Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector

Bad sector

Melanjutkan artikel sebelumnya “Periksa Kondisi Hard Disk Komputer Anda”, artikel ini akan membahas tentang bagaimana memperbaiki jika hard disk terkena bad sector. Jika belum mengerti apa itu bad sector dan bagaimana memeriksa kondisi hardisk, maka silahkan membaca artikel tersebut.

Bad Sector di hardisk secara umum ada 2 macam, yaitu mekanik/fisik dan software. Bad sector mekanik, yaitu seperti permukaan lempeng penyimpan data hardisk rusak secara fisik misal karena tergores, terkena debu, terkena benturan keras dan sebagainya. Sedangkan bad sector software bisa terjadi ketika hardisk sedang sibuk tiba-tiba mati, arus putus dan sebagainya.

Untuk Bad Sector yang berupa kerusakan fisik (mekanik), maka itu diluar pembahasan ini, karena hal itu biasanya tidak bisa (sangat sulit) diperbaiki. Jika masih ada garansi maka sebaiknya ditukarkan yang baru. Tetapi jika bad sector yang berupa software, maka kemungkinan masih bisa diperbaiki. Jadi pembahasan disini hanya berfokus bad sector secara software.

Bagaimana memperbaiki Bad Sector ?
!!.. Informasi Penting.. !!

Jika hardisk sudah terdeteksi terkena bad sector, maka langkah pertama adalah menyelamatkan data-data penting yang ada, baik di simpan di hardisk lain, di copy ke CD atau lainnya. Dan sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah pastikan data-data penting sudah di backup.

Langkah Awal : Coba format drive atau hardisk yang terdapat bad sector dengan format biasa, misalnya melalui klik kanan di Windows Explorer dan pilih format. Terkadang hal ini bisa menghilangkan bad sector.

Jika langlah awal tersebut tidak berhasil maka bisa dicoba beberapa cara dengan beberapa software gratis berikut:

1. Easeus Partition Manager

Software gratis ini selain bermanfaat untuk membuat / mengedit partisi hardisk ( tampilan mirip Partition Magic), juga bisa digunakan untuk menghilangkan bad sector. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Jalankan Program Easeus partition Manager
  2. Pilih drive yang kira-kira ada bad sectornya ( untuk memastikan ada bad sectornya bisa juga di scan melalui easeus ini denganklik kanan drive Pilih menu Advanced > Check Partition )
  3. Klik kanan, dan pilih Delete
  4. Ketika muncul informasi, maka pilih “Delete Partition and Delete Data”
  5. Kalau sudah selesai, klik menu Apply
  6. Tunggu sampai selesai.

Perlu diperhatikan, bahwa langkah ini hanya bisa dilakukan untuk drive selain windows. Dan pastikan datanya selalu diamankan /backup terlebih dahulu.

Easeus partition Manager bisa di download / didapatkan dari link berikut ( 7.93 MB) :
http://www.partition-tool.com/download.htm ( pastikan download yang Home Edition (gratis))

2. HDD Low Level Format Tools

Dengan software ini, maka hardisk bisa di format secara mendalam ( di istilahkan low level format). Perlu diperhatikan bahwa dengan low level format, maka semua data di hardisk akan hilang, dan tidak bisa di kembalikan/di recovery lagi. Tetapi cara ini biasanya akan lebih efektif menghilangkan bad sector.

Karena hardisk akan di format seluruhnya, maka hardisk yang akan di proses harus di format di komputer lain ( di lepas dan dipasang komputer lain). Atau jika ada 2 hardisk di komputer, maka hardisk yang tidak berisi windows bisa di format. Berikut langkahnya :

  1. Jalankan HDD Low Level Format tools
  2. Pilih Hardisk yang akan di format. Tentu yang tidak berisi sistem operasi windows. Selanjutnya klik Continue
  3. Pilih tab “LOW-LEVEL-FORMAT”, dan silahkan dibaca peringatan yang tampil
  4. Jika sudah yakin, maka klik “FORMAT THIS DEVICE”, dan tunggu sampai proses selesai.

Selain untuk hardisk (SATA< IDE atau SCSI), bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash card dan sejenisnya. HDD LOw level format bisa didapatkan/download dari link berikut : HDD Low Level Format Tool langsung download versi DISINI (497 KB)

3. Menggunakan Software bawaan dari vendor hardisk.

Biasanya vendor seperti Seagate dan Western Digital, juga menyediakan software untuk menganalisa atau memperbaiki hardisk. Untuk hardisk seagate, maka bisa download tools seperti Seatools for Windows atau DOS. sedangkan untuk Western Digital bisa download tools “Wertern Digital lifeguard Diagnostics”.

