108

Periksa Kondisi Hard Disk Komputer Anda

Info gambar

Salah satu penyebab komputer sering “Hang” adalah hardisk yang sudah aus sehingga ada bagian yang tidak bisa di akses ( bad sector). Biasanya ini bisa terjadi jika komputer sering dimatikan tanpa shutdown atau listrik yang tiba-tiba sering mati (tanpa UPS). Selain itu mungkin juga karena memang umur hardisk yang memang sudah tua.

Jika ada bagian hardisk yang terkena bad sector, maka akan berimbas ke kinerja komputer, entah itu menjadi lambat sampai sering hang ketika menjalankan program tertentu. Selain itu juga data yang [pernah] tersimpan akan rentan mengalami kerusakan. Jika seperti itu, bagaimana cara memeriksa kondisi hardisk di komputer ?

Ada berbagai cara untuk memeriksa kondisi hardisk, jika dengan bawaan windows bisa menggunakan fasilitas scandisk, tetapi mulai windows XP untuk melakukan scandisk ini harus restart dulu. Cara lebih mudah dengan menggunakan software yang gratis. selain lebih mudah, tampilannya juga lebih baik dan informatif. Dua contoh software ini adalah HD Tune dan HDDScan

Kelebihan lain 2 softwre itu adalah bersifat portable, sehingga bisa kita bawa kemana-mana melalui flasdisk dan tidak perlu install untuk menjalankannya.

1. HDD Tune, Hard Disk Utility

Di Aplikasi ini ada 4 fasilitas utama ( dalam 4 tab), yaitu Benchmark, Info, Health dan Error Scan. Benchmark untuk mengetahui seberapa cepat akses baca tulis dan waktu akses hardisk. Info memberikan informasi tentang drive dan fasilitas yang di support hardisk serta detail informasi tentang Firmware Hard Disk.

Health akan memberikan kondisi atau status “kesehatan” hardisk. Error Scan untuk memeriksa apakah ada yang rusak dengan Hardisk tersebut. Fasilitas Error scan ini yang kita manfaatkan untuk memeriksa kondisi hardisk. Agar hasilnya akurat maka jangan memeriksa dengan Quick Scan, hilangkan tanda cek di menu Quick Scan.

Jika ada blok yang berwarna merah, itu bagian hardisk yang rusak/error, dan biasanya di sebut dengan bad sector. Jika diakses bagian itu sering menyebabkan komputer hang. Selain informasi tersebut HD Tune juga memberikan informasi suhu /temperatur Hard Disk.

Download http://www.hdtune.com/

2. HDDScan

Aplikasi kedua ini lebih mengkhususkan diri untuk memeriksa kondisi hardisk ( low level HDD Scan), sehingga informasi scan lebih detail, yaitu dengan menampilkan waktu akses masing-masing blok (bagian) di hardisk. Informasi baca tulis juga di sertakan. HDDScan men-support IDE/SATA/SCSI hard disk drives, RAID arrays, external USB/Firewire hard disks dan juga Flash cards. Berikut contoh tampilan scan dengan HDDScan ( versi 2.8).

Hardisk yang masih baik seharusnya blok yang berwarna hijau sangat sedikit atau tidak ada demikian juga blok yang berwarna orange atau merah. Jika ada blok yang berwarna merah, maka kedepannya bisa menjadi bad sector (warna biru tua). Sedangkan blok yang berwarna biru tua (bad blok) menunjukkan bad sector (tidak bisa diakses), sehingga harusnya tidak ada.

Sebenarnya versi terbaru HDDScan adalah 3.1, tetapi dengan tambahan skin malah menyebabkan agak lambat dan pengoperasiannya masih mudah versi 2.8. Meskipun di versi baru ada tambahan fasilitas sensor suhu dan perbaikan bugs lainnya.

Informasi tambahan : pastikan ketika melakukan scan hardisk, tidak sambil menjalankan aplikasi lain ( by ebsoft)

HDDScan bisa di dapatkan (Download) disini : HDDScan

108 Comments

  1. Assalamu ‘alaikum
    Syukron atas infonya. sangat jarang user memeriksa kondisi harddisk. Biasanya kl komputer hang atau “lemot” (lambat), user sering mengira bhwa itu ulah virus. Pdhal banyak faktor yg bikin Komputer hang atau lambat kinerjanya….
    Mas, mo tanya. Apa bedanya Web 1.0, web 2.0 dan Web 3.0. katanya platform dunia internet ke depan adalah Web 3.0. Bisa di-review ga yaa…? Plisssss…..
    Terimakasih.

  2. Kayaknya kalo hardisk biasanya didefrag aja 3 bln sekali, kalo udah agak lemot di low format aja, hehehehe…

  3. Assalamu ‘alaikum
    untuk mas Kautsar, kl bs Harddisk jangan sering di-format. Justru nanti hardisk antum malah “jebol”. Periksa aja dgn sofware yg ada, baik Antivirus, defragmenter, Scandisk, registry cleaner, atau pake Advance Systemcare 3.
    semoga bermanfaat.

  4. Thanks Mas diingatkan dengan tulisan ini, ya maklum umumnya pengguna awam jarang yang memperhatikan masalah hard disknya..tahunya memakai aja.

