138

Test apakah komputer terinfeksi Conficker/Kido

Conficker-test

Saat ini mungkin salah satu virus yan penyebarannya sangat banyak dan dampaknya cukup serius adalah Conficker (Kido/Downadup). Berbagai media telah memberitakan banyaknya penyebaran dan bahaya malware ini, bahkan kemarin sempat ada isu akan ada serangan besar-besaran tanggal 1 April.

Bagaimana mengetest bahwa Komputer kita aman dari infeksi Virus Conficker ini ?

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita gunakan untuk lebih meyakinkan bahwa komputer kita aman dari Conficker. Karena jika sudah terinfeksi, maka Antivirus-pun kadang tidak akan bisa mendeteksi atau menangani, harus menggunakan tools khusus ( sudah banyak tersedia di internet).

Berikut beberapa test yang bisa dilakukan.

  1. Buka alamat situs berikut : Conficker Test, Jika muncul 6 gambar, maka komputer kemungkinan besar aman dari virus ini, tetapi jika ada sebagian yang tidak muncul, harus diwaspadai kemungkinan terinfeksi virus ini.
    conficker-test-1
  2. Cara ini hampir sama dengan cara pertama, yaitu dengan membuka website ini : Conficker Eye Chart , jika disana tampil 6 gambar secara utuh, maka kemungkinan besar komputer aman, tetapi jika ada sebagian gambar yang tidak tampil, bisa jadi komputer terinfeksi Conficker.
    conficker-test-2
  3. Buka alamat berikut http://iv.cs.uni-bonn.de/fileadmin/user_upload/werner/cfdetector/ Jika komputer aman, akan ditampilkan pesan sebagai berikut :
    conficker-test-3

Di langkah 1 dan 2 disana dijelaskan jika beberapa gambar tidak tampil, maka kemungkinan komputer terkena infeksi salah satu varian Conficker ( Conficker B/C atau mungkin juga virus lainnya). Jika semua gambar tidak tampil, pastikan setting/pengaturan web browser untuk menampilkan gambar sudah aktif.

Ketiga cara diatas memerlukan akses internet, karena seperti diketahui Conficker akan menutup /memblok akses lebih dari 100 website keamanan/antivirus. Tetapi jika koneksi internet komputer melalui proxy server (misalnya satu kantor menggunakan satu koneksi saja) test tersebut tidak akan efektif.

Jika terindikasi terinfeksi Conficker, bisa menggunakan tools/remover (pembersih) dari salah satu vendor antivirus berikut :

referensi : H-security

138 Comments

  1. Number One daftar dulu, baru baca artikelnya, makasih Mas ….

  2. Mas, berarti hrs connect ke internet dunk???
    Trus Conficker ini kan cm ngblok situs antivirus. Trus bahaya gak ya bwt sistem. seandainya komputer offline cara bwt ngetestnya bisa gak mas?

  3. wah,….sangat bermanfaat infonya…. coba ach,… thanks mas,…

  4. kompiku aman pake kaspersky internet security mantap,….

  5. Pingback: Test apakah komputer terinfeksi Conficker/Kido | ebsoft.web.id | Bisnis Online
  6. maaf sebelum nya dahuluin mas Ebta,
    buat mas Cahyo,kalo PC anda offline bisa tuch dites. artikel diatas uda disebutin :

    Jika terindikasi terinfeksi Conficker, bisa menggunakan tools/remover (pembersih) dari salah satu vendor antivirus berikut :

    Sophos
    Symantec/Norton
    F-Secure
    Kaspersky
    BitDefender

    mas Cahyo donlot dulu di warnet ato dimana gitu tool tsb,terus dijalanin ke pC dirumah.
    semoga membantu….

  7. pake Ansav aja buatan lokal, dah bisa ngatasi Conficker kok

  8. saya selamat dari virus conficker. karena tidak ada gambar yang hilang dari ke 6 picture diatas,, alnya saya pakai Avira Premium Security Suite 9 ,,
    thanks avira

  9. makasih mas infonya ini, saya dah coba tes pakai wifi, laptop saya aman dari conficker!, kombinasi avira free 9 + a squared free. ternyata conficker ini sudah bikin kesel banget pihak microsoft ya mas ebta, sampai2 microsoft membuat sayembara jutaan dolar untuk memburu pembuat conficker ini..

