf-huruf + angka gitu dan masuk dalam folder-folder bernama huruf+angka gitu..
    maaf mas..banyak nanya…
    😀

  35. Mas ebta,,
    kalo recyclerbin nya ada d flashdisk itu apa y mas?????
    tolong jawabannya,,,,

  36. thank’s, info yang bermanfaat. Semoga tetap semangat dalam membagi ilmunya.

  37. Mas Ebta mau nanya, kenapa ya di laptop saya, kalo setiap ngehapus file kapasitas harddisknya ngga berkurang, padahal di recicled binnya juga udah dihapus, tapi tetep aja kapasitasnya ngga berkurang. Tapi anehnya kalo di cut ke flash disk, kapasitasnya bisa berkurang. Apakah ini virus atau apa? Apa harus diinstall ulang? (Catatan: harddisk saya ngga di partisi, cuma local disk c aja).

  38. Pingback: Mengenal folder RECYCLER, Recycled dan recycle bin | Software
  39. yah… kelamaan kasi commentnya ni
    ngulang2 pljrn dr mas eb ni,thankyou thankyou

  40. 1. “Recyle Bin” di laptop ku terhapus, gimana cara mencari / menginstal kembali
    2. ketika aku menghapus data tanpa “Recyle Bin” kemana data sampah tsb tersimpan???
    3. mohon pencerahan…….

  41. di drive D ana punya folder recycled dan recycler. daripada menyusahkan, ana hapus aja ntu folder recycler.

Comments are closed.