41

Rutinitas penting bagi pemilik PC/Komputer/Windows

Banyak pengguna komputer atau PC (Personal Computer) yang tidak memikirkan untuk melakukan perawatan rutin baik terhadap software maupun hardware yang digunakan di komputer tersebut. Mungkin karena sebagian pengguna belum tahu dan tidak familiar dengan masalah “maintenance” ini padahal ini sangat penting.

Berikut beberapa kegiatan yang sebaiknya dilakukan secara rutin bagi pemilik PC/Komputer.

Membersihkan Hardware

Bagi pemilik komputer desktop, Casing CPU yang tempat berbagai perangkat keras terpasang harus senantiasa dirawat. Tergantung dari penempatan Casing tersebut, setelah agak lama, biasanya didalamnya akan penuh dengan debu, karena kipas yang berjalan juga akan membawa debu kedalam.

Setiap beberapa bulan atau setahun sekali sebaiknya kondisi dalam Casing senantiasa di cek, jika sudah penuh dengan debu sebaiknya segera dibersihkan. Jika mampu melepas semua komponen dan mengembalikannya satu persatu, akan lebih baik. Jika tidak, cukup dibawa ke tempat terbuka dan dibersihkan dengan kuas.

Jika tersedia kompressor, maka akan lebih mudah membersihkan komponen didalamnya. Pembersihan ini sangat penting terutama jika kipas processor atau kipas lainnya sudah penuh dengan debu, sehingga aliran udara sudah tidak bagus lagi.

Software untuk memeriksa suhu komponen komputer juga perlu menjadi koleksi sehingga setiap saat kita bisa memantau suhu berbagai komponen yang ada. Bisa menggunakan software bawaan motherbard atau software gratis lain semisal Speedfan, Hardware Monitor dan lainnya.

Perawatan Sistem (Software)

Untuk perawatan sistem komputer (software), ada berbagai rutinitas yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga komputer tetap bekerja dengan performa yang baik. diantaranya sebagai berikut :

  • Update Antivirus, jika komputer menggunakan antivirus, rutinkan untuk melakukan update. Karena antivirus tanpa update tidak akan bekerja efektif
  • Update Windows, bagi pengguna windows Original sebaiknya senantiasa rutin melakukan update baik manual maupun otomatis.
  • Scan Komputer dengan Antivirus, meskipun sudah terpasang antivirus, sebaiknya scan secara penuh dilakukan dengan rutin, untuk memastikan komputer bebas dari malware/virus.
  • Bersihkan file-file tidak terpakai, semakin lama, biasanya jumlah file di komputer semakin banyak dan sebagian mungkin tidak terpakai lagi. Rutinkan untuk memeriksa dan menghapus file yang tidak terpakai. Bisa juga menggunakan software semisal CCleaner, Glary Utilities, Advanced System Care dan lainnya (pastikan terlebih dahulu untuk untuk memeriksa pengaturan apa saja yang akan dihapus sebelum menggunakan software seperti itu)
  • Backup Rutin data penting, ketika komputer penuh dengan data-data penting seperti tugas, laporan, skripsi atau data lainnya, jangan lupa untuk melakukan backup. Paling mudah dengan melakukan kompresi semua data penting dengan program atau software kompresi semisal 7Zip, WInzip, Winrar dan sejenisnya.
    Selanjutnya data backup bisa kita simpan di media terpisan baik HDD eksternal, CD ROM, DVD ROM atau disimpan online di “Cloud Service” semisal DropBox, Box.net dan lainnya asalkan dipastikan aman terlebih dahulu (bisa di enkripsi, memberi password zip)
  • Periksa program yang berjalan dengan Sistem/Windows, untuk melakukan hal ini bisa menggunakan software semisal Autoruns atau System Explorer. Jika melihat ada aplikasi yang tidak penting berjalan dengan windows sebaiknya di non aktifkan saja agar performa komputer lebih baik.
  • Defragment Hardisk, ketika sudah terlalu lama, hardisk perlu rutin di defragment (tetapi jangan terlalu sering). Cek terlebih dahulu apakah hardisk perlu di defragment. Bisa menggunakan program bawaan windows ( dari menu Accessories > System Tools > Disk Defragmenter) atau menggunaka software pihak ketiga semisal Defraggler atau MyDefrag

Berbagai hal-hal diatas mungkin merupakan kegiatan rutin yang bisa dilakukan setiap pengguna PC/Komputer. Dan masing-masing pengguna mungkin juga bisa melakukan rutinitas lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika ada masukan, tambahan atau saran, silahkan menambahkan melalui komentar, semoga bermanfaat.