  10. Waduh, kompi saya kena Conficker.B
    Tapi masih ada website keamanan yg lolos
    Buat yg terinfeksi, coba buka http://free-av.com
    Buat mas Ebta, jazakumullahu khoiron katsiira.

  11. Aman..aman.., AVG 8.5 + Comodo Internet Security emang mantap ( gratisan pula).

  12. pake produk dalam negri juga bisa koq,
    aku pake pcmav 2.0a n pcmav express for conficker,
    ternyata juga aman2 aja tuh…
    dukung terus produk dalam negri,
    termasuk website bang ebta ini…
    maju terus bang…

  13. maafnya mas ebta mengganggu, saya habis instal game resident evil terus instal directx 9 biar kebaca ngrafik gamenya kata orang sih tapi banyak file direct x9 saya bingung buat apa itunya dan extra kemana file 2 direct yang baru biar jalan game kesukaan saya tolong mas dibantu dengan informasinya saya baru pemula dalam main computer

  14. alhamdulillah aman…….
    ya akhirnya pki avira premium security suite de bis da virus
    yg bandel ni jd was2 was jg,klo da gratisannya lagi sgr dimuat ya mas..nuhun..

  15. O ya OS linux bisa di jebol gak ni ma ni VIRUS…?????

  16. lho? kok nggak ada gambarnya semua…
    jangan-jangan laptopnya kena virus nih
    eh… iya lupa
    setting browsernya untuk view imagesnya diset no images
    ya jelas aja nggak ada gambarnya
    di set lagi ah jadi show images
    dan ternyata… gambarnya ada semua
    alhamdulillah
    *sekali-sekali komentarnya agak bercanda dikit ah…*

  17. 1. Apakah removal tools sophos jika di gabung dengan avira tidak crash?atau removal mana yang tidak crash dengan avira?

    2. Patch apa yang dibutuhkan windows supaya bisa menambah celah keamanan yang digunakan conficker?dan dimana downloadnya?

    trims.

  18. ingat 2 hari pemilu jangan golput jangan lupa Pojok Kanan ataS

  19. Kemenangan sudah didepan mata, ikhtiar telah maksimal, saatnya bermunajat sebagaimana Rosululloh dalam perang badar. Intansurulloha yansurkum wayutsabit akdamakum. bangkitlah negeriku harapan itu masih ada.
    Ingat Pojok Kanan ataS

  20. aman..!yes….! bisa ga conficker test ini diinstall, jd maksudnya kl offline msh bisa jln. terimakasih atas masukannya.

  21. Coba ditest dong Om… Conficker bisa dibasmi oleh avast ato avira ngga…?

    Soale kok 2 antivirus yang sering di bangga-in temen temen disini kok malah gak ada dalam daftar antivirus yang bisa membersihkan conficker… Bisa patah hati ntar….

  22. Avast mendetect conficker sebagai worm kido, selama terus di update Insya Allah komputer yang terinstall Avast akan baik2 saja… kunjungi http://smadav.net untuk Antivirus lokal asli Indonesia…

  23. Assalamu’alaikum Kang Ebta !

    Alhamdulillah dan insya Allah bebas dari _conflicker…eh conficker atas izin Allah SWT serta semua jenis virus. Tapi kalau “virus” pengetahuan dari Kang Ebta saya gak keberatan dikirimin terus. Tolong “tulari” aku dengan pengetahuan-mu. Selama ada orang “sejenis” Kang Ebta kompiku insya Allah Amaaan. Jazakallah khoiron katsir, terima kasih.

  24. Tanggal 1 april saya kena virus ini….pada flashdisk saya, tapi saya menggunakan kaspersky update an akhir maret akhirnya virus ini bisa di tangani..alhamdulillah

    KASPERSKY no 1..

    hehe

  25. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Bung Ebta, Bagaimana dengan Virus Sality (dan seluruh variannya) ? Apakah ada Tools atau sejenisnya yang bisa dipakai untuk Recovery file2x yang telah terinfeksi Virus itu ?

    Demikian dari saya.
    Semoga Web anda bisa menjadi the best referrence untuk situs Freeware.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  26. @ yulis

    MAS, KALO MAU KAMPANYE JANGAN DISINI !!! KAYAK KURANG KERJAAN AJA !

  27. Assalamualaikum Mas, satu lagi info keren neh…hatur nuhun, dah dibuka situs-nya, dibilangin kena conficker B, ta coba install n run smua tools yg disebut…hasilnya nothing…ga ada apa2…knp yah…daku pk vista sp 1…mohon pencerahnnya. hir from yu sun..

