41

6 Alternatif Membuka Dokumen Microsoft Office 2007 docx

office 2007 docx

Sejak munculnya Microsoft Office 2007, banyak pengguna yang tanpa berfikir panjang (ikut-ikutan) berpindah ke Office yang baru ini. Meskipun kadang hanya dipakai untuk mengetik seperti biasa/sebelumnya. Hal yang kadang merepotkan adalah format standard dokumen yang berbeda dengan versi office sebelumnya, yang semula ber ekstensi *.doc berganti *.docx.

Seringkali bagi pengguna office 2003 kebawah atau pengolah kata lainnya kesulitan membuka file docx ini jika tidak ada Office 2007. Sehingga kadang ada yang (terpaksa) menginstall Office 2007. Sebenarnya ada beberapa cara (alternatif) gratis membuka/mengedit file dokumen office 2007 (docx), tanpa perlu menginstall Office 2007.


Docx merupakan format baru Microsoft Word 2007. Format yang lain juga ditambah dengan ekstenxi x, misalnya xls -> xlsx ( MS Excel ) , ppt -> pptx (power point). Mungkin Microsoft berpikiran jika formatnya diganti membuat banyak pengguna juga mau tidak mau harus menginstall (membeli) Microsoft Office 2007. Teknik ini sepertinya cukup berhasil terutama bagi pengguna komputer di Indonesia ( yang sebagian selalu ingin menginstall program terbaru, tanpa melihat kemampuan, kinerja dan efektifitas).

Meskipun begitu, tidak semua pengguna komputer dengan mudah beralih ke Office 2007, karena berbagai sebab, seperti kinerja yang lebih lambat, antarmuka yang cukup jauh berbeda dengan versi sebelumnya, sehingga malah membingungkan dan lainnya. Karena sebagian menggunakan Office 2007 dan sebagian menggunakan Office 2003 kebawah, Open Office atau pengolah kata lainnya, sering banyak orang kesulitan jika mendapatkan dokumen dengan format docx.

Beberapa Cara membuka File Docx (Office 2007)

1. Microsoft Office Compatibility Pack

Microsoft sendiri tidak sepenuhnya meninggalkan produk Office versi sebelumnya. Mereka menyediakan tools khusus agar office versi sebelumnya ( 2000, 2002/Xp, 2003 ) bisa membuka dan mengedit format-format baru seperti docx, xlsx dan pptx. Hanya saja mungkin sebagian belum tahu.

Download Microsoft Office Compatibility Pack ( ~ 27.5 MB)

Atau jika kita hanya ingin membuka dokumen-dokumen tersebut, kita bisa download aplikasi terpisah Word Viewer (docx, 24.5 MB) Excel Viewer (xlsx, 74.1 MB) Power Point Viewer (pptx, 25.8 MB)

2. OpenOffice 3

OpenOffice 3 logo

Salah satu alternatif terbaik pengganti Microsoft Office. Versi terbarunya, OpenOffice 3 sudah mempunyai fasilitas untuk membuka Format Office 2007. Setelah saya mencoba dengan format yang cukup kompleks, OpenOffice masih bisa menampilkan semua isinya, meski ada beberapa format yang berubah.

Jika kita ingin mengedit dokumen tersebut, dimpan dulu dengan format lain seperti doc atau odt (format standard OpenOffice), karena format docx hanya bisa dibuka dan tidak (belum) bisa di edit langsung. Ukuran Installasi untuk windows sekitar 145 MB, Download OpenOffice

3. Konversi Format Online

Bagi yang mempunyai koneksi internet, dan tidak ingin menginstall aplikasi tambahan, bisa menggunakan fasilitas Free Online File Conversion. Ada beberapa situs yang menyediakan conversi format online, misalnya :

Zamzar, support maksimal 100 MB dan kita tinggal memasukkan alamat email yang akan dikirim hasil konversi dokumentersebut. Selain dokumen zamzar juga menyediakan konversi audio, video, image dan lainnya.

Docx Converter, seperti sebelumnya kita tinggal mengupload dokumen dalam format docx, memilih hasil formatnya dan mengisi email yang akan dikirimi hasil konversinya.

4. Membuka dengan Plugin OpenXML Viewer di browser Mozilla Firefox

Selain berfungsi sebagai web browser, Mozilla Firefox juga bisa kita gunakan untuk membuka dokumen docx dengan salah satu plugins OpenXML Viewer . Dengan plugin ini kita membuka docx sebagai salam format XML-nya. Tetapi kita tidak bisa mengedit tersebut. Plugins ini tersedia untuk firefox linux maupun windows.

