79

Test Antivirus terbaru 2010 (Kuarter 2) oleh AV-Test

Setelah hampir 2 tahun sejak Test Antivirus terakhir ( artikel : Antivirus terbaik 2008 tahap kedua ), akhirnya lembaga independen pengetest antivirus, AV-Test.org kembali mengeluarkan hasil test antivirus terbarunya. Produk yang di test adalah dari kategori Security Suite ( ada 19 produk) dan test pada kuarter pertama 2010 ini ( April – Juni 2010) dilakukan di sistem Windows 7.

Metode dan Hasil Test

Test kali ini sedikit berbeda dengan test sebelumnya. AV-test malakukan test antivirus pada rentang yang cukup lama, yaitu 3 bulan, mulai April 2010 sampai Juni 2010. Test dibagi ke dalam tiga kategori : Protection, Repair dan Usability. Protection adalah statist dan dynamic test dalam mendeteksi malware (virus), Repair adalah kemampuan menghapus malware, virus, rootkit sejenisnya sedangkan Usability adalah seberapa besar produk berpengaruh ke kinerja komputer ( misalnya memperlambat dan juga kesalahan deteksi).

Test kuarter pertama ini ( Periode April sampai Juni 2010) dilakukan di Windows 7. Untuk penilaian, masing-masing dari ketiga kriteria mendapatkan nilai maksimal adalah 6, sehingga total yang bisa didapatkan adalah 18 point. Secara ringkas, hasil akhirnya sebagai berikut :

Hasil lebih Detail

Dengan hanya melihat hasil diatas, mungkin belum bisa memberi gambaran secara lebih jelas mana produk terbaik. Berikut saya tampilkan hasil lebih detail dari test yang dilakukan oleh Av-test ini.

Protection

Proteksi terhadap serangan 0-day (Real-World Testing)
Zero day (0-day) merupakan istilah yang digunakan ketika sebuah sistem (misalnya Windows) ditemukan celah keamanan, tetapi belum terdapat update untuk memperbaikinya (Selengkapnya tentang Zero-day). Hasil test selama April sampai Juni 2010, dengan sample 59 adalah sebagai berikut (dalam persen) :

Blocking malware ketika eksekusi, test ini disebut dengan Dynamic Testing, dan menggunakan sample 16 malware. Hasilnya sebagai berikut (dalam persen)

Static test, merupakan test mendeteksi malware (virus) sebanyak 1.359.862 buah yang beredar selama 2-3 bulan. Hasil rata-rata selama bulan April-Juni 2010 adalah sebagai berikut (dalam persen):

Deteksi widespread malware, yaitu deteksi terhadap malware atau virus yang banyak beredar (berdasarkan WildList). Sample yang digunakan sejumlah 26.964 malware. Hasilnya hampir seluruh security produk mendeteksi 99%-100%, sehingga kemampuannya sudah bagus.

Repair

Untuk Test “Repair” ini adalah kemampuan produk untuk membersihkan atau menghapus virus/malware/rootkit yang sudah menginfeksi komputer. Terdapat 4 test yang dilakukan, dan total menggunakan 54 sample malware dan rootkit ( semacam virus yang sangat tersembunyi). Hasil rata-ratanya sebagai berikut (dalam persen):

Usability

Merupakan test untuk melihat seberapa besar pengaruh produk terhadap kinerja sitem. Semakin kecil nilainya semakin bagus.
Pengaruh dalam memperlambat kinerja komputer, hasilnya dinilai dalam detik, grafik berikut menunjukkan semakin kecil semakin baik.

Test Kesalahan Deteksi, menggunakan sample sebanyak 611.548 file yang sebenarnya aman atau bersih dari virus. Kemudian dihitung jumlah kesalahan deteksinya. Kesalahan Peringatan/mem-Blok, perhitungan seberapa besar kesalahan menampilkan peringatan atau mem-blok aksi tertentu ketika proses installasi dan penggunaan software yang sebenarnya aman (digunakan sample 20). Hasilnya sebagai berikut :

