31

Tips Scan Virus dengan Avira Antivir di Bootable CD UBCD4Win

UBCD4Win merupakan salah satu Bootable Recovery CD yang sangat bermanfaat, salah satunya untuk melakukan scan komputer yang sudah terkena virus. Ketika berbagai cara untuk membasmi virus melalui windows sudah tidak berhasil, maka bootable CD UBCD4Win ini patut dicoba. Kita bisa menggunakan antivirus Avira Antivir yang sudah disertakan didalamnya.

UBCD4Win terakhir di rilis pada 21 Juni 2010. Dengan UBCD4Win ini kita bisa membuat bootable CD/USB dengan menggunakan CD Windows XP atau Windows Server 2003. Bootable CD ini menyertakan banyak program bermanfaat, seperti Antivirus, Antispyware, Recovery, CD Burning, CleanUp, berbagai Utilities dan lainnya.

Ketika kita menjalankan Bootable CD ini, windows akan berjalan langsung dari RAM (Memory), sehingga virus dan berbagai program merusak lainnya tidak akan bisa berjalan. Untuk bisa membuat Bootable CD ini, bagi yang belum tahu, bisa membaca artikel terdahulu tentang Cara Membuat Bootable CD UBCD4Win.

Salah satu antivirus yang disertakan adalah Avira Antivir 9 Personal. Tetapi ada beberapa hal atau tips yang perlu dilakukan sebelum melakukan scan virus dengan Avira. Seperti yang sudah kita ketahui, scan virus tidak akan maksimal jika antivirus ini tidak rutin di update. Kemudian bagaimana mengupdate antivirus yang ada di bootable CD ini ? mengingat update terakhir avira adalah bulan Juni 2010.

Update Avira di Bootable CD UBCD4Win

Untuk update manual avira, sama seperti update di windows. Pertama, download file update vdf_fusebundle.zip ( ukurannya sekitar 43 MB). Copy file update ini di USB Flash drive (flashdisk).

Karena Avira yang ada di bootable CD menggunakan registrasi lama (hbedv.key), maka avira tidak akan bisa di update dengan update terbaru ini. Untuk mengatasi hal ini, ambil kode registrasi (file hbedv.key) dari Avira yang sudah terinstall di windows ( biasanya ada di folder C:Program FilesAviraAntiVir Desktop). Selanjutnya, copy file hbedv.key ini di folder Antivir yang ada di bootable CD. Jalankan ulang avira yang ada di bootable CD. Setelah itu, update manual dengan file vdf_fusebundle.zip yang sudah di siapkan di flashdisk.

Cara update melalui menu Update > Manual Update. Setelah avira berhasil di update, lakukan scan komputer. Karena deteksi virus avira tergolong cukup tinggi, biasanya virus akan terdeteksi dan selanjutnya terserah kita, hasil deteksi akan di hapus atau di rename. Setelah selesai scan, restart windows. Biasanya cara ini cukup efektif untuk membasmi virus.

Tambahan

Ketika sudah masuk UBCD4Win, jika di prediksi komputer terkena virus lokal, mungkin bisa mencoba menggunakan Antivirus lokal yang bisa berjalan tanpa perlu installasi (portable). Caranya bisa memasukkan antivirus lokal ke dalam flashdisk. Meskipun saya sendiri belum mencoba apakah ada antivirus lokal yang bisa berjalan di dalam bootable CD ini.

Link Download dan Fitur Selengkapnya : UBCD4Win

31 Comments

  1. Saya masih agak bingung dengan cara pengupdate-an Avira, karena saya cek Avira yang ada di UBCD4Win adalah versi 9 yang masa pakainya sampai tanggal 1-7-2010. Apakah Avira yg sudah expired tsb masih bisa digunakan?

  2. mas tolong jelasin cara menggunakan hiren boot cd dan seluk beluknya..

  3. sma live cd windows itu apa..menggunakan norton ghost..cara menggunakan virtualbox ditunggu mas artikelnya..

  4. Makasih infonya, alhamdulillah komputer saya belum pernah terserang virus ganas.

    Selain menggunakan UBCD4Win, apakah virus windows bisa dibersihkan dengan bootable linux portable?

