87

Support untuk Windows XP SP2 segera berakhir

Bagi anda yang menggunakan Windows XP Home/Professional Service Pack 2 (SP2) mungkin harus segera menyiapkan diri untuk menginstall SP3. Mungkin sebagian sudah tahu, bahwa tidak lama lagi, Microsoft akan mengakhiri dukungan (support) untuk Windows XP SP2. Tepatnya, support ini akan berakhir tanggal 13 Juli 2010.

Sebelumnya, Service Pack 1 dan 1a sudah berakhir 10 Oktober 2006 lalu. Apa sebenarnya Service Pack dan apa efeknya jika dukungan atau support untuk windows ini sudah berakhir ?

Apa Itu Service Pack ?

Service Pack merupakan kumpulan atau koleksi update, perbaikan atau tambahan fitur untuk sebuah software/program yang di distribusikan dalam bentuk sebuah paket installasi. Karena merupakan kumpulan berbagai perbaikan, biasanya ukurannya cukup besar.

Windows XP ( 32 bit ), sampai saat ini sudah sampai tahap Service Pack 3 (SP3), yang sebelumnya sudah ada SP1 dan SP2. Kebanyakan berisi perbaikan celah keamanan yang muncul atau kesalahan program, meskipun untuk SP2 disertakan juga berbagai tambahan fitur untuk Windows XP.

Untuk Windows XP SP1, microsoft sudah mengakhiri dukungannya sejak 10 Oktober 2006, dan sebentar lagi Windows XP SP2 juga akan berakhir. Menurut Microsoft, Windows XP SP2 akan berakhir tanggal 13 Juli 2010. Sedangkan untuk SP3 masih di support sampai 8 April 2014.

Apa Dampak jika Service Pack Berakhir ?

Jika kita menggunakan Windows XP SP2 dan dukungan (support) sudah berakhir, maka kita tidak akan menerima update atau perbaikan lagi dari Microsoft. Atau dengan kata lain, Microsoft tidak menyediakan update dan perbaikan lagi, setelah tanggal itu, meskipun Windows tetap akan bisa digunakan seperti biasa.

Tetapi dengan tidak adanya support (dukungan), bisa berakibat cukup fatal bagi keamanan komputer kita, terutama ketika komputer terkoneksi ke Internet. Sebagai Sistem operasi yang paling banyak digunakan, windows XP banyak menjadi sasaran (serangan). Semakin lama, semakin banyak ditemukan celah keamanan yang berbahaya, sehingga bisa berakibat fatal semisal komputer dikendalikan dari tempat lain, mudah terserang virus, worm, trojan dan lainnya.

Dengan adanya Service Pack, celah keamanan tersebut biasanya segera diatasi atau minimal bahaya yang bisa ditimbulkan lebih berkurang.

Apa Solusinya ?

Jika masih menggunakan Windows XP, maka alternatifnya adalah segera menginstall Service Pack 3, karena supportnya masih berlanjut sampai tahun 2014. Jika komputer hanya digunakan di rumah dan tidak digunakan untuk online (koneksi internet), maka installasi SP3 bukan kebutuhan yang mendesak. Jika kita ingin menginstall SP3, windows minimal harus sudah di install SP1.

Download Service Pack 3 dapat langsung didapatkan dari situs Microsoft (download SP3) atau dari alamat lainnya seperti softpedia. Ukurannya memang lumayan besar, sekitar 316 MB. Sebelumnya SP3 juga disediakan beberapa majalah komputer lokal.

Sumber : Windows XP

87 Comments

  1. Thanks alot atas informasinya yg okeh

  2. (maaf) izin mengamankan KETIGA dulu. Boleh kan?!
    Kebetulan masih pakai SP2. Musti siap2 beralih ke SP3, ki…

  3. Windows SP3? wah sy pake SP2 aja ahh.. Downloadnya bos yg keteteran.. hahahha.. btw maturnuwun atas infonya..

  4. Mas,,, saya kan pake sp 2,, cara biar jd sp3 gmn,, apa file itu harus di download n di install,,,, Thanks mas Ebta buat infonya…..