    Salam kenal

  5. Assalamu’alaykum
    di bagian bawah itu icon “remove hardware” selalu muncul. padahal gak nyolokkan apapun ke usb. setelah dilihat koq remove-nya mengarah ke harddisk. itu kenapa mas? solusinya ?
    Jazakallohu khoir

  6. wow…bagus niyh. Hardisk saya layak mendapatkan perawatan juga dong…memang rambut aja yang perlu perawatan :)) hahaha…

    Makasih kang info berguna nya…

  7. Assalamu’alaikum
    langsung aja ya mas….
    Begini, komputer rumah tuh dikasih DEEP FREEZE, ngefek gak kalo kita mencoba ngecek pake hdd scan atau HDD tune, terima kasih…
    Waalaikum salam

  8. @Abu Izza (1)
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah
    kalau web 1.0 dan 2.0 mungkin lumayan agak paham, kalau web 3.0 belum, tapi masukan yang bagus juga, semoga bisa terrealisasi

    @Kautsar
    Iya benar mas Abu Izza, apalagi sering low level format, beresiko cepat rusak..
    Kalau hanya format biasa, tidak mengapa..

    @Sadat AR
    Mungkin karena hardisknya menggunakan koneksi SATA, jadi muncul icon remove hardware. Memang seperti itu, dan itu tidak masalah..

    @romeo
    wa’alaikumsalaam
    Harusnya tidak ada masalah.. bisa saja

  9. mas ebta, mo tny nh. kl HD yg baik it merkny ap aj? trs kl hd maxtor masa pakeny brp tahun dlm kondsi normal. mksh tk jwbny..

  10. @andre
    kalau merk tidak bisa menjamin mana yang terbaik, karena biasanya berbeda-beda untuk tiap kapasitas yang sama..

    kalau masa pakainya saya kurang tahu pasti, tapi mungkin 5-10 tahun (hanya perkiraan saja..) karena biasanya banyak faktor yang juga mempengaruhi umur hardisk

  11. thank mas infonya, mas mo tanya nih gimana kalo hardisk gak bisa di instal selain OS aja padahal ini hardisk baru lo, abis tak instal xp, terus gak mau di instal software apapun termasuk officenya. kenapa ya mas ???

  12. @andri
    Aneh juga.. ketika di install muncul pesan apa ? seharusnya ada informasi kenapa tidak bisa di install..

  13. Salam.
    Untk mas andri, sy punya pengalaman yg sama. Ga bs instal adobe reader sama ad-aware. Itu karena ada masalah dgn windows installer-nya (ada file installer yg corrupt saat instalasi). coba antm delete OS-nya/format harddisk-nya, install dengn CD win XP yang lain (kl bs original. he he he he…)
    Selamat mencoba….

  14. wah kalo saya sih, jaga kondisi hardisk pakai bawaan windows aja dengan error checking hardisk, trus bwat jaga kestabilan system pakai Advanced windows care personal. bersihin sampah pakai ccleaner. trus di defrag dech bisa seminggu atw 2minggu sekali. thanks mas ebta atas infonya…

  15. hmm, tnya dunk,
    diantara 2 hd checker trsbt, kira2 yg lbh recomended yg mn ya hhe..,
    trs klo umpanya trjdi bad sector, lngkh apa yg kira2 hrs dilakukan ya.., soalnya ni ups ku rusak & kbtulan trjadi mati lampu ampe 5 kali pas maen komputer T-T. dan skrg klo maen game transformers jd srg hang gtu..waduh!!

    ama skalian klo mo bnerin ups klo dijogja yg bgs mana ya..hhe^^.
    trs mas ebta ksh saran mrawat Ups donk, biar bisa awet dan bisa nyimpen tnaga ttep lama. terima kasih.

  16. @Yudha
    Ya, tips yang bagus juga..

    @seventh
    menurut saya lebih bagus HDDScan, karena lebih detail memeriksa hardisk, hanya saja saya memilih versi 2.8 daripada versi baru..

    Iya benar, jika listrik sering mati, lebih baik menggunakan UPS.. wh saya kurang tahu service UPS, mungkin malah di service elektronik..

  17. assalamualaikum mas! numpang nanya dikit nih : laptop aku kalo buat mutar mp3 koq jadi terasa berat ya? pake aplikasi apapun rasanya jadi berat (jet audio, wmp 11, quick time, dll) dan sering tersendat2 kalo muter mp3 sambil ngerjain yang lain.klo bisa tolong balas ke email aku ya mas.

  18. untuk mas rio…
    jelaskan dulu spesifikasi laptopnya (Pentium brp, RAM-nya?, kapasitas Harddisknya dh penuh ataw msh blm?, pake antivirus ter-update ga?, dll) Baru dijawab sama mas ebta… iya ga, mas??

  19. oo, trs klo ada blok yg bad sector lngkh apa yg hrs dilakukan mas utk ngerawat hrdisknya gtu..

  20. @rio
    Iya betul mas Abu Izza, spesifikasi komputernya seperti apa ? CPU, RAM, Hardisk, versi Windows dan lainnya..

    @seventh
    sebenarnya ini rencananya untuk artikel lanjutannya nanti.. hehe. Bisa dengan Low Level format.. atau tunggu artikel berikutnya 🙂

  21. salam kenal kang ebta, thanks buat softwarenya.
    Ngebantu banget nih….

