25

Tips Cara Menyimpan Semua Konten Dialog WhatsApp?

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi chatting yang mempunyai pengguna paling banyak dan paling aktif di dunia. Sebagian besar orang saat ini juga sudah mempunyai akun Whatsapp dan mungkin setiap hari tidak lepas dari komunikasi dengan aplikasi ini. Terkadang percakapan di WA ini menjadi data yang penting, dan kita ingin menyimpan seluruh percakapan di dalamnya mulai awal. Bagaimana caranya?

whatsapp-logo

Sebagia pengguna WA mungkin belum tahu bagaimana cara menyimpan seluruh percakapan yang ada baik antar pengguna pribadi atau percakapan dalam sebuah Grup WA. Bisa saja kita memilih satu persatu dialog yang tampil di WA dan menyalinnya, tetapi jika percapakan sudah berlangsung lama, tentu ini bukan hal yang mudah dan cepat dilakukan. Atau barangkali ada yang menyimpan melalui aplikasi web.whatsapp.com dengan cara menyorot semua dialog yang tampil. Meskipun cara ini bisa, tetapi seperti sebelumnya, kita harus menampilkan semua percakapan yang ada, belum lagi, jika anggotanya banyak, tidak akan mudah dibaca siapa yang mengirim pesannya.

Cara terbaik adalah menggunakan fitur “Email chat” yang sudah di sediakan oleh WhatsApp. Dengan fitur ini hanya semua percakapan baik dalam grup tertentu maupun percakapan pribadi antar pengguna bisa tersimpan dalam bentuk text lengkap dengan pengguna-nya serta opsi untuk menyertakan gambar dan video-nya jika diinginkan.

Caranya sebagai berikut:

  1. Buka grup atau percakapan didalam WA yang ingin disimpan di smartphone (HP) yang digunakan, karena menu ini tidak/belum tersedia di web WhatsApp.
  2. Ketuk menu opsi (biasanya terletak di pojok kanan atas), dan pilih menu more.
    wa-simpan-01
  3. Akan ditampilkan menu lagi, pilih menu Email chat.
    wa-simpan-02
  4. Setelah itu akan muncul konfirmasi apakah media (foto dan gambar) akan disertakan di dalam email, pilih ATTACH MEDIA jika gambar dan video akan disertakan ke dalam email atau WITHOUT MEDIA jika tidak. Perlu diperhatikan jika memilih Attach media, karena ukurannya bisa menjadi sangat besar, apalagi jika banyak video di dalam percakapan atau grup tersebut. Jadi sebaiknya pilih Without Media, untuk mengambil tulisan atau text-nya saja.
    wa-simpan-03
  5. Setelah di pilih, akan tampil konfirmasi atau menu untuk mengirim percakapan melalui aplikasi email apa (tergantung yang kita gunakan), misalnya kita pilih gmail. Selanjutnya akan tampil menu Compose untuk mengirimkan semua percapakan WA ke email yang diinginkan. Jika kita tidak punya email lain, bisa di isi dengan email kita sendiri (dari dan tujuan email isinya sama tidak jadi masalah).
    wa-simpan-04
  6. Setelah itu tekan tombol untuk mengirim email, dan tunggu sampai mendapat email yang berisi seluruh percapakan di WA yang kita pilih dalam dokumen txt.
    wa-simpan-05

Dengan cara tersebut, seluruh percakapan akan terkirim ke email dalam bentuk dokumen txt lengkap dengan tanggal/jam dan nomor pengirimnya mulai dari awal kita tergabung dengan grup (jika percakapan dalam grup) atau mulai percapakan pertama kali jika merupakan percakapan pribadi.

ebta

25 Comments

  1. Saya pernah menggunakan fitur ini, tetapi tidak semua gambar berhasil di-attach, terutama jika media yang ada di grup tsb sangat banyak hingga puluhan bahkan ratusan. Alhasil kita masih perlu menggunakan cara manual, yaitu dengan menyalin file-file yang ada di folder WhatsApp/Media.

  2. Saya pernah menggunakan fitur ini, tetapi tidak semua gambar berhasil di-attach, terutama jika media yang ada di grup tsb sangat banyak hingga puluhan bahkan ratusan.

  3. Benar saja kang, banyak yang belum tahu termasuk saya yang biasanya manual saja satu persatu untuk simpan chat di whatsapp. Pakai cara ini, penggunaan WA semakin joss, thanks ya kang.

  4. Penawaran Paid Review
    Hallo,

    Saya Soffian dari UrbanIndo.com situs jual beli properti No. 1 di Indonesia. Dari sekian banyak blog yang pernah saya kunjungi, blog Anda adalah salah satu blog yang membuat saya tertarik untuk berkunjung dan membaca setiap konten yang ada pada blog Anda.
    Saat ini kami sedang mencari blogger yang mempunyai blog berkualitas tinggi seperti blog, dengan ini kami mengajak Anda untuk bekerja sama dengan kami untuk melakukan paid to review. Kami akan sangat senang sekali jika Anda tertarik.
    Jika Berminat silahkan mengirimkan email ke :soffian@urbanindo.com

    Salam

    Soffian

  5. Nyimpen history ya om? ini yang ane cari. Kebiasaan klo beli2 online pasti chat di WA. buat jaga2 klo ada masalah hehehe. suwun om.

  6. ketinggalan informasi ternyata saya 🙁 selama ini hanya copy chat perckapan di WA ke google keep, terima kasih sharingnya 🙂

  7. Keren. Baru tahu saya.saya sih kurang ngerti kalau tentang hal WhatsApp. terima kasih..

Comments are closed.