223

Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector

Bad sector

Melanjutkan artikel sebelumnya “Periksa Kondisi Hard Disk Komputer Anda”, artikel ini akan membahas tentang bagaimana memperbaiki jika hard disk terkena bad sector. Jika belum mengerti apa itu bad sector dan bagaimana memeriksa kondisi hardisk, maka silahkan membaca artikel tersebut.

Bad Sector di hardisk secara umum ada 2 macam, yaitu mekanik/fisik dan software. Bad sector mekanik, yaitu seperti permukaan lempeng penyimpan data hardisk rusak secara fisik misal karena tergores, terkena debu, terkena benturan keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software bisa terjadi ketika hardisk sedang sibuk tiba-tiba mati, arus putus dan sebagainya.

Untuk Bad Sector yang berupa kerusakan fisik (mekanik), maka itu diluar pembahasan ini, karena hal itu biasanya tidak bisa (sangat sulit) diperbaiki. Jika masih ada garansi maka sebaiknya ditukarkan yang baru. Tetapi jika bad sector yang berupa software, maka kemungkinan masih bisa diperbaiki. Jadi pembahasan disini hanya berfokus bad sector secara software.

Bagaimana memperbaiki Bad Sector ?
!!.. Informasi Penting.. !!

Jika hardisk sudah terdeteksi terkena bad sector, maka langkah pertama adalah menyelamatkan data-data penting yang ada, baik di simpan di hardisk lain, di copy ke CD atau lainnya. Dan sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah pastikan data-data penting sudah di backup.

Langkah Awal : Coba format drive atau hardisk yang terdapat bad sector dengan format biasa, misalnya melalui klik kanan di Windows Explorer dan pilih format. Terkadang hal ini bisa menghilangkan bad sector.

Jika langlah awal tersebut tidak berhasil maka bisa dicoba beberapa cara dengan beberapa software gratis berikut:

1. Easeus Partition Manager

Software gratis ini selain bermanfaat untuk membuat / mengedit partisi hardisk ( tampilan mirip Partition Magic), juga bisa digunakan untuk menghilangkan bad sector. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Jalankan Program Easeus partition Manager
  2. Pilih drive yang kira-kira ada bad sectornya ( untuk memastikan ada bad sectornya bisa juga di scan melalui easeus ini denganklik kanan drive Pilih menu Advanced > Check Partition )
  3. Klik kanan, dan pilih Delete
  4. Ketika muncul informasi, maka pilih “Delete Partition and Delete Data”
  5. Kalau sudah selesai, klik menu Apply
  6. Tunggu sampai selesai.

Perlu diperhatikan, bahwa langkah ini hanya bisa dilakukan untuk drive selain windows. Dan pastikan datanya selalu diamankan /backup terlebih dahulu.

Easeus partition Manager bisa di download / didapatkan dari link berikut ( 7.93 MB) :
http://www.partition-tool.com/download.htm ( pastikan download yang Home Edition (gratis))

2. HDD Low Level Format Tools

Dengan software ini, maka hardisk bisa di format secara mendalam ( di istilahkan low level format). Perlu diperhatikan bahwa dengan low level format, maka semua data di hardisk akan hilang, dan tidak bisa di kembalikan/di recovery lagi. Tetapi cara ini biasanya akan lebih efektif menghilangkan bad sector.

Karena hardisk akan di format seluruhnya, maka hardisk yang akan di proses harus di format di komputer lain ( di lepas dan dipasang komputer lain). Atau jika ada 2 hardisk di komputer, maka hardisk yang tidak berisi windows bisa di format. Berikut langkahnya :

  1. Jalankan HDD Low Level Format tools
  2. Pilih Hardisk yang akan di format. Tentu yang tidak berisi sistem operasi windows. Selanjutnya klik Continue
  3. Pilih tab “LOW-LEVEL-FORMAT”, dan silahkan dibaca peringatan yang tampil
  4. Jika sudah yakin, maka klik “FORMAT THIS DEVICE”, dan tunggu sampai proses selesai.

Selain untuk hardisk (SATA< IDE atau SCSI), bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash card dan sejenisnya. HDD LOw level format bisa didapatkan/download dari link berikut : HDD Low Level Format Tool langsung download versi DISINI (497 KB)

3. Menggunakan Software bawaan dari vendor hardisk.

Biasanya vendor seperti Seagate dan Western Digital, juga menyediakan software untuk menganalisa atau memperbaiki hardisk. Untuk hardisk seagate, maka bisa download tools seperti Seatools for Windows atau DOS. sedangkan untuk Western Digital bisa download tools “Wertern Digital lifeguard Diagnostics”.

Misalnya untuk Western digital, menyertakan fasilitas “WRITE ZEROS” untuk memperbaiki error seperti bad sector. Untuk Seagate, begitu di install, maka di bagian Help sudah dijelaskan cukup detail tentang manfaat dan penggunaannya.

Download Seatools (Seagate)
http://www.seagate.com/www/en-us/support/downloads/seatools

Western Digital
http://support.wdc.com/product/download.asp
http://www.softpedia.com/get/System/Hard-Disk-Utils/Western-Digital-DLG-Diagnostics.shtml

223 Comments

  1. pak, saya mau nanya, bagaimana caranya uninstall Deep Freeze. plz, say abutuh bantuan. trims banyak

  2. makasih banyak atas ilmu yang di berikan ke e-mail ku, sangat bagus

  3. assalamaualaikum
    bang tolong dong dibikin juga tutorial untuk seagate nya.hardisk saya seagate 160 gb IDE.dengar dengar kalau memperbaiki badsector hardisk itu butuh waktu berjam-jam(pada hardisk yg 40gb)berarti kalau yang 16o gb bisa butuh waktu berhar-hari dong.apa benar begitu bang? trims atas perhatian nya

  4. assalamu’alaikum mas ebta.
    makasih buanget atas ilmunya. mudah-mudahan ilmu yang saya dan mas ebta dapatkan bermanfaat dan abokah amiiiin.

  5. trims atas infonya.tp sy msh pny problem, stiap komptr sy shutdown trnyt komptr tdk mati scr keseluruhan.pd monitor msh trdpt logo microsoft windows,dibawahnya tyrdp tulisan it is nowsafe to turnoff your comptr.utk mengakal;inya kmdn sy tekan&tahan tmbl power bbrp detik,barulah komptr bs mati scr ksluruhan.mohon bantuannya.

  6. Mas Infonya bagus Banget ini kebetulan hardisk saya kena tapi katanya di sofware bagian scan itu kata tukang servis nya, Tapi kalau di suruh download n cara masuk nya bagaimana wong hardisk nya jg rusak .Tol y mas,kurang lebih nya makasih banget.

  7. Ha,ha,ha dari pagi cari tau ngatasin Bad Sektor, ndak taunya info kopletnya disini. Makasih banyak ya……..

  8. @bakir
    Biasanya harus tahu password untuk membuka program tersebut (dan juga shortcut untuk membukanya). setelah bisa dibuka baru dimatikan deep frezenya, kemudian restart komputer. Baru bisa di uninstall..

    @ marinus saut
    Sama-sama..

    @adyt
    Wa’alaikumsalaam
    Prosesnya sama seperti diatas..
    seharusnya sekali format paling hanya sekitar 1 jam, atau bahkan kurang.. yang lama mungkin coba-coba beberapa kali cara tetapi sering gagal..

    @chamim
    Wa’alaikumsalaam
    Amiin.. jazakallah khoir

  9. @ mankdank
    Sepertinya motherboard-nya belum support fasilitas tersebut (biasanya motherboard lama), atau bisa juga monitornya yang versi lama..

    @ Tyan
    Berarti tugas pertama, harus mencoba bagaimana caranya mendeteksi hardisk terebut..

    @GhanankFj @wildan
    Sama-sama…

  10. anti virus yang cocok for vista bg mas yg bisa help sender to email ok.,,,,,,,,,,,,,thank’s

  11. kalo untuk memperbaiki bad sector yang biasa sy gunakan HDD regenerator. terakhir yang saya tahu sih versi 1.5. bisa ditemukan pada hirens boot CD. coba googling aja “hirens boot CD”. CMIIW

  12. Saya pernah coba HDD Regenerator.. Lebih mudah karena bisa memperbaiki harddisk tanpa harus memformat dulu.

  13. @wahyu @steve
    sama-sama… semoga bermanfaat..

    @amran
    mungkin alternatifnya bisa menggunakan aplikasi seperti DOS box dengan Pascal biasa, tetapi saya belum pernah mencobanya..

    @jet, Manda
    terimakasih atas informasinya, sayangnya tidak ada aplikasi tersendiri yang gratis ( HDD generator sendiri harganya sekitar $59 )

  14. ada bos, pakai hiren 9.0, HDD Regenerator 1.52 langsung bisa dijalankan, dan bisa menangani lebih dari satu sektor, tapi untuk hardish yang badnya parah agak pusing, coz butuh wktu lama
    bahkan berhari-hari, punya yang lebih cepat ngak mas

  15. Assalamualaikum,
    HD Saya masalahnya suka gak kebaca, tapi setelah colokan S ata kabelnya di cabut dan dicolkin ke s ata lain baru kebaca, setelah beberapa jam hang gak kebaca lagi. Kira2 HDnya kenapa
    ya. Mohon bantuan, thanks..

  16. @xsan
    Ya memang di CD hiren ada, tapi HDD regenerator memang produk berbayar.. ( tidak semua isi di Hiren’s Boot CD itu produk gratis). Alternatifnya gunakan MHDD..

    @Mursyid
    wa’alaikumsalaam
    Bisa jadi arus yang masuk ke hardisk tidak stabil, apakah itu hardisk kedua / utama ? Saya juga sering mengalami ketika hardisk saya ada 2 ( SATA ), yang satu sering menyebabkan Hang atau hilang dari explorer. Sepertinya arusnya..