  22. Mas mau tanya, komputer saya kok suka mati gitu ya, lagi dipake tiba2 langsung nge-restart sendiri, padahal saya cek kipas prosesor bersih, status health di HDD scan juga ok kenapa ya, cek hardisk jg gak ada bad sector, apa prosesor kepanasan ya, tapi kan kipas prosesor saya bekerja normal… kenapa ya mas, hal kayak gini kejadian walaupun OS baru instal, soalnya terus terang saya orangnya males nyari virus kalo komputer keinfeksi, jadi tak sikat aja cari jalan pintas (nb: kalo abis kejadian kayak gitu, pas dah masuk windows trus ada tulisan “Windows have recover from fatal error” kalo gak salah gitu tulisannya)

  23. @AbuIzza (1): setahu saya, web 1 itu adalah web statis. yang contentnya tidak bisa interaksi 2 arah antara pemilik dan pengunjung. web 2 adalah web dinamis yang memungkinkan pengunjung dan pemilik saling berkomunikasi. saat ini hampir semua situs adalah web 2. contohnya ya situs ini, yang memakai engine wordpress. trus web 3 adalah prototipe web super-dinamis (ini istilah saya) dimana pengunjung dan pemilik situs bisa sama2 mengedit konten situs (contoh dalam hal ini adalah situs wikipedia). CMIIW. 🙂

    @Abu Izza (5): setahu saya lagi, dan sekali lagi CMIIW, tidak ada pengaruh signifikan antara kinerja dan usia hardisk dengan seringnya hardisk diformat, terutama untuk hardisk zaman sekarang.

    @seventh (17): sering mati lampu mendadak sebenarnya gak pengaruh ke hardisk, sekali lagi hardisk keluaran zaman sekarang. zaman dulu, zamannya windows 3.11, *ada yang pernah pake?! huhu…* memang hardisk harus di-park dulu baru dimatiin. sekarang zaman sudah canggih. yang bikin hang umumnya adalah file system yang bisa saja corrupt pada saat mati lampu tiba2. sekadar berbagi pengalaman aja… 🙂

    @rio (19): kayaknya yang membuat paling laptop ente tersendat2 karena 2 alasan klasik: antivirus plus program TSR (terminate and stay resident) yang biasanya nongkrong di system tray atau prosesor yang kurang mak nyusss! MP3 khan sebenarnya program audio kompresi. nah, untuk memainkannya, program kayak winamp harus membuka kompresinya. nah, ini kerja beratnya si prosesor. jadi, mungkin diberi sedikit lem kuning bisa manjuur. (red: lem kuning, lempar tuku maning) hehehe… *no offense bro!*

    @flying_pixie (24): sekadar tukar pengalaman, bisa saja suplai listrik berpengaruh. mungkin supply power dari PSU kurang. atau bisa juga tegangan listrik di daerah ente naek turun. jadinya komputernya capek. hehehe…

  24. @flying_pixie (24)
    Iya benar mas udomat, Bisa jadi kerena listrik yang kurang stabil atau power supply yang kurang bagus..

    wah mas udomat juga banyak informasi nih..
    sering-sering komentar di sini saja, bantu teman-teman…

  25. aku mau tanya mas… apa setiap laptop dilengkapi dengan drive D? gimana sih agar drive D di laptopku bisa dipakai? aku pake windows vista, aku pernah coba format tapi ndak bisa. gimana donk baiknya? thanks ya mas…..

  26. ass
    mas aq mau tanya mengapa setelah diisntal os sering ngehang?apakah hd udah rusak apa kurang ram?

  27. @ebta
    ok, dtunggu ya..^^!

    @udomat
    eh, yg bner ni, brarti klo hrdisk skrg dah ga bisa gores lagi donk klo pas mati lampu..,ato gmn?
    ama CMIIW mksudnya paan seh?kok sring dnger di forum2 gtu n orgnya biasanya dah berbobot kya masnya ni hhe:P.

    @haris
    ram nya brp dulu klo umpamanya cman 128mb trs diinstal Xp ya msh agak berat tuh!!
    klo vista jg min 512 lo..!

  28. @ayudonny
    Tidak semua, tetapi bisa saja dibuat drive D, E dan seterusnya.. Itu hanya pembagian hardisk saja. Ketika install windows akan ada pilihan untuk membagi hardisk (membuat partisi). Pastikan data-datanya sudah diamankan sebelum membagi hardisk

    @haris
    Bisa saja karena ada bad sector di hardisknya atau mungkin memori bermasalah..

  29. @seventh (29): iya. hardisk sekarang gak bakal ngegores lagi meski mati lampu mendadak. karena teknologi yang dipake juga beda. dulu masih pake head fisik yang berputar mencari data. jadi pas mati lampu mendadak, si head itu jadi ngegores. sekarang gak gitu lagi. CMIIW itu singkatan dari Correct Me If Im Wrong, betulin kalo salah. 🙂 o iya, sekadar tambahan tentang komentar bro seventh terhadap bro haris (28), sebenarnya ada versi windows xp yang bisa diinstal dengan lancar dan tidak tersendat2 pada PENTIUM II dengan memori cuma 64MB. ini sudah saya buktikan. bahkan sudah ada warnet dengan spek PENTIUM II dan pake Windows XP Pro SP2. namanya TINY XP. tapi ini memang tidak disupport oleh microsoft karena ilegal. btw, windows bro seventh legal?! ;p

  30. mas mas semua…aku mau minta TOLONG…
    komputer aku kok ga mau masuk ke Windows ya, secara baru2 ini make komputer jd buta banget heheh…

    abis booting (keluar tulisan Megatrend gt…)trus tau2 lgsg gelap aja ditambah garis kecil kelap kelip dikanan atas…

    pertamanya aku mikir hardiskku yg kena (masalahnya lmpu indicator reading hardisknya g kelap-kelip)
    tp pas aku check diBios Harddisk kedetect…

    itu knp ya mas???
    MINTA TOLONG BANGET SEKALI PISAN EUY…dijawab y mas hehehe

  31. mas mas semua…aku mau minta TOLONG…
    komputer aku kok ga mau masuk ke Windows ya, secara baru2 ini make komputer jd buta banget heheh…

    abis booting (keluar tulisan Megatrend gt…)trus tau2 lgsg gelap aja ditambah garis kecil kelap kelip dikanan atas…

    pertamanya aku mikir hardiskku yg kena (masalahnya lmpu indicator reading hardisknya g kelap-kelip)
    tp pas aku check diBios Harddisk kedetect…

    itu knp ya mas???
    MINTA TOLONG BANGET SEKALI PISAN EUY…dijawab y mas hehehe

    klo perlu info tambahan nanti aku posting lg..makasih banyak sebelumnya…

  32. @rifqi
    Mungkin ada yang rusak dengan windowsnya..
    coba hardisknya discan di komputer lain atau dengan liveCD, baik dari virus maupun scan permukaannya..

  33. mas gu jg nech mo minta tolong. qu lom bs partisi hardisk laptop yang udah includ windows vista. coz pas aq partisi ko cuman dikit banget yach n terlalu besar di drive c nya. gemana cara ngatasinya ya? Drive c gabisa di kasih quota lebih kecil aja EX: hardisk qu 200 gb tp di c sisa 110 mo nya c qo buat cuman 30 gb di c n sisanya qu bagi drive d&e

  34. @rifqi
    sama-sama..

    @margo
    Coba gunakan EASEUS Partition manager (free), kemudian drive C di resize. Belum mencoba apakah bisa, tetapi data-datanya sebaiknya diamankan dulu..

  35. Saya punya laptop merk A*Note Centurion C760 tahun 2005 Akhir.
    Akhir Akhir ini, sudah mulai trouble.
    1. Kadang, windows berhenti sendiri
    2. Laptop kalo di geser or goyang, kadang windows Hang

    Apa itu berarti kerusakan di Hardisk ??
    Thanks.

    NB
    Kalo sempet, balas nya di email aja

    aloysius.allen@gmail.com

  36. @Allen
    Kalau hang-nya dimana-mana, tanpa pandang bulu sedang membuka atau menjalankan apa, atau tidak menjalankan apa-apa tiba-tiba hang, kemungkinan di Memory (RAM)
    Kalau ketika membuka folder, mengakses file/drive, kemungkinan di Hardisk. COba hardisknya diperiksa dengan software diatas

  37. asslm,
    mas aq mau tanya lagi nie, mas harddisk q merek seagate kapasitas 80 g tapi gak mau di format muncul blue screen trus..
    aq dengar2 harus di format low level..apa maksud format low level? trus adakah program yang bisa menformat harddisk semua merek? tolong bantu ya mas?..

  38. Mas Ebta… Help Meeeeee!!!sore kemarin komputer saya masih bisa digunakan. malam ini komputer saya jadi ga bisa, setelah saya mencoba untuk mem’formatnya…partisi’y menjadi satu. saya ragu untuk mem’formatnya, karena saya takut data2nya hilang. apakah ada software yang bisa mengembalikan partisi yang hilang??? TOLONG MAS!!!

  39. @benz
    Iya, sebaiknya jangan diformat dulu, karena datanya bisa hilang..
    Coba gunakan UBCD4Win, atau UBCD saja (berbasis DOS)..
    Jika tidak bisa, maka recovery datanya dulu ( melalui komputer lain), setelah aman baru di format..

  40. Pingback: 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP | Informasi dan Teknologi
  41. Pingback: Ganti Partition Magic dengan Free Easeus Partition Manager | Informasi dan Teknologi
  42. Pingback: Kloning Hardisk / Sistem Operasi dengan EASUS Disk Copy | Informasi dan Teknologi
  43. assalamualaikum!

    mas Ebta ini pertama kali saya masuk, salam kenal.
    ok, langsung aj ke permasalahannya.saya memiliki Hdisk tipe seagate ATA umurnya krg lbih 2 thnan.nah, wktu kmren saya ingin menginstall ulang windows saya namun ditengah proses tiba2 terjadi memory dumping.lalu saya ulangi lagi prosesnya dari awal,namun ketika masuk ke setup,Hdisk saya tidak terdeteksi.di BIOSnya pun juga begitu.ada pesannya seperti ini :
    Windows XP profesional setup
    Setup did not find any hard disk drives installed in your computer.
    Make sure any hard disk drive are powered on and properly connected to your computer,and that any disk-releted hard were configuration is correc this way involve running a manufacturer-supplied diagnotic or setup program.

