52

Copy file lebih cepat dan informatif dengan TeraCopy

Sebelumnya saya tidak mengira jika proses copy file-file (dan folder) di windows bisa dipercepat dengan software. Sebelumnya saya mengira hanya bergantung dengan spesifikasi hardware (Hardisk, CPU, RAM dll). Tetapi ketika menemukan software gratis TeraCopy, apa yang selama ini saya ketahui ternyata salah.

Dengan TeraCopy, proses copy data terutama antar hardisk, dari CD/DVD ke hardisk atau flashdisk ke hardisk akan mengalami peningkatan.

TeraCopy merupakan program yang relatif kecil, bermanfaat dalam meningkatkan kecepatan ketika memindah atau copy file, terutama dari media yang satu ke media lainnya.

Beberapa Fitur TeraCopy

  • Copy file lebih cepat. Dari beberapa test, copy file dengan tera copy memang lebih cepat dari copy file biasa. Perbedaan bisa mencapai 20% lebih cepat. Hal ini karena teknik copy yang digunakan berbeda dengan windows.
  • Pause dan Resume proses copy. Jika copy file dengan bawaan windows, kita tidak bisa menghentikan proses copy kemudian melanjutkan setelah beberapa waktu
  • Error recovery. Jika terdapat error dalam copy file, TeraCopy akan mencoba membaca file tersebut beberapa kali. Jika tidak berhasil, file tersebut bisa diabaikan (skip) dan proses pemindahan tetap berlanjut.
  • Menampilkan daftar file lebih informatif, dan bisa menyimpan informasinya ke text file.
  • Shell Integration. Setelah di install TeraCopy otomatis mengganti proses Copy dari windows, sehingga kita bisa bekerja seperti biasa (Fitur ini dapat di non aktifkan)
  • Mendukung Unicode.
  • Selain mendukung Windows 32 bit, juga mendukung Windows 7 64 bit.
  • Proses Copy tetap berlangsung meski ada file yang tidak bisa di copy.

Beberapa Test Perbandingan

Berikut beberapa test yang saya lakukan untuk mengetahui perbedaan proses copy file + folder ketika menggunakan TeraCopy atau dengan bawaan windows.

Flash Disk ke Hardisk
Test berikut dilakukan dengan meng-copy data dari flashdisk ke hardisk ( 393 files, 34 folder, total sekitar 1 GB). Test di ulang 3-4 kali.

Bawaan Windows rata-rata 53 detik.
Dengan TeraCopy rata-rata 41 detik

Copy dalam satu Hardisk
Berikut test copy data dari drive yang berbeda dalam satu hardisk (disini dari drive H: ke drive C:). Jumlah file 10 buah dengan bersar masing-masing sekitar 200 MB ( total sekitar 2.1 GB)

Bawaan Windows : 1 menit 33 detik
Dengan TeraCopy : 1 menit 14 detik

Copy 16.274 files, 92 folder (total ukuran sekitar 38 MB). Ukuran files rata-rata 2 KB (bervariasi sekitar 1 KB sampai 50 KB)

Bawaan Windows : 1 menit 18 detik.
Dengan TeraCopy : 1 menit 18 detik.

Copy 1 file dengan ukuran sekitar 700 MB

Bawaan Windows: 27 detik
Dengan TeraCopy : 19 detik

Copy 2.765 files dengan total sekitar 1.25 GB

Bawaan Windows 1 menit 48 detik
Dengan TeraCopy 1 menit 38 detik

Hardisk ke Flashdisk
391 files, total 1 GB data

Bawaan Windows 3 menit 45 detik
Dengan TeraCopy 3 menit 51 detik

Dari beberapa Test diatas, secara umum copy data dengan TeraCopy memang lebih cepat di banding dengan proses bawaan windows. Pengecualian terjadi ketika copy data yang cukup besar dengan data yang ukurannya kecil-kecil yang tidak ada perbedaan waktunya. Selain itu juga Copy data ke Flashdisk, hal ini dikarenakan Flashdisk mempunyai daya tulis yang rendah dibandingkan hardisk, sehingga teknik yang digunakan tidak banyak bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan.

Setelah TeraCopy di install, maka ketika kita copy atau memindah file, operasi ini akan diganti dengan tampilan TeraCopy seperti gambar diatas. Untuk mengembalikan proses copy dengan windows biasa, selain di uninstall, bisa juga di non aktifkan melalui menu preference. Caranya, buka TeraCopy, klik Icon TeraCopy, lalu pilih Preference lalu hilangkan pilihan “Use TeraCopy as default copy handler” dan klik OK.

Download TeraCopy

52 Comments

  1. saya dulu ketika windows XP makek burstcopy, lalu windows vista ngak kompatibel pindah ke teracopy.
    Tapi ternyata teracopy lisensinya cuma personal use (artinya laptop perusahaan ngak boleh dipakek)
    Lalu datanglah Fastcopy selain opensource ngak makan resources juga, malah kalo mau diadu sama teracopy lebih cepat lo

  2. teman saya sudah pernah pake teracopy tapi pd saat saya mengcopy file archive rar yang berisi sebuah permainan ke fd saya dan saya ekstrak di com saya ternyata file tersebut corupt dan takbisa di buka!

  3. teman saya sudah pernah pake teracopy tapi pd saat saya mengcopy file archive rar yang berisi sebuah permainan ke fd saya dan saya ekstrak di com saya ternyata file tersebut corupt dan taidak bisa di ekstrak!