  17. Wah makasih banyak atas infonya Mas Ebta,saya coba pake

    Software ” HDD Low Level Format Tools ” dan

    Sekarang Hardisk Seagate saya yang 80Gb bisa diinstall windows

    lagi, padahal sebelumnya pasti gagal, Makasih yach

  18. Ane udah pake UPS kang, apa gak ngaruh…?
    Terus cara ngatasinya gimana?
    jazakallah khoir

  19. @Riduamullah
    Alhamdulillah… sama-sama

    @Mursyid
    Itu hardisk utama atau hardisk kedua ?
    Kalau UPS sepertinya tidak begitu berpengaruh ke dalamnya, mungkin juga power supply-nya dayanya kecil, dan dipakai banyak ( kipas, CD/DVD ROM, dan lain-lainnya) sehingga yang masuk ke Hardisk, kadang kurang..

  20. HD HA Pertama Kang, HD Sistem,
    waktu itu pas mau load sistem gak bisa, terus ane
    pindahin ke Colokan HD SATA lain. baru bisa.
    Tapi pas lama kerja, Hang lg.
    Harus gimana supaya power stabil Kang.
    Syukron…

  21. salam kenal….
    bapak maaf saya mau tanya nih solusi hard disk yang tadak terbaca di bios dan bank Fdisk pun tak masuk,apa bapak ada solusinya selain ganti baru…bawa ketukang service…
    sebelumnya makasih,untuk kenal saya dan menjawab pertanyaan saya

  22. @Mursyid
    Oh ya, sebaiknya di scan dari adanya bad sector..
    Jika bersih, maka kemungkinan memang ada yang tidak stabil dengan arus/powernya ( bisa motherboard atau Power supply-nya )

    @daday
    salam kenal juga mas ( saya masih mas lho 🙂
    jika kabelnya tidak bermasalah, mungkin memang sudah rusak, atau di coba di komputer lain ( sebagai secondary hardisk)

  23. Mas Ebta,

    Kalo HD nya dah gak ke detect lagi gimana? apa mang dah rusak? ato gimana cara perbaikinya? thx.

  24. @Azet
    Iya, jika BIOS sudah tidak deteksi dan dicoba berkali-kali sama, kemungkinan sudah ada yang rusak cukup parah..

    @Agus
    Jika BIOS sudah tidak bisa mendeteksi hardisk, maka susah untuk memperbaikinya.. saya belum bisa untuk yang seperti itu..

  25. thx banget ya mas ebta sharing ilmunya…

    buat temen-temen yg hardisknya ga stabil & menggunakan hardisk external, biasanya power USB kita ga kuat tuh, coba pake kabel USB yg colokannya ada 2.. colokin 2 kabel tersebut ke USB di kompie/laptop.. biasanya kuat tuh.. hardisk saya udah bisa..

    thx

  26. Assalamu alaikum warahmatullahi barakatuh. Pakabar Bung Ebta?.PC saya lagi malas bangun bung. Tekan tombol on,Ada suara tiit, suara opening/shutdown windows juga terdengar, tapi monitor blank. Kadang saya biarkan kondisi spt ini sampai 3 menit. Saya matikan manual (tekan power lama). Hidupkan lagi.Saya coba on-kan lagi, kadang bisa langsung ok. tapi kadang saya harus mengulang lagi dg kondisi sama seperti tadi. Saya coba ganti RAM tapi sama saja. Apa ada masalah Hardware-nya atao masalah lain?? Apa yah. Mohon Bantuannya. Terima Kasih

  27. Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.hardisk d install ulang, masuk dibios, pilih boot, boot1 cd room, boot2 hd,setelah masuk di windows setup- tampil lisensi dg perintah tekan f8 bila setuju,saya tekan f8 muncul tesk stop information …………(restar komputer tekan f8 untuk masuk safe mode) blue skrin ???? .makasaih banyak bing Ebta

  28. mungkin hdd anda bermasalah, mungkin ada bad sector nya

  29. @imh031
    sama-sama mas, memang benar seperti itu..

    @muchsin syafei
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Alhamdulillah baik..
    Iya, jika itu suara di speaker motherboard, biasanya ada yang bermasalah atau dianggap bermasalah dengan hardware-nya. COba di cek juga BIOS-nya..

    @Rinta01
    Wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh..
    Iya, benar juga komentar no.33 mungkin hardisk-nya ada bad sectornya..

  30. asslamu alaikum…

    mas EB… gwe mau tanya apa bener hardisk yg terkena bad sector tidak bisa di pakai buat hardisk OS lagi…. (tdk bisa di install windows)

    trus gwe punya hardisk gak bisa di format.. formatnya cm sampai 12% trus HDD nya ga detec lagi (ga hang), apa itu pengaruh sama BAD SECTOR ya…

    trus klo memperbaiki HDD bad sector bisa lewat dos ga?

    thanks mas atas solusinya… d tunggu ya?

  31. @zyamsir
    wa’alaikumsalaam
    Jika lokasi bad sector di awal-awal, kemungkinan install windows akan gagal. Jika di tengah atau akhir, kemungkinan masih bisa, hanya mungkin akan sering hang..
    Jika format berhenti, memang kemungkinan ada bad sectornya..
    Bisa diperbaiki lewat DOS, misal menggunakan UBCD

  32. assalamu’alaikum

    mas ebta…………komputerku ada masalah. Di my computer DVD RW nya tidak dapat terlihat. Ketika CD udah masuk tidak mau berputar, padahal sebelunya bisa berputar untuk instal program. Saya coba cek di devaice manager ternyata DVD RW dalam keadaan enable. Cara ngatasinya gmn? apa terkena virus ya ? padahal sebelunya sdah d scan ?

  33. assalamu’ailikum

    mas komputer saya kemaren di instal gak mau ,. apa itu karena bad sector mas,..? trus cara memperbaiki nya gmn ,..?
    kadang harddisk nya bunyi bunyi mas,..
    sebelum nya makasih ya mas,.. salam kenal,

  34. @wiwit mlc
    wa’alaikumsalaam
    Kalau Enable, berarti tidak ada masalah..
    Apakah ketika dicoba setiap CD seperti itu? JIka iya, mungkin perlu dicek pesamangan kabelnya..

    @wasis efendi
    wa’alaikumsalaam
    Kalau sampai hardisknya bunyi, bisa jadi bad sector. Tidak mau install-nya itu detailnya seperti apa? apakah sudah sempat berjalan dan apakah ada pesan tertentu ?

  35. ebta saya mau tanya,kalau hdd ada bad sectornya cara menghilangkan gimana???
    saya sudah pakai low lovel format (hierens) ga bisa.alternatif lainnya gimana?

  36. mas ebta, kmrn tak coba cek lagi di device manager. Ternyata ada data pendukung pada sytem 32 (driver) yang hilang. Sudah saya coba repair. Ternyata tidak kelihatan juga. Terpaksa saya instal ulang lagi. Alhamdulillah skarang dah jadi.

  37. pak mau nanya dong. saya pernah belajar/mencoba [karena saat ini saya lagi belajar]menginstall ulang windows, nah pas selesai menginstall itu harddisak tidak terbaca , lalu saya tanya sama teman IT,dan dia bilang kalo hardisk itu rusak di bagian bootsektornya .
    pertanyaan saya bagaimana cara mengatasi boot sektor itu ? bisa di kasih ilmunya … makasih sebelum dan sesudahnya

  38. @tri
    Jika dengan low level format masih tidak bisa, bisa menggunakan MHDD
    http://hddguru.com/content/en/software/2005.10.02-MHDD/
    silahkan dibaca tutorial yang disertakan

    @Linda putri Yogya
    Iya, benar komentar no 42. COba diformat di komputer lain..

    @wiwit
    Alhamdulillah.. agak telat datangnya ya.. 🙂

    @veroname
    bisa dicoba dengan low level format atau seperti artikel diatas, tapi pastikan data penting sudah aman..

  39. tai masalahnya, waktu itu kan komputer sama sekali ga mau bekerja, karena tidak menemukan hardisknya ,lebih tepatnya selalu minta diinstall ulang … begitu pak . mungkin ada penjelasan lainnya ?

  40. mas tanya tentang MHDD,bedanya dengan HDDLLF itu kalao MHDD dipakai lewat booting melalui CD/Flopi sedangkan HDDLLF dipakai dengan cara masuk ke OS dahulu,benar ga mas? Trus kalo bisa kasi juga dong tutorial MHDD. waktu lihat disitus HddGuru ternyata banyak juga ya software2 free untuk memperbaiki hdd,thanks mas atas inpo nya.ini lagi nyoba magicbootdisk dan MHDD. kira2 software mana yang paling bagus mas?untuk ebsoft salut,smoga jaya terus.

  41. mas tanya tentang MHDD,bedanya dengan HDDLLF itu kalao MHDD dipakai lewat booting melalui CD/Flopi sedangkan HDDLLF dipakai dengan cara masuk ke OS dahulu,benar ga mas? Trus kalo bisa kasi juga dong tutorial MHDD. waktu lihat disitus HddGuru ternyata banyak juga ya software2 free untuk memperbaiki hdd,thanks mas atas inpo nya.ini lagi nyoba magicbootdisk dan MHDD. kira2 software mana yang paling bagus mas?untuk ebsoft salut,smoga jaya terus.
    tapi kenapa HDDLLF nya ga bisa didownload ya? saya coba nyari di softpedia dan brothersoft link nya error semua,bantuin kasinh link yang masih aktip donk mas untuk HDDLLF nya

  42. @veroname
    Jika install di laptop, kemungkinan hardisknya SATA, sehingga jika menggunakan CD windows XP biasa tidak bisa.. harus menambahkan driver SATA. Tetapi jika di PC, pastikan di BIOS sudah terdeteksi hardisknya

  43. Pingback: Ganti Partition Magic dengan Free Easeus Partition Manager « Blog ZULKIFLI
  44. @adyt
    Ada juga HDD LL yang versi DOS/booting, seperti yang disertakan dalam Hiren’s boot CD..
    Iya kalau masalah HDD, HDDguru memang referensi yang tepat..
    Untuk tutorial MHDD ada di file yang disertakan..