    Setup cannot continue.To quit press F3

    saya tidak tahu apa penyebab pastinya. tolong ya mas, solusi mengatasinya.
    wassalam!

  44. @iqbal
    wa’alaikumsalaam
    mungkin perlu dicek pemsangan kabelnya ( lepas dan dipasang lagi dengan baik), jika masih tidak bisa, kemungkinan ada yang rusak bagian boot sectornya

  45. Mau tanya nih. Hd sy seagate 80 gb ndak tau napa skr cm terdeteksi 30 gb gimana ya solusinya agar terdetech 80 Gb lagi. Thank

  46. @Deni
    coba dicek di Disk Management ( Klik kanam My Computer, pilih menu Manage, kemudian dilihat di Disk Management. Apakah ada sisa drive yang tidak terdeteksi/tampil)

  47. assalamualaikum!

    ternyata bener mas ebta,ada pemasangan kabel yg longgar.fuuhhh… ternyata cuma kabelnya aja toh..
    btw, met tahun baru. semoga nggak bosen2 ngasih tipsnya.
    wassalam!

  48. Sdh di format hasilnya sm 31 Gb. Btw thank atas tanggapannya. Mungkin saatnya perlu diganti.

  49. Pingback: Blogmarbangun | Memperbaiki Hardisk yg terkena badsector
  50. @iqbal
    wa’alaikumsalaam
    Iya, kadang seperti itu sering terjadi..

    @deni
    Ya.. mungkin 🙂

  51. sya mo tnya komp sYa tiba2 restart sendiri,klo mo ke windows gk kwt kira2 itu knp?

  52. Mau tanya nih???????Hardisk saya Quantum Fireball 10GB tidak bisa dibuat nyimpan data, tidak bisa diformat, dan tidak bisa dipartisi ulang. Dah pake macam2 tool tetep gak bisa. Gimana ya cara ngatasi masalah di HDD saya?Thank’s

  53. @abby
    bisa jadi karena virus atau file sistem wondows ada yang terhapus

    @saladin
    sama-sama

    @Nugroho
    Apakah sudah diperiksa dengan beberapa software diatas ?
    jika tetap gagal, kemungkinan memang rusak cukup parah

  54. Assalamualaikum Mas Ebta,

    Mas aku mo tanya nih, klo kedapetan BAD BLOCK di HDD bisa di perbaiki lewat software/program. Terus aku ada HDD 40 GB Maxtor, nah pas waktu booting/self test, komputer ngasih tau begini “SMART Capable and Status BAD. Apakah hardik itu sudah gak bisa dipakai lagi?

  55. @Djaenul
    wa’alaikumsalaam
    saya pernah membahas hal ini, coba diperiksa dalam lategori hardware
    Belum tentu, mungkin masih bisa dipakai, dan bad sectornya dhilangkan dulu..

  56. Assalamualaikum Mas Ebta,

    Mas akhirnya HDD nya berhasil diperbaiki tapi ya gitu, saya butuh waktu kurang lebih 4 hari dengan cara trial and error. Pertama2 aku pake LLF setelah berhasil trus aku partisi dan diformat pake Partition Magic. Setelah itu di tes lagi pake Scan Disk. Begitu seterusnya sampai blok yang warna biru tua (bad sector)ilang.

    Terima kasih banyak ya Mas tips-nya, padahal sebelumnya HDD itu dah mau diapkir dan aku harus keluar dana sekitar 500 – 600 ribu untuk beli HDD baru (120GB)

    Dan untuk netter yang lain bisa dicoba cara yang aku pakai

    Wassalam
    Djaenul

  57. MAAF BUNG.., SEDIKIT MELEBAR ARI TOPIK.. FLAS PLAYER SERING CONFLIC DG SOUND.. SAAT BROWSING PAKE MOZILLA SOUND JADI ERROR KARENA FLASH AKTIF… JADINYA G BISA DENGER MUSIK.. MESTI DI RESTART DULU.. ADA SOLUSI G BUAT SAYA.. THANKS. SAYA PAKE MOZILLA DAN FLASH PLAYER10.

  58. REVISI.. MAAF BUNG.., SEDIKIT MELEBAR DARI TOPIK.. FLASH PLAYER SERING CONFLIC DG SOUND.. SAAT BROWSING PAKE MOZILLA SOUND JADI ERROR KARENA FLASH PLAYER AKTIF… JADINYA G BISA DENGER MUSIK.. MESTI DI RESTART DULU.. ADA SOLUSI G BUAT SAYA.. THANKS. SAYA PAKE MOZILLA DAN FLASH PLAYER10.

  59. @Adhie
    sama-sama

    @Djaenul
    wa’alaikumsalaam
    Alhamdulillah, memang masalah seperti itu perlu banyak mencoba..
    terimakasih informasinya juga

    @ahmed
    Jika konflik memang mungkin agak susah, mungkin harus dihilangkan salah satu atau mencoba alternatif lainnya

  60. ahmed
    Terimakasih dan apresiasi DUA JEMPOL dari saya pada bung EBTA SETIAWAN….

  61. Hi mau tanya.. kmrn mlm saya lagi pk komputer tiba2 akses hardisknya jd lambat. trus saya coba restart, pas masuk windows ternyata msh sama, biasa suara akses hardisknya cepet, jd lambat putus2.. jd masuk windowsnya lambat sekali. begitu terus sampai sudah di windows, shut down jg msh lambat sekali.
    saya coba akses salah satu drive-nya, file2 nya tidak terlihat (mgkn krn lambatnya hardisk nge-baca). tp kapasitas drive-nya msh sama sblm hardisknya melambat ini.

    Terus saya coba hardisk ini di komputer lain sebagai slave, hasilnya sama jg, komputernya jd lambat krn hardisk saya.

    Mau tanya kira2 bisa tidak datanya diselamatkan ya?

    thx a lot..

  62. @ahmed
    Terimakasih mas, semoga bisa lebih baik lagi..

    @Michael
    Jika masih bisa diakses, seharusnya datanya bisa diselamatkan. Coba diperiksa juga apakah ada bad sector atau memang daya baca hardisk sudah mulai lambat..

  63. Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh,
    Mas,kenapa kalo saya saat mau menginstall HDDscan ada tulisan “potentially unsafe type of file..bla-bla..”
    apakah aman kalo saya menginstallnya?
    Terima kasih.

  64. @Alveen
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Jika downloadnya dari situs terpercaya misalnya softpedia, download.com maka diabaikan saja, mungkin hanya salah deteksi saja.. Saya sering menggunakannya dan tidak bermasalah

  65. halo mas, ak mo tanya. ak ada harddisk 80gb seagate ata.
    gini2, ak mo jual hd ku seagte 80gb ata ke salah 1 toko komputer terkenal di jogja. kan biasanya klo mo jual hd ditinggal dl tokonya. ok,ak tingaal. pas udah kurang lebih 1 jam ak blk lg kesana. tp, mas nya bilang hd ku cuma kedetect 32 gb. 50 gb yg laennya kepotong g tau kenapa. pas ak liat dsana, lwt bios cuma kedect 30an gb. pas ak coba di kost, emank bnr pas di liat dr bios nya cuma kedetect 33gb.

    loh2 aneh, pdhl pas mo dijual tuh hd, msh utuh 80gb. kmrn ak pake 2 hd. ni hd ak pake buat copy2 data ke hd yg baru. trus, pas data2nya udah ak copy, ak format drive d sama drive e (ak partisi jd 3 c,d,e). kan klo format biasanya g kepotong isi hd nya. anggap aja kaaya fdisk.

    maka nya bingung, “apa tuh harddisk di corrupt ama toko komptr, ato memang ada yg laen penyebabnya ”
    mo complain g ada bukti. grrrrrrr

    helppp, gmn blkin lg tuh hd ny jd 80 gb. bwt byr utang tu jual hd.

  66. @stigmata
    Mungkin ada yang rusak dengan firmwarenya..
    Jika biasa menggunakan recovery CD, coba di cek dengan program MHDD

  67. firmware paan y??
    maksudnya recovery cd apa?? program mhdd bwt apa? trs download ny dmn y??

    thans before

  68. 0k, ak coba donwload hddscannya dl. tp msh lom tau firmware nya. hehehe

  69. @stigmata
    setahu saya setiap HDD ada firmware-nya ( software internal di HDD ) dan kita tidak bisa melihatnya. Jika itu rusak/error, bisa berakibat seperti diatas..

  70. gini2, ni hd nya dah kedetect 80gb. pas ak scan ada gambar kuning trs tulisannya “UltraDMA CRC Error Count”

    itu knp y?

    ngecek nya pake command yg mn y? msh lom ngerti pake hdd.

  71. mas kl hardisk bisa konslet ga, sy punya pengalaman motherboard dan power suply ga mau nyala kl hardisk sy pasang dan sy coba gandeng dengan komp lain eh komp nya juga ga mau nyala
    trus bisa pengaruh ke hardware lainnya juga ga

  72. bang bagus bgt artikelnya.

    bang saya mau tanya gi mana klo komputer kita tiba -tiba macet tapi tempilannya masih tetap ada ?

  73. @satab
    Hal itu bisa disebabkan oleh banyak hal, misal masalah hardware, software/aplikasi, penggunaan CPU/memory dsb.. jadi memang harus ditelusuri terlebih dahulu sebabnya

  74. Assalamu’alaikum,
    Sy baru kali ini mau utak-atik harddisk, awalnya laptop saya beberapa kali saat boot lama dan sampai akhirnya hang. Sy gunakan CD recovery bawaan dari toko, tapi saat proses copy file selalu fail. Setelah di scan HD ternyata terdapatat bad sector pada awal2 sectornya, sedangkan saat pake CD recovery tsb write file-nya mulai awal sector. Mungkin Mas2 dapat memberi solusinya. Terimakasih.

