27

Menyembunyikan Favorites dan Libraries di Windows Explorer

Jika kita sebelumnya sudah terbiasa dengan Windows XP, kemudian beralih menggunakan windows 7 dan sering membuka Windows Explorer, mungkin merasakan perbedaan tampilan. Di panel kiri kita akan melihat Folder Favorites dan Libraries yang cukup menyita tampilan, sedangkan drive lainnya posisinya di bagian bawah.

Bagi pengguna yang memanfaatkan atau sering mengakses melalui Favorites atau Library mungkin menu tersebut bisa bermanfaat, tetapi jika kita terbiasa langsung membuka drive lain dan tidak menggunakan 2 folder tersebut, ada baiknya menu tersebut tidak usah ditampilkan karena memenuhi panel windows explorer.

Windows 7 sendiri tidak menyediakan opsi atau setting untuk menghilangkan 2 folder tersebut, termasuk tidak bisa di rename ataupun di hapus. Alternatifnya kita bisa langsung mengubah registry di windows untuk menyembunyikan 2 folder tersebut. Berikut langkah lebih detailnya.

  1. Buka Registry Editor, bisa melalui Run dan ketikkan: REGEDIT
  2. Untuk Folder Favorites buka Key berikut
    HKEY_CLASSES_ROOTCLSID{323CA680-C24D-4099-B94D-446DD2D7249E}ShellFolder
  3. Setelah ShellFolder di klik, dibagian kanan ada yang namanya “Attributes”, klik dua kali untuk mengganti nilainya (asalnya nilai didalamnya adalah a0900100), ganti dengan nilai baru, yaitu a9400100 untuk menyembunyikan folder Favorites
  4. Untuk Folder Libraries buka Key berikut
    HKEY_CLASSES_ROOTCLSID{031E4825-7B94-4dc3-B131-E946B44C8DD5}ShellFolder

  5. Setelah ShellFolder di klik, dibagian kanan ada yang namanya “Attributes”, klik dua kali untuk mengganti nilainya (asalnya nilai didalamnya adalah b080010d), ganti dengan nilai baru, yaitu b090010d untuk menyembunyikan folder Libraries
  6. Klik OK untuk menyimpan perubahan
  7. Jika ketika akan disimpan (di klik OK) muncul Error bahwa nilainya tidak bisa di edit, semisal ” Cannot edit Attributes: Error writing the value’s contents”. Maka kita harus mengubah hak akses shellfolder tersebut. Langkahnya bisa di ikuti di bagian bawah
  8. Setelah langkah diatas selesai, untuk melihat efeknya, kita perlu log off terlebih dahulu

Setelah Log off, maka tampilan windows explorer saat ini menjadi seperti berikut :

Jika kita ingin menampilkan kembali folder Favorites atau Libraries, kita tinggal mengembalikan nilai Attributes dari Registry diatas ke nilai asal (default). Jika ketika ingin menyimpan muncul error bahwa kita tidak diijinkan mengubah nilainya, ikuti langkah berikut :

  1. Klik folder atau key ShellFolder
  2. Dari menu Utama Registry Editor, pilih menu Edit > Permissions
  3. Akan muncul window: Permission for ShellFolder, klik saja di bagian username: Adinistrator, dan dibagian bawah (permission for Administrator), beri tanda cek semua di kolom Allow
  4. Setelah di cek semua di bagia Allow, klik OK untuk menyimpan
  5. Seharusnya kita sudah bisa mengubah nilai Attributes di registry sebelumnya

27 Comments

  1. Menu favorit/libraries sangat penting bagi saya untuk mengakses file2 hasil download sehingga tidak harus membuka di drive C yang terlalu lama. Tapi nice share mas, ilmu emang untuk dibagi.

  2. Trims atas tips nya mas Ebta,
    tapi saya masih butuh akses cepat utk library nih,
    jd tak usah dulu dihilangkan

  3. Salam buat Mas Ebta,
    Bolehlah kiranya, Mas Ebta sesekali membahas tips dan tutorial mengenai OS lain, seperti Linux Mint yang juga user friendly sekaligus alternatif murah bagi pengguna Microsoft Windows. Mudah2an bisa mengurangi kecenderungan untuk terlalu bergantung pada satu OS saja. Sebab blog Mas Ebta yang terkenal ini sangat cocok untuk publikasi OS alternatif bagi para pembaca setia Ebsoft.
    Semoga blog ini selalu berjaya.

  4. wah… mantapz infonya.
    perlu dicoba ikih.
    kalo ganti setingan default library agar menuju drive d gmana y???

  5. Salam buat Mas Ebta,
    makasih, dgn memberikan tips dan trik seperti ini dpt saya mendapat ilmu baru. karena tips dan trik seperti ini sangat dan amat dibutuhkan oleh para pengguna komputer

  6. Sebenarnya hal inilah yg ingin saya lakukan sejak meng-install Windows 7 beberapa bulan yg lalu, namun saya tidak menemukan kata kunci yang tepat sehingga saya tidak menenemukan trick nya setelah searching Google πŸ™‚
    Btw, Saya sudah melalui yang di sarankan mas Ebta. Namun setelah mengganti Value date dari a0900100 menjadi a9400100. Muncul pesan error seperti ini:

    Cannot Edit Attributes : Error writing the value’s new content.

  7. Ternyata saya belum mengubah hak akses shellfolder tersebut.
    Thanks. Akhirnya berhasil juga setelah Komputer saya restart.
    😳

  8. Saya sudah coba apa yang diwebsite ini tetapi kok tetap tidak bisa yaa??

    Muncul pesan error seperti ini

    “Cannot edit attributes: error writing the nwe value’s new Content”

    saya menggunakan windows 7 Prof, apakah tidak bisa untuk windows ini??

    Mohon petunjuk

    Thanks

  9. GOKIL Keren abis. working 100% at Windows 7 SP1 IE9 Lite v2-IK saya (http ://bismarckvanriser.blogspot.com/2011/10/windows-7-sp1-ie9-lite-v2-ik-size-700.html)
    mas ebta, bole tidak saya copy paste website ini di blog pemula saya tapi saya cantumkan nara sumbernya: EbSoft.web.id ?
    asli ini keren abis.

  10. Om ebta….ternyata ada sau langkah yang mana langkah tersebut
    seharus dijelaskan terlebih dahulu, agar tidak membuat orang bingung..

    saran saya siiich, tips setelah saya coba berhasil

    Thanks

  11. makasih mas ebta, saya syukur and salut sekali karena saya masih sangat sangat minim pengetahuan macam gini, moga bermanfaat. jazakallahu khair

  12. bukan karena biasa atau wah-nya, yang penting adalah niatan berbaginya. punya ilmu hebat kalau hanya disimpan sendiri juga nggak akan bermanfaat. MAJU TERUS EBSOFT, N INSYA ALLAH MAKIN BANYAK PENGUNJUNGNYA

  13. maaf , saya ingin bertanya berhubungan dengan masalah folder favorites di Windows 7 saya .. masalah yang muncul , mengapa folder favorites di Windows 7 saya tidak bisa di “Expand” apakah ada masalah dengan registernya atau apakah karna ada virus , tolong pencerahannya , saya sangat senang jika ada yang ingin membantu saya , jika berkenan jawab via email saya .. terimakasih banyak ..

  14. informasi yang bermanfaat, cara menghilangkan ini kadang dibutuhkan kadang jika sudah terbiasa dengan favorite dan library, rugi rasanya jika dihilangkan. semua tergantung selera, terima kasih atas berbagi informasinya, mas.

    salam.

  15. maaf , saya ingin bertanya berhubungan dengan masalah folder favorites di Windows 7 saya .. masalah yang muncul , mengapa folder favorites di Windows 7 saya tidak bisa di β€œExpand” apakah ada masalah dengan registernya atau apakah karna ada virus , tolong pencerahannya , saya sangat senang jika ada yang ingin membantu saya , jika berkenan jawab via email saya .. terimakasih banyak ..
    repost from Lian

    rutherford.kuncah@ymail.com

Comments are closed.