24

Menyembunyikan file/folder dengan WinMend Folder Hidden

WinMend Folder Hidden

Sebelumnya pernah dibahas tentang program untuk menyembunyikan file dan folder dengan Hide Folders. Saat ini ada program gratis (freeware) lainnya yang mempunyai kemampuan hampir sama, namanya WinMend Folder Hidden.

Disini kita akan mencoba mereview kemampuan yang dimiliki WinMend Folder Hidden ini, seberapa aman data yang disembunyikan.

Peringatan : Selalu ingat password ketika kita menggunakan software semacam ini. Karena jika password-nya lupa, kemungkinan akan sulit untuk mengakses datanya kembali.

WindMend Folder Hidden merupakan program gratis/freeware yang mampu menyembunyikan file dan folder secara cepat baik di partisi lokal maupun di removable drive seperti Flash disk, Hardisk Eksternal dan lainnya.

File/folder yang disembunyikan akan tetap tersembunyi meskipun data diakses dari komputer lain atau dari sistem operasi lainnya baik di komputer tersebut atau dari komputer lain. Untuk mengakses data-data tersebut diperlukan program dengan password yang benar.

Fitur selengkapnya ( dari deskripsi di situs WinMend Folder Hidden )

  • Safety First, teknologi yang digunakan tidak merusak file atau data dan tetap mempertahankan keamanan dan reliabilitas.
  • High-Speed Hiding and Unhiding, mampu memproses data secara cepat (instant) mneskipun datanya banyak atau ber-GB (GigaByte).
  • Support Removable Drives, mampu menyembunyikan dile/folder di removable drive seperti USB Flash Disk, Hardisk Eksternal dan lainnya. Dan data ini juga tidak terlihat di komputer lainnya.

winmend-folder-hidden

Penggunaan WindMend Hidden Folder

Penggunaan program ini relatif mudah, setelah di download kemudian install seperti biasa. Setelah selesai, maka pada tampilan awal aka muncul dialog untuk memasukkan password (panjang 6-15 huruf), yang nantinya akan digunakan untuk menyembunyikan/membuka data. Masukkan password tersebut 2 kali.

winmend-folder-hidden-pasw

Setelah itu kita akan masuk ke tampilan halaman utama, yang selanjutnya kita bisa menambahkan file/folder yang akan disembunyikan. Menghapus daftar yang sudah ada dan mengganti password lama.

Kelemahan WinMend Folder Hidden ( Perlu diwaspadai )

Sebelumnya saya ingin merekomendasikan program ini mengingat kemampuannya untuk menyembunyikan data di removable drive, semisal USB Flash. Tetapi setelah saya mencoba, mengetes dan menganalisa, ada satu kelemahan yang saya lihat.

Memang file/folder menjadi tidak terlihat, tetapi saya lihat file/folder sebenarnya disembunyikan di folder yang namanya Recycled. Ketika kita membuka folder ini kita tidak akan melihat isinya. Tetapi jika folder ini di Delete atau dihapus, bisa menjadi musibah. Folder Recycled-nya sendiri memang tidak akan terhapus, tetapi isinya akan terhapus, sehingga data-data kita yang di sembunyikan tidak akan dapat diakses (terhapus juga).

Hal itu juga mencakup ketika kita menyembunyikan data di hardisk. Data sebenarnya sepertinya dipindah/disimpan di folder RECYCLER, sehingga ketika ada orang yang menghapus folder ini, data akan ikut terhapus. Melihat hal ini, jika masih memerlukan software semacam ini, lebih baik menggunakan Hide Folders.

Tentang WinMend Folder Hidden
Sistem Operasi : Windows

24 Comments

  1. thanks atas infonya tapi lihat pnjelasan diatas jadi takut jg menggunakannya. emangnya apa yang musti dihide he…he…

  2. softwarenya bagus tuh. Bagi yang punya file-file khusus n pribadi, tapi menurut ku sih lebih aman pake fitur enkripsi aja di windows jadi foldernya kekunci.

