13

Tips memilih image antara GIF, PNG dan JPG.

Ketika menulis sebuah artikel, berita atau apa saja di web/blog, akan terasa kurang jika senantiasa hanya berupa text. Image atau gambar kadang sangat diperlukan selain untuk memperindah tampilan, juga memberikan gambaran yang lebih jelas tentang artikel yang kita tulis. Ada beberapa format image yang biasa digunakan di web, yaitu JPG, GIF dan PNG. Sebagian orang tidak begitu memperhatikan pemilihan image ini, karena yang sering dikenal selama ini JPG, maka hanya itu yang digunakan. Memang format JPG mempunyai ukuran yang relatif kecil, tapi apakah senantiasa seperti itu ?


gif png jpg


Pemilihan image ini sangat mempengaruhi kecepatan web / artikel kita ditampilkan, jika ukuran besar maka loading juga akan lambat dan sebaliknya, maka selain kualitas, ukuran juga penting untuk diperhatikan. Berikut karakteristik secara singkat ketiga format image tersebut.

GIF (Graphic Interchange Format)

GIF ini pada awalnya merupakan format yang banyak digunakan untuk web, bahkan telah menjadi format standard ( dikenalkan sejak 1987). Meskipun GIF dapat mangandung berbagai macam warna 24-bit ( 16.777.216 macam warna ), tetapi satu image gif hanya dapat mempunyai kombinasi sebanyak 256 warna (8-bit-per-pixel), sehingga untuk gambar dengan kombinasi warna yang banyak seperti foto, jika diubah ke format GIF akan terlihat pecah-pecah. Format ini cocok untuk file dengan tampilan warna yang terbatas/sederhana, seperti gambar dengan blok warna-warna tertentu, garis dan text. Keunggulan format ini dapat digunakan untuk menyimpan animasi, sehingga masih sering digunakan untuk banner (iklan). Karena masalah lisensi kompresi yang digunakan, maka dibuatlah format pengganti GIF yaitu PNG.

JPG atau JPEG ( Joint Photographic Experts Group )

Pasti sebagian besar kita sudah tidak asing lagi dengan JPG. Format ini cocok untuk gambar dengan kombinasi warna yang banyak dan komplek, seperti foto pemandangan dan sebagainya, karena menyimpan warna 24-bit. Oleh karena itu format ini paling umum digunakan dalam dunia fotografi, mengingat ukuran file yang relatif kecil dengan kualitas yang tetap bagus. Jika ingin menampilkan gambar dengan kombinasi warna yang kompleks, dan ingin tetap mempertahankan kualitas tampilan, maka jpg merupakan pilihan terbaik. Hanya saja, JPG tidak mendukung transparansi.

PNG (Portable Network Graphic)

Berawal karena masalah lisensi format GIF, maka dibuatlah format PNG ini. Pada awalnya dukungan PNG masih terbatas, tetapi saat ini hampir semua browser sudah mendukung format ini. Tidak seperti GIF, format ini dapat menyimpan kombinasi warna 24-bit, tidak terbatas hanya 256 warna. Ukuran file yang dihasilkan relatif lebih kecil dari format GIF. Terdapat banyak kelebihan dibanding format GIF, hanya saja PNG tidak bisa menyimpan animasi, meskipun ada format turunan untuk animasi, yaitu MNG. Selain itu, browser lama seperti Internet Explorer 3 dan sebelumnya ( jika masih ada yang memakai) belum mendukung format ini.

Seperti GIF, format ini sangat cocok untuk menyimpan image dengan kombinasi warna yang sederhana, seperti text garis dan blok warna. Image dengan ukuran lebar dan tinggi yang besar dapat mempunyai ukuran yang sangat kecil, jika hanya terdiri beberapa blok warna dan text saja. Tetapi sebaliknya, walaupun gambar cukup kecil, tetapi jika kombinasi warnanya cukup komplek, seperti pemandangan, foto dan sejenisnya maka ukurannya akan besar. Keunggulan lain format ini adalah dapat menyimpan transparansi / alpha channel.

