31

Mengubah Konfigurasi Jaringan dg NetSetMan

Jika kita sering koneksi internet di berbagai tempat yang berbeda dan dengan konfigurasi yang berbeda pula, mungkin kita sering direpotkan ketika harus mengganti-ganti alamat IP (Internet Protocol), Subnet Mask, DNS, Gateway dan lainnya. Untuk mempermudah hal ini, kita bisa menggunakan NetSetMan.

Untuk bisa terkoneksi internet di rumah, di sekolah, di kantor atau di tempat lain kadang setting jaringan (network) tidak sama, dan tidak jarang kita harus mengubah secara manual alamat IP. Dengan sofware gratis NetSetMan, kita bisa mempercepat semua proses tersebut dan tinggal sekali klik saja untuk menyesuaikan konfigurasi Jaringan di tempat yang dipilih.

Software ini menyediakan 6 setting (profil) yang bisa kita atur, misalnya setting pertama untuk koneksi di rumah, setting 2 untuk kantor, setting 3 untuk kampus dan sebagainya. Ketika kita ingin konek internet kita tinggal memilih profil yang sudah kita atur dan klik Activate. Setelah setting aktif, aplikasi ini bisa kita tutup. Dengan cara ini kita tidak perlu mengubah secara manual konfigurasi alamat IP.

Setelah kita isi konfigurasi alamat IP, data otomatis akan tersimpan (di dalam file setting.ini) dan file ini bisa kita pindah atau backup secara terpisah. Beberapa konfigurasi yang bisa kita atur dengan NetSetMan antara lain :

  • Alamat IP (Internet Protocol)
  • Gateway
  • DNS Servers
  • WINS Server
  • IPv4 dan IPv6
  • WiFI management
  • Nama Komputer
  • Workgroup
  • DNS Domain/Suffix
  • Default Printer
  • Network Drives
  • NIC Status
  • SMTP Server
  • Hosts File Entries
  • Scripts (BAT, VS, JS, ..)

NetSetMan sudah saya gunakan selama ini dan sangat membantu dan mempercepat ketika harus terkoneksi di tempat yang berbeda dan masing-masing dengan alamat IP yang harus diatur secara manual. NetSetMan mendukung Windows 2000,Xp, 2003, Vista, 2008 dan Windows 7 (baik untuk 32bit maupun 64bit).

Download NetSetMan ( 2.8 MB)

31 Comments

  1. Mas Ebta, sekedar konfirmasi memang ada windows 63bit?. Silahkan dilihat pada kata terakhir di kalimat terakhir artikel anda. Terimakasih

  2. @sah
    kalau semua jaringan sudah otomatis (semisal pakai wifi semuanya) tidak perlu aplikasi seperti ini..

    @wawan
    tidak ada…
    saya salah ketik saja, sekarang sudah diperbaiki, terimakasih atas koreksinya

  3. Mas laptop saya Acer 4741 kok ga bisa konek di Wifi gratis ya (telkomsel hotspot), apa memang laptopnya atau harus ada pengaturan lagi mas?

  4. very nice info,ijin donlot ya. ini website sih paling ok dan banyak pengunjung. mampir ya mas ebta ke blog pemula saya http://bismarckvanriser.blogspot.com/
    ohya sy mau tanya donk gmn cara spy blog saya bisa muncul di search engine-nya mbah google atau yahoo? tolong ya mas ebta email ke saya. tq.

  5. Mas Ebta, kalau software untuk setting beberapa proxy ada ga ya??

    untuk fungsinya sama dengan NetSetMan tapi untuk proxy

    terima kasih

  6. keren mas..
    oy, klo ada sinya wireless tp gk bisa dikonekin ngakalinya gmn ya mas??

  7. berari sofware ini bisa dipakai merubah ip donk, hmm menarik juga ^^, trims mas..
    oiya mau tanya opendns.com apa benar bisa membuat koneksi internet jd kenceng ?

  8. Nah..ini baru betul2 Valuable Information; sy tiap hari gonta-ganti IP krn kerja sy yg Mobile, dgn NetSetMan betul2 jadi praktis. Thanks a lot for for Ebsoft fr this infrmation. Salam.

  9. ga percuma saya subscibe ..

    terima kasih banyak mas , saya doakan sehat agar bisa terus sharing , amin

    ijin download

  10. bung Ebta, tlg gimana caranya menghilangkan virus shortcut.lnk yg selalu tampil, dan kadang saat install baru program lain akan dibuatkan folder shortcut.lnk
    Mohon bantuan dan jenis anti virus apa yg sesuai untuk itu.

    terima kasih

  11. saya udah lama make software ini, tapi sekarang dah males soalnya update2nya ga signifikan. buat mas sugiarto yg di atas, smadav terbaru juga sudah bisa ngatasi virus shortcut. (smadav.net)

Comments are closed.