  5. Windows XP SP 2 memang ada beberapa problem nya.. sebaik nya segera di upgrade ke SP 3 secepat nya πŸ™‚

  6. absen baca gan.. πŸ™‚
    sekedar info, kalau windows 7 hingga 2015 dan 2010, tergantung versinya.. πŸ™‚

  7. ralat: 2015 dan 2020, keliru ngetik, hehe..

  8. sp3 lbih berat, bnar ga?
    app bwt sp2 bs ga di instl di sp3?
    thanx 4 answer.

  9. Pingback: Support untuk Windows XP SP2 segera berakhir | Software
  10. XP SP3 memang lebih stabil.. tapi ya itu suatu saat juga akan berakhir seperti SP1 dan SP2.. akhirnya kita mau tak mau digiring untuk upgrade ke Vista/7… Ya kalo hardware masih support, kalo gak terpaksa upgrade semua sekalian PC nya.. kasian kan buat yg udah beli mahal OS Original WinXP?

  11. Aaa Microsoft kejam, game saya tidak jalan lagi donk hiks T_T

  12. Wah harus instal dulu tuh,, Mas itu yang perlu di download CD nya or updatennya ya

  13. Yah musti cepet2 ganti nih,padahal banyak data penting di bookmark nya lg.Mas eb ada ga cara backup Bookmark yg trsimpan di mozlli masalhnya saya kn skrng pake SP2 klo di ganti SP3 kan otomati Bookmark yg tersimpan di Web browser nanti pada hilang semua,mau di back satu persatu kelamaan.Di tunggu jawabannya yah Mas Eb.Terimakasih

  14. @Lowongan Pekerjaan Terbaru & All
    Kalau update Windows XP ke SP3 itu tidak menghilangkan data-data yang ada di komputer πŸ˜€ Tidak sama seperti install ulang Windows.

    Anda tinggal download file installer SP3 diatas, lalu jalankan, dan tunggu sementara installer mengupdate file-file Windows. Setelah itu restart, dan Windows akan terpasang SP3 πŸ˜€

    Jadi tidak perlu takut data-data hilang πŸ˜‰ Kecuali kalau anda menginstall ulang, tentunya…
    Mohon perbaiki kalau ada kata2 yang salah πŸ™‚

  15. syukron atas infonya akh..

    @” Lowongan Pekerjaan Baru”
    Saya juga pake mozilla firefox, untuk backup bookmar, theme, dan masih banyak lagii di firefox, cukup pake FEBE saja.
    Cari di add on nya, kemudian install. Untuk back up, tinggal tinggal milih apa-apa yang mau di back up.. Selamat mencoba, semoga membantu..

  16. Kalo pindah ke Sp3, harus instal ulang dnk… Ilang dnk datanya

  17. @firman
    sptnya udh dijawab di atas mas,update SP3 tdk menghilangkan data di kompie krn bukan install ulang. sy pakai XP SP 2 Ori n menyalakan update otomatis skrg dah jd SP3 dan tdk ada data2 yg hilang.dan biasanya klo update otomatis,file-file yg diupdate ukurannya lbh kecil drpd versi installernya.thx

  18. tangkyu untung aku punya teman seperti mas ebta nu bageur, sehingga aku tidak akan ketinggalan jaman hatur nuhun kang atas segala informasinya.

  19. XP saya semula SP2. Sekarang sudah berubah menjadi SP3 tanpa saya update manual. Saya ga tahu kapan berubahnya? Emang bisa ya begini?

  20. itu sih aku dah tau malahan
    dah baca dimicrosoft

  21. Assalamualikum.Wr.Wb

    sebelumnya , thanks bnget mas ats infonya,..
    saya pakai Win.XP SP2 mas, saya cba meng-update win. saya ke SP3 spt yg tertulis di atas melalui “automatic update” , namun ketika saya cba install update-annya tertulis ” failed install”, saya sudah mencoba beberapa kali namun sealu gagal ketika saya install,
    kenapa ya mas??? padahal Windows saya asli???
    apakah ada ksalahan???

    Sebelumnya saya mengucapakan banyak-banyak terima kasih , atas pencerahan dari masalah yang saya hadapi ini..

  22. Wahh.., lama jg ga kasih komen.., tapi masih setia baca artikelnya koQ..,
    Aduh kasian SP2.., untung udah punya Windows 7..,
    Boleh nanya knp pas mau download aplikasi Everithing..,
    Situs download yg dituju koQ ga muncul..??