    Aplikasi ini memang ditujukan bagi yang sudah familiar dengan masalah hardisk, tetapi jika sering dicoba (plus hati-hati..) lama-lama harusnya juga bisa

  45. mungkin perlu saya jelaskan sedikit masalah saya, biar pak ebta bisa kasih tau lebih jauh …
    >> pertama saya menginstall ulang pc saya yang memang terasa berat dan kadang2 suka ngehang .
    waktu itu saya menginstall tanpa memformat ulang , karena saya ga mau kehilangan file didalamnya . alasannya karena saya ga tau cara backupnya .
    >>>setelah selesai menginstall dan memasukan no keynya sampai selesai .. lalu komputer restart ..
    >>> nah disini baru muncul masalahnya, ketika booting atau pemeriksaan harddisk { saya kurang tahu ] berjalan, ada peringatan untuk memasukkan cd booting lagi padahal proses instalasi sudah selesai . saya tadinya mengira mungkin ada proses instalasi yang terlewatkan. tapi sampai tiga proses ini terus berulang . kelihatannya komputer hanya mengenali cd saja .. baru dari situ saya dikasih tau sama teman saya kalo HDnya rusak dibagian boot sektornya . tapi ketika saya tanya gimana cara benerinnya dia ga mau kasih tau …
    karena itu saya minta kesedian bapak seandainya mengerti untuk berbagi ilmunya ..

    terimakasih ……..

  46. Mas, saya mu tanya, saya dah coba EASUS partition manager dan HDD low level format tapi tetap saja formatnya gagal terus, malah terakhir ngga bisa terbaca di windows. Dicoba pake KillDisk dan FDsik bawaan windows juga tidak bisa. Sekarang saya jadi berencana buang ini HD 🙁

  47. @veroname
    mungkin bisa di cek hardisknya apa mungkin terkena bad sector. Tetapi jika melihat perintah untuk memasukkan CD-nya, mungkin dicoba install ulang, tetapi ketika memilih format, pilih yang full format..

    @fasya
    Kalau KillDisk, HDD Low Level format, dan software lainnya gagal, kemungkinan memang sudah cukup parah. Jika ingin mencoba lagi dengan software yang lebih advanced, bisa menggunakan MHDD

  48. mo tanya nih. apakah bisa kita perbaiki hardisk yang 0 sector melalui DOS? tolong ya…

  49. mas saya punya hardis rusak dan tidak bisa di baca oleh DOS apakah bisa diperbaiki lewat Dos? Bagaimana caranya terimakasih ya…..

  50. @Linda Jogja
    sudah mencoba software-software diatas ?

    @maeny
    bisa dicoba menggunakan MHDD ( download di hddguru.com ), nanti dibuat booting Floppy ( butuh 2 disket )..

  51. mas, hardisk sayakan kena badsector, trus saya format tapi gak ilang, cuma berkurang aja bad sectornya [badsectornya bukan di C ]. gimana cara ngilanginya mas,..makaSi..

  52. @nak
    kalau dicoba beberapa kali dengan program yang berbeda tetapi tetap sama, kemungkinan bad sectornya bersifat fisik, dan tidak bisa diperbaiki

  53. Mas ini lah yang patut di tiru, merelakan waktunya mengetik demi pengetahuan orang-orang yang membaca. Sangat membantu sekali bagi orang-orang awam, dan sangat dibutuhkan sekali bantuan seperti ini.
    Mudah-mudahan apa yang telah anda perbuat menjadi satu bekal kehormatan buat anda dan menambah rejeki buat anda. Do’a semoga anda sukses selalu.
    Tapi aku mau minta tolong nih, bisa ngga ya aku minta informasi terbaru dari mas?
    Terimakasih sebelumnya sukses.

  54. @Abdul
    Doanya juga semoga manjadi ilmu yang bermanfaat..
    maksudnya informasi baru apa ya? jika maksudnya artikel via email, tinggal memasukkan email lewat form yang ada di menu sebelah kanan atas itu

  55. apa bad sector berupa fisik bisa dihilangkan, atau setidaknya disembunyikan,…dan caranya bagaimana?
    terimahkasih

  56. @ande
    sepertinya tidak bisa (atau sangat sulit), jika ingin mencoba bisa menggunakan software MHDD yang menyediakan fasilitas advanced..

  57. dalam keadaan lupa pswd,uninstal depfreeze memang ga bisa.yang memungkinkan hanyalah mengeset defreeze dalam keadaan tidak aktif (disable).. Pakai aja soft udefreeze..banyak ko n free.
    tq

  58. Pingback: Ganti Partition Magic dengan Free Easeus Partition Manager | Informasi dan Teknologi
  59. Pingback: Periksa Kondisi Hard Disk Komputer Anda | Informasi dan Teknologi
  60. Pingback: Kloning Hardisk / Sistem Operasi dengan EASUS Disk Copy | Informasi dan Teknologi
  61. mas…HD saya Seagate 40Gb tdnya sistem tp saya beberapa bulan ini saya pake jadi HD data, tp sebelumnya dah saya Format dulu..
    nah sekarang tu HD ga ke baca mas, ke ba canya di bios sama divace manager,klo saya klik kanan adanya cuma perintah NEW PATISION, nanti klo saya partisi hilang dong data nya…nah ada solusi lain ga mas, oz datanya penting bgt tuh…apa mas punya solusi software Recover data yg bagus…saya biasa pake R-studio tp klo pke itu yg dapet cuma sedikit yg lain ga dapet tp ga bs di buka…
    thanks

  62. @jonny
    terimakasih atas informasinya

    @EwingAmoy
    coba dengan software PC inspector file recovery

  63. Pingback: Blogmarbangun | Memperbaiki Hardisk yg terkena badsector
  64. Assalamualaikum
    mas komputer saya kadang2 nge-hang,
    bila direstart (tekan tombolnya) hardisknya jadi nggak ke detek.
    tapi bila di off-kan lalu di on-kan lagi hdnya bisa ke detek. hdnyaseagate 120 gb sata.
    tolong solusinya
    terima kasih
    wassalam

  65. mas HD saya seagate 40GB tdnya sih system tp sekarang dah jd data…saya nyimpen banyak bgt data penting didalamnya termasuk foto keluarga..masalahnya di bios itu dia ga ke detect, saya dah ganta PCB bawah hardisk tp tetep ga bs….klo ke detect si enak saya tinggal recover pake R-Studio…Gimana Solusinya

    Terima kasih

  66. @abi daffa
    wa’alaikumsalaam
    Agak susah untuk memberikan solusi permasalahn tersebut, disamping informasinya masih terlalu sedikit..

    @ewingamoy
    itu jadi hardisk kedua atau gimana ?

  67. HD saya ga ke baca bang…di bios juga ga ada nah sekarang asal muncul di bios ja itu dah cukup…gimana bank

  68. @EwinAmoy
    jika BIOS tidak terbaca memang susah, karena bisa jadi ada hardware yang sudah rusak.. ( kategori rusak parah.. )

    Maksudnya link ? kalau di komentar silahkan.. 🙂 asal satu saja, kalau 2 akan dianggap spam

  69. Mas saya mau tanya nih
    saya ada masalah dgn laptop saya,tiba2 saja laptop saya tidak dapat digunakan ,setiap kali saya buka cuman mengeluarkan tulisan NTDL MISSING ,trus di suruh restart tapi yang muncul tulisan itu lagi,apakah mungkin harddik saya tidak detect lagi alias rusak(gak bisa di perbaiki lagi ?)

  70. @Andy Lim Sinaga
    jika ada cd master windows, copykan file yang hilang tersebut, atau copy dari komputer lain yang versi windowsnya sama..

  71. Mas mau tanya lagi ni…
    apakah benar kl harddisk saya tu sudah rusak?
    atau adakah cara lain agar saya gak perlu mengeluarkan uang banyak untuk perbaiki harddisk nya
    thank’s ya mas!!!

  72. @Andy Lim Sinaga
    Belum tentu rusak, sudah dicoba meng-copykan file yang hilang itu belum ?

  73. udah pernah coba pakai sopwer HHD Regeneration blom ?
    klo blom pernah, silahkan di coba, mudah”an bisa membantu,
    karena sopwer ini khusus untuk menangani bad sector.

    :)>-

  74. sharing pengalaman aja, gan…
    pernah hardisk kena bad sector….
    udah diutak-atik pake software2 utility gak ilang-ilang…
    giliran dicoba pake error checking bawaan windows…
    langsung ilang….

    hehehe

  75. @~fiD
    Iya itu juga bisa dijadikan alternatif..

    @saladin
    Iya, terimakasih tambahan informasinya, semoga bisa bermanfaat juga

  76. Halo,

    Pembelajar.net mengundang Anda untuk bergabung.

    Pembelajar.net situs social bookmarking dengan tujuan mulia dimana para anggota bisa membagikan artikel artikel yang menarik dan layak ditampilkan sebagai artikel terpilih dengan para anggota lainnya

    Kenapa Anda memilih Pembelajar.net ?

    – Pembelajar.net akan menjadi sumber informasi artikel pembelajaran dari seluruh website/blog Indonesia karena kami akan selalu memverifikasi terlebih dahulu, apakah link artikel yang dimasukkan adalah artikel yang bermanfaat.

    – Artikel pilihan di Pembelajar.net merupakan pilihan pembaca yang menjadikan Pembelajar.net sebagai website pembelajar online pertama dimana artikel- artikel tersebut dijamin kebenaran dan keasliannya karena verifikasi dari para anggota yang ngevoting artikel tersebut.