41 Comments

  1. tips perawatan yang lengkap
    dan ketika sedang melakukan perawatan hardware usahakan menggunakan PPE (personal protection equipment) contohnya masker
    betulkan mas ebta..
    jazaakallahu khairan

  2. Na’am, sangat bermanfaat. Izin share mas ebta.

  3. Terima Kasih, Ahli Komputer banget nih. he he.. “-“

  4. Informasi yang cukup bagus mas,,
    software-software yang diposting dan dibuat langsung oleh mas ebta juga salut deh..
    terus berkarya bang..

  5. mas Ebta Setiawan,
    mengapa harddisk –eh, yg benar hardisk apa harddisk ya?…– perlu rutin didefragment (tetapi jangan terlalu sering)?
    berpengaruhkah kalau terlalu sering didefragment?

  6. sya biasax jg check error hardisk.. bs pake tools bawaan winds ato disk doctornya tune up..
    gmn mnurut akh ebta?

  7. #1 svsbim
    Iya benar, terutama jika debunya sangat banyak
    waiyyakum

    #12 Budi
    karena defragment akan mengakses hardisk dengan proses baca tulis yang tidak ringan (bisa dikatakan hampir semua data di hardisk di akses). Jika datanya puluhan atau ratusan ribu dan hal ini sering dilakukan, setahu saya cepat mengurangi umur hardisk itu sendiri

    #13 layla
    iya, yang pertama banyak yg menyarankan pakai bawaan windows semisal CHKDSK, setelah itu dengan software pihak ketiga jika ingin informasi lebih user friendly

  8. terimakasih mas … aku sedikit agak jorok, yah … karena aku takut buka-buka .. jadi dalamnya …reget

  9. jika cukup punya nyali, boleh juga update driver yg lbh baru (yg sesuai). Utk urusan ini bs pakai Driver Pack Solution 12.0. Tentu sj resiko dtanggung sndiri.. wk..wk..wk..

  10. Utk pemakai laptop, jgn operasikan laptop diatas kasur. Krn kasur itu empuk shg kontur prmukaannya bs menutup lubang2 dibagian bawah laptop shg penghawaan didalamnya bs terganggu dan bs over-heating. Ini bs merusak komponen2nya. OK.

  11. Hal yang jarang saya lakukan.
    Terimakasih Mas Ebta tips bagusnya, saya akan coba lakukan pemeliharaan seperti yang disarankan…………

  12. Makasih mas..
    Klo untuk update windows manual gimana caranya mas..

  13. Info yang bagus untuk perawatan rutin PC, trimakasih sudah berbagi. Mo nanya nih gimana cara bikin tampilan komentar diatas tuk keperluan situs saya PensBRI, moga ngga keberatan tuk berbagi.

  14. Terima kasih Mas Ebta atas tulisan dan produk2nya yg sangat bermanfaat. Terkait perawatan komputer, sewaktu2 saya memeriksa performa kommputer saya dengan memanfaatkan program2 benchmark. Oleh karena itu setiap komputer baru pasti saya benchmark dulu untuk saya bandingkan hasilnya nanti. Saya kira kalau kegiatan ini bisa dirutinkan (misalnya 6 bulan sekali) dan selalu kita simpan hasilnya akan bermanfaat untuk bahan evaluasi.

  15. #23 UTANG
    kalau update windows manual mengunjungi situs update windows dan download sendiri file updatenya, KB….
    tetapi mungkin cukup merepotkan karena banyaknya file update, jadi mungkin harus menggunakan bantuan software pihak ketiga seperti Secunia

  16. hardisk perlu rutin di defragment (tetapi jangan terlalu sering) kalau seminggu sekali termasuk rutin ga’ mas, masalahnya teknisku datengnya seminggu sekali, kalo keseringan efeknya apa ya mas??

Comments are closed.