  23. kenapa ya ? di sp3,game point blank soundnya ngga bunyi,sesudah di instal di sp2 soundnya baru berbunyi apa mungkin game point blank hanya support di sp2 mungkin mas ebta ada solusinya. makasih mas atas infonya

  24. W*nd*ws XP.
    Sistem Operasi yang menjadi cinta pertama saya pada Komputer.
    Xixixi…
    πŸ™‚

  25. @ tempat game

    udah stabil kok… asalkan memiliki processor min. dual core (baik amd maupun intel) dan RAM min 1GB… win7 bisa berjalan dengan lancar

    @ mas ebta
    kalau SP3 itu upgrade atau ada yang clean install?

  26. @ alfi94: kayaknya itu ada yang upgrade, ada juga clean instal.

    Bagi yg tdk punya jaringan internet alias offline, skdar info, upgrade ke sp3 juga pernah dimuat di cd majalah pcmedia (maaf sebut merk, bukan promosi lho) tp lupa edisi brapa, tp d tahun 2009

  27. syukron atas info nya.
    kalo sy pake xp sp2 yg original, boleh diupgrade ke xp sp3?
    apakah no OEM nya akan berubah setelah install xp sp3?
    syukron..

  28. Kalo boleh tahu, spesifikasi minimal yang dibutuhkan berapa ya mas, untuk SP3 ini? terima kasih

  29. wah cd windows sp2 punyaku dah rusak, secara dah ganti dg windos7 ultimate… nunggu windos8 keluar

  30. Om Ebta, mau tanya gimana caranya membuat suatu file tidak bisa dicopy??

  31. hidup windows 8..
    tampilan lebih bagus dari windows 7..

  32. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

    Mas Ebsoft numpang pamer πŸ˜€

    Visit My web Blogs : http://www.shopyan-blogs.co.tv/
    Description blogs : Free Download Software, AntiVirus, Tips & Trick & Download Software For MAC OSX (Apple)

  33. mas, numpang iklan lah…^_^

    teman-teman, terutama yg di Jogja, ada yg punya info atau menjual printer EPSON CX1100 atau printer lain yg support utk kertas A3? Kalau ada, baru atau masih sangat2 bagus, hubungi kami ya…BUTUH SEGERA!!!

  34. waduhhhhh saya masih pakai sp2 nich,,,brt hrus cpat2 ganti dengan sp3 donk….!!!

  35. salam….
    gimana sih caranya mengetahui windows ori apa ga,….??? mohon penjelasannya.
    syukron

  36. tapi kan g semua org pk XP asli, trs gmn klo XP yg dipake bajakan? apa upgradenya bs atau hrs install ulang.makasi infonya ka.

  37. Untungnya Ana Sudah Tidak Pakai XP & Windows, sekarang ana paling aman Pakai Linux, Hore selamat tinggal XP & Windows ………………………………………….

  38. mas ebta mau tanya ni.. tadi saya dah sukses upgrade sp2 jadi sp3, tapi masalahnya komputer membuat file back up di “C:/ pagefile” yang mau saya tanyain klu seandainya file ini dihapus ada pengaruhnya ngga n gimana cara hapusnya karena file ini lumayan gede sekitar 1.7gb jadi space HDD di C hampir penuh. thanks..

  39. @erwan
    agar menjadi SP3 bisa di install service pack 3, tidak perlu install ulang windows..

    @jokondo
    saya belum bisa memastikan lebih berat mana SP2 dan SP3
    aplikasi untuk SP2 seharusnya juga berjalan di SP3..

    @Poosoft
    Update-nya saja..

    @Yudie (22)
    Seperti Install software biasa..
    Jika sudah download atau mendapatkan file installasi SP3, jalankan saja, tunggu beberapa saat dan setelah selesai perlu restart

    @Ran_TH @abu abdillah hasyim @valen
    Terimakasih atas bantuan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan sebelumnya

    @fatkoer (29)
    Iya, jika automatic update di aktifkan, maka windows XP akan otomatis update, termasuk SP2 ke SP3

    @dzaky (31)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Terkadang file update ukurannya besar, dan download otomatis kadang gagal karena koneksi internet yang tidak stabil, sering putus dan lainnya..
    Atau bisa jadi juga karena virus..