    – Pembelajar.net tidak mencuri artikel Anda tapi justru membantu mempromosikan blog/website Anda

    Tunggu apa lagi ?

    Pembelajar.net, http://www.pembelajar.net/ atau langsung join http://www.pembelajar.net/register

    Salam,
    Pembelajar.net

  77. mas hdd saya maxtor saat saya slesai menginstalasi xp ketika mau masuk windows ada pesan “harddisk error” apa penyebabnya dan gimana permasalahanya?

  78. mas…tolong ni ilmunya……
    hdd punyak saya terdetek oleh bios tapi ketika di format tidak bisa,dan di instal os tidak bisa padahal sudah masuk pada pemilihan sistem nya…..
    tolong solisinya

  79. @abil_ahqiq
    Bisa jadi hardisk terkena bad sector atau mungkin di periksa pemasangan ulang kabelnya

    @rozi
    apakah ketika di format muncul pesan error atau hanya hang/berhenti ?
    Jika hang kemungkinan ada bad sector, bisa jadi permukaannya yg rusak..

  80. Menanggapi banyaknya nada-nada sumbang tentang keberadaan Everesta Media dengan biaya recovery data yang sangat mahal yaitu 5 juta, yaitu katanya terjadi karena kerusakan fisk yang fatal pada harddisk. Ada pengalaman yang justru tidak masuk akal. Saya Ruli, tinggal di Serpong (BSD), 38 tahun. Karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. MOHON MAAF kalau tulisan ini bukan bermaksud menjelek-jelekan orang atau organisasi tertentu. Tapi untuk penyeimbang berita saja.

    Ada suatu cerita. Boleh percaya boleh tidak. Tepatnya di awal Februari 2008 lalu, saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan listriknya, lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan bahasa aneh, agak sedikit bunyi aneh klak-kletek, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA ke beberapa computer PC, ternyata sama saja & ada bunyi kletak-kletek dan tulisan : “Primary Master Failure press F1 to continue”.
    Akhirnya, saya membawa ke beberapa tempat recovery data di daerah Harco Elektronik dan Mangga 2 Mall. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya tidak menegerti, ternyata mereka gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakannya adalah pada piringan/disk hardisk saya sudah parah (tergores). Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya, dan mencoba merecover lagi ke beberapa tempat lain. Ternyata sama. Mereka gagal. Sama saja, terakhir saya coba lagi membawa ke jasa recovery data di bilangan Mall Ambasador, Jl.Setiabudi Sudirman, daerah Jakarta Barat juga, dan banyak tempat lain. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka juga mengaku-ngaku adalah master, ahlinya atau yang terbaik.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya sudah bingung harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba terus mencari di Internet, di salah satu situs iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media, salah satu jasa penyelamat data, situsnya http://www.everezta.com. Awalnya saya sempat ragu – ragu dengan sosok Everesta Media. Karena sebelumnya, saya sempat membaca beberapa tulisan-tulisan bernada sumbang tentang Everesta dari berbagai pihak! Mengatakan, bahwa tempat Everesta Media tidak meyakinkan sekali! Tetapi, saya coba untuk tidak mudah percaya langsung dengan tulisan mereka. Karena belum ada buktinya bagi saya! Ya. Coba-coba dululah siapa tahu lain apa yang banyak pihak propagandakan. Mungkin juga, sosok Everesta tidaklah seperti tulisan yang pernah saya baca. Di tengah keputus-asaan, karena Everesta juga saya pikir akan sama dengan yang lain sebelumnya. Awalnya iseng-iseng saja kalau saja mereka bisa. Saya coba -coba menelpon ke pihak Everesta Media. Ternyata, mereka meminta saya mengantarkan harddisk saya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung arah Depok. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka, dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah dibayar di muka. Awalnya saya ragu-ragu dan ciriga. Akhirnya, dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil harddisk tersebut untuk direcover ke kantor saya. Saya pun harus bersabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya, saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka mengabarkan kepada saya, bahwa harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, karena belum sempat dibongkar dalamnya. Katanya keberhasilan recovery data minimal 80% bukan 100%, juga waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya tergolong sangat parah secara fisik (katanya ada sudah bunyi, head bacanya rusak, tidak terdetek BIOS lagi dan sudah banyak “bad sector area”). Mereka mengajukan biaya recovery data sebesar 5 juta rupiah. Jumlah yang sangat mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya! Saya tidak percaya!!! Mahal sekali! Mahal sekali mas!!!! Padahal tidak seperti di tempat – tempat lain yang pernah saya tanya, jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali, takut sekali telah ditipu oleh Everesta Media! sempat saya berpikir akan membatalkan saja. Karena terus penasaran di hati saya, saya coba lagi tawar harganya agar dapat lebih murah. “Jangan mahal-mahal pak…..!” Entahlah, mereka tetap keras kepala! Tetap saja, tidak mau agar biayanya lebih murah, alias tidak dapat ditawar lagi biayanya. Karena terpaksa juga & pasrah, mau tidak maulah! harus kemana lagi saya coba merecover data saya dengan harga jauh lebih murah, Sementara mereka belum tentu menjamin sanggup! Sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnya dengan terpaksa, saya menyetujui juga dengan biaya 5 juta rupiah secara tunai dibayar. Asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan! Itu janji saya pada pihak Everesta Media.

    Bingung dan sangat mencurigakan juga cara kerja Everesta Media seperti apa. Terpaksa harus menunggu lebih seminggu tampa ada kejelasan atau kabar. Tak sabar, akhirnya setelah 8 hari, mereka (pihak Everesta Media) tiba-tiba menelpon lagi kepada saya, dan memberitahukan bahwa sudah selesai semua data saya diselamatkan, diminta saya segera membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Diminta juga, saya segera menyiapkan biaya recovery data tunai 5 juta rupiah. Astaga mahal sekali!!! Sebelum saya mengetujui saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya, yang sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar! Aneh, sangat tidak dapat dipercaya!!! mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya! Atau mungkin Everesta sedang kebetulan ‘hoky’ jadi dapat menyelamatkan data-data saya. Aneh! Mungkin saja….! Percaya tidak percaya! Tidak seperti banyak nada sumbang tentang Everesta lantaran tempatnya tidak meyakinkan yang masuk gang itu (mobil tidak bisa masuk)! Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir dulu.Sangat mahal bagi saya, biaya recovery datanya! tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun, pertama-tama saya curiga takut ditipu oleh pihak Everesta karena sosok tempatnya tidak meyakinkan. Sebenarnya jujur dalam hati kecil saya, terpaksa harus puas juga dengan harga 5 juta rupiah. Saat ini, sangat tidak penting seperti apa tempat Everesta Media, siapa – siapa saja yang anggotanya, bagaimana cara kerja mereka, dan berapakah personil dari Everesta Media itu?! Justru yang terpenting bagi saya Everesta Media adalah lebih dan memiliki nilai tambah dari dari yang lain! Karena sudah terbukti telah berhasil menyelamatkan data-data penting saya, bahkan yang sudah lama dihapus sekalipun. Sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah.Terserah anda mau dibilang kebetulan Everesta sedang beruntung /hoky.

    Ruli, Serpong (8-1). Percaya atau tidak cerita. Terserah anda, jangan tuntut saya telah menipu anda di hari akhir kelak! Mau dianggap fiktip belaka silahkan. Karena kebenaran cerita ini tidak akan pernah dibuktikan! Jangan tanya saya fiktip atau tidak! Hanya saja.Terima kasih kalau anda telah mau membacaya.

  81. @azhar
    biasanya yg restart CPU bukan monitor…
    kalau benar monitor, saya kurang tahu.. harus ke bengkel elektronik mungkin

  82. mohon bantuan :
    1. bagaimana membuka drive hardisk yang mana lewat explorer tidak kelihatan, padahal waktu partisi hardisk ada drive.

    2. tolong bantuannya untuk mengirim driver (soundcard dan vga)laptop toshiba satellite A205-S6810.

  83. @bayu
    1. coba di cek apakah ada bac sectornya, jika ada mungkin itu yg menyebabkan tidak bisa diakses di explorer

    2. Untuk kirim mengirim software/driver saya belum bisa..
    mungkin bisa mencari dari google dulu

  84. kalo bad sector track 0 error ada solusinya g bung.. di bios terdeteksi tapi hardisk maxtor 80gb jadi 0 gb .thanks salammm

  85. @ahmed
    mungkin bisa dicoba dengan format hardisk dan mengabaikan track 0 itu, saya agak lupa dengan aplikasi apa.. jadi seperti di potong ukurannya..

  86. THANKS BEFORE BUNG… ANE TUNGGU IDENTITAS APLIKASI YANG DIMAKSUD. TERMASUK ALAMAT DOWNLOADNYA… SEKALI LAGI (UNTUK KALI INI) THANKS….
    SALAM HORMAT

  87. ..haLo Prof..ws
    gw mw tny neh, knp yah tiap main Game,br START 10 mnit smw
    jd bhenti!!mouse,keyboard dlL!alias Hang!uhh!!
    mnyebalkan!!!gMN Prof??
    bs ks solusi kgk??
    oiya,skedar info game na tuh COMMAND & CONQUER ZERO HOUR.
    Makasi Ya Proff atas wktNya..
    Meredeka!!

  88. @Ahmed
    coba mencari informasi di hddguru.com

    @MIMIE
    siapa nih prof ws..
    Coba di cek suhu VGA/CPU setelah berjalan kurang dari 10 menit..
    atau bisa juga install driver vga terbaru..

