53

Tips mengatasi booting/loading komputer yang lambat

Dengan spesifikasi komputer standard saat ini, untuk menampilkan windows [Xp, 2003, Vista atau 7] secara penuh seharusnya kurang dari satu menit atau sekitar itu. Tetapi jika tampilnya lebih dari 2 menit atau berhenti lama sebelum desktop (icon, start menu dan lainnya ) tampil penuh, kemungkinan ada yang bermasalah dengan windows-nya.

Ada beberapa hal yang bisa kita cek untuk mengetahui permasalahan ini. Hal mendasar yang harus diperiksa adalah program apa saja yang berjalan ketika windows tampil. Untuk mengetahuinya bisa di periksa dengan tools seperti Autoruns. Lihat di Tab Logon terutama bagian HKLMSOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionRun sampai kebawah.

Daftar yang ada merupakan program yang akan selalu dijalankan bersamaan dengan windows. Jika ada program yang tidak dikenal, mencurigakan atau aneh, hilangkan tanda check disampingnya, yang berarti program tersebut tidak akan dijalankan ketika windows start. Atau program yang hanya meminta Update atau aplikasi lainnya yang tidak begitu penting, hilangkan saja tanda checknya ( baca juga tips mendeteksi keberadaan virus dan sysinternals free utilities )

Setelah selesai, kemudian Restart Komputer, dan periksa apakah loading masih juga lambat. Jika masih lambat maka perlu dicek Sistem-nya dengan langkah sebagai berikut :

  • Buka Event Viewer (Control Panel > Administrative Tools > Event Viewer)
  • Setelah tampil, dari daftar di sebelah kiri dibagian Even Viewer (Lokal) pilih System, akan ditampilkan keterangannya/pesan disebelah kanan (Informations, Error dan warning)
  • Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action > Clear All Events. Ketika muncul konfirmasi akan disimpan, klik saja yes untuk menyimpan semua pesan tersebut. Setelah daftarnya kosong, Restart Komputer
  • Ketika loading biarkan sampai windows tampil penuh, setelah selesai, periksa kembali Event Viewer bagian System (seperti diatas)
  • Coba diamati, terutama bagian Error atau Warning. Periksa kolom waktuya (Time), jika selisih waktu antara pesan tersebut dengan pesan d atasnya cukup jauh (mungkin lebih dari 1 atau 2 menit), maka kemungkinan permasalahannya disitu. Double klik untuk mengetahui permasalahannya

Jika kita bisa memahami permasalahan/deskripsinya maka coba langsung diatasi. Tetapi mungkin sebagian akan kesulitan membaca pesan tersebut, apalagi ada informasi yang sama sekali aneh. Jika seperti itu, catat atau perhatikan pesan yang ada, kemudian kita tanya ke ahlinya (perlu koneksi ke Internet) yaitu dengan membuka alamat ini : http://go.microsoft.com/fwlink/events.asp

Bagaimana Selanjutnya ?
Setelah membuka link tersebut, tampil seperti berikut.

Coba gunakan pencarian yang diatas, jika tidak brehasil gunakan pencarian bagian bawah. Bisa dimasukkan kode event ID atau sebagian isi dari Description. Seharusnya akan ditampilkan artikel atau pembahasan mengenai permasalahan yang ada. (http://ebsoft.web.id)

53 Comments

  1. Mas Ebta makasih nih infone
    kiraiin antivirus sama memory yg bisa bikin loading winxp y lama
    teryata ada yg laen
    maturnuwun mas

  2. terima kasih mas Ebta Setiawan, atas informasinya tentang mengatasi lambatnya loading/booting komputer, saya sempat mengalami hal tersebut, alhamdulillah sekarang tidak lagi, Semoga TYME yang membalas kebaikan mas Ebat. thank. Salam.

    Amiin.. terimakasih

  3. Makasih Mas EBTA… Saya langsung coba tipsnya ah…

  4. mas,,makasih tips ny loh..
    manfaat bgd..
    hehe..a misi donlot y..
    hehe..

  5. # Buka Event Viewer (Control Panel > Administrative Tools > Event Viewer)
    # Setelah tampil, dari daftar di sebelah kiri dibagian Even Viewer (Lokal) pilih System, akan ditampilkan keterangannya/pesan disebelah kanan (Informations, Error dan warning)
    # Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action > Clear All Events….. di menu action cuma ada ‘refresh. properties dan help… ga ada ‘clear all events. salah liat yah ? *lempar obat mata :) solusinya tolong mas kirim ke alamat email: merans@mailmate.co.za makasih mas

  6. Selamant Pagi,

    maaf pertanyaan saya agak meleset, komputer saya kalau di hidupin cepet tapi kalau mati lambat sekali kayak ada program yang masih jalan tapi sudah semua di close kenapa ya???. tolong kasi saran & solusi!!! thanks…

  7. @komang
    Coba di cek terakhir menginstall program apa, biasanya ada salah satu aplikasi yang menyebabkan seperti itu..
    Bisa dicek juga aplikasi yang otomatis berjalan dengan windowsnya.