Misalnya untuk Western digital, menyertakan fasilitas “WRITE ZEROS” untuk memperbaiki error seperti bad sector. Untuk Seagate, begitu di install, maka di bagian Help sudah dijelaskan cukup detail tentang manfaat dan penggunaannya.

Download Seatools (Seagate)
http://www.seagate.com/www/en-us/support/downloads/seatools

Western Digital
http://support.wdc.com/product/download.asp
http://www.softpedia.com/get/System/Hard-Disk-Utils/Western-Digital-DLG-Diagnostics.shtml

223 thoughts on “Memperbaiki Hard disk yang terkena Bad Sector”

  1. mas komputer ku tiap kali dinyalakan mesti onok tulisane “error loading operasi system” uda tak instal ulang windows Xp nya tapi kira kira 2 hari gtu lagi…kira kira knapa mas???thank banyak mas

  2. terimakasih infonya,sangat membantu saya.kebetulan sekarang lagi check hdd yg ada bad-nya. kalau freeware ringan utk check bad sector hdd utk windows xp yang cepat&ringan apa ya??? thxx

  3. mas laptop ku HP pavillion dv 1000, kalo lagi panas kenapa yah suka bunyi krekek..krekek, kayaknya di sekitar hardisk itu kenapa yah?, apa bisa di perbaiki?

  4. saya punya masalah dengan hard disk saya,di situ ada tertulis pesan “I/O device error”, kira2 apa dengan metode diatas bisa memperbaikinya?

  5. ane punya masalah pada hardisk seagate kapasitas 40 giga. hardisk ane dah di instal xp tapi selalu gagal. tapi masih terdeteksi baik di bios maupun di windows. tapi ane terkejut soale ada file sama folder yang namanya ga terdefinisi sebut saja kaya bahasa planet gitu. trus file aneh tersebut ga bisa dihapus, udah dilow level format juga masih ada. kayaknya sih filenya anti virus. gimana neh… cara nanganin hardisk gw. tolong dong solusinya.

  6. Mas,saya mw tanya knp setelah install windows ada instruksi verifying DMI pool data.
    Disk boot failure,please insert disk and press enter..
    maklum mas bru bljr.
    Dan saya ingin mencoba memperbaiki sendiri,
    Terima kasih

  7. Mas mo nanya..
    acer AO751h ku stiap di pake buka file video/aktivkan camera pasti hang,,dah ku instal ulang dan di kembalikan ke defaut factory nya lg ya te2p ja hang stiap di pake buka file video/aktivkn camera..ini mslhny apa ya Mas??
    thank’s Mas…

  8. mas,, waktu saya mw nginstal ulang komputer dengan hardisk yang bukan dri komputer tersebut (hardisk laen tapi second), di situ saya gx bisa nginstalnya, baru masuk tampilan instalasi langsung keluar tampilan kode error, itu kira-kira yang rusak apanya ya mas???? soalnya hardisk nya juga gx bisa masuk so, padahal hardisk itu sudah terisi so, tapi bukan so untuk mobo tersebut.

  9. bos , boleh nge copy artikel2 di situs ini ngak ? di blog aku?! sekalian aku dicantumkan alamat situs bos ini!

    kalo setujuh di konpirmasi aja yaa lewat emailku

    oiya , apa sie istilah tuker link N’ caranya gimana??

    terimakasih infonya.

    pamungkastresna@gmail.com

  10. aq pnya masalah ne… hardisk g bisa dijadiin slave.. jd ya datanya g terselamatkan. n g bisa masuk SO lg… mau aq install ulang g bisa boot lwt CD. ada boot from CD tp g ada proses apa2 alias blank… ad solusi g ya bos??? minimal data bisa slamat. thanks

  11. mas, ko’ hardisk ku ga bsa menerima instalan ya,? kalau mau instal rogram baru aj,
    pasti error trus,
    knpa itu ya mas,????
    eh ya, mas slam knal ya mas.
    krim k’email aku ya mas,
    kalau mas tau ap penyebab nya.

    ardiasahreza@yahoo.com

Comments are closed.