  28. Hidup Conficker! Eh, salah.. Hidup partai politik! Eh, tambah salah.. Berarti salah masuk website nih..??!!

  29. BTW, nice info & link bro. Reagards from my community fo U, mas Ebta..

  30. Trimakasih info-nya mas, tanggal 1 april kmrn saya sempat ketar-ketir…. saya pake kaspersky, hasil negatif (ga terinfeksi). terus, saya coba langkah 1 – 3 sprt yg mas ebta sarankan, hasilnya alhamduillah, negatif.
    Syukron jazakallah…..
    sekedar info: jangan lupa tgl 9 april, NYONTRENG YA! JANGAN GOLPUT…!

  31. Alhamdulilah aman, tapi temenku banyak yg kena juga tuh, thx mas ebta

  32. HE… YULIS JANGAN KAMPANYE DSNI DUNK NI TEMPAT BWT TEMPAT TUKAR INFORMASI. KAMPANYE DAH ABIZ MASIH JA KAMPANYE DASAR LOE. LOE NGE-KAMPANYEIN PKS KAN….. KENA PANWASLU RASAIN LOE….

  33. Informasinya sangat membantu skali mas, terima kasih mas atas infonya saya ijin bookmark linknya ya mas ebta, thanks.

  34. kompiku bebas dari conficker omm.. trus saya disable resident antivirus+antispyware trus iseng install gamingharbor, hasilnya??? hehehe… explorer, my document, network conection, control panel ga bisa kebuka.. aktipin lagi anti spyware ternyata 44 spyware mengeroyok kompiku… tapi tenang mas.. semuanya sudah aman terkendali.. berkat tips bersih-bersih melalui safemode dari mas ebta..

  35. hi mas ebta….
    semua gambar yg dmksud tampil,
    aman donk’s!!!!

  36. bang ebta, keuntungan folder di mskin rar tu apa???

  37. Komputer saya tidak bisa di-shutdown lalu CD dan DVD drive-nya ng bisa membaca suatu kaset. Bagaimana cara memperbaikinya? Kemudian setiap meng-install suatu software, komputer tidak bisa shutdown dan keluar semacam peringatan (service.exe) supaya semua aplikasi ditutup dan komputer di-restart. Ada solusinya? Mohon bantuannya karena ada data penting yang harus dikerjakan. Terima kasih sebelumnya.

  38. huehehe…. huehehe…. huehehe….
    Ora urus,
    besok puas-puasin tuh nyontreng mukanya caleg2 sebelum mereka korupsi

  39. Waduh…brapa hari gak mampir kmari, dah ada lagi artikel barunya, yang kasih komen juga, Trims infona ^^

  40. Mas maaf nih mo tanya Avira 9 itu masih versi beta ya..??? kok saya coba versi gratis atau premiumnya semuanya sama. Kalo ada file html di PC kita dianggap trojan. Itu knapa ya mas. mohon sarannya soalnya saya pengguna avira.

  41. @Yulis
    he-he mungkin kampanye di sini gak bagus,karena mungkin yg ikut disin masih 17 tahun kebawah (saya juga) dari pada sibuk pemilu mending doain saya dan teman-teman lulus ujian nasional saja! Masa depan bangsa ada pada tangan kami kan?

  42. @Yulis
    Disini blog buat komentar bukan buat kampanye.
    Penuh-penuhin comment aj.

  43. Mas dampak negatif pada komputer kita jika terinfeksi virus Conficker/Kido apa? mohon jawabannya !………………………..trims

  44. Mksh infonya mas ebta
    @someone
    Mungkin trkena virus mas,coba dl dscan dg antivirus yg dah update,lokal maupun non lokal

  45. Waaahhh…jauh deh ketinggalan nie mo ngasi koment…

    Okeh tx info’e bang ebta!!!

    Hebat nie…

  46. salam…
    Thx ya 4 da info….
    boleh laa saya tolong kawan2 saya yang ‘terkena’ benda nee..

    thx a lot again…

  47. saya buka Conficker Test dan begitu kaget ternyata 3 gambar teratas tidak terbuka, wahhh… sedih… lalu kuklik tools/remover (pembersih) tapi tidak bisa konek/problem loading, tolongin dong gimana solusinya? sebelum terlanjur kirimkan jawaban kang Ebta ke emailku. Thanks

  48. @ibnuAbkar

    Klo g bs download lewat komputer yg terinfeksi, download removernya lewat warnet aj mas atw lewat kompi yg g terinfeksi,,,
    baru deh tumpas tuh virus….