  4. Terimakasih mas Ebta, atas infonya selama ini. ini aku sudah nyoba Teracopy-nya,.software yang sgt berguna untuk mindahin data2 yang besar. trims

  5. saya sudah pernah nyoba program ini, tapi koq suka diem ditengah ya mas kalo meng-copy banyak data 🙁

  6. SIHUNG, ini aku baru nyoba copy sampai 12 giga juga save2 sj g ada masalah.

  7. mas ebta 1tu bgmana k0k gak ada pr3f3r3nce mas itu tera copy nya ada vrs pro ya mas ksh tau dong cara nya dapatin vrs pro thx

  8. Betul mas, itu sama Avi Infokomputer, juga terdeteksi virus seperti apa yg dikataken oleh Alam. Kalo kite paksaken juga jadi error systemnye.

  9. Ada 1 kekuranagn TeraCopy, yaitu untuk memindahkan file/folder atau MOVE dalam satu partisi yang sama, kecepatan nya sangat buruk sekali dibanding tanpa aplikasi ini.

  10. saya juga udah lama pake teracopy, sekarang versi barunya versi 2.12, emang sangat bagus dan berguna juga ini program dibanding copy bawaan windows, cuma kalo di vista, kalo mau ngopy data “gede”, teracopy nya gak ngopy otomatis, alias harus kita klik tombol “start now” nya… tapi, kalo di XP ya mau ngopy semua ukuran juga selalu otomatis…
    btw, terima kasih Mas Ebta infonya….

  11. Semoga komputer tua saya bisa terbantu dengan software ini.
    Amin..
    😆

  12. Trims… Infonya sangat berharga.
    Pengalaman ane, Kalau pake Windows copy biasa, jika ada file yang ngga bisa ke copy biasanya proses copy langsung berhenti atau gagal sama sekali. Ini bisa jadi solusi yang mumpuni.

  13. Memang mas pake teracopy sangat berguna pada file besar…, saya dulu pernah memakainya, tapi tidak sering copy and paste file besar sekarang ngak pake…, kembali saya mengajak rekan2 yang yang ingin belajar Islam dengan download ebook-ebook Islam silahkan kunjungi http://ibnumajjah.wordpress.com/

  14. Saya biasanya pake Total Commander…. selain portable juga free license…..dan yg terpenting ntuh software setau saya sih (mohon diralat klu salah) buatan anak bangsa… so i love product Indonesia… maju terus IT Indonesia….
    NB: Saya 2 hari yg lalu Backup data kantor 80GB ke harddisk external hanya butuh waktu kurang dari 1 jam (tanpa ada yg corupt).

  15. ok good …… good…… gooood sya dah pake lama, emang ad kmiripin ma total comander (@irwan say:)sthu saya total comendr itu lisensi ga free, klo free mgkin dah d cR~^ck atau ad yang versi free,sejauh ini sy pake tera mang lbh cpt,kembangkan terus info nya mas Ebta… BTW dah tanda2 dapt momongan lum Mas Ebta? 🙂

  16. saya juga pake neh software lumayan bagus…palagi klo pake yg versi pro nya..
    tapi ada juga lho yg lebih bagus..richcopy katanya seh itu software yg di pake ama salah seorang developer nya microsoft dan awalnya di pake di internal perusahaan..

  17. @Martono : gk ngerti atuh mas, kenapa kalo di saya suka stuck ditengah2 pas copy banyak data -_-

  18. selesihnya cuman per detik aja ya boss…gag jauh beda, tp lumayan lah..

  19. Halow semua!
    Emang tera copy lumayan cepet! Waktu sy pakai winXP emang cpet rasanya kalau lg ngopy! Vista juga demikian,tp waktu saya pake win7 make tera copy malah lebih lambat buat copy data!! Dan 1 lg kalau buat ngopy file kecil2( save web browser) terasa lama bgt!
    Buat mas ebta,maju trus deh,

  20. menarik, klo super copier udh coba lum?soalnya pas ane pke tera copy, sambil dengerin mp3 mcet2 tuh.

  21. Aslm. mas Ebta, ada alternatif lain yaitu extreme copy tp sy g th lbh bgs mana,, hehe..

  22. Apa gg pengaruh sma kerja :ram:proccesor”??
    Software ini kan memaksa prosessor dan ram bekerja lebih keras? apa gg ada efek sampingnya nih ??

  23. pernah coba gak mas buat ngopy file lebih dari 4 GB…
    kok aq gak bisa ya??
    apa emang dilimit penggunaannya?

  24. Kelemahan Teracopy ini kata teemanku : ad file” yg hilang ya???

    bnar nggak tu??

  25. Pingback: Copy file lebih cepat dan informatif dengan TeraCopy « Sandelrahma's Blog
  26. Saya Juga Pake,tapi kok copy speed2.exe kok agak sulitnya.sepertinya harus run as administrator

  27. @mas ebta:ijin bantu ya

    @malikul:kemungkinan.tapi biasanya enggak koq,kalo menurutku teracopy lebih baik,gak nimbulin corrupt.kalo benar begitu pasti orang2 banyak milih yang lain.saya sendiri juga pake itu dan tak ada corrupt

  28. Pingback: Copy file lebih cepat dan informatif dengan TeraCopy « Henles88's.wordpress.com
  29. Bagaimana kalo dibandingkan dengan extreme copy…..!??!!

  30. Pingback: BELAJAR INTERNET » Blog Archive » Copy File lebih cepat dan informatif dengan TeraCopy

Comments are closed.