18 January 2008 - ebta

Tips berbagai cara menyimpan satu halaman web

Ketika kita menjumpai halaman web dengan artikel yang menarik, dan ingin disimpan penuh termasuk gambarnya, maka pada umumnya bisa digunakan menu standard : File > Save as ( Internet Explorer atau Opera ) atau Save Page as ( Mozilla Firefox ) kemudian dibagian save as type dipilih Web Page, Complete, sehingga seluruh halaman web akan tersimpan. Tetapi hal ini ada beberapa kelemahan, yaitu banyaknya file yang akan ikut tersimpan dan jika ada satu image yang loading (tampil) nya lama, maka sering halaman web tidak bisa tersimpan. Adakah alternatif atau cara lain yang lebih baik ?


save-web-page

Berikut beberapa alternatif atau cara lain jika kita ingin menyimpan penuh satu halaman web.

Menyimpan dalam web archive

Bagi pengguna Opera mungkin sudah tidak asing dengan fasilitas ini. Kita dapat menyimpan satu halaman penuh termasuk gambar yang ditampilkan dalam sebuah file saja ( Web Archive ), yang bisa ditampilkan di web browser secara offline. Caranya melalui menu File > save as, kemudian dari window yang tampil dipilih tipe ( bagian Save as type ) web archive ( single file), file nantinya akan tersimpan dalam format *.mht ( Multipurpose Internet Mail Extension HTML / MHTML / MHT ) . Bagi pengguna Internet Explorer, mulai versi 7 fasilitas ini juga telah tersedia, yaitu ketika menyimpan halaman memilih tipe Web Archive, single file ( *.mht).

Menyimpan dalam format pdf

Hal ini sangat berguna jika kita ingin menghasilkan satu halaman web dalam bentuk pdf. Bagaimana caranya ? Gunakan saja software gratis seperti PDF Creator, CutePDf, PrimoPDF dan sejenisnya. Bisa dilihat artikel : Membuat dokumen PDF gratis dan mudah. Jika software ini sudah diinstall, kemudian kita ingin menyimpan halaman dalam format pdf, tinggal memilih menu File > Print, kemudian pada bagian Printer – Name dipilih software pdf yang telah diinstall, misalnya CutePDF, PDF Creator atau lainnya lalu klik Print. Dengan aplikasi ini kita bisa mencetak apa saja dan dari tampilan apa saja ( asal ada menu Print ) dalam format Pdf. Sepertinya Mozilla Firefox 3 nantinya akan menyertakan fasilitas save as pdf sedangkan browser Safari sudah menyertakan fasilitas ini sejak awal.

Menyimpan dalam format Image

Hal ini mungkin jarang kita ketahui, dengan fasilitas ini kita bisa menyimpan tampilan web dalam image. Untuk bisa melakukan hal ini, diperlukan browser Mozilla Firefox dan tambahan plugins, salah satunya yang bernama Save as image. Install plugin dari sini. Setelah diinstall dan Firefox di restart (jalankan ulang), akan tampil sub menu tambahan “Save Page As Image”, tinggal dipilih menu File > Save Page As Image. Maka akan tampil image yang akan disimpan dengan beberapa pilihan Style, area dan output (Format dan Quality). Kita bisa memilih format PNG, JPG atau GIF.


save-as-image

Bisa juga menyimpan dalam format image dengan aplikasi screenshot, seperti SnagIT dan sebagainya, tetapi hal itu kurang praktis.

Tampilan plugin save as image :


save as image plugin

Mozilla Firefox / Tips & Tricks Firefox / Internet Explorer / Opera / Save web /

Comments

  • orang awam says:

    Bung ebta, sy pakai mozilla firefox 2.0.0.6 tp tdk berisi fasilitas “web archive ( single file)” pd bagian save as type, tdk spt I.E 6 yg sy dah cb dan berisikan fasilitas save as type dg “web archive ( single file)”.
    apa ada cara untuk mengaktifkan fasilitas itu? alna sy takut klo sering2 pk mozilla aplg untuk transaksi penting diinternet.
    kt temen sy, lebih baik pakai I.E 6 karena punya microsoft dan kecil kemungkinan kita bisa dihack ato dibajak dan dijahati.
    apa bener gitu mas? mohon petunjuk. trims. smg bung bung ebta bs trus exist

  • ebta says:

    Untuk mozilla vesi 2 memang belum ada fasilitas save as web archive.
    Setahu saya, malah IE 6 yang kurang aman dibanding Mozilla Firefox. Yang lebih penting gunakan web browser versi terakhir untuk keamanan kita..