Referensi :

13 Comments

  1. Eb, salam kenal.TTP (to the point) aja ya, gimana cara ngereset software dalam mp3 player? playerku ga bsa bwt denger musik lagi,cma buat flashdisk aja.Q dari dulu pernah berangan-angan buat homepage kaya gini, gratisan, full informasi, bisa memberikan solusi lebih baik daripada membeli, merasa sangat rugi bila membeli atau membajak, padahal ada yang gratis.

    Ada CD bawaannya nggak ? kalau ada coba di cek, biasanya ada softwarenya disana. Kalau tidak ada, coba di cek disini
    http://www.s1mp3.org/en/downloads_tools.php
    Download softwarenya, backup Firmware ( software dalam mp3 ) terlebih dulu, kemudian dicari firmware yang cocok dengan tipe mp3 tersebut, kemudian diupdate dengan software seperti mp3 player utilities. Tetapi harus dibaca dulu keterangan dan resikonya..

  2. Eb, makasi ya…
    Info2nya sangat membantu, oya aku ada beberapa pertanyaan:
    1. Pada windows vista kabarnya untuk fasilitas penggunaan webcam harus ada software tersendiri, betul atau tidak? Kalo betul, software seperti apa, dan bagaimana saya bisa memperolehnya (free tentunya)? Karena pada XP, webcam saya bisa muncul secara baik,namun tidak pada vista.
    2. Kabarnya windows vista lebih baik daripada windows XP, boleh saya minta spesifikasi kelebihan (dan kekurangan)nya?
    3. Satu permintaan tolong lagi (^_^) Saya adalah pendatang baru dalam dunia blog, tolong diberi tips cara mendesain layout blog yang mudah (saya menggunakan blogger.com), dan bagaimana menampilkan gambar atau animasi ke dalam artikel maupun layoutnya.
    Sebelum dan sesudahnya terimakasih…

  3. Sama-sama..
    1. Webcam tambahan atau webcam yang sudah integrated (misalnya di laptop) ? Biasanya softwarenya disertakan dalam CD (CD Driver).

    2. Saya tidak begitu familiar dengan Windows Vista, mungkin di beberapa bagian lebih baik, tapi di sisi lain masih lebih baik Xp.

    3. Wah kalau di blogger saya juga tidak begitu familiar, tapi sepertinya banyak yang menyediakan tutorial design blog di blogger.com..

  4. Assalammu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    salam… ^_^
    boleh bantu gimana cara membuat atau mencari layout tuk friendster sehingga keliatan unik, or elegan
    thanks..

  5. @vien
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    wah saya tidak ikut friendster, jadi belum tahu design dan layoutnya seperti apa..

  6. mas ebta..saya gak tau mau nanya dimana,jd saya gunakan page ini aja yah?!?!.
    saya punya problem,kok ditiap browser sy, semua image agak buram (pecah)?saya udah googling,saya dpt tulisan bahwa hal tsb terjadi kalo menggunakan provider ESIA dan menormalkan dengan ctr+F5 pada setiap halaman!kok bisa gitu yah,gimana menormalkan kembali (sy menggunakan modem HSDPA provider indosat matrix)..mohon pencerahannya!!

  7. terima kasih atas artikelnya mas, dr dulu aku tdk tau tuh ! apa singkatan gambar JPG,GIF & PNG maklum gaptek pisan

  8. Katanya TIPS, tapi artikel ini hanya berisi keterangan & karakter tentang JPG, GIF, dan PNG. jadi mana yang direkomendasikan untuk dipakai?

  9. Assalammu’alaikum Warahmatullah Wabarokatuh
    Mas Ebta aku sudah bikin gambar animasi dengan format GIF tapi ketika aku jadikan sebagai foto profile di facebook kok efek animasinya tidak bekerja di facebook, apa facebook tidak mendukung efek animasi? sekian terima kasih…
    wassalam…

Comments are closed.