Download OpenXML Viewer ( Linux 10.9 MB, Windows 3.6 MB. untuk Windows pilih OpenXMLViewer_win_firefox.zip)

5. Menggunakan Aplikasi AbiWord

Abi Word

Abiword merupakan program open source pengolah kata yang cukup populer, multi platform (Windows, Linux, QNX, FreeBSD dan Solaris). Dengan ukuran installasi program hanya sekitar 5.95 MB, kita bisa mendapatkan berbagai fitur sebuah Word Processing hampir sekelas Microsoft word.
Dengan menambahkan installasi AbiWord Plugins ( 900 KB), kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan import-export berbagai format dokumen termasuk format Office 2007. Tetapi jika terdapat format yang kompleks, kadang tidak sepenuhnya bisa dibuka dengan baik (belum sebagus OpenOffice 3)

Informasi selengkapnya dan Download di AbiSource

6. Menggunakan Software gratis Docx2rtf

Jika format dokumen docx sederhana, kita bisa mengkonversi menjadi format RTF dengan program ini. Selanjutnya hasilnya bisa dibuka dengan Wordpad atau Office versi lama. Selain format office 2007, Docx2rtf juga bisa mengkonversi format OpenOffice ( asw dan odt), membuka dan mencetak dokumen pdf, html, rtf, txt, pdb (PalmOS Database dokumen), prc ( Aportis).

Download Docx2rtf ( 2.56 MB) Inforselengkapnya di Docx2rtf

Referensi
– http://www.makeuseof.com/tag/4-ways-to-view-microsoft-office-2007-docx-files-for-free/
– http://www.ghacks.net/2007/12/10/ways-to-open-office-docx-documents/

Oleh ebsoft

41 Comments

  1. kelima cara pertama saya sudah tau, tapi cara ke-enam saya baru tau nih. ternyata ada freeware-nya toh? thankks bgt buat info-nya. unduh dulu ya…….

  2. I Love Open Office, Because Free anda Multi OS.Oke..Apalagi Versi 3nya,, Siap2 Wahai OFFICE 2007…

  3. cara yg ketujuh: bagi pengguna Office2007 yg ingin sharing file office-nya sebaiknya menyimpan file tsb dalam format office2003 atau sebelumnya (save document as…)

  4. @Kautsar
    Iya, untuk format sederhana cukup bagus kok..

    @POO
    Yup, berusaha mulai beralih ke open office

    @asep
    Iya, cara itu (save as) sering tidak dimanfaatkan oleh sebagian pengguna, selain karena mungkin tidak praktis setiap kali harus save as… atau juga sering lupa

  5. Jazakumullah khairan katsiran
    Trims Kang Ebta, nice info.
    Cuma nambahin, di Office 2007 kita khan bisa set “Save As . . ” defaultnya.
    Kita bisa set “Save As . . ” sebagai Office 2003 File Format *.doc)

  6. terima kasih banyak atas infonya, sekarang saya baru merasa lega atas info dari ebsoft, soalnya udah dari sebulan lalu saya dapat kiriman file berformat word 2007 ga bisa kebuka di word 2000. yap saya akan coba dengan Abi Word. sekali lagi terima kasih

  7. Ya.., Download untuk excel view or word view msoffice 2007 itu dikenakan biaya?.
    Dan apakah OpenOffice kerjanya tidak lambat pada pc dibawah pentium 4, saya pernah coba selalu lambat dalam membuka file dan kadang sering membawa virus kedalam file yang kita kerja.
    Gima tuh solusinya?

  8. @riksha
    waiyyakum
    Iya memang idealnya seperti itu, hanya saja karena setting defaultnya docx, maka biasanya jarang yang menyimpan melalui save as..

    @Krisditya
    Posting blog maksudnya ? kalau itu saya kurang tahu, tetapi Microsoft telah membuat program Windows Live Writer untuk kemudahan menulis blog. Saya belum pernah mencoba

    @Dresti
    Sama-sama.. jika formatnya tidak komplek, dengan AbiWord harusnya bisa.

    @sugiarto
    tidak.. kalau dibanding MS Office mungkin memang lebih lambat, tetapi tidak sampai lambat sekali harusnya

    @wawan
    sama-sama

    @rudy
    Bisa untuk platform : Windows, Linux RPM, Linux DEB, Linux 64 RPM, Linux 64 DEB, Linux IA64 RPM, Solaris x86, Solaris SPARC , Mac OSX Intel, Mac OSX PPC

  9. sebenarnya untungnya ada kok pakek “.docx”
    lihat aj ukuran filenya…
    3x lipat dari .doc

  10. sebenarnya ada untungnya kok pake “.docx”
    lihat aj ukuran filenya…
    3x lipat lebih kecil dari .doc

  11. Microsoft Office Compatibility Pack dari pada download aku udah punya OpenOffice 3 lagi pula ada juga yang portable lebih baik aku memilih open office aja dech… thaks atas ilmunya nich

  12. ass.saya mo minta tolong di kasi tau mgenai no passkey saat membuka perdana program office word & exel 2007.trim’s atas bantuannya….

  13. Nyaman kok pake office 2007,bisa aja set SAVE defaultnya sebagai format .doc dengan cara office button->word option->save->save files in this format. lalu tinggal pilih mau disave sebagai format apa.

  14. @Johan
    sama-sama mas, ini juga mencoba membiasakan dengan open office

    @ibnu
    wa’alaikumsalaam ( sebaiknya salamnya tidak disingkat ya.. )
    maksudnya password file-nya atau program installernya ?