  89. mas saya pnya hardisk seagate ATA 320G, tidak terlihat pada bios, saya coba menggunakan tool hardisk booting dari cd(maaf saya lupa namanya)terdeteksi, setelah saya surface terdapat bat, kira2 tak terdeteksi dibios karena bat atau kerusakan lain, trimakasih atas infonya

  90. @aroel
    Agak aneh, jika dari CD bisa terdeteksi, harusnya di BIOS juga terdeteksi, karena BIOS mendeteksi duluan..

    Mungkin juga BIOSnya tidak support untuk hardisk sebesar itu.. ini bisa terjadi untuk motherboard lama..

  91. senang rasanya bisa berbagi pengetahuan

    saya mempunyai bayak sekali hardisk… hari ini saya ingin memepelajari hardisk…

    1. kira2 awal untuk memepelajari tentang memperbaiki hardisk tahapan awal apa yg harus saya lakukan dan coba?

    2. ada kaitan atau tidak hardisk dan BIOS

    3. saya minta tolong minta link untuk download software hardisk yaitu SAMSUNG dan SIGATE?

    saya sangat mengharapkan balasan dari pihak manapun untuk membantu saya.

    dengan kerendahan hati saya haturkan terimakasih.

  92. @irhdhy
    1. Mempelajari file sistem hardisk, tipe-tipenya, antarmuka, dsb
    2. Kalau BIOS tidak mendeteksi hardisk, biasanya selanjutnya kita juga tidak bisa mengaksesnya
    3. silahkan mengunjungi website resminya langsung saja.
    Selain itu kunjungi juga hddguru.com untuk tool-tool gratis tentang hardisk

  93. Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh,mas saya mw tanya,sehabis sya bli HDD Western Digital 500mb,wktu sya mgecek jumlah kpasitas pd disk management,yg trcantum adlah 465,76mb,itu sisany 34,24mb kmana mas?Apa memang bgt?Terima kasih.

  94. @Alveen
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Iya memang seperti itu. 500 GB itu dalam bytes, jika dalam MB atau GB yang sebenarnya tidak sampai penuh 500 GB, karena 1 KB=1024 bytes..

  95. Mau tanya ni kalau starup bios terdapat pesan error semacam ini gimana cara mengatasinya ya “3rd master harddisk error”

    hardisk dalam bios sudah terdeteksi. minta tolng dong cara mengatasinya thank you.

  96. @gesweet
    Coba di scan hardisk yang ke-3 tersebut, mungkin ada bad sector di bagian awal sectornya..

  97. mas,sy pernah dapat masalah di saaat mengistal windows. sebelum sy instal, pemilik comptr mengatakan: “cmputernya tiba-tiba mati setelah sy instal traspermation vista. nah, setelah sy coba format local ‘C’ dengan booting windows ternyata dia tidak masuk. apakah ini termasuk gejala bad sector? jika betul, gimana cara nanganinnya? tolong infonx di kirim lewat email sj. thx. wajazakumulahu khairan. ^_^

  98. @Abd Rasyid
    Bisa jadi, tetapi dipastikan dulu, mungkin bisa menggunakan bootable CD atau scan dari komputer lainnya..

  99. mas maw nanya nih…
    hdd saya klo d instal sama xp koq file na corupt trus,,,(pas copy driver.cab)
    padahal udh d coba dengan cd yg berbeda,
    anehnya klo d instal pake mobo yg berbeda ga ad file yg corupt
    ini yg rusak na hdd ato mobo???
    mohon solusinya^-^

  100. Ass. Wr. Wb
    mas, mo minta tolong..
    saya punya hardisk samsung 40 gb. hd saya partisi jadi 2. ketika mo diinstal di drive c, proses pertama diformat dulu. tapi hd gak bisa diformat. sdh dicoba fat32 atau ntfs tetap juga gak bisa. gimana solusinya? apa hdnya rusak?

  101. @dedet
    bisa jadi itu karena HDD-nya, mungkin ada bad sector..
    apalagi jika errornya masalah copy file..

    @Afan3
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    ( salam mungkin akan lebih baik jika tidak disingkat.. )
    Sebelumnya itu diformat melalui alikasi apa ? atau ketika install windows ? kemudian apa muncul pesan error ?

  102. HDD mo saya instal windows xp. Waktu buat 2 partisi bisa, tp waktu diinstal minta diformat. Coba format ntfs ato fat32 tdk bisa. Format tidak dikenal dan minta yg lain. Gimana solusinya?

  103. @Afan3
    Jika seperti itu, coba di format dengan ntfs secara terpisah (bisa hardisknya di format di komputer lain, atau menggunakan bootable CD seperti UBCD atau CD Linux Ubuntu ), sehingga ketika install windows tidak perlu format lagi

  104. assalamualaikum wr wb mas ebta hari ini pas saya mau nyalain komputerku malah muncul tulisan disk read error occured press ctrl + del + alt to restart gimana cara mengatasinya ada yang bilang mesti ganti hardisk apa betul harddisk saya udah ngak bisa di pake lagi padahal umurnya baru 2 tahun

  105. @andranih
    wa’alaikumsalaam
    coba di cek dulu di komputer lain, mungkin memang bad sectornya ada di posisi (track) awal ( master boot record ), sehingga menyebabkan tidak bisa booting..

  106. bos…mo nanya nih
    kalo hardisk cuman kedetect kalo pakai kabel IDE to USB.tapi ga muncul di my computer sama sekali.tapi di safety remove bisa.trus pas restart dengan tujuan mau liat di bios nih,eh malah nge-hang alias kompie diem.pake HDD-regenerator yg bootable cd boro boro bisa booting,lah orang pas tampilan utama kalo di restart kan muncul merk motherboard duluan gitu.nah pas disitu udah nge-hang.gimana tuh bos? apalagi mo pake LLF????! sampe boot aja kaga mao.mending deh kalo sampe ada tulisan press any key to boot from cd..kan bisa di scan or diapain aje.ye ga?nah biosss????!!!! diemmm???!!!!hayo gimana tuh bos??hardisk merk maxtor sama seagate bos.yang satu nih hardisk ga getar (yg seagate)…ga detect pula.kalo yg tadi tuh masih getar yg pertama tadi tuh yg awal tulisan ini (maxtor).ada solusi kaga?

  107. yang penting tuh hardisk intinye pengen supaya bisa di deteksi dulu deh.soalnya kalo mo liat di bios aja diem, ya mo ga mao liat di windows aja.ngerti kan bos ???!!!!pake software canggih apa nih bos yg bisa deteksi hardisk yg ngumpet ?? tapi di device manager ada loh…kan berarti masih idup nyawanye tuh hardisk.tapi mo masuk bios nge-hang

  108. Pagi Om, Aku punya Harddisk Maxtor 250GB, kedetek ama BIOS tp gak kedetek oleh windows, walau tak SLAVE pake Kompi laen, juga waktu tak coba Install WinXP, pesannya HDD gak nemu, Kira-kira masih bisa diselametin gak ya om …?? ato minimal datanya masih bisa di copy gitu … ganti..
    makasih ya Om sbelumnya…

  109. @jambronk
    sepertinya memang sudah akut itu…
    atau memang terkena bagian sector awal-awalnya. Kalau sudah seperti ini memang susah, saya juga belum tahu caranya

    @Sinyo
    Jika masih terdetesi BIOS, alternatifnya bisa dicoba menggunakan liveCD, UNCD4win, Linux atau lainnya..

  110. makasih ya mas
    infonya
    guna bgt
    promosi nec
    alexanderadhitya.wordpress.com(tentang ilmu computer)
    thank’s

  111. Dies ist ein gro?er Ort. Ich m?chte hier noch einmal.

  112. asslkm
    mas mo nanya neh, hardiskq tu seagete sata 80gb tapi gak ke detek di bios kenapa ya?

  113. @alexander
    Iya sama-sama..

    @kykye
    wa’alaikusalaam
    BIsa jadi karena ada kerusakan di sector-sector awal hardisk. Perlu juga dicoba di komputer lain..

  114. mas, aku punya hdd baru kapasitas 120 gb, waktu saya pasang di komputer, aku jadikan slave. yang primary 40gb. yang bikin bingung, hdd 120gb terdeteksi di bios, tapi waktu buka explorer.exe, tidak terdeteksi. udah di liat pake Free Easeus Partition Manager dan terdeteksi tapi tidak bisa diformat. masalahnya apa ya?
    terima kasih

  115. hdd 120 gb, terdeteksi di bios tapi tidak terdeteksi di explorer.exe. udah coba format pake cd windows tp ada tulisan kira2 artinya seperti ini, sistem tidak dapat membaca harddisk ini.
    kenapa ya?
    apa kegedean ya?

    aku pake intel P4 2.26 Ghz
    memory 256Mb.

    thanks.

  116. @coco
    ketika akan di format dengan easeus apa pesan erro yang muncul ? mungkin perlu dicoba jika djadikan primary, tanpa HDD yang lain..

  117. assalaamu’alaikum..

    mas mau tanya nih, mungkin beda dr bahasan diatas..
    baru beli hdd seagate sata 160 GB, tp pas pasang di mobo ecs PM800-M2 koq gk ke detect di BIOSnya ya?

    udah coba install SCSI controller sblm install windows XP (tkn F6) tapi muncul pesan “File txtsetup.oem caused an unexpected error (1024) at line 1747 in d:xpsprtmbaseboatsetupoemdisk.c.”

    mohon bantuannya

    trims

  118. Mas,mau nanya nieh.
    Komptrku selalu restart ketika masuk ke windows.

  119. @diar
    wa’alaikumsalaam
    jika masih baru sebaiknya ditanyakan ke penjualnya. Karena setahu saya mobo itu tidak bermasalah dengan SATA..

    @Mashoed
    coba masuk safe mode, dan di identifikasi aplikasi auto start windowsnya

  120. mas.saya punya hdd maxtor 40Gb,di bios kedetek tapi di windows normal ga,lewa DM juga ga bisa,gimana tuh mas cara mengatasi hdd saya supaya bisa dipakai lagi.mohon jawabannya ke email saya ya mas.mksh

  121. @Limuz
    Bisa jadi ada sector awal yang rusak..
    apa terdeteksi jika lewat linux atau komputer lain ?