  49. Prediksi pemenang 2009
    1. PKB
    2. PPP (dibaca P Ka Beh)

  50. Program Klik otomatis untuk PTC, Gratis!
    cuma jadi referral gw.
    aiyaaa[at]rocketmail.com

  51. sekedar share
    Dikantor saudara saya seluruh networknya kena kido, tapi setelah dibersihkan oleh kaspersky 7 ternyata tuntas, coba juga pake kido killer yang disediakan oleh web kaspersky

  52. amaan. pake mandriva 2009. gambar keluar smua. ap emang ni virus tak brkutik di linux ya mas?

  53. mas bahasin masalah Checkdisk dong….

    komp q waktu mau chkdsk muncul pesan “cannot open volume for direct access” knapa y???

    cari di google katanya suruh uninstal antispyware atau tool lain yg ngunci partisi…
    ada cara lain…????

  54. Alhamdulillah…
    Punya saya muncul semua gambarnya. Makasih infonya mas Ebta.

  55. Please ya serial number AVG 8 nya kirim ke e-mail saya.

  56. langsung di cek2…
    ngeri ada virusnya 🙁
    soalnya komputer berasa agak lambat…
    *padahal emang dari dulu lambat* lol

  57. @Rinto harahap (28)
    conficker menyerang windows, karena adanya celah keamanan..
    setahu saya tidak ada versi linux

    @ruddy
    sekitar awal tahun ini

    @Bara (32)
    silahkan membaca artikel terkait berikut :
    http://ebsoft.web.id/2009/01/21/worm-downadup-mem-blok-berbagai-situs-antivirus/

    @NUvan (40)
    avira bisa, seharusnya avast juga demikian. Adal tetap update saja..

    @mursali (44)
    wa’alaikumsalaam warahmatullah
    jazakallah khoir… semoga bisa saling berbagi ilmu 🙂

    @Kristianto H. Rochman
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    win32/sality sudah ada, salah satunya ini :
    http://www.softpedia.com/get/Antivirus/Win32-Sality-Remover.shtml

  58. Hore laptopku ndk kena,tp kompie di kantor kemungkinan terinfeksi conficker B.thx mas ebta

  59. haloo bang EBta? pa kabar aku ada masalah nee. aq punya bebrapa komputer untuk digunakan sebagai rental tetapi banyak tangan iseng yg ngerubah register nah gmn caranya supaya regester bisa tersimpan tanpa terlihat sekalian sama folder option nya juga klo bisa terhiden? makasih sebelumnya

  60. ass ww, mas ebta…woow..ternyata kompi saya kemasukan conficker mas, padahal sudah aku pasangi avira (tapi yg versi 8)..namun begitu aku ganti dengan avira 2009…lenyaplah dia………..
    tengkyu yaa mas atas infonya…GBU..Wass ww.

  61. test pertama.. negative
    test kedua.. (juga) negative
    test ketiga.. (alhamdulillah) negative pula
    rising anti virus .. bener-bener maknyuzzzzzzz!!!!
    makasih banyak mas ebta.. tuts nya bener2 membantu…
    n mohon izin ya buat…(pliz chek) boleh yak!! 🙂

  62. Wuih, banyak yang ngasih komentar ya… Eh, tapi Mas Ebta kok tidak ngasih peluang buat PCMAV Conficker sih, emang tidak begitu hebat ya…
    Sorry, maniak dengan PCMAV karena sepengalaman saya itu kan antivirus lokal buatan Indonesia tapi sudah bisa meng-clean virus tingkat internasional dan mengamankan data.

  63. Mohon maaf belum bisa menanggapi semuanya..
    Jika penting sekali dan komentarnya belum dijawab, silahkan ditulis ulang saja atau kirim langsung via email

  64. mas EBta gimana caranya untuk menyembunyikan reggedit dari tangan 2 jail / termasuk juga folder option yg ada di tool itu2 soalnya kompuetr ku itu tak gunakan untuk rental

  65. Pingback: Mengecek Apakah Komputer Terkena Confiker/Kido « mtfauzi’s blog
  66. wkwkwk, ta baca2 commentnya lucu bgt, mlah ada yg kmpanye sgala ^^’ zz

    btw, alhamdulillah kompQ aman!!!

    dolo, pke norton stlh trkena blacklist pindah ke Eset deh..,

    btw, NOD32 tu opensource ya kyaknya?

