38

Hasil Test Antivirus tahap kedua 2010 AV-Comparatives

Melengkapi test Antivirus terbaik di awal tahun 2010 kemarin, kini AV-comparatives kembali mengeluarkan hasil test antivirus terbarunya. Jika sebelumnya merupakan on demand test (test dengan sample virus yang sudah beredar sebelumnya), test kedua ini disebut Proactive/retrospective test (virus belum dikenal).

Bagaimana hasil test antivirus tahap kedua ini ? Apakah antivirus pilihan anda mempunyai hasil yang memuaskan ?

Proactive test disini adalah melakukan test terhadap virus yang sebelumnya belum dikenal oleh antivirus. Sample atau contoh-contoh virus yang digunakan adalah virus (malware) yang beredar antara tanggal 11 sampai 18 Februari 2010, sedangkan antivirus yang di test terakhir di update tanggal 10 Februari 2010.

Melihat waktu terakhir update dan sample virus yang digunakan, maka virus tersebut belum ada di database [signature] antivirus. Sehingga antivirus harus menggunakan teknologi yang lebih canggih di luar database virusnya, seperti heuristic technique.

Antivirus yang di Test

Seperti sebelumnya, jumlah dan versi antivirus yang ditest oleh antivirus masih sama. Terdapat 20 produk antivirus yang ditest. Meskipun saat ini sebagian sudah terdapat versi baru, tetapi paling tidak test ini bisa memberikan gambaran kemampuan antivirus. 20 Antivirus yang di test adalah :

  • avast! Free Antivirus 5.0.396
  • AVG Anti-Virus 9.0.733
  • AVIRA AntiVir Premium 9.0.0.457
  • BitDefender Anti-Virus 13.0.19.347
  • eScan Anti-Virus 10.0.1058.644
  • ESET NOD32 Antivirus 4.0.474.0
  • F-Secure Anti-Virus 10.12.108
  • G DATA AntiVirus 20.2.4.1
  • K7 TotalSecurity 10.0.0025
  • Kaspersky Anti-Virus 9.0.0.736 (a.b)
  • Kingsoft AntiVirus 2010.2.10.1
  • McAfee AntiVirus Plus 14.0.306
  • Microsoft Security Essentials 1.0.1611.0
  • Norman Antivirus & Anti-Spyware 7.30
  • Panda Antivirus Pro 9.01.00
  • PC Tools Spyware Doctor with Antivirus 7.0.0.514
  • Sophos Anti-Virus 9.0.3
  • Symantec Norton Anti-Virus 17.5.0.127
  • Trend Micro AntiVirus plus AntiSpyware 17.50.1366.0
  • Trustport Antivirus 5.0.0.4087

Metode Testing

Seperti sebelumnya, dalam pengetesan ini hampir semua antivirus di setting atau diatur pada tingkat keamanan yang paling tinggi, kecuali AVG, AVIRA , F-Secure dan Sophos ( selengkapnya bisa melihat hasil test antivirus sebelumnya, Februari 2010 ). Jumlah malware ( worm, backdoors, trojan dan virus) sebanyak 27.271. Kemudian test kedua ini hanya mendeteksi malware tanpa menjalankannya.

Selain itu, dalam test ini fitur antivirus seperti teknologi Cloud tidak diaktifkan, termasuk seberapa sering antivirus melakukan update atau kecepatan updatenya, karena hal itu diluar pembahasana ini.

Hasil Test Antivirus

Untuk detail berapa jumlah dan persentase deteksi masing-masing antivirus, silahkan download PDF reportnya dari situs AV-comparatives langsung. Ringkasnya perbandingan deteksinya adalah sebagai berikut :

Terlihat bahwa kemampuan antivirus paling tinggi hanya sekitar 60%. Hal ini wajar, karena memang virus atau malware yang di test merupakan jenis baru dan belum ada di daftar database setiap antivirus. 5 posisi teratas diduduki oleh Trustport, Panda, G Data, Kaspersky dan Microsoft Security Essentials, kemudian di ikuti oleh Avira, ESET, F-Secure, Bit Defender, K7 dan eScan.

Penghargaan (Award)

Dalam memberikan award, selain berdasarkan pada hasil kemampuan deteksi diatas, av-comparatives juga menggunakan hasil kesalahan deteksi antivirus dari test sebelumnya (Februari 2010). Berdasarkan dua hal tersebut, av-comparatives memberikan tingkat penghargaan sebagai berikut :

Tambahan

Seperti test sebelumnya, pemegang nilai tertinggi masih dipegang oleh G-Data, Trustport dan Kaspersky. Ketiganya merupakan produk berbayar ( belum ada versi gratisnya), kemudian diikuti oleh Avira, F-Secure dan ESET NOD32. Jika kita mampunya menggunakan antivirus gratis, berdasarkan hasil diatas dan test sebelumnya AVIRA dan Avast masih merupakan pilihan terbaik.