    @Lolly as LoLee
    Mungkin situsnya sedang down..
    kadang terjadi jika pengunjung banyak yg download
    hari ini saya coba sudah bisa

    @wawan (34)
    waiyyakum

    @arul
    coba setelah install SP3, di install juga DirectX terbaru..

    @tempat game
    jika sudah rilis setahu saya sudah stabil..

    @alfi94
    setahu saya upgrade
    kalau clean install saya belum tahu, meskipun in bisa dilakukan..

    @suga
    boleh, malah sebaiknya di upgrade ke SP3
    OEM akan tetap, karena ini termasuk layanan (support) ketika sudah membeli windows XP

    @romeopeg
    saya belum tahu apakah memerlukan spesifikasi khusus. Setahu saya sama seperti windows XP saja

    @mustafa
    jika tanpa di kunci aplikasi lain saya belum tahu caranya. Meski di kunci pun biasanya masih tetap bisa menggunakan software semacam unlocker..

    @de icha
    alhamdulillah sudah dapat kan…

    @Solace
    windows gak ori, setahu saya masih bisa juga..
    coba googling saja..

    @ibnu noer
    untuk windows ori setelah di install maka kita harus aktivasi, baik melalui internet atau telepon..
    setelah berhasil aktivasi maka kita bisa menerima update secara gratis, support dan download berbagai aplikasi pendukung lainnya..

    @Iwan Basinu
    Bisa di upgrade kok, hanya seperti install program saja..

    @sisilia
    Upgrade setahu saya tetap bisa, tetapi nanti teknik untuk melewati validasi windows original juga harus menggunakan tols khusus lebih baru

    @pakd3 (60)
    kalau yang dimaksud file pagefile.sys, ini bukan backup, tetapi virtual memori ( memori virtual yang diambilkan dari hardisk).
    backup file lama di tempatkan di C:Windows dan foldernya biasanya berwarna biru, di awali nama semisal “$NtUninstal…”

  40. Mas. di website luar beredar softwr ini. “mini xp pro sp2 unattended stripped edition”sekira seratusan mb filenya… yg just need 50mb ram dan 500mb hdd space. menurut Mas Ebta ..apa ini mengandung potensi bahaya spt virus, atau lainnya yg disusupkan..
    Belum coba juga sih. krn takut..

  41. kira”…
    berat ga sih?
    pke SP3???
    trus klebihan n kkurangannya apa?
    πŸ™‚

  42. trus kalo xpnya ga orig gmna??
    msi bsa ga pke sp3??

    mksih…

  43. @cele5oo
    saya belum bisa memastikan..
    ada baiknya cari di google berkaitan dengan informasi itu, biasanya sudah ada yang membahas..

    @aeng
    hampir sama seperti SP2
    kelebihan : lebih aman.. support software2 lebih baru dll
    kekurangan : menguransi space HDD

    setahu saya masih bisa, coba googling..

  44. mas,.knp susah bgt ngdownloadnya,??
    ada alternatip link downloadnya gx.,??

  45. o ya.kalo mau download format iso download aja di http://isohunt.com dan download uTorrentnya di http://www.utorrent.com
    format nya yang pertama *.torrent.ukurannya kecil.tidak jauh dari 30 kb.ntar dibuka pake uTorrent
    file sizenya isonya emang gede.~600 mb lah.tapi keuntungannya bisa diresume,jadi distop terus didownload gak perlu download dari awal lg.misal kamu download sampe 100 mb.nanti di stop lalu didownload lg ngresume yg kemarin.
    @mas ebta:kapan2 bahas soal kaspersky,mas ebta jarang bahas soal kaspersky.tak share ya linknya key kaspersky,di http://www.kavkisfile.com

  46. ku mau nanya, ku punya xp service pak3, ku punya kendala..
    masak setiap kali melakukan instalasi harus registrasi,kalo gak windowsnya akan terkunci setelah 30 hari, padahal komputerku ofline..
    ada yang tau solusinya gak…

  47. @DIMAS:kalo gitu coba aktivasi melalui telepon
    Maksudnya harus aktivasi ya?kalo itu sih harus gitu
    Kalo registrasi enggak penting.Maksudnya Activate windows kan??