  5. @bayu, avira gak akan expired kalo file hbedv.key sdh disalin ke bootcd-nya… Otomatis akan aktif sampe 2011 gan
    @egie, cara pake hirens saya rasa masih sama dg ubcdwin, review pribadi ya, saya rate buat hirens bootcd

  6. Wah, bagus juga sih tipsnya… Tapi pake AVG 2011 yang versi gratisan aja udah cukup… 😛

  7. Tks mas Ebta atas infonya.
    Tapi sepertinya masih lebih lengkap Hiren’s 🙂

  8. assalamualaikum mas ebta
    subhanallah, alahamdulillah.. kelihatannya cara ini bisa dimanfaatkan untuk scan virus di laptop bervirus tapi ribet untuk discan paralel pada pc bersih virus. terima kasih atas ilmu yang bermanfaat ini. jazakallah.
    wassalamualikum.

  9. maaf pembetulan kalimat “alahamdulillah” seharusnya “alhamdulillah” nuwun.

  10. Ass.Wr.Wb. Sy akan coba copy file hbedv.key ini di folder Antivir yang ada dlm UBCD4WIN 3.60, mdh2an lancar. Untuk SMADAV bisa jalan di UBCD4WIN 3.60 ini kok, hasilnya bagus!! Kapan ya ada UBCD4WIN yg berbasis Win7 ?? Wass. Wr.Wb.

  11. @bayu
    Ya, seperti jawaban aacoy, dg hbedv.key yang baru, avira tidak akan expired

    @egie
    sudah lama tidak menggunakan hiren’s
    selain itu karena itu menyertakan banyak program berbayar (sehingga tidak bisa di review disini – karena termasuk bootable cd “tidak legal” )

    @Ebooke
    Bisa saja, asalkan kita bisa mencari sumber virusnya..

    @Ady Bangun
    Iklan yang mana ya ?

    @Aacoy
    Terimakasih atas tanggapannya

    @umar
    iya lebih mantap hirens karena didalamnya disertakan banyak software berbayar…

    @Kasdw
    wa’alaikumsalaam
    waiyyakum, semoga bermanfaat..

    @joel
    Iya, diwebsitenya katanya sedang dikembangkan untuk win7.. kita tunggu saja..

  12. @Aacoy & mas Ebta : makasih atas tipsnya. Hbdev-nya Avira 10 sudah saya copykan pada folder UBCD4WIN sebelum dibuat Iso-nya, dan Avira 9-nya menjadi valid till 2011. Untuk upgrade antivirusnya, ternyata bisa dilakukan dengan dengan meng-excute file “get_update.cmd” sehingga saat di buat Iso dan dijadikan CD, AV-nya sdh ter update.

  13. @mas Ebta:
    Hehehe.. bisa aja Mas. Tapi di Hiren’s versi terbaru hampir semua software yg berbayar/komersial dihilangkan. Seperti Norton Ghost & Partition Magic sudah ndak ada.

  14. @bayu
    Iya kemarin baru coba2 teryata bisa..

    @Ady Bangun
    iya, kemarin lupa ada yg dihilangkan setting linknya

    @umar
    wah saya malah baru tahu kalau sudah di revisi seperti itu..
    sebaiknya saya cari informasinya lagi. terimakasih..

  15. nyerah mas, saya pesan ajah langsung ke mas ebta ya… bisa gak ?…

  16. bagus infonya, tapi nggak kepake sampai saat ini sejak nggak pake Windows.
    Lagian nggak mampu bayar lisensi, mending buat bayar kuliah. Apalagi ngetik, nggambar, ngitung cukup pake yg ada di UBUNTU. Virus dikomputer? wah udah lama nggak kenal..

  17. assalamualaikum..mas ebta utk update avira nya sblm atau ssudah di burn ke cd?
    saya nyoba update koq gak bs trus y?
    hbdev trbaru dah tak copy ke B:RAMdisk/Antivir shg valid smpe 2011,file ivdf jg dah tak dnlod tp gagal trus wktu mau ngupdate..mhn pncerahanya mas..syukron

  18. Punten mas ebta, saya mo nanya pas lagi install UBCD4Win versi v360, koq anti virus yg gw pake (antivir)ngedetec klo di v360 ne ad malwarenya 2 (tp ga tau apkh virus/spy/trojan/dll). Jd gmnne??? Please…

Comments are closed.