Kesimpulan

Jika kita melihat total nilai dari av-test, maka posisi teratas ditempati oleh 3 produk Security SUite, yaitu : Panda Security Suite 2010, Kaspersky Internet Security dan Symantec Norton Internet Security 2010. Untuk pengaruh dalam memperlambat komputer, produk yang paling ringan adalah BitDefender Security Suite 2010 kemudian di ikuti Avira Internet Security Suite 2010. Produk diatas, kesemuanya di test di platform Windows 7, untuk windows XP masih dalam tahap pengetesan (ebsoft)

Informasi (hasil) selengkapnya dari dari AV_test.org

79 Comments

  1. wah, setiap antivirus mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing ya. Kalau saya masih setia dengan Avira. Terima kasih mas sudah dishare infonya ^_^

  2. wah gak salah aku milih bitdefender sebagai antivirus utama buat laptop ku,

  3. Informasinya sangat bermanfaat sekali nih. Untuk keamanan pada komputer, saya masih percayakan sama avira antivir. ^_^

  4. nggak percuma pake kaspersky pure,walau trial namun maknyus……

  5. N0. 9 Yap betul bgt ditunggu ni berita pengin liat perkembangan jago2 AV sekarang…..trims info nya….

  6. Wah, gag ada yang 100 persen sempurna…pake antivirus yang ringan aja…

  7. Makasih infonya….paling ngga referensi mau pake AV apa????

  8. saya sendiri pakai microsoft security essential. Memang usabilitynya sesuai dengan fakta diatas. Hanya butuh low resource memory. Thanks infonya

  9. top markotop bang ebta, tapi sampai sekarang saya masih agak bingung dengan 0 day malware, ada tulisan ndak yang mengupas tuntas tentang itu

  10. makasih infonya. kira-kira jika gabungan dua/tiga av gmn ya? pa malh saring serang?tanks jawabannya.

  11. Setiap AV mempuyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing yaa..

  12. thank you very much. Have the license winmers of Wondershare time freeze announced? if i don’t lucky, i trying to buy it, it’s cheaper and there was a discount!

  13. if you want to buy our product, such as: ms office 2010 (buy ms office 2007 get office 2010 for free) or buy windows 7 now, click my company’s chairman.

  14. Dulunya gw setia am norton antivirus 2003, tp krn belakangan ini agak susah update saya beralih ke avast

  15. untuk Fans Avira, bisa join yah di Avira Indonesia (Facebook)

    Selain bisa berdiskusi, juga bisa dapat info terbaru mengenai prosuk produk Avira loh.

  16. masih setia dengan Avira…
    selama ini duet Avira & MSE masih OK………….
    Syukran akh..

  17. Saya masih percaya sama Avira premium security suite & smadav untuk pendeteksian & proteksi Malware, dan masalah kelengkapan security Kaspersky Internet Security 2011 pastinya.

  18. tetep AVIRA. skrg ad virus baru (ga tau deh namanya apa) pke AV manapun ga kedetek, trs gw coba update avira, LANGSUNG deh KENA semua………

  19. tambah lagi neh….
    virus di atas, meski pke kaspersky update terbaru, ga kedetek sama sekali, soooo si virus ngloyor aj masuk di system. apalagi tuh pke smadav….. hufhhhhhh…….. ampun deh………. (komputer anda bebas dari virus, padahal bejibun tuh virus di PC)Avira gw duet ma AVI/ANSAV. MANGTABBBB!!!!!!!!!!!!

  20. Wah… Panda gak bisa dianggap remeh ya…….
    Padahal AV baru..

  21. Kalau saya sih masih tetap pake PCMAV + CLAMAV. Hasilnya ruarrr biasa. 3 laptop dan 1 PC dirumah saya yg kebobolan virus gak bisa dibersihin pake avira, avg, smadav smuanya update yg terakhir tapi gak mempan. Gitu saya pake PCMAV + CLAMAV langsung bersih. PCMAV + CLAMAV emang mantap.

  22. ketinggalan dikit gpa2 dech.. yg penting bisa ikutan komen di ebsoft.web.id…. n q smpe skrng msh seneng pake KAV 2010, lumayan dech…. mksh infonya…..

  23. untuk Fans Avira, bisa join yah di Avira Indonesia (Facebook)

    Selain bisa berdiskusi, juga bisa dapat info terbaru mengenai prosuk produk Avira loh.

