51

Software gratis untuk mengunci (lock) USB storage, Kunci USB

Ada kalanya kita membutuhkan suatu cara agar port USB storage yang ada di komputer tidak bisa digunakan, atau ingin membatasi agar data di komputer tidak bisa di copy atau dipindah ke USB Storage semisal Flashdisk. Bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut? Gunakan saja software kecil dan portable Kunci USB.

Kunci USB adalah sebuah program kecil sederhana (mini software, berukuran 70 KB) yang saya sengaja saya kembangkan untuk mengunci (lock) port (colokan) USB agar perangkat USB (penyimpan data) tidak bisa digunakan. Program sederhana ini mempunyai fitur sebagai berikut:

  • Enable USB Storage, untuk mengaktifkan penggunaan USB, jika di pilih maka USB bisa digunakan dengan normal
  • Disable USB Storage, untuk mematikan(mengunci) penggunaan USB, jika dipilih maka perangkat USB semisal flashdisk, hardisk eksternal tidak akan terdeteksi windows
  • Write Protect USB Storage, untuk membuat USB Storage menjadi “write protected”, sehingga USB storage tidak bisa di tulis maupun dihapus. Pengguna hanya bisa membaca data di USB, tetapi tidak bisa mengisi/copy data ke USB dan juga menghapus datanya.
  • Password sederhana untuk mengunci (membatasi) akses penggunaan program ini

Program ini cukup sederhana, tidak perlu install untuk menggunakannya. Ketika menjalankan program pertama kali, pengguna akan diminta password. Ulangi pengisian password 2 kali, selanjutnya program bisa digunakan. Untuk membuka program ini, klik kanan icon KunciUSB yang ada di “systray” atau double klik icon Kunci USB, selanjutnya isikan password yang sebelumnya sudah diisi.

Untuk bisa memanfaatkan/mendapatkan fitur Kunci USB, maka pengguna harus mempunyai hak akses administrator. Jika dijalankan dan ada pesan error mengenai “administrator right”, coba dijalankan melalui klik kanan dan run as administrator.

Perangkat USB (Flashdisk, hardisk eksternal) yang akan terkena efek hanya yang terpasang setelah penggunaan program ini. Jika flashdisk sudah terpasang sebelumnya, dan program ini diakstifkan, maka tidak akan terkena efeknya (masih tetap bisa digunakan). Ketika “write protect USB Storage” dipilih, maka data di flashdisk tidak akan bisa di hapus (menu Delete tidak ada). Selain itu copy data ke flashdisk juga tidak bisa, muncul pesan sebagai berikut:

Pesan diatas akan tampil jika pengguna mencoba meng-copy data ke flashdisk. Untuk mengembalikan fungsi USB ke keadaan normal, langsung pilih opsi “Enable USB Storage”. Program Kunci USB ini bisa dijalankan di Windows XP keatas. Jika ada pertanyaan, masukan, saran atau kesalahan program silahkan disampaikan.

Download Kunci USB ( 37 KB)

51 Comments

  1. Program Kunci USB ini apakah bisa dijalankan di LINUX ?
    Nuwun

  2. #4 fendi
    Kalau untuk linux tidak bisa mas, meski menggunakan emulator seperti Wine. Meskipun bisa berjalan, tetapi sepertinya tidak akan ada efeknya..

  3. gan…ada kata yg gak sesuai di software nya, “you don’nt have any permisson to bla bla bla”……donn’t harusnya ditulis don’t.

  4. gan…ada kata yg gak sesuai di software nya, “you don’nt have any permisson to bla bla bla”……donn’t harusnya ditulis don’t.

  5. Wooouuuwww…cool THANKS bro… good luck always 4 u…

  6. thank mas, sangat super sekali….untuk mengamankan lapie dari jari2 jahil….sukses buat ebsoft

  7. yg cukup mengganggu sih cuma slalu muncul pesan :”Failed to access Windows Registry. Make sure that you have Administrator right.(Right click and Run as Administrator)” meski sudah klik kanan dan Run as Administrator.
    Di laptop sy koq fitur Write Protect USB Storage g fungsi ya? (sdh sy coba msh tetap bisa copy & delete). Sy mnggunakan Win 7 ultimatr sp1.
    btw, trims. aplikasi yg sangat brguna.

  8. wah bisa dicoba nih, biar org yg pinjem lepi g sembarangan copas. Makasih tools nya ijin dunlud 🙂

  9. Matur nuwun, Bung. Dengan ini, jadi gak sembarang orang bisa ngobok-obok, nih. Sekali lagi, thanks.

  10. Klo yg pinjam kompi tw ttg registry, ngefek gak jika dia ubah lwt registri mskipun programnya dilindungi password?

  11. Klo yg pinjam kompi tw ttg registry, ngefek gak jika dia ubah lwt registri mskipun programnya dilindungi password?

  12. Nice info sob 😀
    Lumayan.. buat pengaman hal-hal yg tidak diinginkan
    xixixixix

  13. Izin Sedot Mas Ebta…
    Gimana kabare Mas Ebta, Semoga sehat selalu dan Murah rezeki..
    Amin…
    salam buat keluarga….
    oh ya mas, izin request, Private Folder untuk windows 7 apa ya mas yang bisa di recommended, apalagi free..
    hehe… thanks..
    wassalamualaikum..

  14. Izin Sedot Mas Ebta…
    Gimana kabare Mas Ebta, Semoga sehat selalu dan Murah rezeki..
    Amin…
    salam buat keluarga….
    oh ya mas, izin request, Private Folder untuk windows 7 apa ya mas yang bisa di recommended, apalagi free..
    hehe… thanks..
    wassalamualaikum..

  15. insyaallah kebaikan anda akan dapat balasan yang setimpal!
    terima kasih aplikasinya!

  16. ini bagus banget diinstal ke komputer temen2 yg banyak virusnya jadi ga nyebar tuh virus ke flashdisk ku.. haha..

    Mas Ebta masukan dari aku coba dimodif fungsinya untuk “write protect” supaya kita bisa pilih file mana yg bisa dikopi jadi begitu kita mau ambil data office spesifik dari flashdisk punya temen (yg ada isi virusnya) komputer kita ga ikut terinfeksi (virus ga ikut2an kekopi) jadi kerjaan lancar. Terima kasih

  17. maaf kang, di komp saya gak jalan,
    udah run as admin tp tetep ga jalan mohon petunjuk,

  18. kalo avast 8, nyangka program ini sbg virus, gmn mas??

Comments are closed.