56

Stop Penyebaran Autorun Virus dengan USB Defender

Meskipun penyebaran virus melalui teknik Autorun Windows sudah mulai menurun, tetapi celah keamanan ini tidak bisa kita abaikan begitu saja. Sebagian virus masih tetap menggunakan Autorun.inf di USB Flashdisk sebagai pemicu agar mudah tersebar di berbagai komputer. Jika sebelumnya saya pernah membahas tentang Panda USB Vaccine, kini ada alternatif lain, yaitu USB Defender.

Teknik vaksinasi USB sebenarnya sudah lebih dari satu tahun digunakan oleh berbagai software keamanan. Termasuk antivirus lokal seperti Smadav juga menggunakan teknik ini. Teknik ini dengan membuat file atau folder dengan nama Autorun.inf yang di proteksi sehingga tidak bisa di hapus, di rename atau diubah. Dengan begini, virus yang akan membuat file autorun.inf tidak akan bisa dan penyebaran ke komputer lain bisa di kurangi.

Perlu di ingat bahwa vaksinasi seperti ini hanya mencegah penyebaran melalui autorun.inf saja dan tidak akan mencegah USB Flashdisk terkena virus. Jadi Flashdisk bisa tetap terkena virus, hanya saja tidak akan menyebar ke komputer lain secara otomatis.

USB Defender

USB Defender di kembangkan dengan teknik seperti itu, yaitu akan membuat Folder Autorun.inf yang di proteksi dengan 5 tingkatan. Penggunaannya sangat mudah, kita tinggal memilih drive USB Flash drive yang akan di proteksi, kemudian klik tombol Protect.

Agar proteksi menggunakan 5 tingkatan, menu Pro method harus diaktifkan ( di cek). Dan untuk melakukan hal ini, pengguna komputer harus mempunyai hak akses administrator.

Teknik proteksi menggunakan USB defender ini memang cukup ampuh. Seperti halnya Panda USB Vaccine, teknik proteksi ini tidak bisa di hapus dengan software Unlocker ( proteksi SmadAv masih bisa dihapus dengan Unlocker). Tetapi jika “Pro Method” tidak dipilih, proteksinya hanya 4 tingkatan (4/5) dan autorun.inf masih bisa dihapus dengan Unlocker. Oleh karena itu pastikan pro method dipilih ketika proteksi USB Flashdisk.

Jika Flashdisk kita sebelumnya sudah di proteksi dengan Panda USB Vaccine, proteksi tersebut tetap bisa kita ganti dengan proteksi dari USB Defender.

Selain bersifat portable ( tidak perlu install), USB Defender juga mendukung semua file sistem windows ( FAT atau NTFS ). Menurut pembuatnya, USB Defender juga lebih powerfull dibanding Panda USB Security dan USB Threat Defender.

Download USB Defender (~350 KB)

56 Comments

  1. Mantap boss infonya, saya juga biasa memakai software tersebut..thanks ya kawan..

  2. Wah satu lagi software handal neeh!! ijin download mas…. salam 🙂 dari Cilacap

  3. Kalau pakai Ubuntu tidak perlu software seperti itu kan.. 😀

  4. Sedia payung sebelum hujan! Terima kasih infonya…

  5. Makasih atas infonya. Saya langsung ke sitenya untuk download, tapi McAfee security site advisor menandainya dengan tanda tanya yang menandakan belum dites keamanannya oleh MSA, jadi terpaksa saya tunda dulu downloadnya. dan langsung saya tulis komentar ini.

  6. wah…nice inpo nih mas ebta..karena flashdisk merupakan sarana yang paling sering menyebarkan virus…ijin download dulu ah…

  7. KLO SUDAH PAKAI SMADAV, GAK PERLU LAGI KAN PAKAI USB DEFENDER ?

  8. Pingback: BELAJAR INTERNET » Blog Archive » Stop Penyebaran Autorun Virus dengan USB Defender
  9. keren Mas Ebta…td dah nyoba..,.mau nanya nih Mas,..kan Mas Ebta punya kamus 2.04..ad gak rencananya kamus ini dikembangkan lagi dengan penambahan koleksi idiom atau sinonim dan antonim ? atau Mas Ebta punya link kamus tersebut? kalau ad sih yang freeware, he.. Thanks.
    semoga ebsoft tambah sukses..

  10. wah keren bgt ini mas, lansung k tkp

  11. akan say coba semoga bermanfaat untuk computer saya

  12. Sebenarnya pakai smadav juga sudah tersedia fitur buat mengunci file autorun.inf, tetapi tidak ada salahnya software ini saya coba :), thanks atas infonya….

  13. terima kasih banyak kpd Mas Ebta yg tlah banyak memberikan manfaat, izin saya untuk sheare ketman2 kealamat Website ini, karena keterbasan saya mhn maaf. Semoga Allah slalu diberikan keberkahan bt mas dan rekan2
    jajakallah khair…

  14. Ass.Wr.Wb. Maz Ebta, tolong dong posting review-nya utk UBCD4WIN 3.60. Sy pingin tahu release terbaru utk utilities itu. Trims. Wass.Wr.Wb.

  15. @Agus (16)
    terimakasih mas..
    sudah saya cek di virustotal, dan hasilnya file ini bersih (hanya 1 yg salah mendeteksi)

    @nandy
    saya sarankan ganti dengan ini atau panda, karena saya lihta masih hebat ini..

    @Ezha Vone (32)
    Jika memang ada tambahan kata yang signifikan, rencananya di update..
    Link ada di halaman download

    @Joel
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Iya mas, belum lama ini baru selesai download. Semoga bisa segera saya review

  16. ijin share di blog saya :rumah-muslim2010.blogspot.com
    jazakumulloh khoir

  17. Pingback: BELAJAR INTERNET » Blog Archive » Stop Penyebaran Autorun Virus dengan USB Defender
  18. Sebagai uji coba dan perbandingan aja. Coba hapus autorun.inf buatan Smadav, USB Defender, dan buatan Panda…
    Coba hapus melalui CMD, misal FD kita ada di drive G:
    Maka melalui Command Prompt, masukkin instruksi ini:

    rd.G:autorun.inf /s /q

    Ini berlaku untuk menghapus file/folder beserta isinya….
    Hasil yang saya coba, autorun.inf nya smadav dengan mudah bisa terhapus, sedangkan punya USB Defender masih bertahan, adapun Panda belum saya coba…

  19. Coba test ketangguhan autorun.inf buatan Smadav, USB Defender dan Panda..

    Masuk ke command promp, asumsikan Flashdisk ada di drive G: dan berisi folder autorun.inf di dalamnya, maka masukkan perintah berikut:

    rd.G:autorun.inf /s /q

    Alhasil, autorun.inf smadav habis terhapus, tapi USB Defender ttp bertahan. Adapun panda, belum saya coba……..

  20. tanks aku udah ngdownload usb defender moga amalbaiknya dapat imbalan sepantasnya dari yang kuasa

  21. Assalamualaikum MZ Ebta
    Met mnjalankan ibadah buat mz Ebta dan semua pengunjung Blog ne.
    Maturnuwun mz atas ilmu yang di postingkan dan software yang di review, banyak ilmu IT yg saya peroleh dr blog e MZ. udah 2 tahun saya belajar ilmu IT dari Blog ne dan manfaatnya udah saya rasakan. Sering2 ngulas perkembangan IT and software Mz biar semua pengunkung mendapat ilmu dari mas.
    Wassalam

  22. mo nanya mas, gimana ya caranya punya hak akses administrator? saya pake laptop milik sendiri. makasih atas bantuannya…

Comments are closed.