16

Mematikan tab 'Online Templates' di Kingsoft Office Free 2013

Kingsoft Office Free 2013 mungkin merupakan alternatif dari Microsoft Office 2007, 2010 dan 2013 yang paling banyak digunakan. Selain gratis, tampilannya sangat mirip dengan MS Office sehingga pengguna yang terbiasa dengan MS Office biasanya akan nyaman dan tidak akan kesulitan menggunakannya, dibandingkan dengan program office gratis lainnya.

Selain tersedia untuk Windows, Kingsoft Office Free juga tersedia untuk Linux dan juga Android, sehingga tidak heran jika popularitasnya semakin meningkat dibanding beberapa program office gratis lainnya. Belum lagi ukuran installasi yang relatif kecil, sehingga lebih ringan dibanding menggunakan MS Office. Untuk mencoba dan melihat sendiri berbagai fiturnya, silahkan mengunduh dari halaman website Kingsoft www.kingsoftstore.com

kingsoft-office-disable-online-templates

Salah satu fitur yang kadang agak menganggu adalah munculnya halaman ‘Online Templates’ ketika kita membuka Office baru, baik Writer, Spreadsheets dan Presentation. Dengan munculnya halaman ini, maka otomatis kita akan terhubung ke internet, karena halaman tersebut memang mengambil data-data (konten) dari Kingsoft. Untuk versi lama sebenarnya fitur untuk mematikannya ada di tanda centang di halaman tersebut, tetapi sejak versi 2013, opsi ini tidak ditampilkan lagi.

Tetapi masih ada cara lain untuk menonaktifkan tampilnya halaman ini, yaitu dengan mengedit (menambah opsi) di registry Windows. Cara termudah, silahkan copy paste tulisan berikut ke Notepad dan simpan dengan ekstensi *.reg, misalnya dengan nama template_off.reg. Pastikan file sudah tersimpan dengan akhiran .reg, bukan .txt (ketika save as, pilihan Save as type bisa dipilih All Files (*.*))


Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USERSoftwareKingsoftOffice6.0Commonwpshomeoptions]
"StartWithHome"="0"
"StartWithBlank"="1"

Setelah disimpan, kemudian jalankan, dengan cara klik dua kali file tersebut. Ketika muncul pesan, klik saja tombol “Yes”. Selanjutnya buka ulang aplikasi Kingsoft Office, seharusnya halaman “Online Templates” sudah tidak tampil lagi sekarang. Dengan tidak tampilnya halaman “Online Templates” ini, maka membuka office akan lebih cepat dari sebelumnya.

Jika ingin menampilkan kembali halaman tersebut, cukup edit tulisan diatas, StartWithHome diganti dengan nilai 1. Untuk entry StartWithBlank, artinya apakah akan menampilkan halaman kosong ketika membuka office. Jika tidak, nilai 1 silahkan diganti dengan nilai 0. Semoga tips ini bermanfaat.

16 Comments

  1. Matur nuwun infonya, kami sering menggunakan Kingsoft Office baik di Win maupun Ubuntu. akan kami coba!

  2. alhamdulillah,apa yang menjadi permasalahan saya selama ini. telah terjawab.Terima kasih infonya mas.sangat membantu 5 bintang.terima kasih.

  3. Program office alternatif..boleh dicoba !!! Sukron infonya

    • hehe.. mungkin aktivitasnya saja yang sekarang berbeda
      Tidak banyak waktu luang seperti sebelumnya
      Ini mencoba untuk kembali aktif..

  4. Debut Kingsoft Office sangat baik, dari versi 2010 yang tampilan seperti MS Office 2003 kini dengan Versi 2013 untuk tampilan MS Office 2010.
    Buat Mas Ebta, terima kasih Tip’s dan Trik-nya berhasil.. sudah tidak muncul tab online lagi.

  5. Servis komputer / laptop panggilan khusus Surabaya dan sekitarnya ( Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Krian ). Hubungi: Brian – 03128869732, YM: skomnet

  6. syukron infonya…klw utk android gmn save as nya ya?

  7. nice info, btw mo nanya ke mas ebsoft, kalo mau memperlebar scrollbar di kingsoft office gimana mas caranya, makasih

Comments are closed.