20

Amankan dan bersihkan komputer serta browser dengan AdwCleaner

Ketika kita sering berselancar di berinternet, sering menginstall software, menambah add on atau plugins di web browser, tidak jarang tanpa kita sadari terpasang beberapa program atau aplikasi yang tidak kita harapkan, berbagai toolbar di web browser, yang sering memperlambat internet ketika berselancar, bahkan lama-lama akibatnya bisa berbahaya. Untuk membersihkan komputer kita dari berbagai aplikasi yang tidak di inginkan seperti itu, kita bisa menggunakan software gratis dan portabel AdwCleaner.

Potentially Unwanted/Undesirable Program (PUP) merupakan istilah untuk menyebutkan berbagai program atau aplikasi yang terpasang di komputer tanpa kita sadari atau inginkan. Biasanya aplikasi ini disertakan ketika kita memasang software tanpa memeriksa dengan cermat langkah-langkahnya (kebiasaan install next, next, dan seterusnya sampai selesai). Selain itu bisa juga terpasang ketika kita menambahkan fitur semisal add on atau plugins di perambah web (browser).

adw cleaner

Efek dari adanya aplikasi semacam itu cukup beragam, mulai dari sering tampil iklan yang memenuhi tampilan web secara tiba-tiba, ketika membuka halaman web tiba-tiba membuka juga halaman web lainnya, sering tiba-tiba diarahkan ke halaman web lain ketika kita klik link website, terpasang berbagai macam toolbar dan link yang tidak kita inginkan di web browser dan sebagainya. Sebagian aksi tersebut biasanya akan memperlambat kita dalam berselancar.

Salah satu program portabel dan gratis untuk menghilangkan berbagai aplikasi tersebut adalah AdwCleaner. Caranya, sebagai berikut :

  1. Download AdwCleaner  yang ukurannya sekitar 1.6 MB
  2. Tutup semua perambah web (web browser) yang sedang terbuka, dan aplikasi lain agar proses pembersihan berjalan dengan sempurna
  3. Jalankan AdwCleaner (klik dua kali), jika muncul konfirmasi apakah akan menjalankannya, klik saja Yes. Kemudian ketika muncul persetujuan, klik saja tombol “I Agree”.
    adwcleaner-agreement
  4. Setelah itu, jika komputer terkoneksi ke internet, adwcleaner akan melakukan update database aplikasinya, biasanya hanya beberapa detik saja.
  5. Ketika aplikasi sudah terbuka, silahkan klik tombol “Scan”, kemudian tunggu beberapa saat sampai AdwCleaner selesai melakukan pencarian berbagai program yang tidak diinginkan.
  6. Setelah selesai dan periksa hasil pencarian dari beberapa tab yang ada. Jika sudah yakin bahwa tidak ada kesalahan (misalnya ada berkas yang tidak ingin dihapus, hilankan tanda cek dari daftarnya), selanjutnya klik tombol “Cleaning”
  7. Setelah proses pembersihan selesai, komputer akan langsung melakukan restart ulang agar proses pembersihan berjalan sempurna. Sehingga pastikan jika sedang ada pekerjaan yang dilakukan, disimpan terlebih dahulu.

Dengan AdwCleaner, biasanya berbagai masalah yang berhubungan dengan internet lambat akibat aplikasi-aplikasi yang tidak diharapkan akan teratasi. Selain itu program-program yang tidak berguna (sampah) yang ada di komputer, berbagai macam toolbar web browser, adware dan sejenisnya akan dihapus, sehingga meningkatkan performa komputer kita.

Karena bersifat portabel, aplikasi ini cukup mudah dibawa kemana-mana, tetapi pastikan menggunakan versi teerbaru, agar pencarian lebih akurat. AdwCleaner kompatibel dengan Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10 in 32 & 64 bit. Ingin segera mencoba? silahkan unduh AdwClener ( 1.6 MB)

 

20 Comments

  1. Terima kasih mas Ebta,
    btw, knp programnya ga jalan ya ? dibilang corrupt etc. pada saat donlot update kayaknya gagal terus, belom complete dah selesai, akhirnya pas dijalankan dibilang corrupt terus.
    demikian mas Ebta info dari saya. trims

  2. Alhamdulillah, Trima kasih mas, manjur…kejengkelan saya hilang karna setiap buka browser yg muncul langsung situs tersebut, tp sekarang beresss..

  3. saya juga menggunakan adwcleaner, terutama jika browser sudah terkena ads yang tanta sengaja terinstall

  4. Manjur….. thx banget tadinya gak bisa buka IE setelah dijalankan AdwCleaner semua teratasi n bagus lancar…….

  5. Izin donlot, sudah dicoba, tapi belum terasa efeknya.
    Terimakasih, semoga selalu sukses dan maju terus. Salam.

Comments are closed.