  8. Assalamualaikum Mas Ebta,,
    komputer saya kalau shut down luuuambat banget, padahal bootingnya cepet setelah aku ubah “menu show delai” dari Run>regedit….
    apa gak ada trick untuk mempercepat shut down via regedit mas ???
    mohon bantuannya ya…
    thanks

  9. assalamu alaikum
    saya belajar membuat blog menggunakan wordpress. pada masa yang sama saya mencoba buat halaman web di publisher. lalu gimana caranya sy mem-publish-kan halaman yang sudah saya buat itu mas?
    terima kasih

  10. Wa’alaikumsalaam warahmatullah

    @andika
    Biasanya ada satu atau beberapa aplikasi yang menyebabkan shutdown menjadi lambat. Atau bisa juga karena sistem sudah terlalu banyak program yang di install dan “kurang sehat”..
    kalau optimasi melalui regedit, kurang tahu juga apakah ada..
    Sebelumnya pernah melihat software untuk mempercepat shutdown, tetapi sudah lupa software apa

    @syamsuri
    jika hanya arikel, bisa langsung di copy paste ke bagian penulisan artikel di wordpress (meskipun ini bukan cara yang baik). Tetapi jika sudah berbentuk web site, maka sepertinya tidak (belum) bisa di integrasikan dengan wordpress.

  11. aku da coba lewat event lalu Hapus pesan yang ada, dengan cara memilih menu Action > Clear All Events….. di menu action cuma ada ‘refresh. properties dan help… ga ada ‘clear all events.kenapa yach..???
    mas tolon di email dong ke mblokade@yahoo.com

  12. Mungkin usernya tidak mempunyai hak akses admniistrator.. coba kalau melaluii safe mode apakah juga sama demikian..

  13. mantep….dapet aja lagi linknya…thx ya.
    Tapi adanya software ini bahaya ga’ sih?

    ntar ada yang bikin virus trus masukin ke regedit yang urgent lagi…

    kan biasanya virus maker cuma main d HKCU…Run. Saya Pikir dengan adanya software ini virus maker bisa jadi lebih liar..
    bener ga’ sih?

  14. @nugraha
    maksudnya Autoruns ? ini tidak berbahaya, bahkan mungkin menjadi software yang “wajib” dimiliki, mengingat manfaatnya..

    Dengan ini bisa diketahui semua program/file yang berjalan ketika windows start up..

  15. Pingback: » 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP 00.00 WIB - 0177
  16. Pingback: 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP « Ungkapan Pemikiranku
  17. Pingback: 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP | Informasi dan Teknologi
  18. Pingback: Mari berbagi Informasi……. » Blog Archive » 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP
  19. Pingback: It’s My Free Life
  20. ups cowrie om,pertanyaan saya kayaknya juga melenceng neh,gimana matiin virus lewat regedit,bisa gak,trus matiin boot virus.thanks buaaaaaanyak om.

  21. @blackhold
    setahu saya tidak bisa, karena regedit hanya menyimpan database konfigurasi windows saja..

  22. Pingback: 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP « mtfauzi’s blog
  23. Nulis dikit barangkali berguna, hehe..
    Bagi yg gak nemuin option clear all events, klik ja bagian system baru klik action, jgan klik isinya baru action.. Thank y0u..

  24. wah….aq pingin nyoba ah….
    tapi takut ntar ada yang salah……
    tapi penasaran banget pingin nyoba….

  25. Pingback: rinarizki » Blog Archive » 3 Langkah Mudah Meningkatkan kinerja Windows XP
  26. sudah saya coba
    ternyata manjur juga
    anda baik
    terimakasih

  27. mas, gw mw tanya. Komputer gw kalo baru di jalanin, kenceng bgt tp kalo udah lama koq agak lag.? cariin solusinya

  28. Mas mo nanya, saya punya gambar jpeg, saya liat dengan thumbnail masih terlihat normal dan utuh, tetapi begitu saya klik gambar tersebut untuk dilihat dengan ACDsee koq gambar yang tampil cuma separoh ( umpama saya photo satu badan tetapi yang tampil separoh badannya hitam. kenapa dengan komputer atau acdseenya saya?

  29. saya coba untuk jalankan •Buka Event Viewer (Control Panel > Administrative Tools > Event Viewer)…tetapi kenapa saya klik system yang keluar warning dg tulisan “unable to complete the operation on “system”. The interface is unknown.
    Mohon pencerahannya lagi.

    Salam,

  30. saya mau tanya bagaimana
    membuat kinerja komputer yang lambat
    menjadi cepat
    saya sudah coba semuya cara
    dari regedit,defrag,msconfig.
    mohon bantuanya yah masssss

  31. del c:windowsprefetchntosboot-*.* /q
    save ke c: kasi nama ntosboot.bat
    mycompdevice managerhardware
    IDE ATA/ATAPI -> semua primary & secondary di tab Advance Setting Device type yg auto detection yg bisa di ganti, ganti ke None.
    trus restart…

  32. panggil ntosboot.bat saat shutdown…
    cari sendiri caranya…. :(~

  33. mw tanya dnk… knp y klo tiap sya buka file yg brekstensi FLV dan file hasil compressan selalu muncul kalimat “…memory could net be written”. tolong y…. makasih…

  34. g ingin tahu caranya boting dan install ulang komputer dengan jelas atas bantuanya q ucapkan terima kasih

Comments are closed.