  24. saya make AVAST sudah 6 bulan ini aman2 saja kok,, dan kinerjanya gak ngeberatin system… makasih yach mas atas infonya

  25. saya mencoba pakai norton internet security 2010, kemudian saya instal trial reset, setelah berhasil saya coba run auto update kenapa selalu invalid?apakah setiap antivirus yg bukan ori (crack-crackan) tidak bisa autoupdate??tks

  26. tetep avira.. dah buka warnet sampai 20 an lebih ma install dimana avira tetep yg paling aman

  27. wiihh…canggih bgt tuh, ada macem2 anti virus, tapi gak ada yang produk indonesia, saya suka gonta-ganti anti virus…sekarang lagi pake panda cloud anti virus…manteps….

  28. wah …..masih oke pake avira personal 10…. abisnya yg premium suite da abiz masanya… ada yg pny key buat yg premium avira till forever ga??? 😀

    THX BROOO

  29. saya pake avira mas coz cukup ringan dan cukup bandel.

    pernah make AVG tapi kompi jadi agak lemot T_T

  30. Halooo i am comeback. Heheheh
    BTW ada yang nanya zero day malware ya? 😀 😀 😀 Pelit amat yang gak mau jawab.

    Zero day malware (detection) pada antivirus/software keamanan. Istilah itu maksudnya adalah istilah yang dipakai untuk software security yang mampu mendeteksi atau signature-nya diupdate secara harian. Artinya malware yang timbul pada hari itu terdeteksi pada hari itu juga oleh software antivirus. Bagaimana canggih bukan??? Secara perusahaan security sudah mempunyai processor dengan kecepatan 100+ Ghz. Gak percaya hahahahahaha..

    Percaya deh sama saya, processor komputer sebenarnya bisa mencapai 250 Ghz lebih. Pembentukan multiprocessor pada pasar komputer hanya politik pasar yang sengaja digunakan agar para pengusaha chip punya untung besar? Wow.

    Biasanya bahan dasar chip konvensional adalah silikon. tapi kalo chip dengan kecepatan diatas 250 Ghz bahan dasarnya adalah Gallium Arsenik. Awww,,, sedikit mengerikan menyebut arsenik

    sekian deh infonya
    Salam buat semua 😛 🙂

  31. AVIRA PREMIUM SECURITY SUITE 10 + SMADAV PRO 2010.
    IS THE BEST.
    PC gk Lemot .. Surfing Di dunia Maya AMAN TERKENDALI
    ‘n Jangan lupa di upadate database Antivirusnya,
    minimal 1 bulan 2x

  32. Always glad to read a unique blog . Thanks for the article . Of course, apart from the content , the design of your site is honestly beautiful . Cheers.

  33. This blog seems to get a large ammount of visitors. How do you get traffic to it? It gives a nice unique twist on things. I guess having something authentic or substantial to talk about is the most important factor.

  34. myspace poker chips to buy zynga worth more than ea hack facebook poker cheat engine zynga 866 820 2321 mafia wars jungle crates farmville pigs glamble poker cheat mafia wars gift chucker playdom mobsters big apple facebook zynga poker chips for sale zynga poker cheat engine 5.5

  35. free iphone 4 free how to get a free ipad with no offers free iphone yahoo free ipod kid movies free iphone kids games apps free apple keynote download how to get a free iphone ringtone how to get a free ipad without doing anything steve jobs on twitter free iphone offer ends today apple iphone gizmodo free ipad 3g tester how to get a free iphone 4g from at&t free macbook laptop free ipad games download free ipod copy software

  36. I recently had my websites rebuilt and i am searching for new improvements.Your website looks solid and you do know how to write well. I though that it would be nice to say that i will use some of your “know-how”.

  37. yg bagus tuh avira di duetin ma avg, avast n smadav pro! soalnya, gabungan dari ke empat antivir tersebut setara dengan antivir yang berbayar yang notabene mempunyai fitur lebih lengkap! walaupun agak lemot, dijamin, komputer gak bakal kejebol virus baik virus lokal ataupun virus asing! pc gue udah pernah diserang sality berapa kali, tapi, masing2 antivir yg gue pasang cepat memproteksi data! so, be safe, be enjoy, try it!

  38. bebarkah ke ampuhan ini anti virus ini law saya beluum yakin.
    sya mash pakai norman coba pakai norman pasti ampuh sekalian sma akar-akarnya hahahah

Comments are closed.