37

Tips mengemballikan ukuran (memory) USB Flashdisk ke semula

Mungkin ada di antara kita yang pernah mengalami perubahan ukuran USB Flashdisk dari ukuran normal penuh menjadi sangat kecil, misal 8 GB menjadi hanya berapa MB atau bahkan 0 KB. Jika mengalami kejadian seperti itu, format Flashdisk kadang bisa menjadi solusi. Tetapi jika format biasa gagal, mungkin bisa menggunakan software alternatif BootIce.

Perubahan ukuran bisa disebabkan oleh virus (malware) yang sengaja merusak partisi yang ada di Flashdisk. Meski virus sudah hilang, tetapi efek ini bisa saja tetap ada. Tetapi bisa jadi perubahan ukuran ini disebabkan oleh faktor lainnya, termasuk juga karena kerusakan hardware, dan yang seperti ini biasanya jalan satu-satunya adalah menukar ke toko (jika garansi masih ada).

Ada beberapa satu tips yang bisa dilakukan jika kita mengalami kejadian tersebut. Pertama, coba gunakan software format pihak ketiga, seperti misalnya HP USB Disk Storage Format Tool. Jika format menggunakan software tersebut tidak berhasil, ada alternatif lainnya, yaitu menggunakan software gratis BOOTICE.

Pertama-tama, masukkan USB Flashdisk ke komputer dan jalankan Bootice.exe (yang bisa di download dari link di akhir artikel ini). Pastikan Bootice dijalankan dengan hak akses administrator (untuk windows vista/7, klik kanan dan Run as Administrator). Dari halaman utama, pilih USB yang ingin di format.

Setelah USB dipilih, klik tombol Parts Manage. Windows baru akan tampil dan akan terlihat partisi yang ada dan parameternya.

Selanjutnya klik tombol ReFormat USB disk, sehingga akan tampil pilihan “Repartition and Format USB device”. Untuk Disk Mode pilih saja “USB HDD..” dan Partition alignment “Align to cylinder”. Selanjutnya tekan saja tombol Next.

Akan muncul pilihan Format Options. Untuk FLashdisk atau memory card lainnya, biasanya File System antara FAT16 atau FAT32, sehingga pilih diatara itu saja. Untuk Vol label silahkan diisi apa saja. Terakhir klik tombol OK untuk mulai melakukan ReFormat Flashdisk.

Jika berhasil, akan tampil pesan bahwa format USB berhasil dan ukuran flashdisk bisa kembali ke semula. Jika cara diatas belum berhasil, bisa dicoba pada langkah Disk Mod dipilih opsi USB FDD Mode dan File System dipilih antara FAT16 atau FAT32.

Dengan melakukan Format Flashdisk, maka data-data yang ada di flashdisk akan hilang, sehingga pindahkan (simpan) jika masih ada data-data penting didalamnya. Gunakan software ini hanya untuk USB Flashdisk/Memory card yang bermasalah.

Download BOOTICE (156 KB)

37 Comments

  1. kadang kita dirugikan dengan berkurangnya kapasitas falashdisk. terimakasih infonya mas ebta. oh ya, tips ini bisa dipakai untuk harddisk eksternal tidak? karena memori harddisk yang kemakan lumayan besar juga, apalagi yang kapasitasnya tera-teraan.

  2. Trims Mas Ebta
    Flashdisk yang sekian lama nganggur karena gak bisa diformat, akhirnya bisa dipake lagi

  3. saya salut dengan mas Ebta ini.. ada aja judul artikelnya yang menambah ilmu. jazakallahu mas. Semoga Allah memberikan keberkahan untuk mas Ebta dan keluarga

  4. makasih mas atas informasinya,saya akan coba nanti soalnya ada 1 FD yang sudah tidak digunakan lagi karena tiba2 setelah diformat ukurannya malah menjadi 2MB dari 2GB.

  5. #14 soe3zno
    Flashdisk 8 GB memang yang akan terbaca sekitar 7.3 GB atau 7.4 GB hal ini karena ukuran dalam KiloByte, MegaByte, GigaByte berbeda dengan ukuran biasa (bukan perkalian 1000). 1 KB= 1024 byte. Demikian juga hardisk 400 GB akan terbaca hanya sekitar 372 GB, 300 GB terbaca 279 GB dan seterusnya..

    Label Flashdisk 4GB, 8GB menunjukkan perkiraan/label dalam ukuran perkalian 1000. Sedangkan KiloByte komputer ukurannya 1024

    sebagai contoh Flashdisk 4 GB aslinya berukuran sekitar 4.007.624.704 byte, karena komputer membaca 1 KB = 1024 byte, 1MB=1.048.576 byte dan 1GB = 1073741824 byte, maka ukuran ini terbaca di komputer ‘hanya’ 3.73 GB ( = 4.007.624.704/(1024*1024*1024) )..

  6. Terima kasih Mas Ebta, saya sudah berhasil mengembalikan ukuran Flash Dish dari 0 kembali ke semula menjadi 4 G.

    Tetapi masalahnya Flasdish tersebut tidak bisa menyimpan data, infromasinya flashdish is protect. Bagaimana solusinya ya?

    Terima kasih atas tanggapannya.

  7. kalau FD bad sector gimana gan? bisa diformat tapi untuk copy gak bisa. FDku 4 giga tapi yang bisa dipakai cuma 400 mb-an. sesudah 400 mb gak bisa diisi lagi. maksudnya bisa copy tapi sesudah dicabut n dibuka lagi gak ada isinya. thx

  8. Ketemu juga solusinya, dapet tips cuman bahasa inggris semua jadi kurang ngerti. Makasih ya mas izin sedot toolnya.

  9. flashdisc ku 8GB tapi pas dicolokan ko ada perintah u diformat wah gimana tuh cauze kalo diformat malah hilang dat-datanya caranya gimana biar ga seperti itu

  10. Ruang FD korup pasrah deh dah biasa uang kita dikorup!

Comments are closed.