  3. Wah dibalik kegunaanNya ad juga kelemahanY.
    NamaY juga Software buatan Manusia… gda yang sempurna

    Thanks InfoNya Mas

  4. Wow infonya bagus.
    Saya udah pernah pake software tersebut, tapi kalo discan oleh tools unhiddennya ansav datanya yang disimpan difolder recycled tampil semua., datanya cuma disuper hidden aja oleh software tersebut, tapi masalahnya folder recycled gak bisa dihapus kudu flashdisknya diformat, tapi data yang ada didalam folder recycled bisa dihapus. 😀
    Tapi kalo menggunakan software tersebut diflashdisk bisa bahaya, kalo orang yang gak tau bisa saja folder recyclednya dihapus disangkanya sarang virus, menurut saya recycled tersebut sebagai biangnya persembunyian virus, bahaya kalo ada datanya disitu ntar bisa berabe. 😀
    Kalo ada waktu maen Kesini

  5. Assalamualaikum wr. wb.
    Saya biasa pake Hide Folder, tp file/folder yg di hidden t’xt msh bs di buka ma ACDSee. Bner kan mas?..
    Thanx infox…

  6. KALAU hide folder yang mas pernah buat ulasannya, kelemahannya apa mas??apa sama di simpen di folder Recycled?

  7. wah mantem Nih Program!!!

    Lumayan Bisa Sembuyiin File” Lucu” Biar g Di liat ama Adik” Kecil hehhe

    Thx y Bro…

  8. @chandra, gimana gunain fitur encryp di windows..? Gw gaptek nih,,,

    Ooh iya,… ttg hide folder 2009, gw pernah nyoba nya di PC yang make 2 windows, eh rupanya data yang dilock ato dihidden oleh hide folder windows yang satu, gak dianggap dilock to hidden oleh windows yang lain… Trus kalao partisi C nya tempat windows n hide folder diinstal di install ulang, semua file yang terkunci di partisi lain, jadi lepas semua… apakah winmend lebih aman..???

  9. @Fachriee
    Gampang sih tinggal klik kanan folder,Properties, klik ADVANCED dan centangi Encrypt contens to secure data. Tapi cara ini hanya efektif jika kamu membuat 2 user atau lebih di Windows kamu dan diproteksi dengan password.

  10. Tapi app ini jng di gunakan utk ngupetin foto and video yg tdk jelas

  11. mas aq pernah pakai hide folders pi komptr mabok,,cpu usage 100% + g bisa ketembus tune up u,kynya krn da file yg ku hide….bener ga???? pa krn mlh laen???klo ada yg tau kh info ya,,,,tx b4

  12. Aslkm..
    mas ebta mo nanya. klo file/folder nya udah dihidden pake software itu, masih bisa kebuka lagi ga dengan perintah attrib..

  13. Klo sy enakn pke RAR trus dipaswot 🙂 File2 “lucu” mn bs dibuka (klo g tw paswdny)

  14. Mau tau cara paling aman…???

    Kamu bisa simpan file apa aja: Bahan kuliah, foto pribadi, video bokep (.3gp,*.mpeg dll) dan sebagainya, sepuas kamu…

    Mau tau…???
    Simpan aja di laptop kamu… Trus, kalo kamu pergi n ninggalin laptop, simpan di berangkas, trus kasih gembok dari titanium…. Biar lebih aman, lilitkan rantai….
    Trus jangan lupa pintu kamar di kunci… 😀 😀 heheheh

    Gak ribet, kan…????
    File-file yang “kamu simpan” juga bisa dengan mudah diakses, gak ribet masukin password sana-sini, set ini set itu… ahhahahahahahahaahah

  15. untuk Hahahaa, orang dodol alias botol pun atau caoey!

  16. mendingan pek super hiden aja, ga bakal ilang dan terkunci… pake comandpromt gampang, tinggal “attrib +s +h C:* /s /d” , c-nya bisa diganti dim drive apa aja… tapi kalo mau isi folder tinggal di keti aja C:namafolder*

  17. Trims, infonya…
    Bagus jg software-nya
    Lumayan buat nambah ilmu………

  18. @noershani
    Iya, sebaiknya memang hati-hati

    @Chandra
    Ya, mungkin bisa menjadi alternatif

    @ Steinesia
    wa’alaikumsalaam
    wah saya malah belum tahu, karena tidak menggunakan ACDSee, sehingga belum mencoba

    @helmy
    saya belum menemukannya, hanya saja tidak bisa dipakai di FD, atau komputer yang tidak ada programnya

    @RITN
    tidak bisa..

    @kang andi
    kalau menu folder options bagian “Hide protected operating system” dihilangkan ceknya, maka file yang di hide dengan perintah tersebut akan terlihat semua

  19. Mas ebta…
    Saya mau nanya nihhh, waktu saya pke software hide folder saya lupa password yang saya tulis,wktu mau di uninstall minta password..
    tolong ksh saya solusinya mas… supaya data yg saya hidden bisa di kebuka lagi,pake software apa gitu ?

    Thank’s

Comments are closed.