  122. om Tolongin sih komputer q…. pas lagi Nginstal Win Xp 2, Copying files ko Lambat Amat Proses’y,,….????

    kira2 apa penyebabnya……????
    apakah Dari Hardisk, Ram, Prosessor, CDRom, Power Suply….

    Tulung Di jawab om….

  123. Ass..mas..hardisk saya dipartisi,tapi yang drive data corrupt,maksudnya kapasitas 20gb, tapi terditeksi freenya hanya 12gb, padahal hardisknya tidak ada filenya alias kosong, di format dari win/dos tidak bisa, gimana ya solusinya..wassalam

  124. gimana caranya memperbaiki komputer pas booting tulisannya the read disk error occured

  125. Assalamu’alaikum..
    mas saya punya’ harddisk yang tidak sengaja kenak format ada g tool yang bagus untuk mengembalikan file saya yang hilanga, trus klo ada gmna cara mengoprasikannya??? trimzz.

  126. Assalamu’alaikum..
    mas saya punya’ harddisk yang tidak sengaja kenak format ada g tool yang bagus untuk mengembalikan file saya yang hilang, trus klo ada gmna cara mengoprasikannya??? trimzz.

  127. @Poern
    mungkin ketika install ulang hardisknya tidak di format. Agar lebih cepat, maka sebaiknya drive yg akan di install di full format

    @haris
    wa’alaikumsalaam.. (saran nih.. salamnya tidak disingkat.. 🙂 )
    coba dicek apakah ada bad sectornya. Jika ada dicoba di repair terlebih dahulu

    @matthew
    coba di cek juga kemungkinan adanya bad sector ( bisa dari komputer lain atau menggunakan bootable CD)..

    @amin
    wa’alaikumsalaam
    tool yg bagus GetdataBack ( tidak gratis) kalau gratis bisa mencoba PC Inspector file recovery

  128. terimaksih atas bantuanya mass, web ini memang sangat bermanfaat bagi saya,,wassalam,,

  129. Minta Tolong lagi Mas Eb” kalau datanya tidak bisa di copy karena Bad Sektor (saya mau backup data untuk di format)gimana caranya biar bisa di copy? data nya yang rusak cukup penting. makasi sebelumnya

  130. wah, thax banget…
    sangat membantu. kayaknya saya bakal langganan di site ne, hehehehe…

  131. @amin
    wa’alaikumsalaam.. sma-sama

    @Komang
    kalau memang lokasi data di tempat bad sector, maka memang sepertinya tidak bisa (susah) untuk me recovery lagi…

    @benny
    Iya.. harus jika tidak ingin ketinggalan .. 🙂

  132. Assalamualikum
    saya punya hardisk seagate 40 GB waktu masuk Bios kebaca tapi di windows ga kebaca?

    dicoba pake mobile hardisk trus dikoneksi ke laptop pake USB di windows laptop usb nya kebaca tapi di exploler ga kebaca…

    kira-kira datanya bisa diselamatkan ga ya….?????

  133. @ujang
    wa’alaikumsalaam
    Jika masih terbaca di BIOS, mungkin perlu juga di cek dengan recovery CD atau bootable CD..
    Jika pernah mendengar bisa juga di cek dengan software MHDD..
    jangan-jangan memang terkena bad sector yang sudah parah..

  134. Alhamdulillah hdd saya sudah bisa terbaca dan digunakan. hardisk yang hanya bisa terbaca di bios saya benerin pake low level format dan akhirnya normal.
    yang jadi permasalahan ada sebagian data penting yang ikut hilang. apa bisa mengembalikan data yang sudah di low level format???

  135. @ujang
    jika sudah low level format setahu saya tidak bisa dengan software. Kalau di lab khusus saya kurang tahu..

  136. Mohon bantuannya Mas,Hdd n Cd/DVD room saya tidak terdeteksi di bios ataupun di windows (sebelumnya normal),settingan master & slave sudah di cek,power ada,kemudian hdd-nya saya coba di jumper ke kompie lain,malah dua-duanya tidak terdeteksi,terimakasih..

  137. @zoxers
    jika dicoba di komputer lain sama tidak terdeteksi, dan jumper di HDD sudah di cek, kabel beres, coba dengan kabel USB to IDE ayau IDE to USB, mungkin masih bisa

  138. Salam kenal, saya sebenarnya udah lama banget mempelajari hardisk dan mengasikkan, ada yg bisa saya betulin dan ada juga yg tidak, macam2 tool udah saya punya, terakhir yang bikin saya bete adalah terjadi bad sektor di hd seagate saya, kompi hanya satu dan saya coba pake laptop dan menggunakan kabel IDE to USB, disini HD saya terdengar seperti suara rayap sedang menggigit kayu (ngit..ngit..ngit) gitulah kira2 dan hd nya tidak dapat terdeteksi, mohon bantuan atau mungkin mempunyai pengalaman yg sama dan berhasil dibetulin, mudah2 dapat dishare ke saya, thanks SALAM

  139. @Sunardi
    kalau HDD tidak terdeteksi memang susah, satu-satunya jalan sepertinya memang harus dicoba-coba terus sampai terdeteksi

    @muhammad
    silahkan, asal tetap menyertakan sumbernya..

  140. assalamualaikum wr. wb

    Mas saya mau tanya ? saya mau nginstall windows xp ke hardisk, saya nginstal langsung pake cd melalui cdroom,tetapi setelah masuk partisi ternyata spacenya gak beraturan,kadang melebihi kapasitas dan kurang dari kapasitas , hardisk saya seagate 40 GB, mau di partisi malh ga bisa di partisi dan di format malah balik ke space semula terus, kadang tertulis dont hardisk error ato acorrup gt, atau ada perinta quit dan ke restart terus, Knpa ya mas?
    Mohon jawabanya ya mas
    Terima kasih atas bantuannya.

    Wassalamualaikum wr wb

  141. tan – ina nyo barok kau mg tagalog!! tga bundok b kau?!!!

  142. @wahyu
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Sepertinya HD-nya perlu discan di komputer lain, dan diperiksa apakah ada bad sectornya. Jika ada coba diperbaiki dengan cara-cara diatas..

  143. @wahyu
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    Sepertinya HD-nya perlu discan di komputer lain, dan diperiksa apakah ada bad sectornya. Jika ada coba diperbaiki dengan cara-cara diatas..

    mas hardistnya udah gak bisa masuk system windows explorer
    tolong mas bantu saya.Bagaimana caranya mas! waktu itu HD saya gak di pakein antivirus, pas saya deteckin pake antivirus, virusnya banyak sekali. eh malah kurestart dah gak bisa masuk system windowsnya. malah ada tulisan boot failure please. please…
    makasih ya mas

  144. Mau numpang tanya,sekaligus minta tolong solusi..
    Komputer saya
    -AMD athlon 3200
    -seagate 80GB
    -1GB pc 5300 visipro
    -Biostar T-Force 550
    -nVIDIA 7300 GT

    stelah kompter saya install ulang,bisa sampai masuk ke dekstop.Tapi setelah itu komputer nge hang
    mohon bantuan ny

  145. setelah sekian lama komputer saya tidak dipakai pada waktu awal ngidupin komputer harddisk saya kok berbunyi seperti irama musik dengan merek harddisk Western Digital tapi kalau mau diinstal nggak bisa masuk padahal dibios sudah detek kira2 apa ya kerusakannya?

  146. Pingback: Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector |
  147. Assalamualaikum
    Mas mau tanya dan minta solisinya…
    Hard Disc sy Segette 250 GG dipartisi 2, digunakan si slave tidak terbaca di win explorer tp ke detect di bios dan device manager, apa masalahnya, dan apakah bs bisa diperbaiki…. kalau bs kira2 pake sofware apa… udah coba buat booting… hasilnya eror partisi… apakah datanya bs di back up… terima kasih atas jawabannya

  148. tanya..kenapa kok komputerku tiba2 restart sendiri, abis gitu ada tulisan disk boot failure..gitu2. selain itu hardis gak kebaca (none) di biosnya..biasanya pada waktu ngegame/nonton film di mediaplayer..terimah kasih..mas..

  149. Ass’ Wr.Wb.
    numpang tanya nich!! komptr saya pas booting muncul tulisan NTLDR Press ctrl+alt+del to restart. Pernah saya coba scan HDD nya pake Regenerator, tapi sampe dua hari lebih saya biarkan ga selesai juga, cuma sampe 12%. apa tuh HDD mash bisa ketolong boss. kalo mash bisa gimana caranya?? Thanks

  150. mas…. saya punya problem nih???
    kompie saya memekai 2hardisk
    1 hard disk saya jadikan 2partisi, c dan d
    dan satu hard disk lgi cuman satu partisi yaitu e,
    masalahnya hard disk saya yang partisi e ko ga kebaca ya?
    kadang2 kebaca tapi kadang2 engga kebaca.
    itu masalhnya ada di mana ya?
    thank’s atas infonya…

  151. Assalamu’alaikum
    7 Bln yg lalu beli HD maxtor SATA 160G, bermasalah waktu baca terdengar krek2… keras spt Hd klasik 1G trus sya kembalikan ditukar dg yg baru & hasilnya tetap sama malah parah lagi aksesnya lambat, setiap saya instal XP2 lama & saya instal nero7 berhenti 3 menitan baru jalan & hasilnya korupt itu selalu berulang , sudah saya lakukan format, NDD, fdisk, LLF hasilnya sama. Tp semuanya lancar di DH 10G saya. Dan akhi2 ini HD160G kedetek ada bad sector trs saya hilangkan dg LLF & fdisk bisa hilang tp peform HD tetep lambat.
    Apakah semua HD maxtor bunyinya berisik / punyaan saya tok?.
    HD saya yg bermasalah apanya & bagaimana mengatasinya?
    Untuk HD yg berisik apa berpengeruh pada umur HD?
    mohon bantuannya dan terimakasih banyak

