27

Uji Kecepatan Baca Tulis USB Flashdisk dengan USB Flash Benchmark

Saat ini sebagian besar kita pasti memiliki USB Flashdisk, dan mungkin juga sebagian besar sudah menggunakan USB 3.0 karena memang dari segi kecepatan baca dan tulis jauh lebih cepat dari USB 2.0. Sebelumnya saya pernah menulis tentang Test kecepatan baca tulis flashdisk dengan speedout, meskipun hasilnya cukup akurat, tetapi kurang memberikan informasi lebih detail.

Alternatif lain adalah menggunakan sebuah program atau software kecil yang bernama USB Flash Benchmark. Aplikasi gratis dan portable ini penggunaannya cukup sederhana, tinggal jalankan, pilih lokasi atau drive USB Flashdisk yang kita pasang di komputer atau laptop dan klik saja tombol Benchmark F: (jika usb flashdik ada di drive F). Selanjutnya kita tinggal melihat dan menunggu proses pengetesan selesai (jangan menggunakan mouse atau komputer terlebih dahulu selama pengetesan).

Berikut adalah contoh tampilan hasil pengujian USB 3.0

usb-flashbench-samsung-32-gb

Yang menarik dari aplikasi ini adalah proses pengetesan kecepatan tidak hanya menggunakan sebuah berkas (file)Β atau beberapa berkas, tetapi bertahap mulai dari berkas yang berukuran besar ( 16 MB) sampai yang berukuran paling kecil ( 1KB). Diantara ukuran tersebut, ukuran pengetesannya bertingkat, yaitu : 8MB, 4 MB, 2MB, 1MB dan seterusnya.

Hasil pengetesan juga diberikan secara grafis dan tulisan. Grafik warna hijau adalah kecepatan baca dan warna merah adalah kecepatan menulis di USB Flashdisk tersebut. Kalau melihat contoh hasil pengujian USB 3.0 diatas, proses baca tulis USB akan cenderung stabil ketika ukuran berkas 512 KB keatas, dan akan cenderung menurun drastis ketika ukuran sudah dibawah 32 KB, bahkan akan sangat lambat ketika ukuran berkas hanya 4KB, 2 KB atau bahkan 1 KB.

Berikut contoh pengujian hasil untuk USB 2.0 :

usb-flashbench-sandisk-16gb-usb-2-0

Melihat contoh pengujian USB 2.0, agak sedikit berbeda, karena kecepatan baca tulis masih cenderung stabil ketika ukuran berkas masih daiatas 32KB, sedangkan kecepatan akan menurun drastis ketika ukuran dibawah 8KB.

Beberapa kesimpulan dari contoh pengujian ini antara lain :

  • USB 3.0 memang lebih cepat, baik proses baca maupun tulis berkas (jika hasilnya masih sama atau hampir sama, bisa jadi laptop atau komputer yang digunakan memang belum mendukung USB 3.0, jadi akan terbaca sebagai USB 2.0)
  • Kecepatan baca tulis data akan dipengaruhi oleh ukuran data, melihat contoh diatas, untuk USB 3.0 ukuran berkas 256B atau 512 KB keatas akan memberikan performa terbaik, sedangkan untuk USB 2.0 32KB keatas (bisa berbeda untuk tipe dan merk lain).
  • Proses baca data akan selalu lebih cepat daripada proses tulis berkas ke flashdisk.
  • Jika ingin mempercepat proses tulis (copy berkas ke flashdisk) dari data yang jumlahnya banyak dan ukurannya relatif kecil, arsipkan dulu menjadi satu (compress menjadi satu atau beberapa berkas zip, 7zip atau Rar). Karena proses tulis data yang besar tetapi sedikit, akan jauh lebih cepat daripada proses tulis data yang banyak tetapi ukurannya kecil-kecil.

Jika ingin mencoba, silahkan download saja USB Flash BenchmarkΒ  ( 35 KB)

27 Comments

  1. ya ampun sudah lama sy langgannan isi blog ini via email sejak pertama kali ngerti internet. hingga saat ini blog masih eksis n posting rutin. mksh atas ilmunya dr blog ini maju terus. hebat bs hidup terus blognya
    btw ini monetise pake adsense ya? dpt brp sebulan?

  2. Sekian lama g dpt newsletter ahirnya dpt lg dgn artikel baru dan aplksi baru.. ayo kembgkn lg aplksi baru lain bung ebta…
    Dulu mengenal ebsoft dr sholu dan kamus.. thanks

  3. Dear editor,

    I am so sorry to contact you at the comment field… I cannot find the contact page… So sorry…

    We have started the time-limited giveaway of PDF Compressor (http://www.pdfcompressor.net/giveaway.html). It will be available before February 1, 2017, at no cost.

    Is it possible to share it on your side? That will be much appreciated. πŸ™‚

    PDF Compressor works by converting scanned PDF files into smaller files. According to PDF Compressor, their software offers a 23% compression ratio that takes 30MB files and converts them into 8MB files without sacrificing content or quality.

    Users can also choose to save their files to the original folder without overwriting the original versions, and they can also opt to save PDF files to specified folder paths.

    In addition, PDF Compressor automatically removes restrictions from protected files.

    I can prepare boxshot and screenshot materials for you if needed. Thanks a lot πŸ™‚

    Regards,
    Maggie Lewis

  4. Thanks banget infonya admin, sangat bermanfaat tentunya…
    Kalau mau beli FD kira2 boleh ditest dulu nggak ya pake apps itu? πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *