61

Pecarian file/folder Super Cepat dengan Everything

Jika kita punya banyak data/file di komputer, salah satu proses di windows yang sering digunakan adalah pencarian file. Meski windows sudah menyediakan fitur pencarian, tetapi hasil yang didapat biasanya masih lambat. Kecuali fitur indexing service diaktifkan. Ini pun kadang mempunyai efek samping yang memperlambat komputer.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Locate software pencarian file/folder dengan cepat, saat ini ada yg lebih praktis dan tidak kalah cepat, yaitu Everything.

Ketika kita mencari file menggunakan fitur bawaan windows, biasanya akan memerlukan waktu cukup lama. Lain halnya jika fitur windows Indexing Service diaktifkan, maka pencarian akan jauh lebih cepat. Tetapi ketika indexing service diaktifkan, proses meng-index file-file di komputer tidak bisa dikatakan ringan.

Proses indexing sering memperlambat kinerja komputer, belum lagi database index ini memerlukan kapasitas yang tidak sedikit. Sehngga semakin lama database akan berkuran cukup besar. Dan ketika ada perubahan file, proses indexing juga memerlukan waktu.

Everything

Program gratis dan kecil ini memang sangat sederhana, tetapi seperti namanya, Everything memberikan hasil yang memuaskan. Hanya dengan program kecil berukuran 272 KB, kita bisa mencari file di komputer dalam sekejap. Selain itu, kita juga bisa mencari menggunakan berbagai ekspresi sehingga hasilnya lebih akurat.

Kelebihan dan Fitur-fiturnya antara lain

  • Ukuran file yang sangat kecil
  • Antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan
  • Proses Indexing yang sangat cepat
  • Pencarian yang sangat cepat
  • Penggunaan resource memory yang relatif kecil
  • Sharing file dengan orang lain dengan mudah
  • Proses updating yang cepat dan real-time

Everything hanya mengindex nama file dan folder data di komputer sehingga bisa databasenya sangat cepat. Sebuah installasi windows yang terdiri sekitar 20.000 file bisa di index sekitar 1 detik saja. Di komputer saya, lebih dari 200.000 file di index kurang dari 10 detik.

Ketika di komputer ada penambahan atau pengurangan file, ketika everything dijalankan, otomatis database akan terupdate dan ini pun memerlukan waktu sangat singkat, bahkan ketika program aktif, database sudah ter-update.

Yang perlu diingat, file dan folder yang akan di index adalah yang berlokasi di drive yang mempunyai file sistem NTFS. Jika drive komputer menggunakan file system FAT32 maka tidak akan di index dalam database, sehingga tidak bisa di cari dengan program ini. Untuk mengetahui file sistem drive, klik kanan drive yang di inginkan dan pilih properties, maka akan di tampilkan informasi File System.

Tips Pencarian file menggunakan Everything

Ketika kita mengetikkan kata yang dicari, everything akan menampilkan hasilnya secara langsung, tanpa kita perlu menunggu lama. Berikut beberapa contoh penggunaan pencarian untuk menghasilkan data yang spesifik.

  • “windows 7” akan mencari file yang mempunyai kata tepat “windows 7”.
  • komputer | laptop untuk mencari file yang mengandung kata komputer atau laptop ( dengan tanda “|”)
  • .jpg Untuk mencari semua file ber-ekstensi jpg
  • .jpg|.gif|.png ( dengan tanda “|” ) untuk mencari semua file yang berekstensi jpg,gif dan png
  • ebook .pdf|.doc mencari file yang mengandung kata ebook dan ber-ekstensi pdf atau doc
  • win* untuk mencari semua file yang mengandung kata berawalan win, misal: windows,winzip,windir…
  • ebook !windows untuk mencari file yang mengandung nama ebook, tetapi abaikan jika mengandung kata windows
  • *.?? akan mencari semua file yang mempunyai ekstensi 2 huruf
  • *.???? akan mencari semua file yang mempunyai ekstensi 4 huruf

Masih banyak tips penggunaan lainnya, selengkanya bisa membaca FAQ. Program ini juga mempunyai ukuran sangat kecil, tersedia versi installer dan portable. Versi installer hanya berukuran 334 KB dan versi portable hanya 272 KB. Selain itu juga terdapat versi command line, yang hanya berukuran 53 KB. Ketika program dijalankan pertama kali, setelah aktif, tunggu beberapa saat, sampai everything membuat index database file terlebih dahulu.

Everyhting dapat berjalan di Windows 2000, XP, 2003, Vista, 2008 and Windows 7
Download Everything

61 Comments

  1. mengaman kan posisi 10 besar.mantabe tenan reeek

  2. langsung pengamanan……..
    link artikel ini di email-q g’ nymbung….???

  3. setelah Everything-1.2.1.371.zip (portable, 272 KB) disedot…
    Kang SMADAV bilang itu “virus”…. piye??????