  152. mas maw nanya nih…
    hdd saya klo d instal sama xp koq file na corupt trus,,,(pas copy driver.cab)
    padahal udh d coba dengan cd yg berbeda,
    anehnya klo d instal pake mobo yg berbeda ga ad file yg corupt
    ini yg rusak na hdd ato mobo???
    mohon solusinya^-^

    solusi:
    bisa jadi itu karena HDD-nya, mungkin ada bad sector..
    apalagi jika errornya masalah copy file..

    gmana cara baikin nya y mas lo uda bad sector tp kt sendiri aja msh blm instal windows na???
    thanks

  153. Mas, saya punya laptop toshiba. ketika di hidupkan tiba-tiba starup nya lama dan muncul tulisan 0020 error harddisk. begitu terus menerus. apakah harddisk saya kena bad sector. saya coba format menggunakan live cd yang muncul di awal boot cuma layar hitam blank saja. gmana cara mengatasinya mas

  154. mas saya compie saya hang sdh saya instal ulang…tp kmdian hang lagi…masuk ke save mode jg berhenti di tengah jalan…tp tdk restart…apakah itu juga gejala bad sector…terimakasih..

  155. Salam Mas……
    Saya mau tanya saya mendapatkan penyakit hardis ini, pada saat di cek di bios hardis kebaca… trs begitu saya mau booting hardis tidak kebaca dan bunyi tik tik…..
    tuh permasalahaanx di mana yah… bisa berikan pencerahaanx???

    Best Regars

  156. mas Mita Tolong,apakah kemungkinan Hardisk saya kena Bod sector mas?ciri-cirinya:
    1.tidak bisa Masuk Win Xp,
    2.Layar warna hitam sudut atas ada tulisan A disk error terus masih ada sambungannya tapi lupa,kemudian disuru tekan CTRL + ALT + DELETE,padasaat itu saya tekan malah kembali keawal tadi
    3.HDD nya terbaca di bios
    Tolong minta solusinya mas
    Terimah Kasih

  157. Iya nih mas.. saya juga punya masalah yang sama dengan mas anator… solusinya gimana yaa? bisa ngga ngebenerinnya ngga mesti pake komputer yang lain? soalnya pengen nyoba benerin sendiri… sebetulnya setelah saya googling, saya dpt informasi cara ngebenerinnya, cuman mesti pake komp yg lain. Trus katanya di pasrtisi boot utama windows (drive c) tidak boleh lebih dari 137 gb. Betul ngga mas?

  158. Selamat Pagi Mas, mau tanya nih, mungkin kasus saya yang terumit dibandingkan dengan yang lain.
    saya punya Notebook asus, hardisknya Sata- hitachi 120GB
    semakin hari semakin berat kayaknya diakses, dan suatu hari tiba2 waktu booting awal muncul american megatrends : ide S.M.A.R.T status bad, backup n replace. tekan F2 utk masuk biosnya. saya pernah mengalami ini dan saya instal ulang windows, dan masalah ini tuntas, nah skarang muncul lagi american megatrends yang sama, masalahnya sudah saya instal windows untuk yang ke 3 kalinya, tetap saja muncul american megatrends itu, saya punya sepupu orang IT, dia bilang bisa lwat command prompt utk ck status hardisk, saya coba deh pake cd xp itu ceknya yang repair, c:windows ketik chkdsk /p utk cek bad sector, rupanya memang ada bad sector, terus chkdsk /r utk repair, dan katanya udah berhasil repair, tapi masalahnya sekarang tetap ada itu amrican, bahkan windows saya corrupt dan tidak bisa install ulang lagi, waktu proses instal kira2 19 minutes again, itu berhenti. terus banyak pesan error yang ada (windows delayed write bla..bla..bla..) bagaimana menurut mas? thanks jawabannya ya..
    semoga sukses

  159. masalah saya juga sama seperti mas anator dan diky.
    tapi sekarang kompie saya tambah parah.
    kompie saya jadi corup….
    apakah klo kompie saya di repair data2 yang di c dan d akan hilang???
    tolong ksih tau cara repair kompie agar data tidak hilang dong….

  160. @wahyu
    kalau sudah seperti itu saya tidak bisa banyak membantu, kerena seharusnya langsung melihat dan memperbaiki langsung HDD-nya…

    Bisa jadi ada kerusakan hardisknya (bad sector)

    @Andri
    Hang bisa disebabkan banyak hal..
    tetapi jika itu setelah install ulang bisa jadi karena bermasalah di bagian memori (RAM), meski sebab lain juga memungkinkan seperti HDD, Virus dsb

    @imam
    sudah dicek akan adanya bad sector ?

    @Ghazani
    wa’alaikumsalaam
    itu dengan kabel SATA atau PATA ya ?
    memang bisa jadi boot sectornya error/pas rusak sehingga di windows tidak terdeteksi…

    @noise
    coba di cek pemasangan kabel ke hardisk..
    kadang hanya masalah itu saja..

    @Omen’s
    wa’alaikumsalaam warahmatullah wabarokatuh
    sepertinya memang terkena bad sector
    ada software bagus yg mungkin bisa dicoba (GetDataBack ). tetapi ini bukan software gratis..

    @arhyen
    bisa diperjelas mungkin ukuran masing-masing..
    sudah dicek pemasanngan kabelnya ? jumpernya ?

    @yudi
    wa’alaikumsalaam
    seharusnya tidak berisik, apalagi jika baru..
    Jika sudah terkena bad sector dan meskipun berhasil hilang, tetapi jika sebelumnya banyak bisa jadi memang akan bermasalah…
    Coba dicek dengan HDD Tune, bagaimana rata-rata kecepatan akses-nya

    @andre
    jika belum ada windowsnya, maka menggunakan bootable CD, semisal Hiren’s Boot CD, Ultimate Boot CD dsb..

    bisa coba juga Memori/RAM-nya diubah slotnya (jika ada yg lain diganti dulu)…

    @zhobey
    iya sepertinya HDDnya bermasalah…
    jika full format tidak berhasil, maka mungkin perlu low level format, tetapi pastikan datanya sudah dipindah dulu

    @4pril
    kalau bad sector biasanya hang pas ngakses hardisk, entah itu pas buka-buka explorer atau sejenisnya..
    Bisa jadi juga karena Memori/RAM yang bermasalah…

    @Putra Bontang
    bisa jadi boot sector hardisk error/rusak/terkena bad sector..
    perlu dicek dulu apakah sudah bersih dari bad sector

    @anator
    belum bisa dipastikan..
    bisa jadi juga karena ada file sistem ada yang rusak, file boot.ini tidak ada, atau windowsnya memang rusak..

    @Diky
    jawabannya mungkin agak panjang.. sebaiknya baca artikel berikut
    http://support.microsoft.com/kb/303013

    @Andreas Kurniawan
    Windows delayed…
    menunjukkan hardisk bermasalah di proses penulisan/pembacaan, biasanya memang karena bac sector atau memang banyak blok yang sudah hampir bac sector..

    coba menggunakan MHDD (tetapi memang ini bukan untuk pemula). Bisa download di hddguru.com

    @arhyen
    kalau repair windowsnya tidak, pernah saya membahas tentang cara me-repair windows..
    tetapi sebaiknya disertai teman yg lebih tahu jika masih belum yakin

  161. asalamuaalaikum… sebelumnya minta maaf masalahnya banyak nanya ni.!! mas saya punya hardisk maxtor 80giga tahun2007 permasalahannya setiap kompy dihidupkan hardisk selalu bunyi dan setiap membuka folder terasa lama dan bunyinya makin kenceng!! udah aya coba low format menggunan maxtor power max sama hardisk regenerator tapi hasilnya sama saja?nihil masih bunyi.!!
    2.hardisk hitaci 20giga pada motherbord hardisk bisa nyala tapi kok dalamnya ga bisa berputar.. dan pada bios gak kedeteck bagai mana solusinya… timakaih

  162. Mas hardisk saya laptop saya rusak terdengar suara kletek-kletek. Bisa masuk windows. Tidak terdeteck di bios. bagaiamana memperbaikinya / bisa gak saya mengambil datanya aja…soalnya penting!!! Mohon bantuannnya, terimaksih.

  163. Mas hardisk saya laptop saya rusak terdengar suara kletek-kletek. Gak Bisa masuk windows. Tidak terdeteck di bios. bagaiamana memperbaikinya / bisa gak saya mengambil datanya aja…soalnya penting!!! Mohon bantuannnya, terimaksih.

  164. Ass…wr..wb..MAu Tanya untuk partisi hardis drive C..note book acer aspire gimana ya..???karena parkai sofwer..EASEUS dan partition magic 8 ketika klik kanan menu creat dan delete ngak aktif jdi gimana mempaatisinya ya,,,,

  165. hp compag nx6120
    kemaren seblum partisi tak delet (unlogikal) live cd masih bisa detect
    kemudian setelah mu diformat g bisa (mu bikin dualboot) xp+ubuntu,, setelah restart lagi,, bios, live cd uda g detect. apa masalahnya bosss trims

  166. Assalamu’alaikum..
    Mas mau tnya neh, kok hardisk saya bunyinya kasar bgt ya.. mslah’y knp y?? Cara mengatasinya gmn y??
    hardisk saya merek’y SEAGATE 160 GB 7200.10

  167. mw nanya nih, komp q heng trus q instal ulang g sengaja q hapus yang c, dri situ partisix terbalik C jadi D n D jadi C. krn q pikir g jdi masalah q biarain aj q instal ampe selese. 3 hari kemudian komp q kembali heng. trus mw q instal ulang disini q mengalami kebingungan saat q liat partisix pada DOS, jdi bingung yg C mn dn D yg mana. partisi C (sebenarnya itu D) spech msh byk. sedangkan D (sebenarnya C) spech tinggal sedikit. q bingung nih mw instal ulang yg mana takutnya ntar salah format partisi. gmn carax nentuin partisi C atau D? trus cara mengcopy datax melalui hardisk lain gmn? apakah hardiskx harus sm jenisx dgn hardisk komp yg heng?
    heheee mf yh kebanyakan nanyax….

    mohon penjelasannya..makasih sebelumnya

  168. goblogan,, jawab yang mutu sitik pa gak bisa !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  169. Halo salam kenal

    Saya punya hardisk 40GB. tak mau format, coba di lowlevel format dgn tool dari hdguru juga sama.

