Tips berbagai cara menyimpan satu halaman web

Ketika kita menjumpai halaman web dengan artikel yang menarik, dan ingin disimpan penuh termasuk gambarnya, maka pada umumnya bisa digunakan menu standard : File > Save as ( Internet Explorer atau Opera ) atau Save Page as ( Mozilla Firefox ) kemudian dibagian save as type dipilih Web Page, Complete, sehingga seluruh halaman web akan tersimpan. Tetapi hal ini ada beberapa kelemahan, yaitu banyaknya file yang akan ikut tersimpan dan jika ada satu image yang loading (tampil) nya lama, maka sering halaman web tidak bisa tersimpan. Adakah alternatif atau cara lain yang lebih baik ?


save-web-page

Berikut beberapa alternatif atau cara lain jika kita ingin menyimpan penuh satu halaman web.

Menyimpan dalam web archive

Bagi pengguna Opera mungkin sudah tidak asing dengan fasilitas ini. Kita dapat menyimpan satu halaman penuh termasuk gambar yang ditampilkan dalam sebuah file saja ( Web Archive ), yang bisa ditampilkan di web browser secara offline. Caranya melalui menu File > save as, kemudian dari window yang tampil dipilih tipe ( bagian Save as type ) web archive ( single file), file nantinya akan tersimpan dalam format *.mht ( Multipurpose Internet Mail Extension HTML / MHTML / MHT ) . Bagi pengguna Internet Explorer, mulai versi 7 fasilitas ini juga telah tersedia, yaitu ketika menyimpan halaman memilih tipe Web Archive, single file ( *.mht).

Menyimpan dalam format pdf

Hal ini sangat berguna jika kita ingin menghasilkan satu halaman web dalam bentuk pdf. Bagaimana caranya ? Gunakan saja software gratis seperti PDF Creator, CutePDf, PrimoPDF dan sejenisnya. Bisa dilihat artikel : Membuat dokumen PDF gratis dan mudah. Jika software ini sudah diinstall, kemudian kita ingin menyimpan halaman dalam format pdf, tinggal memilih menu File > Print, kemudian pada bagian Printer – Name dipilih software pdf yang telah diinstall, misalnya CutePDF, PDF Creator atau lainnya lalu klik Print. Dengan aplikasi ini kita bisa mencetak apa saja dan dari tampilan apa saja ( asal ada menu Print ) dalam format Pdf. Sepertinya Mozilla Firefox 3 nantinya akan menyertakan fasilitas save as pdf sedangkan browser Safari sudah menyertakan fasilitas ini sejak awal.

Menyimpan dalam format Image

Hal ini mungkin jarang kita ketahui, dengan fasilitas ini kita bisa menyimpan tampilan web dalam image. Untuk bisa melakukan hal ini, diperlukan browser Mozilla Firefox dan tambahan plugins, salah satunya yang bernama Save as image. Install plugin dari sini. Setelah diinstall dan Firefox di restart (jalankan ulang), akan tampil sub menu tambahan “Save Page As Image”, tinggal dipilih menu File > Save Page As Image. Maka akan tampil image yang akan disimpan dengan beberapa pilihan Style, area dan output (Format dan Quality). Kita bisa memilih format PNG, JPG atau GIF.


save-as-image

Bisa juga menyimpan dalam format image dengan aplikasi screenshot, seperti SnagIT dan sebagainya, tetapi hal itu kurang praktis.

Tampilan plugin save as image :


save as image plugin

27 Comments