  67. @SomeOne (62)
    Kalau tidak bisa shutdown kemungkinan ada satu atau lebih program yg menyebabkan itu. Masalah CD/DVD bisa karena keping CD/DVD-nya atau memang CD/DVD ROM nya sudah mulai aus

    @ebenk789
    Avira 9 sudah versi final..
    kemungkinan html-nya memang terinfeksi atau ada kode yang mencurigakan..

    @kang regi (70)
    silahkan dibaca artikel sebelumnya
    http://ebsoft.web.id/2009/01/21/worm-downadup-mem-blok-berbagai-situs-antivirus/
    tapi itu versi lama, saat ini sudah muncul varianvarian baru yang lebih canggih

    @ibnuAbkar
    coba download tools dari link diatas, dari warnet atau komputer yang aman..

    @aanx (84)
    hmm agak aneh sepertinya..
    sudah coba search di microsoft ?

    @Annsyach (102)
    bisa dicoba menggunakan software ini :
    http://www.tweaknow.com/WinSecret.html

  68. mas, saya udah scan pake tool removal di atas, tapi kesemuanya bilang bersih (system clean), padahal waktu ditest di heise, kena..ada saran??

    makasih banyak sebelumnya..

  69. @githonk
    Bisa jadi terkena virus/worm lain selain conficker…
    atau terkena spyware/malware yg lain

  70. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bung Ebta, tentang VIRUS SALITY, menggunakan Sality Remover (rmsality.exe) tidak ampuh, terbukti saat scan menggunakan Avast, suatu file EXE di identifikasi terinfeksi SALITY padahal sebelumnya telah di scan oleh rmsality.exe dinyatakan tidak terkena virus Sality (alias OK).
    Saya cuman ingin menanyakan, adakah yang bisa “RECOVERY FILE EXE” yang sudah terinfeksi virus SALITY.
    Terimakasih sebelumnya.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  71. Selamat Pagi…

    Mas,di kantor ku kan menggunakan proxy dan menggunakan system yang selalu online dengan kantor pusat.

    kemarin di pengumuman kantor pusat jaringan terinfeksi conficker, dan kantor pusat juga memberikan penangkalnya.

    jaringan kantor sempat terinfeksi, dan saya pemakai OS Windows Vista SP 1, sudah 3 kali tidak bisa membuka control panel, tidak bisa ngeprint, folder menggandakan sendiri, aplikasi winamp rusak sendiri, dan lain2, salah satu cara mengakalinya adalah dengan merestore beberapa hari kemarin. saya udah masuk ke situs untuk ngecek online apakh terinfeksi atau tidak dan hasilnya kompi saya tidak terinfeksi tapi kok tetap kejadian2 seperti itu terulang.

    Untuk informasi, saya menggunakan Avira dan setiap hari selelu update,

  72. mas misal kan komputer nya gak tersambung internet gmn untuk mengecek virus tersebut masalayh nya q sering ke warnet n flasdiks jg nggamblok komputer warnet, takut nya ikut terinfeksi.Tol ya makasih

  73. @Kristianto H. Rochman
    berarti kemungkinan sudah tidak update lagi remover toolnya tersebut. Alternatifnya mungkin bisa mencoba
    http://www.softpedia.com/get/Antivirus/Win32-Sality-Remover.shtml

    @radenmaswannya
    Jika satu jaringan sudah terinfeksi, maka kemungkinan conficker akan mudah meenginfeksi kembali. Karena virus ini tergolong cangat canggih..

    @Tyan
    dengan download salah satu removal tool untuk conficker dan scan manual dirumah..

  74. komputer saya aman-aman aja, meskipun baru pindah ke kaspersky dan belum sempet update karena koneksi dirumah tidak memungkinkan, gagal/koneksi putus terus.
    Nanti kalau ada waktu saya mau download file update offlinenya dari warnet…

    makasi ya infonya

  75. mas saya lagi di warnet, trus akses website antivirus eh tulisannya malah not found, setelah saya tes dengan cara seperti diatas ternyata hasilnya adalah Possibly Infected by Conficker A/B variant, untung saya belum sempet colokin flashdisk saya. Bisa-bisa komputer dirumah kena virus.

