22

Video tutorial HTML dan CSS 01 : Halaman web pertama saya

html-css-video-tutorialPerkembangan teknologi saat ini hampir tidak bisa dilepaskan dari internet, dalam bidang programming, berbagai aplikasi atau software yang biasanya dijalankan secara offline (desktop) mulai banyak beralih ke aplikasi berbasis web, apalagi dengan maraknya berbagai gadget saat ini. Mulai saat ini ebsoft akan ada konten baru, yaitu video tutorial diawali dengan HTML dan CSS.

Pada video tutorial pertama ini, sebagaimana tutorial berbagai bahasa pemrograman yang lain, yang biasanya diawali dengan menampilkan “Hello World”, saya akan mulai dari tutorial yang benar-benar dasar. Sehingga bagi yang sama sekali masih awam bisa mengikuti dan mengambil manfaat dari tutorial ini. Bagi yang sudah familiar mungkin bisa mendapatkan beberapa ilmu baru atau bisa menunggu tutorial-tutorial berikutnya insyaAllah.

Mengapa HTML dan CSS?

Saat ini berbagai aplikasi baik di komputer, smartphone, iphone, ipad, tablet pc hampir tidak terlepas dari html. Apalagi bagi yang ingin terjun dibidang web, web apps dan sejenisnya, menguasai html baik dasar atau advanced menjadi modal utama.

Video tutorial HTML dan CSS 01 “Halaman web pertama saya”

Didalam video ini saya akan memperkenalkan apa itu html dan bagaimana membuat halaman html yang sangat sederhana dengan text editor paling sederhana di windows. Selain itu didalama tutorial ini akan dikenalkan beberapa istilah dalam html, bagian-bagian dasar yang biasanya ada didalam dokumen html dan beberapa tips lainnya.

Kode HTML ini nantinya kurang lebih akan sebagai berikut:

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>Belajar HTML dan CSS</title>
    <meta charset="utf-8" />
  </head>
<body>
Ini adalah halaman web pertama saya
</body>
</html>

Itu adalah komponen atau tag dasar sebuah halaman html, dengan tag tersebut kita sebenarnya sudah membuat halaman web sederhana dengan benar.

Mengapa menggunakan Notepad, padahal masih sangat banyak text editor atau apliaksi lain yang lebih hebat? Ya, memang untuk tutorial pertama ini saya sengaja menggunakan Notepad, karena selain bawaan windows dan text editor semisal ini hampir selalu ada di setiap sistem operasi. Selain itu ingin menunjukkan bahwa membuat kode html dengan motepad saja bisa.

Tetapi pada tutorial-tutorial berikutnya, saya akan menggunakan salah satu program gratis yang sangat powerfull untuk “coding” html dan css termasuk bahasa pemrograman lainnya, serta tips dan trik agar text editor tersebut mampu kita gunakan sebagai text editor utama, memberikan berbagai fitur luar biasa dan yang bisa menggantikan program kelas berat seperti Macromedia Dreamweaver.

Maaf jika bahasa pengantar dan kosa kata di video tutorial ini agak berantakan, karena belum sempat di edit dan masih apa adanya. Semoga tutorial ini bermanfaat, dan tunggu tutorial berikutnya yang akan lebih menarik.. Jika ada pertanyaan, masukan atau saran lainnya, silahkan disampaikan melalui komentar..

22 Comments

  1. Thx mas Ebta, ini suatu pembelajaran yang baik bagi saya yang msh awam tentang html.

  2. Semoga Mas Ebta dan keluarga senantiasa diberkati kesehatan agar ilmu yang disampaikan melalui blog ini lancar berkelanjutan. Amin! Terima kasih.

  3. Lumayan untuk review ulang.
    Ngomongngomong mas Ebta buat video tersebut menggunakan software apa?

  4. alhamdulillah pas sekali dengan apa yang saya butuhkan. ditunggu tutorial berikutnya mas.. terima kasih banyak

  5. Terima kasih Mas Ebta Tutorialnya…..tapi videonya kurang jelas, tulisan ngk kebaca…….

  6. #3 Jaka
    Menggunakan software Camtasia versi 3 (software versi sudah lama sekali, dulu pernah dapat serial numbernya gratis), meski saat ini tidak sepenuhnya kompatibel dengan windows 7..

    #8 samsul hadi
    Silahkan melihat melalui versi youtube-nya dan di menu option dipilih yang 480p..

  7. alhamdulillah, akhirnya ada juga video tutorial buat qt yg masih sedikit ilmunya. semoga bermanfaat mas,,

  8. Jazakallahu khair..
    Semoga Allah menambahkan akhi ilmu dan berkah kiranya, amin..
    Saya awam dalam hal ini walau sudah membaca berbagai buku, semoga dengan tutorial ini saya akan mengusai ilmu ini…
    Jazakallahu khair

Comments are closed.