  75. @sanusi
    wa’alaikumsalaam
    jika bisa booting melalui CD, coba gunakan UCBD (yang berbasis DOS) disana ada hardisk tool, namanya MHDD. Cuma mungkin penggunaannya harus membaca instruksinya lebih detail.. bisa dicari di hddguru.com sepertinya

  76. Bukan free tapi sangat bermanfaat, saya gunakan HDSentinel. Real-Time dalam memantau kondisi hard disk, jadi bisa diprediksi kondisinya.

    Salam.

  77. hardisk saya kok jadi lambat ya? apa karna bat sector ya

  78. Assalamu’alaikum,
    CPU saya DualCore Pentium D 2,6 Ghz Memori 1 GB, Motherboard PCChips tanpa UPS
    hardisk saya SATA 250 G Maxtor baru beli 3 bulan lalu di toko komputer di kota saya.
    Partisi NTFS masing kapasitas 30, 50, 50, 50 GB.
    saya juga masih gunakan hardisk lama ATA seagate 40 GB untuk data aja.
    setelah saya scan dengan Hddscan ternyata hardisk baru saya menunjukkan angka2 spt gambar ini :
    http://i136.photobucket.com/albums/q171/annakha/th_scan.jpg
    saya liat ada badsector 18 point, angka hijau 237 & orange 179 point.
    2 hari ini lambat ketika booting, putar mp3 dengan menjalankan aplikasi lain spt internet browser. saya juga coba burning dvd biasanya 8 menit selesai sekarang hingga 50 menit, saya coba cabut hardisk lama seagate tetap lambat.
    kalo dari riwayat pemakaian 3 bulan di rumah :
    komputer aktif 12 jam sehari atau lebih.
    beberapa kali mati lampu mungkin tidak sampe 5 kali ketika komputer masih berjalan dan yang terakhir ketika menjalankan banyak aplikasi khususnya internet.

    saya baca untuk memperbaiki adalah format dari windows explorer artinya bisa gantian dari Drive G, lalu F dan hingga C. apakah demikian ? karena banyak sekali data2 & mungkin butuh waktu lama utk copy data akibat melambatnya komputer. jadi saya rencana data drive G dipindah di F lalu G di format setelah selesai data di F pindah di G lalu F di format begitu seterusnya. atau sebaiknya saya serahkan ke toko komputer yang sekaligus tempat servis aja ?. terima kasih

  79. Assalamualaikum Wr.Wb

    Kakak2q yg baik, saya mau tanya bagaimanakah cara memperbaiki external hardisk yg salah satu partisinya tidak terbaca? kejadiannya dikarenakan listrik wktu itu padam sewaktu mengakses data HD tersebut.setelah dinyalakan kembali, ternyata isi hardisk ga terbaca dan klo di akses bikin kompi hang…Jadinya 1 partisi penting error, tetapi 2 partisi yg lain oke.
    Apakah partisi yg error jika diformat kisaran 20GB file2nya bisa direcovery?
    Sewaktu dicek di disk management, kapasitasnya jadi penuh 100%. Padahal aslinya tidak penuh msh ada 5% free space.

    HD merek Hitachi HTS541280H9A USB Device 80GB dgn 3 partisi.

    mohon bantuannya di yordagrafica11@yahoo.com
    Jazzakumullahu Khairan Katsira..

    Wassalamualaikum Wr.Wb.
    Aziz

  80. kang ebta, kata dosen hardware di kampusku, klo kita sering ng-format harddisk, maka lama2 size yg ada di harddisk semakin mengecil, dikarenakan jika memformat harddisk kita sebenarnya cuma menyngkirkan/memampatkan tidak menghilangkan file yg terdahulu, bener gak sih??
    solusinya kita harus deepformat pake driver bawaan harddisk yg kita punya, tapi sepertinya waktu saya beli emang gak di kasih tu CD, setelah sata tanyakan ternyata emang harus browsing internet, bisa kasih tau linknya gak?? terimakasih sebelumnya ya.

  81. assalamu’alaikum…
    Pasien no 92 nih. Laptop ana dah 2 hari ini mengalami gangguan blue screen (BS). Baru +- 5 menit dinyalakan, laptop akan hang atau diantar ke layar biru tsb. Selanjutnya laptop LG tsb gak mampu lagi mencapai windows area. Dalam BS ada “pesan moral” yg berbunyi: “A problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer.
    BAD_POOL_CALLER
    … bla..bla..bla.. dst”.

    Di laptop yg blm genap berusia 1 th tsb ana tanamkan 2 OS (Xp english dan Arabic). Ana coba boot ke OS lainnya. Bisa nyala lebih lama, tapi pada akhirnya sama juga, bluescreen. LiveCD (UBCD4Win, Russix & Backtrack) berjalan dg baik. Coba diformat C (ana pake 2 partisi) lalu install ulang. Tapi proses install juga terputus oleh bluescreen. Mungkinkah hardisknya rusak? Ana berpikir utk ganti hardisk (tapi blm tau cara bongkarnya). Tmn ana cerita, kompinya (desktop) pernah gitu, ternyata kipasnya).

    Kira2 apa sebabnya dan bagaimana ya solusinya. Maaf merepotkan.
    Jazakallahu khoiron.

  82. @rhico
    coba di defragment..

    @hanafi2020
    wa’alaikumsalaam
    Jika ada 18 titik yang bad sector sebaiknya di format full, tetapi datanya diamankan di HDD lain atau DVD dulu..

