35

Platform blogging terbesar, WordPress 3.0 telah dirilis

Software blogging terbesar saat ini, wordpress, baru saja meluncurkan versi terbarunya, WordPress 3.0. Seperti di beritakan di wordpress blog, versi baru ini diberi kode nama Thelonious. Versi 3.0 merupakan rilis yang ke-13 untuk versi perubahan besar (major release). WordPress 3.0 merupakan kerja dari 218 kontributor, dengan berbagai fitur baru dibanding versi sebelumnya.

WordPress 2.9 sendiri sudah di download lebih dari 10.3 juta pengguna. Lalu apa saja fitur worpress 3.0 ?

Tidak seperti sebelumnya, versi 3.0 ini menggunakan themes (template) bawaan yang dinamakan Twenty ten, tampilan yang lebih segar dari sebelumnya. Pengubahan tampilan/themes di versi 3.0 ini juga dipermudah, termasuk penambahan menu kustom, post types, headings, backgrounds dan lainnya. Terdapat sekitar 1,217 perbaikan di wordpress 3.0 ini.

Perubahan besar lainnya adalah penggabungan antara WordPress Multi User (MU) dan wordpress single pada saat installasi. WordPress MU merupakan cabang wordpress yang memungkinkan satu installasi wordpress digunakan untuk banyak blog bahkan jutaan blog ( sering disebut Multiple sites atau Multisite), seperti ketika kita membuat blog di wordpress.com.

WordPress Versi berikutnya ?

Hal lain yang menarik adalah pernyataan dari tim wordpress, bahwa kedepannya setelah versi 3.0 ini, tim wordpress tidak akan banyak berfokus untuk mengembangkan versi berikutnya, tetapi akan lebih berfokus melengkapi berbagai aspek lain yang mendukung wordpress dulu, seperti showcase, codex, forum, profil, update dan kompatibilitas API (Application Programming Interface), directory themes, directory plugins, mailing list, core plugins, dan lainnya.

Berikut video tentang beberapa fitur baru wordpress 3.0.

Ingin tahu lebih detail tentang Fitur-fitur baru wordpress 3.0 ? Selengkapnya bisa melihat WordPress 3.0 Codex

Jika kita menggunakan wordpress (installasi sendiri), maka ketika kita masuk halaman admin, akan muncul informasi bahwa wordpress 3.0 sudah tersedia dan kita langsung bisa meng-upgrade hanya dengan beberapa klik saja ( jangan lupa untuk membackup database lama sebelum upgrade untuk berjaga-jaga). (ebsoft)

35 Comments

  1. Pingback: Platform blogging terbesar, Wordpress 3.0 telah dirilis | Software
  2. Pingback: Platform blogging terbesar, Wordpress 3.0 telah dirilis
  3. wah ini saat nya untuk belajar framework nya wordpress 😀

  4. informasi yg menarik, terimakasih atas bocorannya dan langsung ke TKP untuk mencoba..

  5. wah keren mas ebta nih yg ditunggu2 oleh para pecinta wordpress seperti saya walaupun masih newbie^^

  6. Kapan yah Blogspot bisa seperti ini???

  7. wah, terima kasih banyak kawan, meskipun saya memakai generator blogger tpi gak pp…oke!

  8. wah blog ini juga dari wordpress ya…
    oke juga.. hehe…

  9. Gimana sih cara install wordpress?? (orang awam) tolong bantu

  10. kak mau nanya setelah melakukan instalasi wordpress di komputer lokal. bagaimana cara agar artikel yang diriku buat bisa tampil di website yang sebelumnya telah di buat di komputer lokal. nama domain telah diaktifkan di register.net.id sudah, server 000webhost.com sudah, dan juga database mysql di server, mengubah folder ht_doc menjadi type 777, menginstall xmpp. semua itu sudah di lakukan.

  11. Pingback: Platform blogging terbesar, WordPress 3.0 telah dirilis « Ngopi yuk. . . .
  12. Assasalamu’alaikum
    mas ebta, theme wordpressnya ebsoft.web.id bikin sendiri atau ada yang udah jadi?

  13. ini blognya mas ebta masih di shared bluehost kan

    share dong mas optimasi lengkapnya,, penting nih – stelan blog saya smua masih empot2an dihajar 3-4k visitor .

    hehe,, tulis ya maas 😛

  14. Assalamu’alaykum…
    Salam kenal mas Ebta. Mau tanya bagaimana update wordpress 3.0nya ya? Searching2 and blog walking belum ketemu2 juga? Ndak tahu sekarang ini pake versi yang berapa? Payah bener. Murid baru ini mas. Sepertinya di bawah yang 2.9. Ditunggu jawabannya. Jazakallahukhoiron mas.

  15. wah,,,mantabhss nih,,,makin bertambah gairah untuk blogging….salam bloggeer…

Comments are closed.