46

Mengirim/Berbagi file besar [melalui Email] tanpa registrasi

free-file-sharing-thumbSebagian kita mungkin sudah tahu batasan berkirim file melalui email. Google mail (Gmail) misalnya, membatasi berkirim file (attachment) maksimal 25 MB, yahoo sekitar 20 MB belum lagi file tertentu tidak bisa dikirim melalui email tersebut (seperti exe). Bagaimana solusi untuk hal itu?

Bisa saja kita memecah file-file menjadi beberapa bagian kemudian upload satu persatu dan si penerima nanti diminta menggabungkan lagi. Tetapi cara ini terkadang merepotkan, tidak semua penerima tahu bagaimana menggabungkan file, atau jika ukuran file agak besar, file harus dibagi menjadi banyak juga merepotkan.

Salah satu solusi termudah adalah dengan menggunakan layanan filesharing. Kita tinggal upload file menggunakan layanan website filesharing dan setelah selesai, kita bisa mengirimkan link download ke email tujuan.

free-file-sharing

Tetapi memilih layanan filesharing inipun tidak mudah, meskipun tersedia banyak pilihan. Belum lagi jika layanan filesharing tersebut penuh dengan iklan, bisa-bisa pengguna bingung link download yang mana yang harus diklik atau bisa salah download program yang bisa berbahaya di komputer.

Untuk memudahkan, berikut beberapa layanan pilihan yang bisa kita gunakan untuk upload file dan mengirim link download ke email tujuan. Saya pilihkan yang menyedikanan layanan gratis plus kita bisa upload tanpa harus registrasi(mendaftarkan diri) atau login (meskipun dengan login biasanya kita bisa mendapatkan fitur lebih banyak).

sendspace.com

Meskipun layanan yang diberikan relatif kecil dibandingkan yang lainnya (maksimal 300 MB) tetapi sangat mudah digunakan dengan antarmuka yang minimalist. Cocok jika ingin mengirim file kurang dari 300 MB tanpa harus repot registrasi/login.

sendspace-com

Selain upload file, tersedia opsi untuk langsung menuliskan email pengirim dan email tujuan, sehingga begitu upload selesai, link file langsung terkirim ke penerima.

File Dropper

Kita bisa mengirim file sampai ukuran 5 GB gratis tanpa registrasi, tidak dibatasi jumlah kiriman dalam satu bulan. Link akan senantiasa aktif asalkan dalam satu bulan di download minimal satu kali.

filedropper

Layanannya cukup sederhana, setelah file diupload, akan ditampilkan link download baik untuk dikirimkan ke email atau ditampilkan ke website.

DropSend

Bisa mengirim file sampai maksimal 2 GB, dilengkapi dengan enkripsi (AES 256bit) untuk keamanan data. Versi gratis kita hanya bisa mengirim sebanyak 5 kali dalam sebulan dan link download hanya aktif dalam 7 hari.

dropsend

Fitur yang disediakan, kita bisa upload file sekaligus mengisikan email penerima dan pengirim serta judul dan isi email yang akan dikirimkan ke penerima.

Ge.tt

Dengan nama website yang simpel ini kita bisa berkirim file tanpa registrasi sebesar 250 MB, tanpa batasan jumlah upload perbulan dan link akan aktif selama 1 bulan.

ge.tt

Link download yang dihasilkan relatif lebih singkat dibanding yang lain, misalnya ge.tt/4igxkGU/v/0. Kita juga dapat langsung mengisikan email tujuan.

bayFiles

Kita bisa mengirim file sampai 5 GB tanpa harus registrasi. Setelah upload, selain disediakan link download (baik untuk email, web/html dan Forum), kita juga diberikan link untuk menghapus file tersebut sehingga link download sebelumnya tidak akan bisa digunakan lagi.

bayfiles

Link download akan aktif jika dalam sebulan ada yang melakukan download paling tidak satu kali.

Jumpshare

Meskipun dalam hal ukuran layanan jumpshare relatif kecil (maksimal tiap file 100 MB, dan jumlah kiriman total 2 GB/bulan), tetapi proses yang cepat serta berbagi fitur yang memudahkan bisa menjadikan layanan ini sebagai pilihan.

jumpshare

Setelah transfer, kita bisa melihat file yang diupload dan mengelola banyak file yang diupload dengan mudah. Link akan aktif dalam 2 minggu.

Itu mungkin hanya beberapa layanan yang memberikan fitur uploada gratis (tanpa registrasi). Jika kita ingin fitur lebih banyak, seperti memantau download atau mengedit konten, bisa dicoba layanan diatas dengan registrasi (mendaftar), terutama yang benar-benar gratis. Karena dengan mendaftar biasanya akan diberikan fitur lebih banyak termasuk ukuran upload yang lebih besar.

Jika pengunjung ada yang menggunakan layanan filesharing lain gratis plus tanpa registrasi silahkan berbagi melalui komentar. Semoga bermanfaat..

46 Comments

  1. Bermanfaat banget nih.

    Kalo saya lebih suka make dropbox. Tinggal daftar gratis. Gak da batasan waktu.
    Jadi file aman aja d simpan. Kalo sekarang daftar mungkin dpt 10Gb. Tapi sy daftar 6 bulan lalu sekarang dpt 100Gb free. File jg gak d hapus walau gak da yg download, upload jg lebih cepat d banding gmail ato yahoo.

    Thank’s

  2. Mantap Infonya, Solusi yg bagus buat yg suka kirim2 file lewat email.

  3. Pantes mas, saya pernah kirim file tapi tidak terkirim karena kebesaran. Ternyata banyak pilihan layanan filesharing tanpa registrasi. Terima kasih mas artikelnya……

  4. Mas, gmail sekarang sudah mendukung pengiriman email >25 MB, bahkan sampai dengan 10 GB. Fitur baru Google Drive telah terintegrasi ke gmail, sehingga pengguna bisa mengirimkan attachment langsung dari gmail ke googledrive tanpa harus meninggalkan jendela gmail.

  5. Trims infonya.Dropbox bisa dpt 100Gb free? Bagaimana caranya ya? Mohon pencerahan. Terima kasih sekali lagi.

  6. mantap mas ebta…
    tapi kebetulan saya masih setia dengan box.net
    makasih untuk infonya mas ebta…

  7. terimakasih mas Ebta atas infonya. Mau tanya mas, saya suka kirim data ke alamat email yang banyak,emailnya saya copy vaste. tapi kenapa ya sebagian banyak yang balik lagi?

  8. @ all: mo tanya file2 yg kita upload brarti jadi ‘milik’ server juga ya. Artinya pemilik server turut ‘menguasai’ file2 kita.

    Meskipun kita menghapusnya (sy yakin) apa sulitnya bagi server untuk tetap memilikinya…
    gitu gak sih?

  9. Info yang bagus mas Ebta, smoga ke depan makin bertambah lengkap ya mas… buat semua yang doyan blajar dan haus ilmu, makasih

  10. kalo ngupload file nya lama gak ya? ane nyobain beberapa sering gagal waktu ngupload. Tapi sekarang ada Dropbox sih, ngirim sampe 4 GB lebih juga bisa mas… 🙂

Comments are closed.