    @Ray
    Iya, semoga bisa bermanfaat bagi yg lain..

  15. waaah.. ternyata open source bisa buka office 2007.. mantaafff… mencoba download dulu..l thx..

  16. Ngributin apaan sih?! yang jelas MS Office 2007 lebih seep ketimbang yang lain. Fasilitas ribbon, dan effect pada object cukup lumayan. Lihat aja di blognya aku, semua illustrasi aku buat dengan PowerPoint2007. Mantap gan…

  17. Selain 6 cara diatas, ada cara lain ga! misal’ ga perlu pakai aplikasi tambahan. kalo ga ad, ap aplikasi tambahan’y ad yg lebih kecil lagi size’y, coz’y ud mentok nih kapasitas size d rmh.

  18. @ANdoru
    Silahkan baca artikelnya…

    @Secret
    sepertinya bisa dengan Mozilla firefox, tetapi saya agak lupa dimana pernah membaca tips tersebut. sepertinya di labnol.org

  19. @ Mr. X Says:
    December 22nd, 2008 at 6:10 pm

    sebenarnya untungnya ada kok pakek “.docx”
    lihat aj ukuran filenya…
    3x lipat dari .doc

    ——–

    btw, tapi kalau kedua file dicompress, maka hasil yang doc sepertinya lebih kecil dari yang docx -CMIIW-

  20. boZ kLo mw Download Microsoft Office Proffesional 2003 di Internet Di situs apa Ya?? TentunYa Yg Free+license???

    Di Tunggu JWbnYa

    ThankZ,.,.

  21. Assalamualaikum
    halo mas Ebta, saya ada masalah yg bikin pusing nih…
    masalahnya ada pada office.misalnya, ketika sedang mengetik di Word terkadang tiba2 muncul pesan word error trus autorecover file.dan itu sgt mengganggu.begitu juga dgn office yg lainnya.
    saya sdh scan virus dgn AVG dan hasilnya nihil.bingung nih….. 🙁
    tolongin donk..

    wassalam!

  22. Assalamualaikum Kang Ebta,

    Kang aku mo tanya nih, kira2 boleh gak aku copy URL artikel yang udah dibikin di ebsoft di blog aku?

    Terus terang aku lagi belajar ngeblog nih. klo bisa sekalian kasih dong tips2 nge-blog

    Makasih banyak

    Wassalam,
    Djaenul

  23. @bRo TokeK
    wah kalau office prof 2003 yg free+lisense setahu saya belum ada.. adanya yg b*j*k*n

    @iqbal
    wa’alaikumsalaam
    kalau seperti itu sepertinya file installasi office ada yng rusak atau memang bugs dengan versi office tsb

    @Djaenul
    wa’alaikumsalaam
    Silahkan, asal sewajarnya saja ( tidak berlebihan) dan juga disertakan link balik ke artikel asli atau ke ebsoft.web.id

  24. Pingback: It’s My Free Life
  25. maksudnya bugs itu apa sih..?
    tolong di perjelas lagi donk mas ebta (maklum gaptek nih..)

  26. @iqbal
    Oh iya, kadang lupa menulis dengan istilah..
    bugs itu kesalahan programming, sehingga penguna melihat adanya error, aplikasi tidak berjalan sebagai mana mestinya dll..

  27. matur thank tiada duanya Q mas.
    pas ndonlot tutorial ternyata formatnya docx.
    cilaka 12 gak bisa buka.
    akhirnya kesasar ke sini.

    gak jadi deh cilaka.

    btw,
    tetep matur thank Q tiada duanya 🙂

  28. asyik ni mas,jadi ingat dulu kakakq yang kantornya pakai win 2003,lalu buka file doxc(win 2007)yang dibuat dirumah(emang kakakq suka bawa pulang pekerjaan kantor untuk dikerjakan dirumah,biar cepat katanya)karena kebetulan keluarga kami pake 2007 biar selalu update katanya ayah he…………he………(lol):-),terus itu file ga bisa di buka (ya jelas wong win nya masih 2003)trs dibela2in dia pulang tuk menyelesaikan masalah ini,aq gak tau mau diapakan cuma aq konvert ke 2003(lewat win 2007 tentunya) eh ternyata bisa,ka2kq bilang keatasannya agar diganti win 2007,setelah lihat ini jadi gak perlu lah upgrade win 2003 nya,cukup pakai software dan tutorial mas ebta ini.he……….he………

  29. makasih ya mas,aq jadi senang deh “pelesir” di blog mas ebta,abis ena sih semua ada kayak toserba gitu,he..he…….(lol).

  30. makasih ya mas,aq jadi senang deh “pelesir” di blog mas ebta,abis ena sih semua ada kayak toserba gitu,he..he…….(lol)bercanda.

  31. Mas saya mau tanya apakah linux terbaru dapat digunakan perangkat lunak seperti : office2007, autocad2008, SAP2000, Autocad Landevlopmet atau pemetaan,translator2,dll yang biasanya digunakan di windows XP sp2? trims

Comments are closed.