  • seo optimizer says:

    this is a great web blog for our version

  • orang awam says:

    wah.. makasi banyak deh infonya bang.
    smg tetep exis . :-)

  • Nope'x says:

    ada yang pengen duit gratis???
    coba baca artikel ini http://www.klikedukasi.blogspot.com

  • syam08 says:

    Than’ks atas informasinya…
    menurut saya web ini sederhana tapi enak dilihat
    dan bacaannya simpel tapi penting banget…!!!

    mau tanya …cara meningkatkan traffic sebuah blog/web gmn yaaa?

  • ebta says:

    @syam08
    Sepertinya banyak cara untuk meningkatkan trafik sebuah blog/web, dan saya bukan ahlinya dalam hal ini. Mungkin kita memberikan yang terbaik bagi pembaca, menulis artikel yang berkualitas, dan yg juga penting, usahakan blog kita terindex google dengan baik..

  • mangkujiwo says:

    boz q mw tanya bagaimana caranya menyimpan halaman web secara utuh beserta linknya,,hingga tidak perlu menyimpan tiap satu halaman.itu bagaimana caranya???
    atau jika menggunakan software tertentu tolong diberi tau software apa yang digunakan????

  • ebta says:

    Bisa menggunakan HTTrack, WebCopier atau WebReaper, coba baca artikel berikut :
    http://ebsoft.web.id/2008/04/08/top-recommended-freeware-for-windows/

  • mbay says:

    salam kenal guys.gn lo….aku mo tanya, aku kan sering nyimpen gambar JPG yang abis aku edit dari potoshop trus aku mo tak masukin ke corel.yang aku bingungkan kl gambar yang habis aku edit dr potoshop itu ko background putihnya masih ada ya.gmn si biar backgroundnya ga ikut……

  • mbay says:

    salam kenal…..gn aku mo tanya, aku kan sering nyimpen gambar yg habis aku edit dari potoshop end tak jadiin gambar JPG, tapi ko backgroundnya sok ikut ya.padahal aku pingin hanya gambarnya aja yang aku ambil end backgroundnya ga ikutan.gmn ya solusinya…….

  • ebta says:

    @mbay
    Dari menu Photoshop pilih File > Save for Web
    Kemudian dibagian setting (kanan atas) pilih saja PNG-8, lalu klik saja save.
    Pastikan tampilan di photoshop sudah transparant.

  • Qisthon says:

    Tips yang bagus, terutama untuk save ke dalam format pdf, baru tahu hiks :)

  • adhiez says:

    mas…ebta, tolong..mas…sorry aga menyimpang dari artikel nich. gimana caranya untuk uninstall deepfreeze 6.0 ent laptop aq, masalhnya mas… icon deppfreeze na gak muncul di tray icon-na. gimana aq mau thawed (shift double click) karena posisi-na lagi frozen…penting nich mas…aq nda bisa install program yg lain. aq tunggu ya mas ebta jawabannya i email aq. thank’s berat

  • ebta says:

    @Qisthon
    Iya, banyak jalan menuju roma.. :)

    @andhiez
    Agak susah sepertinya, googling baru menemukan cara ini :
    http://www.tomshardware.com/forum/32180-45-show-hidden-icons-button
    ( mungkin yang tidak terbiasa agak susah.. )

  • E1 says:

    mas ebta punyaku firefox 3.05 kenapa di save as nya ngga muncul web archive (single file)

  • ebta says:

    @E1
    Iya, sepertinya fitur ini tidak jadi disertakan dalam firefox 3

  • Indri says:

    Selamat malam Bos
    salam kenal
    Bos aku mo nanya gimana sih cara kalo kita mo menyimpan file diweb,biar orang lain bisa download file kita,seperti File PDF atau video
    tahank’s bgt infonya ya boss.

  • ebta says:

    @Indri
    Jika kita punya website dan bisa mengakses servernya ( dengan FTP Client) maka file tersebut bisa ditaruh di web server kita tersebut. JIka tidak punya bisa memafaatkan fasiitas penyimpanan online, banyak kok

  • indra says:

    MeERdekaAAA!!!!

  • sanjaya says:

    pusinggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg!!!!!!!!!!! gw…………………

  • otholo says:

    Biasa pake save page as..

  • Neka says:

    keren banget tutorialnya, saya lagi nyari2 yang kayak gini
    jadi kepincut sama blog ini, subcribe emailku ah
    thanks infonya

  • Neka says:

    ho..ho.ho.. that it’s works
    thank banget

  • the flashdisk lover girl says:

    tapi pa tetap bisa dibuka?n bisa persis kya yng disimpan n g da yang terpotong gtu?

  • Dwi Supriadi says:

    Untuk single archive..pake aja Opera mini…bagus bangettttttss