    @aziz
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    ada software yang namanya Partition Find and Mount di hddguru.com. Silahkan dicoba, jika gagal mungkin datanya memang harus di recovery, dan harusnya masih bisa

    @Paijo
    Jika pernyataannya benar seperti itu, tidak tepat. Di format tidak akan mengurangi size hardisk, kecuali jika allocation unitnya berbeda. Ini pun hanya berbeda sedikit sekali.

    Kalau tidak menghilangkan data yang lama, memang benar, kecual dengan low level format, maka data sebelumnya ada hilang.

    @A_Zawawi
    wa’alaikumsalaam
    Setelah sedikit googling, BAD_POOL_CALLER belum banyak menemukan informasi yang pas. Coba booting ke safe mode, apa juga bermasalah
    Informasi
    http://www.techimo.com/forum/technical-support/83339-bad_pool_caller.html
    http://forums.techarena.in/windows-xp-support/891088.htm

  83. Assalamu’alaika, saya mau nanya…
    laptop saya akhir-akhir ini sulit buat di-Turn-Off,kadang2 trpaksa lepas kabel buat matiinnya…
    biasanya sampai tulisan “windows is shooting down” aja…
    kira2 kenapa ya?
    apa ada hubungannya dgn harddisknya yg udh sgt mau penuh,ato gara2 badsector tadi?
    ato gara2 sebab lain ya..?
    bingung saya….
    syukron…

  84. Makasih mas tas infonya
    namun kami juga pengen ngerti lg
    klo kita sudah tahu penyakitnya,misalnya sudah ada yg bad sektor
    trus kita menbersihkanya/memperbaikinya gmn
    trimaksih

  85. mas ebta..tlg bantu saya..
    semenjak saya sering colok cabut hdd,n sering “nomaden” saat di bios hdd saya,maxtor 80 sata jadi sulit kebaca.kalo misal kebaca muncul tulisan “SMART Capable and Status BAD” press F1 to continue..emang sudah sering saya continue, tapi hd sering hang dan “blue screen” saat di os.
    please help me..data2 super penting saya belum sempat kebackUp..

  86. Saya coba dulu ya mas..Soalnya laptopku sering hang nich..terpaksa dech berkali kali teken power sampe mati..hikz…hikzz

  87. Mas ebta, tlg bantu saya.. saya punya laptop axioo MNC baru saya beli 3 bulan yg lalu, suatu waktu saya nyalakan laptop tiba-tiba ada tulisan hard drive not detect..(permasalahan yang sama dgn iqbal) kemudian saya install ulang atau saya repair malah kluar tulisan :
    “Windows XP profesional setup
    Setup did not find any hard disk drives installed in your computer.
    Make sure any hard disk drive are powered on and properly connected to your computer,and that any disk-releted hard were configuration is correc this way involve running a manufacturer-supplied diagnotic or setup program.

    Setup cannot continue.To quit press F3”
    tLg dibantu mas, cz saya tidak bs periksa hard drive’nya karena masih disegel…

  88. Mas tolong dijawab dong permasalan q sama dg mas monkey D di atas.

  89. Assalamu’alaikum….
    Boss… Minta petunjuknya….
    “Sejak dua hari yang lalu, komputer saya sering restart sendiri… tapi sebelum masuk windows hang dulu… kira2 kenapa yach???… Sebelum kejadian ini biasanya mouse suka hange, kemudian saya restart manual… hal ini sering terjadi… bahklan udah bisa dipastikan kalo pertama dinyalain pasti hange dulu setelah restart normal lagi… tolong petunjuknya ya… trims sebelum dan sesudahnya….

  90. boss, tolong jelasin cara menggunakan software HDD regenerator dan software ontrack recovery. trims sebelumnya

  91. komputer tidak bisa menampilkan setelah mati lampu, cuma terpampang… safe mode…..help. dong kang ebta

  92. Mas..Saya ada masalaah ni.
    Cerita awalnya adalah ketika hardisk fujitsu 500 gb eksternal saya suka mati sendiri ketika saya colok di PC rumah. Yang pada akhirnya saya mengetahui bahwa komputer saya kekurangan power (hanya 350). Karena banyak data penting saya ingin mengecek apakah hardisk tersebut kena bad sector. Setelah membrowse saya membaca tulisan anda dan saya coba cek dengan HDD scan di PC adik saya yg lbh baik powernya. Saya belum selesai baru 95% dan saya tidak menemukan blok yg berwarna oranye/merah/ biru. Lalu tiba2 kompnya merestart sendiri. Data2 masih ada dan masih bisa di akses tp belum saya scan lg dgn HDD.
    Hari ini karena di ktr saya pake mac saya coba menggunakan disk utilty. Tapi tiba2 dia bilang 1 partisi rusak dan tidak bisa di mount. saya coba cek pake pc HD saya itu sama sekali tidak terbaca (tetapi pakai mac bisa terbaca hanya 3 partisi, 1 partisi tidak bisa). Sekarang saya scan lg pk HDD dan terdapat banyak sekali blok oranye dan merah. Saya jd binggung sendii nih. Takut data2nya hilang. Bagaimana solusinya ya. Terima kasih banyak mas atas bantuannya.

Comments are closed.