  4. Betul banget mas Eb kalau memakai bawaan windows itu lama terus terkadang juga sering Error,Sepertinya software Everything bisa di coba nih mudah-mudahan bisa mempercepat pencarian file.Ijin numpang downloadnya yah Mas Eb.Terimakasih sudah mau berbagi dengan para NewBie seperti saya ini

  5. Thanks infonya,btw link artikel dr e-mail koq g nyambung mas?

  6. Pingback: Pecarian file/folder Super Cepat dengan Everything | Software
  7. gak rugi aku langganan di web ini. Terus berkarya kang.Orang baik pasti banyak rejeki. Ingat rejeki tidak hanya unag lho

  8. absen baca gan..
    usefull app nih buat cari file2ku, belum ditata soalnya, hehe..

  9. Terima kasih, mantab sekali. Sangat berguna.

  10. mulus & lebih cepat dari UltraFileSearch yg sy gunakan; database sy 150ribu-an hanya di Index dalam beberapa detik.

  11. mas ebta, salam kenal dari saya yang ada di Papua, mas bagaimana caranya biar win 7 saya jadi ori… ( win 7 build 7600 oleh2 dari teman, e…. tp tidak ori kat windows) makasih mas..

  12. mas ini hanya bisa untuk searching file saja atau juga bisa untuk searching text in file ya ?

  13. Pingback: Pecarian file/folder Super Cepat dengan Everything
  14. Cepat sekali tapi sayang gak ada fitur tanggal file yang di cari

  15. Maksudnya mencari berdasarkan tanggal file created atau modified

  16. Terima kasih mas share-nya.
    saya pake xp sp-3 media center, pake Windows Search hasilnya cukup akurat dan cukup cepat, ada tapinya… waktu indexing cukup lama hehe…

  17. Nice article..

    Kalau saya memakai SUNGLANCE, dulu pakai VISTAGLANCE.

    Software itu mengindex semua file di komputer tanpa batasan format harddisk. Indexing berlangsung sangat cepat. Pencarian berlangsung cuma sekejap mata, saat anda mengetikkan kata kunci (yang tidak repot seperti pada Everything), dan menekan enter, maka saat itu juga secara instan hasil pencarian yang mengandung kata kunci ditampilkan tanpa jeda/loading 🙂

    Sayangnya program ini berbayar. Anda bisa memakainya full selama 30 hari, tapi setelah itu lisensi harus dibeli.
    Tapi anda bisa mengakalinya dengan menginstalnya pada software virtualisasi seperti SVS ALTIRIS dari Symantec yang merupakan software gratis.
    Caranya, setelah masa trial habis, maka anda bisa memilih ‘reset’ pada programnya (klik kanan icon program dalam jendela SVS ALTIRIS, kemudian pilih ‘reset’). Software trial anda akan kembali ‘full’.

    Tips: sebaiknya direset sebelum hari ke-30, karena pada beberapa laptop, setelah hari 30 (masa trial habis), sayangnya tidak berhasil direset.

    Oya, software SVS ALTIRIS adalah untuk virtualisasi software, artinya, software yang diinstal di dalamnya, tidak langsung terinstal di sistem yang sebenarnya. Tapi soal fungsionalitas, tidak dipengaruhi, sama seperti instal biasa. Anda pada dasarnya bisa menginstal software apa saja di dalam SVS ALTIRIS.

    Anda bisa googling saja software-software yang saya sebutkan di atas.

  18. kang ebta tolong dong di bahas cara copy cd pake nero

  19. Setelah saya jalankan, everything punya saya juga dideteksi sebagai virus oleh smadav 8.1. yang diikuti informasi 8 registry terinfeksi: DisableRegistryTools; DisableTaskMgr; NoRun; NoFolderOptions; HonorAutoRunSetting; HideIcons; ScreenSaveActive; Recent.

    hal itu menyebabkan registry editor tidak bisa dijalankan. gimana nih mas Ebta? tolong infonya ya. syukron

  20. sy guna software ini utk buang virus yang tidak dapat dibuang oleh antivirus…sy gabung dengan software lain…=)

  21. ini gratis kan??
    dan gak ada efek pada system?misal task manager tidak bisa dijalankan,atau registry editor tidak bisa dijalankan,kuatir ni..kan aku sering pake task manager,kadang buat main matiin proses explorer.exe(jahil sama windows)kadang juga liat proses….
    kalo ok.ijin sedot ya

  22. ass wr wb mas ebta saya instal nih program kenapa ya smadav menganggap program ini virus ada cara ngak supaya smadav tidak menganggap ini virus

  23. ass, mantaf gan lanjut
    ikut nyundul dari bawah gan….
    hidup pancur batu…..

  24. Pingback: Pecarian file/folder Super Cepat dengan Everything | Software
  25. Pingback: Pecarian file/folder Super Cepat dengan Everything | Software
  26. mas Ebta, software everything apa memang hanya dapat mencari data dari hard disk C dan D? Jika hard disk ada 3 partisi bagaimana caranya agar HD E dapat juga ditemukan nama file yang kita cari?
    Nuwun

  27. mas, koq di laptopku di anggap virus ya?
    dianggap virus sama smadav 8.2.
    mohon pengarahannya mas.

    syukron

Comments are closed.