32

Manyimpan Artikel Web/blog Menjadi PDF dengan JoliPrint

Ketika kita membaca sebuah artikel atau tutorial di internet, terkadang kita ingin menyimpan tutorial tersebut sehingga bisa kita baca offline atau sebagai koleksi kita. Ada berbagai cara untuk melakukan hal ini, misalnya menyimpan menjadi gambar, dalam format mhtml, maff dan lainnya. Salah satunya alternatif lain adalah menyimpan dalam bentuk PDF, dan pendatang baru dalam hal ini adalah JoliPrint.

Sebelumnya saya pernah membahas cara menyimpan sebuah halaman web secara utuh dengan salah satu add ons Firefox MAFF ( Mozilla Archive Format), selain itu juga pernah membahas menyimpan halaman web menjadi PDF menggunakan website pdfmyurl.

Kini ada alternatif yang patut dicoba untuk menyimpan sebuah artikel/tutorial web menjadi PDF, degan JoliPrint. Ketika menyimpan artikel biasanya kita tidak ingin menyertakan berbagai konten yang tidak penting, seperti misalnya iklan, sidebar (menu-menu bagian kiri/kanan), footer (menu/isi bagian bawah), header dan lainnya, kita hanya ingin isi artikelnya saja. Nah, dengan JoliPrint kita bisa mendapatkan hal ini.

JoliPrint akan menyimpan artikel sebuah web/blog dengan hanya memasukkan link artikel tersebut. Tidak seperti konversi ke PDf lainnya yang biasanya menyertakan semua isi website, termasuk iklan, menu-menu atas, kiri dan bawah termasuk gambar yang bukan bagian artikel, JoliPrint hanya akan membuat halaman PDF untuk konten dan apa yang dianggap penting saja.

Tampilan hasil PDF juga terlihat lebih baik dibanding hasil dari PDFmYURL, karena ditampilkan menjadi 2 kolom dan gambar yang ada ukurannya akan otomatis disesuaikan. Selain tampilan yang lebih bagus dan enak dibaca, ukuran file PDF biasanya menjadi lebih kecil.

Contoh tampilan PDF hasil konversi artikel:

Bagi Pemilik Blog/Web

Bagi pemilik web atau blog, kita bisa membuat link yang bisa dipasang di blog kita sehingga pengunjung bisa langsung download artikel versi PDF dengan sekali klik saja. Pengguna WordPress bisa memanfaatkan Plugins yang sudah disediakan ( bisa di dwonload dari halaman JoliPrint plugins ).

Bagi pemilik blog lain, baik bagi yang menggunakan CMS (Content Management System) atau web blog hosting seperti blogger, wordpress.com juga bisa menyertakan link download pdf dengan menambahkan link yang bisa diperoleh dari websitenya. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi web JoliPrint.

32 Comments

  1. mantap mas info nya. syukran katsir.
    kalu bisa tip dan trik untuk hp java juga dirilis tulisan nya ???

  2. beuh mantap makasih mas ebta atas info nya kunjungi juga Pusat multi media blog download gratis

    http:// indosandster.blogspot.com/

  3. mantap bro…thanks…
    kalo mencari atau mengembalikan file / document yng hilang atau terhapus pake apa ya ?
    trims atas pencerahannya

  4. keempax
    wah jan sih tenan tapi agak masalah ketika di konpret ke word spasinya jadi agak ancur apa memang tulisan aslinya gitu apa nggak, tapi untuk unduh artikelnya jadi nggak ribet tinggal klik wae

  5. Alhamdulillah, share via JoliPrint baik, hanya saja tidak bisa membaca/menconver tulisan arab hingga terlihat hanya kotak-kotak…

  6. Mas ebta! aku punya banyak file mp3 tapi suaranya gak rata,jadi repot mesti sering2 putar volume., tolong dong aku kirimi aplik- yang bisa untuk meratakan suara mp3, kalau ada yg bisa beberapa file sekaligus, trims

  7. Mas Ebta, mungkin perlu ditambahkan kalau Joliprint juga menyediakan bookmarklet untuk browser, sehingga dengan satu kali klik pada browser, kita bisa membuat pdf suatu halaman web.

  8. Mas Ebta, kalo yang untuk tumblr gak ada ya? Tak liat kok cuma wordpress ama blogger. Mohon bantuannya!

  9. sudah saya coba, tapi eror mas. apa koneksinya yang lemot ya.. hehehe thanks infonya..

Comments are closed.