Kemudian jika kita menggunakan Windows Original, maka manfaatkan Microsoft Security Essentials (MSE) yang juga bisa di download dan digunakan secara gratis. Setelah saya coba, penggunaan Avira dan MSE dalam satu komputer cukup bagus dan selama ini tidak ada masalah (konflik). (ebsoft)

38 Comments

  1. Pingback: Hasil Test Antivirus tahap kedua 2010 AV-Comparatives | Software
  2. Alhamdulillah, pake avira gak ada keluhan tuh! Dan yang penting ke*gen, patch, dan crack2an softwareku gak kelibas. he3
    Terima kasih…

  3. Aduh Avira dah ga menjadi The Winner lg nih,musti dipikir2 lagi nih,mo di ganti apa ga yah???

  4. Gue pakai MSE dan Avast. Sampai saat ini belum bermasalah.Dan perlu dicatat dan agak merepotkan adalah updatenya Avast yg setiap hari. Tapi ngak apa2 krn update autonya masih kecil.

  5. iya setiap hari avast selalu update, tapi nggak apa2 sih malah tmbh bagus

  6. kaspersky mantab….
    apaLagi skrg ada yang versi 10 (2011)
    tambah mantab puLa deh….
    hahahaha

  7. Assalamualaikum wr.wb
    wah uda muncul lagi untuk prediksi antivirus yang terbaik 2010, mungkin karena virus malware terbaru ya pringkat avast jadi menurun pantas saja kemarin komputrku kena malware habis-habisan avastku ndak bisa ngediteksi, bahkan anti malware pun tidak bisa menghapus induk virusnya.!!!!
    kalu avast di kombin dengan antivir apakah masih bisa jalan??
    trimakasih

  8. mas microsoft security essentials itu support utk smua wdws kan mas trs klau dpsangin smaq antivirus lain msl sya paki avg internet security itu bsa ya mas THX

  9. MSE tiap update filenya terlalu besar.buat ngos-ngosan yg koneksinya lemot.prefer ke bitdefender krn update bisa tiap jam.jd uptodate trs securitynya.

    btw, mas ebta. ada gak ya perbandingan security/antivirus yg lebih komprehensif?maksudnya perbandigan software security yg didalamnya udah include antivir,antispy,firewall dan lain2 seperti gdata total care,bitdefender total security,avira security suite,dll..jika dibandingkan mana yang lebih bagus..
    rencananya mo pasang program security yg komprehensif seperti itu, tp bingung mana yg lebih bagus. mohon infonya! jzklh

  10. kalau Antivirus andalanku Avira, menurutku antivirus ini cukup ampuh dan mudah digunakan, namun jg harus sering2 di update…

  11. Avast saja sudah cukup koq, ringan dan gratis. πŸ™‚

  12. mas microsoft security essentials nya bgs mntb itu punya microsoft ya mas wktu sya update wndws vsta itu update nya mse 53 mb bsr jga THX mas

  13. kurang suka hasilnya…. Menurutku Kaspersky nomer 1….. Lagian, av-comparative dari mana dapat segitu banyak sample virus, dan gimana pula dia tau virus2 mana aja yang gak kedetec ama antivirus tertentu??? Hebat banged dong kalau dia bisa tau semua virus, kenapa dia gak bikin antivirus????

  14. Aku pakai MSE dan Avast.. Waktu pakai Avira sayangnya tidak memblokir virus conficker, jadi kebobolan juga deh, dan sering sekali mencurigai keygen.. Avast cukup bagus, tetapi agak lambat scanningnya. MSE juga bagus, tapi updatenya lumayan agak besar.

  15. saya gak pakai antivirua mAs Lgipula Gak butuh..
    soalnya saya pakai linux mint yang kebal sama virus-virus yg ada di windows πŸ˜€

  16. Ko avira masii pake versi yang 9 dahh, knapa ga pake yang versi 10..?? Keren dahh Avira Premium Security Suite 10.0.542

  17. jadi yang bagus menurut anda apa? saya pake avira…

  18. Jer basuki mawa bea = kalo pengin yang bagus emang harus bayar?

  19. mantabs abis..saya pke antivirus GData ma Microsoft Security Essentials. ga ad mslah. mdh2an…

  20. hahhahahahaah,,,,,, knapa butuh anti virus,,,,,,? mana bayar lagi,,,, mahal,,,, mendingan juga uangnya ntuk beli yang lain,,,, coba pake linux,mac,freebsd,,,, terbukti bebas virus hampir 100% tanpa anti virus,,, lagian gak bosan yah tiap install software harus nyari crack ama patch ny

  21. AV Comparatives itu bekerja sama dengan vendor antivirus. Sample virus banyak. Ada dimana-mana. Ada intitusinya yang membuat sampel virus, trojan dan lain lain.

    Oh ya Linux/Ubuntu/Debian gak sepenuhnya aman dari serangan. Kalo yang punyanya advanced tahu tentang keamanan OS Linux memang andalan. Tapi kalo yang gak ngerti jangan harap 100% aman!!!!

    Coz gw udah ngubek ngubek di dunia security komputer selama 4 tahun. Linux gak 100% aman

  22. Pingback: Tips Update Antivirus : Avira Antivir « webku sip tenan
  23. tolong dunk … file yg di flesdist saya kena firus .

  24. Sama aja…tapi ada yang terbaik itu tergantung programernya dalam menyediakan data base virus terbaru…tetap waspada aja karena semakin canggih juga pembuat virusnya,,,

  25. maaf mas saya mau minta pendapat kalo antivirus gratisan yang cocok buat netbook saya yang sering surfing di internet apa ya?
    sebelumya saya pakai avira tetapi kok saya rasakan tidak ada internet securitynya?

    thx b4

Comments are closed.