    Kira2 apa yah

  170. Assalamu’alaikum.. gimana memperbaiki HD 20 gb WD terbaca bios 40 gb
    atau sebaliknya terbaca bios lebih kecil dan tidak dpt diakses
    trims

  171. Bagai Mana Jika di bios kelihatan (terditeksi), tapi tidak bisa booting & tidak bisa masuk screen partition xp, saat restart windos??
    Bagai mana y?

  172. ass wr wb
    mas saya mau tanya, kira2 butuh berapa waktu untuk me low level format hardisk 80 gb?

  173. mas klw laptop sya sbelum booting dha tulisan smart failure :predicted on hard disk 0:wdc wd800bevs-22RSTO(S1)
    Warning: imedately bakup your data and replace your hard disk drive. A Failure may be imminent
    press F1 To continue
    nah pas sya tekan F1 booting jalan di windows ya pun normal2 za yang sya alami,,
    tu knapa ya mas udah sya instal ulang msih za,
    🙁
    trus kash solusi ya ya mas,
    🙂

  174. mas mau minta tolong. saya punya hdd seagate 80g model st380011a. kejadianya mati lampu dan tidak memakai ups alhasil komputer mati. setelah listrik menyala saya hidupkan komputer lagi ternyata komputer restart terus. saya coba install ulang ternyata tidak bisa alias blue screen. saya coba install dengan hdd yang baru dan langsung lancar. setelah itu saya pasanga hdd yang lama kembali untuk slave master. hdd terdeteksi di bios tetapi komputer kembali restart terus. minta solusinya ya.

  175. mas sya mw pkek software HDD Low Level Format tools di laptop sya gk bsa cra makeknya suruh pilih hardisk cmn ada pilihan stu hardisk yaitu hardisk saya yg rusak tu,,trus sya pkek Wertern Digital lifeguard Diagnostics pas sya clik WRITE ZEROS ttp gk mw,,,kyk mna sich cra pkek software2 ni mohon bantuan jawaban dari pihak manapun,?

  176. Ommm…..saya mau tanya.

    say apke 2 hardisk,

    1. 120 saya partisi 60.60 ( seaGate)

    2. 80 gb ngga di partisi.

    jadi yg 80 gb itu saya jadiin external ( adapter yg ke USB }

    knapa tiba2 HD yg 80gb itu ga detak di explore ya??

    di bios dan di disk management nya detek..

    dan saya dah install seagate tools, dan detek juga tapi ga bisa di open,
    Knapa yah HD saya??

    saya dah coba jadiin HD internal, tetp ga detek di explorer.

    mohon pencerahan nya….

    makasih

  177. ms apa sih penyebab bad sector??
    ak ada 3 hardisk yang bad sector..
    hardisk maxtor & samsung di BIOS kebaca tapi wkt masuk windows g ada,kira2 knp y mas?
    kl hardisk ngeluarin bunyi apa masih bisa diperbaiki..
    kl ada tutorial yang laen kirim ke email ku yach
    thank’s

  178. Nice Artikel… Leh nambah bos.. barang kali ada yg butuh..

    Harddisk badsector pada hardware masih bisa diperbaiki. Logikanya gini apabila lokasi bad pada cylinder 122, maka kita mempartisi lokasi tsb tersebut dengan partisi unused. namun tidak semua program partisi yang bisa. Saran saya pake PSDOS (under DOS). namun untuk menentukan lokasi bad tersebut tidaklah mudah. bentuk satu partisi, format dengan full format. scandisk harddisk tsb. catat parsen brapa yg mengalami bad. kemudian hitung… untuk menghitung posisi pake Calculasi Clylinder Bad Cluster.
    http://id.software-plus.org/index.php?option=com_jotloader&view=categories&cid=8_ec2e140644af9220ad91e6f7f4091b4e&Itemid=13

    Setelah itu partisi dengan memakai PSDOS. ingat set partisi unused pada lokasi yg kena bad. Format/Partisi/scandisk dijalankan di under dos.

    klw ada yg kurang jelas, web saya http://forum.ihsana.com.

    Sorry pak admin invite dikit…

  179. kira kira berapa persen kemungkinan untuk diperbaiki klo yang bad sektor terjadi pada fisik? kemudian apa memang betul hal itu bisa diperbaiki mengingat saya ditawarin untuk recovery data dengan harga 5 juta?

  180. Bismillah. Sedang mencari solusi bagaimana memperbaiki harddisk 3,5mm Hitachi deskstar tipe T7K250 160 gb. Awalnya dipakai sebagai harddisk external (usb-connection). Telah terisi data 80an gb. Tiba2 tidak bisa diakses dg tulisan DRIVE:is not accesible. The file or directory is corrupted and readable. Dan minta diformat…(ulang). Bagaimana solusinya agar data2 tidak hilang?

  181. mas hardisk seagate 300gb sata saya d cek pke bawaan windows ada bad sector 20kb d drive C, bagaimana solusinya??? komputer saya jd sering hang da itu klo mo buka game jg lama!!!!

  182. Hardisk gue tiba2 ngk terdetek. masalahnya kenapa ya?
    gue pake dua hardisk. yg ngk terdetek, yg terpasang slave.
    sebelum2nya ngk ada masalah. tiba2 aja ngk terdetek wkt mau nyalakan kompi.

  183. mas komputer ku tiap kali dinyalakan mesti onok tulisane “error loading operasi system” uda tak instal ulang windows Xp nya tapi kira kira 2 hari gtu lagi…kira kira knapa mas???thank banyak mas

  184. terimakasih infonya,sangat membantu saya.kebetulan sekarang lagi check hdd yg ada bad-nya. kalau freeware ringan utk check bad sector hdd utk windows xp yang cepat&ringan apa ya??? thxx

  185. mas laptop ku HP pavillion dv 1000, kalo lagi panas kenapa yah suka bunyi krekek..krekek, kayaknya di sekitar hardisk itu kenapa yah?, apa bisa di perbaiki?

  186. saya punya masalah dengan hard disk saya,di situ ada tertulis pesan “I/O device error”, kira2 apa dengan metode diatas bisa memperbaikinya?

  187. tanya, kalo ngembalikan data yang hilang setelah meng install windws bgmana? ada softwarenya g?
    trims

  188. ane punya masalah pada hardisk seagate kapasitas 40 giga. hardisk ane dah di instal xp tapi selalu gagal. tapi masih terdeteksi baik di bios maupun di windows. tapi ane terkejut soale ada file sama folder yang namanya ga terdefinisi sebut saja kaya bahasa planet gitu. trus file aneh tersebut ga bisa dihapus, udah dilow level format juga masih ada. kayaknya sih filenya anti virus. gimana neh… cara nanganin hardisk gw. tolong dong solusinya.

  189. Mas,saya mw tanya knp setelah install windows ada instruksi verifying DMI pool data.
    Disk boot failure,please insert disk and press enter..
    maklum mas bru bljr.
    Dan saya ingin mencoba memperbaiki sendiri,
    Terima kasih

  190. Mas mo nanya..
    acer AO751h ku stiap di pake buka file video/aktivkan camera pasti hang,,dah ku instal ulang dan di kembalikan ke defaut factory nya lg ya te2p ja hang stiap di pake buka file video/aktivkn camera..ini mslhny apa ya Mas??
    thank’s Mas…

  191. mas,, waktu saya mw nginstal ulang komputer dengan hardisk yang bukan dri komputer tersebut (hardisk laen tapi second), di situ saya gx bisa nginstalnya, baru masuk tampilan instalasi langsung keluar tampilan kode error, itu kira-kira yang rusak apanya ya mas???? soalnya hardisk nya juga gx bisa masuk so, padahal hardisk itu sudah terisi so, tapi bukan so untuk mobo tersebut.

  192. haduh mas gmana caranya bad sector hilang tapi gak usah di format???
    makasih

  193. bos , boleh nge copy artikel2 di situs ini ngak ? di blog aku?! sekalian aku dicantumkan alamat situs bos ini!

    kalo setujuh di konpirmasi aja yaa lewat emailku

    oiya , apa sie istilah tuker link N’ caranya gimana??

    terimakasih infonya.

    pamungkastresna@gmail.com

  194. aq pnya masalah ne… hardisk g bisa dijadiin slave.. jd ya datanya g terselamatkan. n g bisa masuk SO lg… mau aq install ulang g bisa boot lwt CD. ada boot from CD tp g ada proses apa2 alias blank… ad solusi g ya bos??? minimal data bisa slamat. thanks

  195. gimana mau memformat,,,,, masuk windows aj g bs,,,,,,
    ap g bs sebelum mask windos

  196. mas, ko’ hardisk ku ga bsa menerima instalan ya,? kalau mau instal rogram baru aj,
    pasti error trus,
    knpa itu ya mas,????
    eh ya, mas slam knal ya mas.
    krim k’email aku ya mas,
    kalau mas tau ap penyebab nya.

    ardiasahreza@yahoo.com

Comments are closed.