  48. @Alfandza: iya, aktivasi…, biasanya ku selama ini aktivasi dengan menggunakan jaringan ponsel,ribet bgt…!!,
    emangnya ada trik gak, supaya setiap kali instal windows tanpa harus aktivasi…?.
    terima kasih sebelumnya…

  49. ayo segera upgrade-upgrade, hehe..trim’s infonya

  50. Ngapain pada repot.. Ya udah, pake aja Win 7 Ultimated.. Mantaaap πŸ˜€

  51. @DIMAS:wah duh.gw gak tau ik
    kalo pake crack wpa mungkin bisa
    cari sendiri,gw programnya tau.tapi dimana gw ga tw
    salah satunya ya ngedit registry
    computer u pake network ga?
    kalo pake liat disini(part 1):http://www.youtube.com/watch?v=1-k1wbpjW2o&feature=related
    (Part 2):http://www.youtube.com/watch?v=THX8BHHojXI&feature=related
    kalo ga connect coba cari ini di mbah google:How to crack windows product activation
    begitulah
    XD
    @Iswanda:betul betul betul.pake win 7 aja
    saya dah ninggalin windows xp.jangan pake windows 7 ultimate kecuali di intel dual core
    saya pake windows 7 home edition

  52. Pingback: Support untuk Windows XP SP2 segera berakhir | Software
  53. om ebta saya mau nanya nih, udah download dari dulu file ini tapi kenapa ada yang error saat extracting file. seperti ini http://i45.tinypic.com/oif0js.gif

    mau tanya apakah file WindowsXP-KB936929-SP3-x86-ENU.exe saya yang rusak karena ada kesalahan saat download. atau memang OS saya yang bermasalah?

    ditunggu solusinga πŸ™‚

  54. mas ebta…gmn setelah instal upgrade SP 3, berapa banyak kapasitas hard disk untuk sistem yg kepake setelah kita upgrade dari SP2? ada penambahan lgi g mengingat ukuran file nya sampai 316 mb gitu..??

  55. Saya mengharapkan bantuan ttg error pada windows xp sp2 saya. Disaat laptop dihidupkan muncul pesan error sbb: β€œthe instruction at 0 x 7c918fea referenced memory at 0 x 00000010. the memory could not be written”. click OKE to terminate the program. Mau format dan instal ulang atau repair CD Drivenya rusak. Pakai CD Drive External muncul β€œerror 1719. windows installer service could be accessed.contact your support personel to verify that s properly registered and enable. langkah apa yang harus saya buat?

  56. wah…harus diupgrade yah pc saya …maklum masih SP 2 windowsnya…

  57. Oh man. Am I the only person that finds this entire thing is bazarre?

  58. wh tlat nich udh tgl 13..brakhirnya kn kmrin..hikshiks…tp lom q upgrade nich msh SP2..
    MW TNYA ni klow gx d upgrade k SP3 mdah trsrang viruskn,klow sring konek lngsungintrnet. Nah,klow knectnya gx lngsung,cz q pke proxo n winxp nya tdk genuine/asli cma daklin jd asli jd low d update online jg kgx bkal bs cz q pke proxo..apkh msih bs tkna viruz.????
    tq inponya

  59. mt sore cmua…,,, q uga gaptek nich,mw tanya q udh DL SP3 dr kmarin sampai tgl 14 ni ygktanya sp2 udh brakhir dri tgl 13 kmrin blum q upgrade juga cz tkut gagal…heheh
    klow tinggal instal biasa prti software lainnya emang bs ya mas..ksih tw cranya dunk.?? tkut gagal instalnya.. ktanya sich prlu d burn u/ upgrade nya jd instal ulg win. ukuran SP3 nya emang 300mb y mas kx ad yg mpek 600mb tu bda nya ap? klow emang bs instal lansung ksih tutorialnya dunk!! winq SP2 genuine tp asli dr akal2 an,sbenarnya s bjakn. q emang lom prnah istal langsung installer .

  60. saya mau nanya, saya baru install xp sp3 tapi banyak driver perangkat keras saya tidak support semua saya makai matherboot enpc e47, bisa gak download drivernya???? dimana download garatis sondcard, vga ya????

Comments are closed.