  76. Hallo Pak Ebta,,,, mohon bantuannya bagaimana cara perbaiki komputer saya yang ga bisa akses anivirus. Kalau saya coba masuk ke web antivirus untuk download selalu website tidak bisa di akses.

    Saya juga ga bisa update norton anti virus saya karena link selalu mati kalau saya coba update.

    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  77. @Surya
    Jika sudah seperti itu, alternatifnya mencari tool untuk membasmi Conficker yang mungkin menginfeksi komputer (dari warnet). Jika tidak bisa, antivirus lokal sepertinya sudah bisa juga, misalnya dalam CD PC Media

  78. wah om laptop kena yang “Possibly Infected by Conficker B”
    pantesan mcafee ku gk bisa update
    solusinya gimana om
    aku download antivirus yg om rocomendasiin gk bisa
    mohon pencerahannya
    thanks
    sukses buat anda!!!

  79. @121
    kalau boleh usul, pake aja pcmav khusus conficker. Cukup powerful.

  80. Pke mcAfee ckp ampuh bwt clean conficker,slity

  81. Bwt smadav knp tiap msukn cd stiap yg ada autorun.inf dlm cd pst k dtek virus pdhl pk av yg lain g tuh..

  82. Thanks info tes conficker-nya.Sekarang jadi lebih waspada

  83. @fachri
    untuk lebih memastikan, coba upload file tersebut ke situs cemisal VirusTotal.com

  84. thanks atas infonya….
    komputer q terinfeksi, setelah q scan pake bdefender removal, virusnya ilang & q test pake ke3 situs diatas komp q dinyatakan bersih.
    tapi klo q scan pake ansav masih terdeteksi terinfeksi conficker.A
    aq pake antivirus mcafee total protection 2009 full versi & gak detek virus, tp antivirus q sering rusak karena file dll ada yang ilang…
    di file sistem yang lain file dll nya juga sering ilang.
    thanks

  85. waaahhhhhh komputerku bersih……..
    aq pke Avira Premium + PCMAV 2.0c
    jadinya mantaf………………….

    oia mas saya mau usul nih gimana klau ebsoft.web.id nyediain key Avira yang selalu uptudate..???? klw kapersky kan udah ada situsnya di kavkiskey.com .gimana mas ebta…????

    hehe….. cuman usul loh……….

  86. pc saya kena variant B..
    removal tool yg terbagus apa ya???

  87. mas mao tanya nih….
    saya pake anvir ansav beta 0.40
    trus menurut ansav kompie saya terdapat virus w32/conficker.A
    trus virus udah saya hapus melalui virus ansav tapi kenapa virusnya ga habis2 ya…
    saya udah coba pake anvir:
    1. norman malware cleaner
    2. pcmav
    3. smadav v.5 terbaru
    4. kido killer dari kasversky
    5. mcafee
    6. AVG 8.5
    7. nod32
    8. thread fire
    9. norton
    10. pc tools
    menurut semua anvir di atas kompie saya terbebas dari virus.
    tapi mengapa anvir ansav menditeksi sebagai virus ya…
    saya udah coba uninstal ansav
    trus saya instal lagi tapi tetap aja menditeksi adanya virus conficker ya???
    semua anvir udah saya update
    saya juga udah menunjungi situs di atas dan semua gambarnya muncul
    trus memberitahukan klo kompie terbebas dari conficker
    saya harus pake anvir apa ya????
    unutk membersihkan virus confickernya???
    rien_nha_cha@yahoo.co.id

  88. Thanks a lot mas,, infox bguna bnget bwt sy,,

    mas,, sy mw nanya ne,,
    knapa ya compiq, klu prtama sy aktfkn komptr slu tampil kata “infalid file boot.ini is missing” apa mungkin krn virus ya mas?
    mhon pengarahanx ya mas,, thanks,, klu bsa krim aj d’e-mailq ya mas, lusrin@yahoo.co.id

  89. mas. tadi komputer di rumah saya scan pakai Smadav ver 6. ternyata terditeksi virus conficker. terus saya test pakai webiste conficker test, ternyata semua gambarnya tampil. jadi gimana mas. apa komputer saya terkena conficker. bagaimana cara membersihkan virus tersebut. soalnya antivirus yang saya pakai tidak bisa untuk menghilangkannya. terima kasih sebelumnya

  90. maturnuwun tipsnya.
    ces pleng ….kompiku bisa update antivirus lg….

Comments are closed.